Imunodefisiensi Pasien Tumor (Kanker) Otak Dan Jenis Penyakit Degeneratif Lainnya

Imunodefisiensi Pasien Tumor (Kanker) Otak Dan Jenis Penyakit Degeneratif Lainnya

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk cerdas yang mampu mempelajari dan meniru banyak hal. Bahkan kemampuan ini telah berkembang dengan baik dalam bidang-bidang tertentu. Sampai-sampai ciri khas dari kealamian suatu teknologi tidak tampak lagi, dimana kebanyakan orang mengenal teknologi ini sebagai perangkat robotika di dunia nyata maupun sistem robot di dunia maya. Kita ambil saja contoh-contohnya perangkan robot di dunia nyata, yaitu kendaraan roda dua, roda empat, peralatan rumah tangga dan yang termutakhir adalah smartphone. Sedangkan perangkat robotika di dunia maya adalah virus, admin, mesin pencari, guest dan lain sebagainya. Itulah kejayaan umat manusia yang serba otomatis hampir tanpa kendali.

Seharusnya, penemuan-penemuan mutakhir tersebut bisa menginspirasikan kita untuk menolong diri sendiri terhadap penyakit, penuaan dan kematian. Akan tetapi yang terjadi adalah “semua penemuan tersebut malah tambah memperparah keadaan umat manusia dalam berbagai bidang.” Bahkan bisa diprediksi bahwa kehancuran sedang menjalar menuju tanah ini. Semuanya itu terjadi karena sikap manusia yang kurang teliti dalam mencerna informasi. Hanya tertarik pada gemerlapan teknologi yang memuaskan hawa nafsu belaka. Namun mengabaikan dirinya sendiri tentang apa yang dibutuhkannya, apa yang membuatnya dewasa, apa yang membantunya untuk mengembangkan diri/ bakatnya?

Manusia hanya jadi budak kerja akibat hawa nafsunya sendiri. Karena memiliki keinginan, sesuatu yang lebih besar dari apa yang ada padanya. Itulah dorongan kuat yang membuat manusia giat dan terus-menerus bekerja. Sampai-sampai kesehatannya sendiri terabaikan karena terlalu fokus mencari uang lagi dan lagi. Hal-hal penting bagi kebaikan tubuhnya mulai terlupakan. Minum air mulai jarang diingat sehingga hari-harinya masuk tahap dehidrasi panjang tak terdeteksi. Metabolisme tubuh mulai mengalami gangguan yang ditandai dengan penurunan tingkat imunitas. Awalnya mungkin ada banyak gangguan kesehatan recehan yang dialami, namun diabaikan dan diobati dengan pil-pil ajaib rumah sakit yang efeknya hanya sementara

Penyakit recehan yang menandai turunnya daya tahan tubuh adalah bau mulut, panas dalam, bibir pecah-pecah, sakit gigi dan penyakit gigi dan mulut lainnya. Ketika keadaan ini terus berulang-ulang, tubuh bisa menyesuaikan diri sehingga si penderita tidak lagi merasa aneh bahkan tak mengeluh. Sebab yang ada dalam pikirannya adalah “nanti juga sembuh sendiri, istirahat (tidur) sebentar pasti setelah itu nggak terasa lagi.” Atau mudah saja baginya untuk mengatasi itu dengan meminum pil-pil ajaib dari apotik terdekat. Padahal sesungguhnya apa yang dialaminya terjadi karena kebiasaan buruk yang menahun sehingga efeknya mulai kentara. Kebiasaan buruk tersebut contohnya adalah kurang minum air putih dan kurang berolahraga.

Bila kesehatan pasien diperparah dengan konsumsi makanan yang tidak sehat maka mulailah terjadi kelainan yang serius. Aktivitas makan dan minum adalah cara paling umum dan paling klasik masuknya sumber penyakit dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang tidak segar (kadaluarsa), mengandung penyedap kimia berlebihan dan mengandung reduksi sisa bahan-bahan kimia lain selama proses produksi. Makanan yang beresiko ini bisa memicu berbagai penyakit dalam tubuh yang imunitasnya lemah. Sebab pada dasarnya, banyak juga orang yang mengonsumsi hal yang sama tetapi karena daya tahan tubuh tinggi, mereka bebas dari jerat penyakit. Lain halnya dengan orang yang imunnya rendah, sedikit saja antigen asing sudah dapat memicu kelainan pada sel-sel tubuhnya.

Antigen berbahaya yang ada dalam tubuhnya tidak dapat dinetralisir, apalagi untuk diangkut ke tempat pembersihan (hati) dan tempat pembuangan (ginjal). Keadaan ini menyebabkan penumpukan bahan-bahan kimia berbahaya dalam organ tertentu. Bulan demi bulan terlewati tetapi antigen tersebut belum menunjukkan dampak nyata. Akan tetapi, lama kelamaan zat asing tersebut mengubah metabolisme sel-sel lokal dan mengaburkan kendali hormon yang sumbernya dari otak. Keadaan ini membuat sel-sel lokal pada jaringan tersebut mulai bekerja tanpa kendali, tersendiri dan terisolir yang lebih dikenal sebagai tumor. Akan tetapi, bila keadaan ini terus berlanjut bertahun-tahun, metabolisme sel-sel tumor akan semakin menyimpang hingga menjadi kanker.

Kanker lebih menyeramkan daripada tumor. Mereka bukan sekedar daging tumbuh raksasa tetapi bentuknya tergolong menakutkan sebab metabolisme yang berlangsung dalam setiap selnya tidak lagi seperti sel tubuh pada umumnya. Keberadaannya pun tidak lagi tersendiri dan tidak pula terisolir, melainkan menyebarkan tunas-tunas ke seluruh penjuru (metastase). Akibatnya, ketika satu kanker telah diangkat sampai bersih, pasti akan tumbuh kanker lainnya di organ tubuh lainnya. Bila pasien tidak segera ditangani oleh ahlinya, sel-sel zombi tersebut akan membentuk banyak koloni di berbagai organ tubuh hingga membuat inangnya tewas. Oleh karena itu, penentu utama dari keberhasilan penyembuhan kanker adalah deteksi dini terhadap kelainan-kelainan metabolisme dalam tubuh.

Pasien tumor atau kanker pasca operasi akan terus mengalami kemunduran kesehatan. Ini disebabkan karena kebiasaan buruk pasien yang tidak berubah. Sedang sistem pengobatan medikal yang diterimanya hanya mengurangi kecepatan kerusakan sel-sel tubuh dan mengurangi derita rasa sakit. Kualitas kesehatan pasien cenderung menurun dari tahun ke tahun yang ditandai dengan semakin meningkatnya konsumsi obat resep maupun non resep (obat yang bisa dibeli di warung terdekat). Bahkan dalam beberapa kasus, akan terjadi operasi susulan karena berbagai alasan. Baik karena perkembangan tumor/ kanker itu sendiri maupun karena faktor lain. Sadar atau tidak pengobatan dan operasi tidak mengatasi sumber masalah melainkan hanya mengurangi dampak dari masalah kesehatan pasien tersebut.

Kesimpulan

Penyakit degeneratif disebabkan oleh kebiasaan buruk pasien yang berlangsung selama bertahun-tahun dan sama sekali tidak disadari olehnya. Kebiasaan buruk ini mungkin menyebabkan gangguan kesehatan recehan di awal-awal namun pasien telah terbiasa sehingga dampaknya tidak terlalu dipedulikan olehnya. Lama-kelamaan kondisinya terus menurun yang membuat sel-sel lokal kehilangan kendali hormonal dari otak. Sel-sel ini akan membentuk jaringan liar, tersendiri dan terisolir yang disebut dengan tumor. Akan tetapi, imunodefisiensi yang terus berlanjut bila tak tertangani dengan baik akan memburuk. Jika terjadi diferensiasi sel yang kompleks, sel tumor mampu mengantisipasi sel-sel imun \ sehingga jalannya semakin bebas dan liar karena mampu melakukan penetrasi dimana saja. Sel yang mengalami peningkatan kekebalan/ kekerasan tersebut dikenal sebagai kanker.

Pengobatan dan pembedahan hanya berdampak pada berkurangnya kecepatan dan kekuatan sel-sel zombi namun sesungguhnya sumber masalahnya belum teratasi. Penderita bahkan bisa dioperasi berulang-ulang kali karena alasan yang sama maupun karena sesuatu yang lain. Cara terbaik untuk memberi kesembuhan total adalah dengan (1) membiasakan diri mengonsumsi air sedikit (dua tiga teguk) tetapi lebih sering sehingga total yang diminum dua liter per hari. (2) Menjaga asupan garam dalam tubuh dengan mengonsumsinya langsung (air garam manis) atau lewat turunannya (kecap, ikan asin dll). (3) Serta yang tidak boleh terlupakan adalah berolahraga secara teratur terutama “menggerakkan kepala” ke atas-bawah dan ke kanan-kiri. Gerakan ini untuk memastikan otak sebagai pusat kendali penyakit mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. Serta informasi yang dikirimkan dan didapatnya tepat sasaran (baik secara kualitas maupun kuantitas).

Salam, Penyakit degeneratif
disebabkan kebiasaan buruk.
Pengobatan & pembedahan
tidak menyelesaikannya.
Perbaiki kebiasaan buruknya
maka pergilah penyakitnya
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.