7 Minuman Yang Membuat Lupa Minum Air Putih – Termasuk Air Garam Manis Dapat Membuat Kita Melupakan Air Putih

Minuman Yang Membuat Lupa Minum Air Putih – Termasuk Air Garam Manis Dapat Membuat Kita Melupakan Air Putih

Tahukah anda bahwa aktivitas konsumsi yang sangat penting seumur hidup adalah minum air putih. Lagi, dari semua bahan makanan-minuman yang kita konsumsi hari demi hari, bahan pangan dari cairan harus lebih banyak dikonsumsi dari panganan lainnya yang strukturnya padat atau setengah padat. Ini semua perlu kita wujudkan tanpa mengabaikan satupun: itulah rencananya. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa terdapat berbagai rintangan yang menghadang. Artinya, misi tersebut sangatlah berat untuk direalisasikan tetapi bukannya mustahil. Hanya mereka yang tekun berjuanglah yang dapat mencapainya. Sebab ada rintangan langsung dan ada pula rintangan yang tak langsung disepanjang jalan perjuangan yang ditempuh.

Apa saja keadaan yang secara langsung membuat kita kehilangan kebiasaan baik? Apalagi yang menghilangkan kebiasaan baik selain dari kebiasaan buruk? Semakin padat hari-hari dalam pola-pola yang negatif maka besar kecendurungan meredup-hilangnya hal-hal baik dalam segala waktu yang ditempuh. Mari ambil beberapa contoh di antaranya, yakni kebiasaan makan di luar rumah terlalu sering. Makan di luar memang kadang dibutuhkan untuk menyegarkan indra. Akan tetapi terlalu sering makan di luar juga kurang baik bagi pola kebiasaan minum: bisakah anda membayangkan gambaran dari peristiwa ini? Biasanya saat kita makan di luar, aktivitas meminum air dibatas-batasi agar sedapat-dapatnya jarang bahkan kadang, sama sekali tidak melapor ke toilet. Bila kebiasaan ini dipelihara selama berbulan-bulan bahkan sampai menahun niscaya aktivitas mengonsumsi air putih akan semakin menurun dari tahun ke tahun.

Mengapa air sangat penting dalam kehidupan manusia? Karena kita hidup makanya butuh air, bahkan tanah-tanah sekalipun butuh lembab agar selalu subur. Itulah mengapa tanah yang berpasir dan kering tidak banyak bahkan sama sekali tidak dihidupi oleh tanaman. Sebab setiap makhluk hidup membutuhkan cairan agar berbagai proses di dalam tubuhnya berjalan dengan baik. Kalau bagian terbesar saja di bumi hidup dalam siklus cairan (hidrologi) terlebih lagi bagian-bagian kecil dibawahnya, termasuk manusia. Sebab satu (air) dari dua hal (udara) yang terus-menerus mengalir lancar membentuk siklus diseantero bumi merupakan komponen vital dalam semua kehidupan.

Pengertian

Lancar meminum air merupakan cara tepat untuk membersihkan darah sejak dini. Saat kita kurang mengonsumsi air maka tubuh akan melakukan tindakan antisipatif agar tidak segera dehidrasi. Biasanya saat jumlah cairan tetap di dalam tubuh, akan dipertahankan dengan cara daur ulang lagi dan lagi untuk mendukung perannya sebagai transporter utama. Proses daur ulang cairan tubuh dilakukan oleh hati dan ginjal, bertujuan agar cairan tersebut kembali siap edar. Sekalipun sudah bersih menurut standar tertentu, air kotor tetap masih kotor. Artinya, terdapat racun-racun metabolisme di dalamnya sekalipun kadarnya sangat kecil. Bila proses daur ulang ini terus-menerus berlanjut, mikropartikel toksin yang jumlah awalnya sangat sedikit akan melekat dan menumpuk pada jaringan dan/ atau organ tertentu. Lama-kelamaan tumpukan toksin tersebut semakin banyak, jauh di atas ambang batas normal sehingga timbullah penyakit.

Kebanyakan orang yang lupa mengonsumsi air karena merasa tidak haus. Ini mungkin disebabkan oleh kemampuan tubuh mendaur ulang cairan yang sudah ada. Padahal, darah yang sama jika terus-menerus diputar, membuat mikropartikel toksin tidak seluruhnya terbuang ke dalam urin. Jumlah toksin yang sangat kecil ini, lambat laun akan menumpuk-numpuk pada jaringan dan/ atau organ tertentu. Jikalau ini terus-menerus berlangsung dalam kurun waktu yang lama maka bagian-bagian tersebut akan mengalami gangguan fungsi alias sakit. Jadi saat kita selalu mengonsumsi air putih mikro toksin yang terdapat di dalam darah akan terbuang bersama urin. Kualitas darah semakin membaik saat tubuh terus diairi oleh air putih karena tahapan pembuangan racun berjalan lancar dan terus-menerus.

Daftar minuman yang membuat kita lupa mengonsumsi air

Mengapa sampai lupa? Ada apa dengan – berbagai minuman ringan yang diperjualbelikan yang beredar di dalam masyarakat? Biasanya minuman ringan yang berasa manis nikmat di langit-langit tersebut membuat lidah terlena dengan rasanya. Sehingga tidak muncullah rasa haus selama beberapa jam bakan sampai  seharian penuh. Saat volume air di dalam tubuh kita stagnan, besar kemungkinan cairan tersebut akan diputar berulang-ulang untuk menjalankan fungsi transportasi ke seluruh tubuh. Ginjal dan hati akan bekerja lebih keras saat melakukan rekondisi / daur ulang terhadap larutan darah. Bila keadaan ini terus berlanjut, bisa menimbulkan penumpukan pada jaringan atau organ tubuh tetentu sehingga menyebabkan sakit. Tentu saja, keadaan ini akan semakin memburuk dari hari ke hari sehingga menjadi suatu ancaman besar yang disebut komplikasi.

  1. Minuman beralkohol.

    Mengonsumsi alkohol. selama beberapa waktu, membuat manusia yang melakukannya ketergantungan. Tidak cukup sampai di situ saja, syaraf tertentu juga mengalami gangguan fungsi sehingga terkadang hilang kesadaran. Minat mereka sangat tinggi terhadap alkohol yang rasanya jelas-jelas teramat pahit akan tetapi saat lidahnya menyentuh air putih malah berasa lebih enek. Bahkan kemungkinan besar, jumlah minuman beralkohol yang mereka telan lebih banyak dari air putih yang dikonsumsi. Kecanduan alkohol memang membuat mereka lebih cinta terhadapnya sedang cairan bening tak bewarna dan tak berasa itu terlupakan.

  2. Minuman isotonik (air garam manis).

    Sungguh tidak disangka bahwa ternyata air garam manis yang selama ini kita puji keunggulannya, ternyata memiliki efek samping nyata. Ini jelas saja sebab salah satu fungsi utamanya adalah mempertahankan kadar air dalam tubuh. Sehingga besar kemungkinan sesaat setelah mengonsumsinya, kita tidak ingin minum lagi. Akibatnya bisa dimanfaatkan secara berlebihan oleh orang-orang yang kurang cerdas. Mereka membatasi jumlah minumnya setiap hari . Padahal dengan melakukan pembatasan konsumsi terhadap air putih maka cairan yang ada dalam tubuh kurang lancar dan cairan yang sama terus-menerus diputar dalam menyokong berbagai aktivitas metabolisme tubuh.

    Sesekali mengonsumsi air garam manis untuk membuat tubuh lebih lama menyimpan air dalam acara-acara tertentu, tidak akan menimbulkan masalah. Misalnya saja saat melakukan perjalanan jauh, saat hendak ke pesta, saat berkunjung ke rumah saudara: bisa mengonsumsi air garam manis agar tidak terlalu sering minum dan buang air kecil. Akan tetapi, saat seharian berada di rumah masih juga mengonsumsi air garam manis banyak agar tidak kehausan dan kebelat pipis adalah tindakan yang berlebihan. Saat sedang berada dalam rumah, sebaiknya tanggalkan kekuatan air garam manis lalu konsumsilah air dua tiga teguk dan lebih sering dilakukan. Aktivitas sering-sering minum air saat berada di rumah bisa menjadi pengingat yang kuat sehingga kita tidak akan pernah lagi lupa meminumnya di saat-saat genting dan sudah berumur kelak.s

  3. Minuman bersoda/ berkarbonasi.

    Minuman yang satu ini memiliki cita rasa yang khas menyengat. Kekuatannya sangat nyata menekan lidah sehingga bagusnya diminum secara terputus-putus. Yang tidak kalah tajam dalam minuman bersoda adalah kandungan garamnya yang cukup tinggi. Manfaat utama mineral ini adalah untuk menjaga/ memastikan kadar air mencukupi di dalam tubuh. Terkhusus dalam keadaan ekstrim, elektrolit berupaya mengurangi angka penguapan saat cuaca panas.

    Bila anda biasanya banyak minum yang bersoda sehingga minum air pun terlupakan. Dimana itu tidak mengganggu kesehatan karena minuman tersebut kaya elektrolit. Tiba-tiba pada suatu masa, habis uang membeli minuman bersoda yang agak mahal dan membuat jumlah konsumsinya menurun. Namun konsumsi air masih saja lupa karena terbawa suasana lama yang sudah tidak terjadi lagi (membeli banyak minuman kalengan).

    Atau kejadiannya bisa jadi seperti ini: anda tiba-tiba sakit lalu disuruh dokter untuk berhenti minum soda kaleng. Lantas anda pun langsung mematuhi saran dokter tersebut tetapi kebiasaan kurang minum air masih terbawa-bawa. Kelupaan inilah yang lama kelamaan membuat anda jatuh sakit.

  4. Minum ludah sendiri (mengisap ludah sendiri).

    Pada satu titik, mengisap air liur sendiri sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya saja dengan mengisap ludah sendiri saat sedang berpuasa (puasa makan dan/ atau minum). Akan tetapi, mengisap ludah hanya karena malas minum air, enggan mengambilnya k dapur atau dari warung sebelah merupakan suatu kebiasaan buruk.

    Artinya, selama mengisap ludah dilakukan sewajarnya saja, selama itulah khasiat yang kita rasakan positif. Akan tetapi, saat aktivitas ini dilakukan secara berlebihan demi memelihara kemalasan, alhasil manfaatnya akan dirasakan terbalik (jadi berdampak buruk). Oleh karena itu, telanlah ludah anda secara bijaksana tanpa harus mengabaikan aktivitas meminum air putih.

  5. Minum kopi.

    Kopi memang bagus diminum di kala pagi sedang dingin-dinginnya. Seolah membuat tubuh kembali menghangat, tapi tahukah anda bahwa fungsi semacam ini juga dapat didatangkan dengan mengonsumsi air garam manis? Yups… Seolah keduanya “setali tiga uang: khasiat mirip-mirip.” Kami tidak hendak mencegat anda untuk mengonsumsi kopi, itu baik asalkan diminum secara terukur dan terkontrol. Meminumnya lebih dari dua gelas per hari akan berdampak buruk bagi kesehatan.

    Terlebih jika favorit anda adalah kopi sashet yang dijual luas di pasaran. Menurut pengalaman kami sendiri, meminum kopi bungkus buatan pabrik, dua sashet per hari dapat memicu nyeri sendi lutut kaki. Penyakit yang satu ini cukup menjengkelkan karena nyerinya teramat nyata saat kita bergerak, terlebih saat naik-turun tangga.

  6. Minum rokok.

    Rokok kok diminum?? Memang jelaslah bahwa rokok yang diminum adalah uapnya/ asapnya. Ini jelas tidak semuanya telah dilakukannya dengan sadar. Terkadang seseorang melakukannya hanya karena dorongan intuitif dari alam bawah sadarnya. Ini terjadi karena telah ketergantungan dengan rokok. Bahkan, baginya berasa lebih nikmat minum rokok ketimbang minum segelas air putih. Faktor lainnya yang menyebabkan orang yang suka minum rokok lupa atau kurang suka minum cairan bening ajaib tak berwarna tersebut adalah kerusakan indra pengecap sehingga ia tidak mampu lagi membedakan, apakah suatu makanan/ minuman sudah enak atau tidak.

  7. Minuman manis lainnya yang membuat candu.

    Mengapa minuman yang membuat kecanduan dapat mengganggu minat kita terhadap air putih? Sebab biasanya apa yang membuat candu beresiko membuat aktivitas meminum air putih terlupakan. Salah satu penyebab utamanya adalah persaingan rasa antar minuman, yang mana jelas-jelas yang bening dan terasa tawar akan tertinggal di meja sedangkan yang bewarna dan terasa manis akan tertinggal di hati.

    Minuman manis selalu mengandung garam. Kalau tidak percaya, bacalah baik-baik pada informasi nilai gizi yang tertera pada bungkusnya. Apa yang manis bisa jadi sangat dinanti-nantikan oleh setiap insan. Mungkin saja beberapa di antara kita ada pula yang menjadikannya sebagai minuman favorit. Di atas semuanya itu, selalu sadari bahwa apa yang tawar lebih berdaya guna tinggi.

Kesimpulan

Ketika kami mengatakan bahwa minuman ini-itu dapat membuat anda lupa air putih bening tak berasa bukan dalam arti harus menghentikan konsumsi terhadap berbagai minuman yang menggiurkan itu. Melainkan yang kami maksudkan adalah jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan. Hindari lebih banyak meminum minuman nikmat itu lebih banyak dari air putih. Upayakanlah konsumsi terbanyak dan tersering dalam hidup adalah air putih bening tak berasa.

Air adalah senyawa esensial yang pemenuhannya perlu dilakukan secara terus-menerus. Seluruh sel dalam tubuh kita pasti mengandung air, hanya saja kadar totalnya yang berbeda-beda untuk setiap jenis sel. Sering-sering mengonsumsi air sama artinya dengan merawat kehidupan. Utamanya keadaan gigi dan mulut sangat terpantau kondisinya oleh rutinitas tersebut. Penyakit di daerah gigi, gusi, lidah dan kerongkongan bisa menjadi salah satu indikator penting kurangnya minum yang bening tak berasa itu. Tidak ada jalan lain untuk mencintai si kristal lembut tawar itu selain dari memahami manfaatnya yang luar biasa dalam kehidupan ini. Anda paham khasiatnya dan mampu mengenali tanda-tanda akibat kekurangannya, merupakan suatu terobosan untuk membuat kita tetap mengingatnya seumur hidup.

Ada banyak masa lalu
yang perlu dilupakan
tetapi lupa minum
membuat hidup
berakhir lebih cepat!

Salam, Mengonsumsi air merupakan keharusan.
Anda tahu khasiatnya, paham manfaatnya
Niscaya ingat-ingatan terhadapnya selalu ada
seumur hidup
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.