10 Cara Memenuhi Semua Keinginan Mencapai Bahagia Hidup Di Dunia Dan Akhirat

Cara Memenuhi Semua Keinginan Mencapai Bahagia Hidup Di Dunia Dan Akhirat

Keinginan adalah esensi yang dapat menggairahkan kehidupan tetapi dapat pula menjatuhkan semangat. Sesuatu yang asalnya dari dalam lubuk hati yang paling dalam. Biasanya timbul setelah panca indra terpapar dengan sesuatu. Kadang pula hal-hal tersebut timbul karena pengaruh pengalaman di masa lalu. Bisa juga hal ini mencuat karena suatu hal yang akan terjadi di masa depan. Secara umum, sumber-sumber yang membuat seseorang menginginkan sesuatu adalah informasi. Jadi, salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan sejak dini agar tidak mudah terseret dalam hasrat yang jahat adalah dengan mengatur informasi yang diserap sedemikian rupa sehingga terbebas dari hasrat yang negatif.

Sayang sekali, yang kita temukan dilapangan jelas tidak semudah yang kita pahami. Jika dalam pemahaman kita menyebutkan bahwa “di dunia ini ada dua informasi, ada yang baik dan ada yang jahat maka pilihlah yang baiknya saja.” Namun pada kenyataannya informasi yang tersaji di sekitar kita telah mengalami pencampuran yang tak terelakan. Kita perlu memiliki pikiran yang selalu sadar agar mampu membedakan sesuatu: siapa tahu di antara hal-hal yang kita serap terselip informasi negatif. Bila kita menyadari hal ini sedini mungkin, efek sampingnya dalam kehidupan sangat minimal. Akan tetapi, bila rasa sadar terhadap kesalahan pesan yang diterima, baru terjadi setelah merasakan akibatnya: itu karena efek sampingnya nyata merugikan.

Dampak nyata informasi dalam kehidupan kita adalah mempengaruhi keinginan yang timbul dari dalam hati. Biasanya, saat terpapar dengan suatu pesan, (1.) ada orang yang langsung meniru hal tersebut 100%, (2.) ada orang yang tidak mau menirunya sama sekali (0%). Dan (3.) ada pula yang menirunya sebagian, namun sebagian lagi diabaikan (50:50). Tentu semuanya ini dipengaruhi oleh kemampuan berpikir selektif dan kritis dari masing-masing manusia. Di tambah lagi penggunaan standar kehidupan yang diyakini dan berbagai-bagai aturan yang dihidupinya. Semua pertimbangan ini, kadang butuh waktu berhari-hari untuk diputuskan tetapi ada juga yang hanya sesaat saja sudah bisa ditentukan.

Cara memenuhi semua keinginan

Rasa ingin merupakan hasrat terhadap sesuatu dan diharapkan segera terwujud. Bagi anda yang rutin mencari tahu tentang informasi terbaru: dari sinilah kebanyakan nafsu terbentuk. Karena kita tahu sesuatu makanya kita ingin sesuatu. Adalah mustahil bagi seorang manusia untuk menginginkan sesuatu bila kegunaan/ bentuk dari sesuatu tersebut tidak dapat diidentifikasinya. Jadi, mengapa tidak membatasi indra, belajar meninggalkan nafsu lewat kecewa, menemukan kepuasan diri dan bersyukur selalu atas semua nikmat yang dimiliki. Berikut selengkapnya, cara memenuhi semua keinginan kita.

  1. Menyeleksi informasi yang masuk dengan memahami mana kebutuhan dan mana keinginan.

    Karena anda mendapat informasi, itulah yang mendorong kita untuk menginginkan sesuatu. Seandainya kita tidak tahu apa-apa maka pastilah tidak pula menginginkan banyak hal di luar sana. Cara pertama dan utama untuk memenuhi nafsu dengan membatasi pesan yang masuk ke dalam pikiran dari berbagai media tenologi informasi yang tersedia. Saat berselancar di dunia maya, klik dan bacalah hanya yang dibutuhkan saja. Penawaran lain yang muncul di depan anda, abaikan saja!

    Cara lainnya untuk mengabaikan informasi adalah dengan menjaga fokus pikiran tetap positif. Kita tidak menyeleksi sumbernya secara langsung sebab berita bisa muncul di hadapan kita secara tiba-tiba. Atau dalam keadaan tertentu, terpaksa kita dengarkan juga karena rumah tinggal yang berdekatan. Sehingga satu-satunya cara agar tidak terpengaruh adalah dengan sibuk positif (fokus kepada Tuhan, berbuat baik kepada sesama, belajar dan bekerja). Semakin mantap fokus pikiran maka semakin selektif saat terpapar oleh berbagai-bagai informasi.

  2. Menginginkan hal-hal yang umum.

    Tuhan tidak mengajari kita untuk menginginkan sesuatu yang spesifik. Melainkan janji-janji yang dihaturkan dalam firman-Nya berbicara tentang sesuatu yang sifatnya umum. Janji semacam ini membuat hidup kita fleksibel, tidak harus jadi hamba Tuhan semuanya melainkan tiap-tiap orang diberkati dalam segala potensi yang berbeda-beda satu sama lain. Sehingga tiap-tiap orang bisa menjadi berkat, apapun jenis profesinya.

    Apa keinginan yang umum selain daripada meminta kekayaan hati, yaitu: kebahagiaan/ sukacita, kedamaian, ketenteraman, kesejahteraan, kecukupan, kebijaksanaan dan lain sebagainya. Kekayaan hati semacam ini lambat-laun pasti akan terwujud dalam kehidupan kita. Semakin banyak masalah yang dihadapi maka akan semakin tinggi pengalaman dan kaya hati selama menjalani hidup.

  3. Mendoakan hal-hal yang umum.

    Misalnya saja, anda menginginkan smartphone baru. Tidak perlu mendoakan langsung agar Tuhan memberikan anda hape. Melainkan doakanlah agar Tuhan membantu mewujudkan cita-cita anda. Jadi dalam hal ini, harapan untuk memiliki smartphone ditransformasikan menjadi cita-cita. Sebab cita-cita kita di masa depan: ada banyak. Sehingga kalaupun tidak terwujud membeli handphone, masih ada hal lainnya yang terwujud. Misalnya kesehatan, pekerjaan, masalah yang terselesaikan dan barang-barang lainnya yang mampu kita beli.

  4. Menorehkan manfaat dari rasa kecewa.

    Tahukah anda bahwa kekecewaan membantu kita untuk mereduksi apa yang diinginkan? Saat kita dikecewakan A maka kita melupakan dan mengabaikan A. Ketika disakiti oleh si B, maka kita cenderung membatasi diri bertemu dengan si B. Ketika kita kecewa terhadap suatu barang atau jasa: ada kemungkinan nafsu terhadap hal tersebut akan hilang, cepat atau lambat. Rasa kecewa membantu kita untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bisa dicapai lalu mulai mengatur ulang strategi agar mampu memenuhi keinginan lainnya sebagai pengganti terbaik.

    Kekecewaan karena menginginkan sesuatu juga menjadi pelajaran hidup yang berharga untuk mengajari kita lebih rendah hati. Memilih jalan untuk hidup sederhana saja dengan keinginan yang masuk akal membuat hati lapang dimanapun berada. Sebab tidak ada beban yang sangat berat karena apa yang kita harapkan sudah kita miliki dalam pola-pola yang disederhanakan. Kebutuhankita tidak berlebihan tetapi juga tidak terlalu kecil melainkan yang sedang-sedang saja (semampunya saja).

  5. Bekerja keras.

    Tidak ada cara lain untuk memenuhi hasrat kita akan hal-hal duniawi, selain berjerih lelah mencarinya lewat bakat yang dimiliki. Berbahagialah anda yang saat ini sudah memiliki pekerjaan, sebab inilah yang menjadi pintu awal untuk mulai memantapkan langkah menginginkan hal-hal positif yang ada di dunia ini. Gelutilah pekerjaan tersebut dengan dispilin menaati aturan yang berlaku di dalamnya. Lakukanlah semuanya dengan penuh kesungguhan dan ketekunan sampai membuahkan hasil.

  6. Mulai menabung.

    Menabung adalah cara terbaik untuk memenuhi harapan kita di masa depan yang berhubungan dengan materi. Namun bila tabungan anda di bawah 30 juta, sebaiknya tidak menabung di bank lokal. Sebab uang justru terus berkurang akibat beban pajak. Akan tetapi, bila tabungan 30 juta ke atas, ada bunga bank yang bisa meningkatkan tabungan walau hanya 0,0-sekian persen. Membuka tabungan untuk keperluan lain selain mengumpulkan uang, perlu siap-siap mengikhlaskan sejumlah pajak sebagai biaya administrasi per bulan.

  7. Mengikuti Lotre.

    Cara lainnya untuk menabung uang adalah dengan mengikuti lotre. Suatu bentuk gotong royong membantu sesama dengan kemenangan acak yang bergiliran. Anda bisa mulai mengikuti beberapa atau fokus satu saja lotre dalam jangka waktu tertentu yang sesuai dengan pendapatan yang dihasilkan tiap bulannya. Saat anda beruntung menjadi pemenang, bersukacitalah karena dengan uang tersebut keinginan akan barang ini-itu dapat terwujud.

  8. Mengikuti investasi.

    Anda bisa berinvestasi untuk membuat uang yang dimiliki bisa berkembang. Bisa dengan berinvestasi membuka usaha sendiri. Atau alternatif lainnya adalah berinvestasi melalui lembaga keuangan yang tersedia di kota/ negara anda. Salah satu produk investasi yang cukup populer adalah asuransi: anda bisa memulainya lewat lembaga keuangan/ bank yang kredibel dengan pengalaman selama bertahun-tahun. Investasi juga bisa dilakukan lewat koperasi yang berada di daerah anda dan telah diberi izin resmi oleh pemerintah.

  9. Memainkan game.

    Sadar atau tidak, memainkan permainan online maupun offline dapat membantu mewujudkan berbagai keinginan kita. Sebab di dalam suatu permainan, terdapat beberapa tugas yang perlu diselesaikan. Saat setiap tugas itu selesai, akan ada penghargaan yang kita terima, berupan koin, permata, kartu dan berbagai hadiah lainnya.

    Terkhusus saat memainkan game online/ offline di smartphone: kita ditawarkan untuk menjadi member premium atau VIP yang bisa diraih cepat dengan membeli barang tertentu. Sesungguhnya, menjadi premium atau VIP dalam sebuah game dapat diperoleh secara berangsur-angsur apabila kita setia memainkan permainan tersebut setelah beberapa bulan atau tahun lamanya. Bila anda beruntung, mungkin saja hadiah berupa barang atau uang akan dimiliki kelak setelah sampai VIP tingkat tertinggi.

    Game mampu memenuhi semua keinginan kita karena semuanya telah terpola di dalam satu aplikasi. Fitur-fitur yang dimilikinya menawarkan kita ini dan itu sehingga hatipun terpikat oleh berbagai pencapaian di dalamnya. Kita menginginkan segala pencpapaian itu dan kita pasti bisa mencapainya tahap demi tahap. Hanya saja, adakah orang yang mau bersabar dan menunggu dengan tekun sampai waktu penggenapan janji-janji itu datang?

  10. Menjadi bahagia atas apa yang dimiliki.

    Sesungguhnya menjadi bahagia atas apa yang dapat kita capai di dunia ini, sangatlah mudah. Hanya saja, terkadang kita masih kurang puas ini dan itu karena masih belum mampu menetralisir rasa dengki terhadap kelebihan sesama. Seandainya segala dengki, sakit hati, dendam, kebencian dan lain-lain telah dibersihkan dari dalam relung hati. Niscaya untuk menjadi pribadi yang bahagia dapat diraih dengan mudahnya. Berikut selengkapnya.

    1. Tiga Kunci kebahagiaan: bersyukur.

      Rasa syukur kita panjatkan kepada Tuhan sebagai bentuk terimakasih atas segala yang telah terjadi di dalam kehidupan ini. Sekalipun ada baik-buruknya, ada susah-senangnya dan ada pahit-manisnya. Bukan berarti rasa dihati berubah-ubah karena perbedaan respon/ tanggapan orang lain. Sesungguhnya, situasi dari luar tidak akan bisa mempengaruhi pikiran kita asalkan selalu aktif positif dalam kebenaran. Bersyukur atas kebaikan Tuhan sambil memuliakan namanya di dalam hati membuat kita tterbebas dari rasa bersalah dan kembali hidup dalam sukacita sekalipun berada di tengah-tengah dukacita. Orang yang selalu aktif memuji-memuliakan Tuhan, hatinya selalu berpesta. Tidak ada lagi rasa sakit yang dapat membuatnya menangis karena penghiburan yang dari pada Allah selalu disalurkan Roh di dalam hati masing-masing orang.

    2. Tiga kunci kebahagiaan: merasa cukup.

      Pada hakekatnya, materi semegah apapun tidak akan pernah bisa memasuki hati kita. Materi hanya sebatas fisik yang dapat diidentifikasi oleh indra. Sedangkan tiap-tiap manusia butuh kepuasan sampai relung hati yang paling dalam. Bagaimana anda bisa puas pada materi yang sama sekali tidak mampu menyentuh hati dan pikiranmu? Di sinilah Tuhan berkarya memenuhi hati setiap manusia dengan kepuasan ilahi. Sehingga tiap-tiap orang di bumi ini merasakan bahagianya penuh dan sukacitanya meluap ke luar terpancar kepada orang-orang di sekitarnya.

      Bila tiap orang sudah punya Tuhan di dalam hati maka kepuasan terhadap materi bukan lagi menjadi fokusnya. Sebab hanya dengan fokus memuji-muji Allah saja, sukacitanya penuh. Sehingga keberadaan materi di sekitar hanya sebagai pelengkap yang kalau ada disyukuri dan kalau tidak ada juga ya dicukup-cukupkanlah apa adanya saja.

    3. Tiga kunci kebahagiaan: berpuas diri.

      Orang yang memiliki kepuasan diri yang tinggi tidak selalu kritis saat menilai segala sesuatu. Mereka memilih untuk mengabaikan banyak hal yang menurutnya tidak penting dan enggan mengurus urasan orang lain. Mereka tidak pernah mengaku tidak puas dalam segala hal, sebab menurutnya masing-masing orang memiliki sisi keindahan yang unik satu sama lain.

      Bukannya mereka kurang cerdas, hanya saja memilih untuk pura-pura bodoh, mengabaikan hal-hal yang tidak begitu besar pengaruhnya. Agar hal-hal kecil seperti itu tidak sampai meretakkan kebahagiaan di dalam hati. Mereka yang berpuas diri, sudah maksimal saat melakukan segala sesuatu. Sehingga apa pun hasil/ pencapaian yang diterima, akan disambut dengan sukahati walau masih ada kurang-kurangnya. Mereka memiliki standar kepuasan yang sangat sederhana sehingga hal-hal recehan yang dilakukan dengan baikpun sudah dapat membuatnya berbahagia. Selengkapnya simaklah, Kunci rahasia kebahagiaan hidup.

Kesimpulan

Cara terbaik untuk memenuhi semua keinginan adalah dengan membatasi informasi pada hal-hal yang kita butuhkan saja. Sikap yang selektif dan kritis menanggapi sugesti yang datang dari luar diri kita, dapat menjadi pembatas yang membuat apa yang kita inginkan lebih sederhana. Mengharapkan dan mendoakan hal-hal yang umum, turut membuat ringan beban pikiran saat menghadapi kenyataan yang kurang pas di hati. Merencanakan kehidupan sebaik mungkin dengan menabung, berinvestasi dan mengikuti lotre: dapat menjadi modal untuk memobilisasi apa yang kita butuhkan. Lebih daripada itu, memenuhi semua keinginan dapat dicapai dengan belajar bersyukur, merasa cukup dan berpuas diri terhadap segala sesuatu yang telah kita miliki. Hanya mereka yang telah terpenuhi keinginan hatinyalah yang dapat bersukacita hari demi hari.

Salam, Hasrat bisa terpenuhi
dengan mengendalikan informasi
mengeneralkan harapan
dan menemukan kebahagiaan hati
Hati yang penuh sukacita
tanda hasrat yang terpenuhi
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.