7 Manfaat Pengaturan Skor Dalam Pertandingan Di Dunia Nyata Maupun Di Dunia Maya

Manfaat Pengaturan Skor Dalam Pertandingan Di Dunia Nyata Maupun Di Dunia Maya

Peraturan adalah jaminan keberlangsungan setiap hal sesuai dengan harapan bersama yang dicita-citakan sedari awal. Rupanya memang sangat sederhana, hanya hitam di atas putih belaka, tetapi manfaatnya dapat membuat rukun satu bangsa besar. Tidak ada yang lebih menghargainya selain manusia yang membuatnya dan yang tidak menghargainya pasti mendapat petaka. Betapa ajaibnya suatu aturan, seandainya itu sudah dibuat dengan sungguh-sungguh dengan memerhatikan aspek kebenaran dan keadilan. Tentulah semuanya ini tidak disusun dalam waktu singkat tetapi butuh pertimbangan selama berbulan-bulan, melewati berbagai revisi dari tahun ke tahun dan melampaui berbagai amandemen.

Dimana ada peraturan, di situ ada kedamaian dan keamanan. Konflik kepentingan lebih sedikit karena masing-masing telah disesuaikan menurut keadaan yang seimbang dan adil untuk semua. Sekalipun demikian, prinsip kebenaran dan keadilan tidak serta merta tertuang dalam setiap peraturan dari awal semenjak pembuatannya. Beberapa di antaranya justru tidak relevan dengan kedua nilai tersebut sehingga undang-undang tentang itu ditarik setelah beberapa waktu diberlakukan. Sedang peraturan lainnya terus mengalami revisi selama beberapa kali sehingga sampailah pada titik dimana hal tersebut sangat relevan dengan kultur masyarakat setempat.

Demikian halnya dalam penyelenggaraan permainan yang dilakukan di dunia nyata maupun di dunia maya, butuh aturan yang jelas agar tiap-tiap orang merasa diperlakukan dengan adil. Sehingga angka kejadian konflik semakin minimal dan situasi di dalam masyarakat pun semakin kondusif. Tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan karena masing-masing dapat jatah roti kemenangan yang sama. Entah menang atau kalah sama-sama mendapatkan keuntungan yang sepadan. Semua ini, bukan saja sekedar kompetisi antar pemain melainkan juga sebagai suatu hiburan yang indah dipandang mata berbinar-binar. Hasil terbaik hanya diperoleh dari artis atau aktor terbaik sepanjang sejarah.

Defenisi – Pengaturan skor adalah penentuan proses tertentu dan hasil pertandingan yang dilakukan oleh pihak lain yang tidak memiliki hubungan khusus dengan para pemain yang sedang bertarung.

Faedah pengaturan skor

Jujur saja, siapakah orang yang mau di atur-atur? Ada zaman dimana orang-orang dunia ini suka dengan kebebasan: suka situasi yang tanpa aturan. Mereka tidak tahu apa akibatnya: yang kuat akan semakin merajalela sedangkan yang lemah akan terus disingkirkan. Dalam sedikit pertimbangan, keadaan bebas semacam ini memang berasa baik-baik saja bagi mereka yang kuat dan pengaruhnya besar. Akan tetapi, bagi orang bermodal tipis (rakyat kecil), ini bisa jadi awal dimana hak-hak mereka mulai diserobot oleh kalangan pemodal raksasa. Jadi tidak ada artinya kebebasan itu tanpa sejumlah besar uang di tangan, makanya hal semacam ini hanya mampu dinikmati oleh orang yang kaya raya saja. Sedang bagi yang tidak punya apa-apa, mendapat kebebasan hampir tidak ada artinya. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa kegunaan pengaturan skor dalam suatu pertandingan nyata mau digital.

  1. Agar yang menang tidak sombong dan yang kalah tidak minder.

    Kebiasaan yang umum terjadi saat seseorang memenangkan suatu permainan adalah rasa bangga yang tingginya selangit. Sebab hal tersebut memang diperjuangkan dengan gigih oleh dirinya sendiri. Mereka pastilah sangat senang dengan semua pencapaian itu. Namun yang menjadi masalah adalah saat rasa senang itu berubah menjadi kesombongan yang lebih banyak melukai hati sesama manusia lainnya, terutama mereka yang merasa kalah. Sifat sombong adalaw dari pembuka kebaikan sifat-sifat lain

    Sayang, orang yang merasa kalah, bisa berpikir bahwa semua hal yang berusaha diraihnya: gagal untuk dimiliki. Seolah tidak ada hasrat yang terpenuhi sehingga hari-harinya dipenuhi dengan kekecewaan dan rasa bersalah. Malah dirinya menyalahkan oknum ini atau itu sebagai penyebab utama kekalahannya sehingga hubungan dengan orang lain hampir penuh konflik yang berkepanjangan.

    Sedangkan saat suatu permainan telah di atur perolehan skornya, pihak yang menang tidak merasa bangga berlebihan karena mereka tahu, kemenangan itu adalah anugrah Tuhan, hadiah dari sistem/ organisasi tempatnya bernaung. Sedang yang kalah juga tidak kecewa-kecewa amat sebab semuanya itu sudah dipersiapkan dan direncanakan dengan baik.

  2. Menjadi sandiwara penuh drama yang menghibur.

    Selayaknya pertandingan yang berlangsung dan disaksikan oleh banyak warga menampilkan tontonan yang menghibur. Bukan sesuatu yang berlangsung hanrya dengan mengunggulkan satu pemain secara terus-menerus. Melainkan ada fluktuasi skor yang di dominasi oleh masing-masing pemain secara bergantian yang pada akhirnya didominasi oleh satu pemenang tunggal. Perebutan skor yang saling kejar-kejaran dan kemampuan yang seimbang membuat tontonan semakin seru untuk diikuti.

  3. Menjaga emosi dan menghilangkan egois di antara pemain dalam satu tim maupun antar tim yang berhadap-hadapan.

    Di tengah perebutan kemenangan pasti hasrat untuk menjadi yang terbaik sangatlah tinggi. Akan tetapi, saat terjadi pengaturan skor, semua orang adalah terbaik dalam bidangnya. Tidak ada sesuatu yang sedang diperebutkan sekalipun penonton menyaksikannya menilainya sebagai ajang persaingan yang sangat sengit.

    Sekalipun terjadi konflik desak-mendesak namun emosi para pemain tetap stabil sebab situasi yang penuh tekanan itu tidak dimasukkan di dalam hati. Walau terjadi persinggungan dan sikuk-menyikuk, emosi mereka tetap stabil karena semuanya itu tidak dimasukkan di dalam hati/ ditoleransi dengan sangat baik.

    Permainan yang disandiwarakan jelas butuh kerja sama tim yang tinggi. Tiada lagi yang namanya “one man army” atau berebut mencetak angka sebab masing-masing orang bertanggung jawab dalam peran yang berbeda untuk menghasilkan permainan yang menghibur semua mata yang menontonnya.

  4. Menghindari konflik antar pemain.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa permainan yang benar-benar memperebutkan kejuaraan bergengsi dapat melibatkan emosi yang cukup tinggi. Terlebih saat selama pertandingan terjadi hal-hal yang tidak terduga sebelumnya. Pegesekan fisik yang disokong kuat oleh pergesekan emosional bisa saja menimbulkan perselisihan di antara pemain: baik dalam satu tim maupun di antara tim yang berbeda. Keadaannya semakin memanas terlebih ketika pihak-pihak yang terlibat mulai menunjukkan sikap yang menjelek-jelekkan bahkan menghina pihak lain.

  5. Menghindari konflik antar sporter.

    Salah satu kejadian yang cukup menggemparkan setelah pertandingan di lapangan adalah pertarungan antar sporter. Kerap kali, persaingan antar sporter lebih sadis daripada yang berlangsung di area stadian. Bom molotop, petasan, batu, senjata tajam dan benda tumpul lainnya bisa menjadi alat untuk saling menghakimi. Emosi para sporter akan semakin menjadi-jadi ketika mereka kecewa dan kalah taruhan karena tim yang didukung anjlok ke belakang.

  6. Menghindari usaha yang salah/ perjuangan yang salah (menghalalkan segala cara).

    Saat suatu kemenangan diperebutkan dengan cara-cara yang serius, mungkin saja ada orang yang melegalkan cara serius yang salah. Mungkin ini adalah salah satu jalan yang ditempuh semata-mata untuk membuat gengsinya bertahan dan timnya selalu menang. Mereka ingin mencetak rekor baru yang sebelumnya tidak pernah diraih oleh pemain lain. Semua tujuan ini berpotensi besar digenjot/ digolkan dengan menghalalkan segala cara.

    Bila skor yang diraih oleh masing-masing pemain atau tiap-tiap tim telah ditentukan sejak dari semula. Pemain tidak perlu melakukan usaha yang ekstra untuk mewujudkan kemenangannya sebab biar kalau atau menang, dirinya sama-sama diuntungkan. Pengaturan ini juga menghindari pihak lain untuk melakukan usaha hiper/ lebay demi tujuan-tujuan sempit yang merugikan pihak tertentu.

  7. Demi keadilan untuk semua.

    Tahukah anda bahwa setiap orang di seluruh negeri ini sama-sama memiliki hak yang setara setidak-tidaknya dalam tiga aspek kehidupan? Aspek pertama dan terpenting adalah jangkauan terhadap akses sumber ilmu pengetahuan. Setelah itu disusul dengan aspek kekuasaan yang mana penguasa tertinggi adaah negara alias peraturan. Dan yang terakhir yang kerap kali menjadi bahan rebutan adalah pendapatan (gaji yang diterima).

    Kemenangan bisa juga dijadikan sebagai salah satu bahan yang bisa diadilkan berdasarkan kesepakatan bersama. Kemenangan yang berputar akan bergiliran dialami oleh tiap-tiap orang, hanya saja urutannya bersifat acak atau ditentukan lewat pengundian. Demikianlah pengaturan skor berdasarkan prinsip sosialisme sungguhan.

    Akan tetapi, ada juga pengaturan angka kemenangan menururt cara kapitalis. Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mencicipi kemenangan, melainkan hanya mereka yang bisa membayar yang lainnya, itulah yang pantas menang. Yang jelas pada sistem kemenangan semacam ini sangat mengandalkan kekayaan pribadi/ perusahaan. Hanya perusahaan yang bisa berbagi dengan yang lainnya yang akan diangkat sebagai pemenang (tidak ada sistem bergilir).

  8. Manfaat lainnya adalah;

    • Agar pemain lebih fokus pada proses pertandingan dan bukan pada hasilnya.
    • Menghindari efek serakah.
    • Agar pemain dapat menunjukkan keindahan teknik atau keindahan emosional dalam proses perlombaan.
    • Agar pemain atau siapapun tidak mendewakan permainan tertentu.

Kesimpulan

Pengaturan skor sesungguhnya bisa menjadi sebua solusi perdamaian untuk semua kalangan. Sehingga tidak terjadi lagi perselisihan yang ditimbulkan oleh aroma merek/ wilayah yang dibawa oleh tiap-tiap pemain. Sebab hidup ini hanyalah sandiwara, semuanya itu hanyalah permainan yang tidak perlu ditanggapi secara emosional. Itulah pekerjaan manusia zaman sekarang, yaitu ekonomi sandiwara. Sebab yang terpenting bukanlah trophi atau hadiah kemenangan melainkan yang paling penting adalah bagaimana caranya agar manusia selalu aktif dan mampu memberi manfaat kepada yang lainnya. Pada akhirnya, semua pengaturan ini dapat membantu mewujudkan keadialan sosial bagi semua orang (kemenangan bergilir). Atau bisa juga kemenangan itu hanya menjadi milik konglomerat yang mampu membayar lebih tinggi.

Salam, Pertandingan adalah sandiwara
yang dapat menghibur penonton.
Mengapa dibawa serius
sampai jadi bahan pertengkaran?
Lebih baik semuanya diatur
untuk kepentingan
dan keadilan bersama
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.