Main Game Untuk Mencari Kesibukan Bukan Kepuasan

Main Game Untuk Mencari Kesibukan Bukan Kepuasan

Selayaknya angin yang senantiasa bergerak: dari atas ke bawah dan dari tekanan tinggi ke wilayah bertekanan rendah, demikianlah hari hari kita: tidak ada ketenangan! Kita aktif, itulah yang membuat kita tidak bisa tenang tetapi orang yang menemukan ketenangan dalam aktivitasnya adalah mereka yang berjalan di jalur yang benar. Sebab biar bagaimanapun aktif positif atau aktif negatif: itu adalah pilihan yang telah terhampar bebas dihadapan kita. Sekarang,  tergantung kita, apa yang hendak kita lakukan dalam hidup ini? Apakah mau memilih yang baik? Atau lebih suka dengan yang jahat terutama di tempat-tempat sepi,, dimana tidak ada yang mengawasi.

Selama hidup di bumi ini, ada banyak pilihan menarik yang dapat menjadi salah satu yang terbaik menurut kesukaan masing-masing orang. Anda bisa memilihnya sekehendak hati saja alias suka-suka. Tentu memilih suka-suka semacam ini bisa dilakukan setelah semua tanggung jawab di dunia nyata beres. Mau hidup suka-suka tapi rutinitas kerja terbengkalai malah berpotensi membuat stres. Buat hidup bukannya tambah tenang tetapi pusing kepala hampir tujuh keliling. Oleh karena itu, biarpun dalam hidup ini kita diberikan kesempatan untuk bebas beraktivitas, jangan pula abaikan hal-hal penting yang sudah dipercayakan orang lain/ sistem kepada kita.

Dari sekian banyak kegiatan yang bisa kita perbuat untuk mengisi waktu luang, salah satu pilihan yang cukup awam di zaman serba canggih ini adalah, bermain game. Kita bisa melakukannya sendiri (melawan robot) dan ada pula pilihan untuk melakukannya berhadap-hadapan dengan player lain. Saat adu tanding dengan player lain, kita tidak melakukannya secara langsung melainkan yang dibandingkan adalah skor yang kita peroleh saat melawan robot/ monster sebagai musuh bersama. Permainan yang paling praktis dan populer zaman sekarang adalah yang menggunakan smartphone. Sebab pemakaian gadget yang satu ini sangat luas di dalam masyarakat. Mulai dari kalangan bawah hingga atas dan baik yang muda hingga tua pasti memilikinya. Bedanya mungkin di tipenya saja tetapi manfaatnya sama.

Sadarilah bahwa “seperti apa kesibukan kita, menggambarkan bagaimana kepribadian kita.” Bila dalam sibuk tersebut kita lebih condong melakukan hal-hal negatif maka sikap negatif berpotensi bersarang dalam sikap-sikap kita. Akan tetapi, bila sibuk itu dilalui dengan melakukan hal-hal positif, pastilah itu berpengaruh pada sikap-sikap hidup sehari-hari yang juga positif. Lantas, bagaimana saat bermain game? Bukankah yang kita lakukan adalah kejahatan? Sebab kita berusaha untuk membunuh demi menghentikan pergerakan lawan sehingga kita tampil sebagai pemenang! Pada momen seperti inilah kita butuhkan adalah sikap selektif dan kritis selama menyimak segala sesuatu.

Sekalipun demikian, harap juga diingat bahwa yang mampu beriskap selektif dan kritis adalah orang yang sudah dewasa fisik dan pikirannnya. Bagi yang masih anak sekolahan (di bawah umur) yang rata-rata tidak paham banyak hal tentang mengatur informasi yang dapat diterima tapi tidak boleh diterapkan. Informasi salah tentang kehidupan memang berhembus manis di sekeliling kita, salah satunya lewat game. Orang yang menerima dan menerepkan semua info menunjukkan kurangnya daya berpikir selektif dan kritis selama menjalani hari. Mereka yang masih kecil di bawah umur sebaiknya diberikan permainan yang cocok dan tidak mengandung kekerasan nyata (antar manusia dan manusia atau antar robot dan manusia).

Memang kita adalah orang yang terbuka dan menerima semua informasi yang tersedia. Tetapi mereka yang dewasa berpikir tidak menerapkan semuanya. Sebab biar bagaimana pun yang namanya informasi selalu mengandung dua pemicu dasar, yaitu bisa menjadi positif tetapi bisa juga menjadi negatif. Jika anda bijak maka akan mampu mengenali informasi bias sehingga sanggup untuk menyeleksi tiap-tiap infomasi yang masuk melalui panca indra. Pada akhirnya, tahapan penyaringan data oleh otak memampukan kita untuk mengabaikan apa yang kurang baik sedangkan yang baiknya akan dijadikan ide untuk mendukung perilaku positif hari lepas hari.

Kita bermain game karena pikiran kita sangat aktif. Sadar atau tidak, tidak ada waktu sedetikpun yang tidak kita lalui tanpa memikirkan sesuatu. Padahal dalam banyak waktu yang kita lalui ada beberapa kekosongan yang dihabiskan tanpa melakukan apa-apa. Di saat-saat seperti inilah kita butuh aktivitas lain yang turut membuat pikiran dan fisik tetap santai, salah satunya adalah dengan bermain game. Harus diakui bahwa momen-momen menyenangkan memainkan sesuatu adalah saat kita memenangkannya. Walau ada juga waktunya terdesak, mandek dan berhenti: tidak bisa lagi dimainkan gamenya. Sekalipun demikian, ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencari kesibukan di waktu luang.

Di sisi lain, ada juga orang yang mengatakan dan meyakini bahwa mereka bermain game untuk menemukan kepuasan. Mereka merasa bahwa permainan elektronik tersebut dapat memuaskan hasratnya untuk ini dan itu. Sebab di dalam permainan ada berbagai tawaran menarik yang mampu menggiurkan banyak orang. Di awal-awal, tawaran itu jugalah yang mendorong kita untuk memainkannya lagi dan lagi. Lantas, beberapa di antaranya dapat diraih dengan jalan pintas, yaitu dengan membeli item game ini dan itu. Ketahuilah kawan, ketika kita mulai membeli ini-itu di dalam permainan: besar kemungkinan kita mencari kepuasan dari sana.

Kalau kita bahas lebih dalam lagi tentang kepuasan maka kami hendak mengatakan bahwa “kepuasan itu tidak ada batasnya!” Pencarian akan sesuatu hal yang mendatangkan rasa puas dalam suatu permainan sangatlah disukai oleh admin. Sebab sistem dalam permainan itu sendiri telah dipersiapkan untuk meladeni rasa yang sifatnya unlimited. Satu-satunya yang dapat membatasi rasa tersebut adalah uang sehingga dengan menggunakan nilai uang yang memadai maka rasa tersebut akan dikendalikan. Namun lain halnya bagi mereka yang memiliki banyak penghasilan, membeli item ini-itu bukan masalah besar sehingga membuatnya terus saja dipuaskan.

Di atas semuanya itu, sadarilah bahwa sekalipun kita bisa terpuaskan saat membeli beberapa item di dalam permainan, namun ada waktunya dimana semuanya itu tidak cukup. Sebab butuh membeli lebih banyak item yang nyatanya lebih mahal dari pendapatan kita. Pada saat seperti inilah pencari kepuasan lewat game akan kecewa berat. Bahkan keadaan ini akan berpengaruh pula dalam rutinitas pekerjaannya sehari-hari yang bisa saja jadi terbengkalai. Kekurangan untuk membeli item game bisa juga diperolehnya dengan berbuat curang pada bidang kerja tempatnya bertugas. Bukan mustahil, seseorang korupsi hanya untuk memenuhi nafsu membeli item permainan tertentu.

Kesimpulan

Ada baiknya saat memainkan game, setiap player perlu berpikir dengan jernih. Memainkannya dengan bijaksana karena memahami bahwa ada nilai-nilai yang boleh diterapkan dan ada pula yang tidak baik untuk ditirukan dalam kehidupan sehari-hari. Memainkannya semata-mata untuk memenuhi waktu luang dengan aktivitas positif. Memang benar bahwa beberapa keinginan kita dapat terwujud lewat permainan online tersebut. Tetapi berhati-hatilah jangan sampai bernafsu terlalu besar mencari kepuasan sebab sasarannya adalah uang anda. Bila ini terus terjadi tanpa terkendali, lama kelamaan anda bisa tekor sedang utang dimana-mana. Jadi, tetaplah waras dengan mencari kepuasan lewat sikap yang benar dan adil.

Salam, Salurkan energi aktif otak
dengan bermain game.
Namun hindari menyalurkan
nafsu puas lewat game.
atau siap-siap
uang ludes dilahap
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.