7 Efek Samping Kopi Sashet Nyeri Sendi & Gigi Ngilu, Cara Mengatasinya

Efek Samping Kopi Sashet Menyebabkan Nyeri Sendi Dan Gigi Ngilu Serta Cara Mengatasinya

Sadar atau tidak, di zaman yang katanya sudah modern seperti sekarang ini. Ada banyak perusahaan kecil sampai besar yang memproduksi berbagai-bagai kebutuhan hidup umat manusia. Faedah yang mereka datangkan terhadap sistem jelas nyata. Tetapi bukan dalam arti, semua yang dihasilkannya adalah baik dan bebas untuk dikonsumsi demi memenuhi hawa nafsu. Akan tetapi, sadarilah bahwa dibalik unggul baik yang dibawanya, terdapat pula unggul buruk yang terkadang kurang diekspose oleh media populer. Inilah salah satu yang akan kami coba ulas dalam tulisan ini. Kami berharap agar konsumen tidak hanya tahu nikmat manfaatnya tetapi dimampukan pula untuk mengantisipasi dampak negatif akibat mengonsumsinya secara tidak terkontrol.

Kopi sashet adalah satu dari sekian banyak produk yang dihasilkan oleh manufaktur makanan dan minuman. Ada begitu banyak mereknya yang beredar luas dipasaran. Tidak hanya perusahaan besar yang memperjual-belikannya. Toko-toko kecil, warung dan pedagang kaki lima pun menjualnya, baik dalam bungkusan maupun dalam kehangatan (seduh). Setiap konsumen yang membelinya tidak perlu terlalu khawatir dengan keamanan dan kualitasnya, sebab semua produk dalam sashet tersebut telah dijamin oleh Badan Pom nasional. Di sinilah mulai muncul titik keheranan kita: bagaimana bisa sesuatu yang sudah dijamin sehatnya, dapat pula sampai menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh manusia?

Dampak buruk mengonsumsi kopi sashet secara berlebihan

Jujur, sampai saat ini pun kami masih suka mengonsumsi minuman gurih pahit manis ini. Bukannya apa-apa, karena ia memang bermanfaat maka mau juga diembat. Sebenarnya, kami punya pilihan alternatif terbaik dan teratas, yaitu air garam manis >>> jelas lebih baik dari kopi. Yang sungguh jauh lebih baik lagi dari kedua minuman tersebut adalah air putih tawar. Sudahkah anda rutin dan sering-sering meminum air putih? Atau jangan-jangan lebih banyak meminum-minuman lain sebagai pilihat terbaik namun sesungguhnya efek sampingnya semakin lama semakin kentara? Berikut ini, dengan menampilkan dampak buruk dari sesuatu, bukan berarti kami melarang anda untuk membelinya. Melainkan bijak-bijaklah mengatur diri agar tidak sampai memanfaatkannya secara lebay karena kelebihan muatan bisa bahaya dirasa seumur hidup.

  1. Ketergantungan lho…

    Pada awal-awal keadaan yang kurang menguntungkan, seseorang sering nebeng, minta dibelikan sama orang lain. Akan tetapi, saat seseorang sudah punya gaji sendiri, apapun yang dikehendaki hatinya pasti akan dipenuhi juga. Tak terkecuali minuman sashet yang turut dibeli sebanyak-banyaknya karena dorongan iklan. Saat sesuatu ditumpuk di rumah, semakin besar kemungkinan untuk mengonsumsinya terus. Kalau ini dibiasakan, lama-lama jadi ketergantungan: seolah tidak ada hari baik sebelum minum sashetan.

  2. Kok malah lupa minum…

    Ketahuilah kawan-kawan, minuman bubuk dalam bungkusan telah ditambahkan garam dalam jumlah yang cukup untuk membuat tubuh lebih lama menyimpan air. Padahal baiknya, air dalam tubuh manusia harus selalu mengalir dengan meminumnya sering-sering. Garam meminimalisir angka dehidrasi. Akibatnya, cairan tubuh yang notabene kotor setelah menjalani sekali sirkulasi penuh akan kembali digunakan (di daur ulang) untuk mengairi seluruh tubuh. Keadaan ini jelas tidak sehat bila terjadi selama berhari-hari.

    Orang yang tidak mengalami dehidrasi, tidak akan pernah merasa haus sebab siklus air yang sudah ada terus-menerus berputar dalam dirinya. Air yang kotor akan kembali di daur ulang oleh ginjal sehingga bisa dipakai kembali. Padahal bila cairan tubuh selalu mengalir ke luar, toksin-toksin yang berbahaya akan turut dibuang.

  3. Waktu makan terlupakan juga.

    Mereka yang salah kaprah memanfaatkan kopi sebagai salah satu alternatif untuk menunda lapar. Ada orang yang merasa enteng saja, saat pekerjaan lagi padat, waktu makanpun terbengkalai, hanya diganjal dengan minuman sashet jalanan. Mungkin kebiasaan ini akan berjalan lancar dalam dua tiga hari. Namun bila terus-menerus dilakukan selama berminggu-minggu maka asam lambung/ maag akan menyerang tanpa dinyana. Oleh karena itu, jangan memanfaatkan minuman ini untuk menggolkan tujuan-tujuan yang tidak sehat agar dampaknya tidak berimbas pada penyakit yang diderita kelak.

  4. Gigi menjadi ngilu…

    Minuman hitam atau coklat ini biasanya membuat pH tubuh menjadi asam. Terutama bagian mulut sebagai yang pertama terpapar oleh keberadaannya. Ngilu pada gigi akan semakin meningkat ketika aktivitas mengonsumsi air putih turun drastis. Ini seperti penyebab ganda yang membuat ngilu gigi semakin menjadi-jadi.

  5. Sendi tumit menjadi sakit sekali.

    Nyeri sendi akan melanda tumit kanan atau tumit kiri bahkan mungkin kedua-duanya karena terlalu sering mengonsumsi kopi sashet. Kami sendiri mengaku meminumnya dua kali sehari dan dampaknya ke tumit sangat nyata setelah biasa diminum selama 3 hari berturut-turut. Ini adalah pertanda buruk yang mau tidak mau mengharuskan kami untuk meminumnya sekali sehari saja.

  6. Sulit tidur siang dan begadang di malam hari.

    Bagi mereka yang memang berencana tidak tidur siang dan hendak tidur agak larut malam: mungkin efek yang satu ini malah membuatnya senang. Akan tetapi, lain halnya bagi yang telah menjadwalkan waktu khusus untuk tidur siang dan jadwal tidur lebih awal di malam harinya. Minum aspal cair ini sudah jelas akan membuat kebiasaan yang telah rutin dibina selama bertahun-tahun, mengalami bias beberapa derajat.

  7. Jantung berdebar tak menentu (aritmia).

    Ini adalah salah satu dampak buruk dari kebiasaan kurang minum air putih. Anda sepertinya tidak pernah dahaga karena minuman sashet tersebut berhasil mengkaburkan rasa haus dengan menjaga cairan tubuh tetap di dalam. Cairan tubuh yang ada digunakan secara berulang-ulang (di daur ulang oleh ginjal). Akibatnya, aliran pembuangan toksin kurang lancar dan malahan lebih banyak di tahan di dalam tubuh. Bufferitas garam-kopi membuat darah mampu menahan jumlah/ kadar toksin lebih banyak. Namun ketika jumlah toksin di dalam darah semakin menjadi-jadi (misalnya saat berolahraga, cuaca dingin, gugup) maka gejala jantung berdebar kencang akan menjadi momok yang cukup menyakitkan.

Cara mengatasi bahaya mengonsumsi kopi dalam kemasan.

Apa yang lebih merepotkan dalam hidup kita selain daripaa keinginan? Mereka yang mampu mengendalikan keinginannya akan dimampukan pula untuk mengendalikan hal-hal lainnya yang berputar di sekelilingnya. Bila kita menyadari sedang sakit maka muncullah dorongan untuk mencari tahu asal muasal penyakit tersebut sambil mencari-cari apa yang menjadi solusinya. Apalagi yang menyakiti kita kalau bukan karena faktor panganan yang kurang atau berlebihan? Setelah pada bagian ini kita sadar “apa yang menjadi kelemahan/ kecerobohan selama ini maka mulailah timbul ide-ide untuk melakukan antisipasi yang terdiri dari langkah pencegahan dan penanggulangan peristiwa yang menyesakkan tersebut.

  • Jangan lupa minum air putih.

    Minum air putih adalah aktivitas yang paling sering dilupakan seseorang. Akibatnya pada suatu titik, tubuh menjadi sakit dan hari-hari hanya bisa dilalui dipembaringan rumah sakit. Oleh karena itu, sebelum hal-hal buruk tersebut terjadi, maka letakkanlah gelas/ teko air minum di samping meja kerja anda. Tanda-tanda awal kurang minum adalah bau badan, ngilu/ sakit pada gigi, panas dalam, bibir pecah-pecah, bau mulut, darah tinggi dan berbagai-bagai macam penyakit lainnya. Terutama penyakit yang berkaitan langsung dengan sistem metabolisme tubuh.

  • Kurangi konsumsi kopi sashet (kopi pabrikan).

    Kami sendiri penyuka minuman sashet ini karena aroma dan rasanya yang khas, tak tertahankan. Jika kita mengikuti nafsu maka kecenderungan untuk mengonsumsinya lagi dan lagi tidak akan berhenti. Oleh karena itu, berupayalah untuk menempatkan logika anda di atas hawa nafsu. Jangan sampai keinginan menguasai hari-harimu sehingga jatuh sakit tak berdaya selama berhari-hari.

    Menurut hemat kami, konsumsi terhadap minuman sashet ini, cukup satu sampai dua bungkus per hari saja. Coba pertahankan kebiasaan ini agar bagian-bagian lainnya tetap utuh. Sebab kalau sudah jatuh sakit, besar kecenderungan hal-hal yang lainnya turut melemah sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih parah yang disebut sebagai penyakit komplikasi. Meminumnya dua kali sehari adalah batas maksimum, itu pun tidak setiap hari melainkan hanya di waktu-waktu tertentu saja.

  • Konsumsilah ar garam manis.

    Jika anda sangat berhasrat dengan dengan minuman pabrikan tersebut. Ini bisa jadi karena sifat candunya sudah menyebar dalam pikiran dan kehidupan anda. Perhatikan diri sendiri agar kebiasaan lebay tersebut tidak sampai menyisakan penyakit metabolisme. Saat anda mengonsumsi air garam manis, ada kekuatan membersihkan yang dapat melunturkan rasa candu tersebut. Mineral garam inilah yang akan menetralisisr barbagai potensi buruk di dalam tubuh sehingga efek samping/ pengaruhnya lama-kelamaan semakin redup bahkan menghilang. Tentu saja, air garam manis penghilang candu ini tidak cukup hanya diminum sekali saja. Melainkan bila perlu setiap hari sehingga lama-kelamaan anda akan pulih dan tidak lagi ketergantungan dengan

  • Manfaatkan panganan pengganti kopi lainnya.

    Jika hanya ingin mengganjal perut, sering-sering minum air putih saja sudah cukup untuk membuat anda tetap kenyang/ tidak makan. Bila hanya mau menyegarkan indra agar tetap melek, jauh dari kantuk, seduhlah teh panas untuk menemani malam hari yang panjang. Jika anda hanya ingin badan yang terasa dingin di pagi hari agak menghangat, boleh saja meminum coklat panas. Harap diketahui bahwa air garam manis asli juga sangat bisa membuat badan tetap hangat di saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Mungkin dari para pembaca ada yang tahu pengganti kopi lainnya? Silahkan dituliskan di kolom komentar.

  • Rutin berolahraga.

    Aktivitas fisik yang baik akan menjadi kekuatan untuk membersihkan tubuh dari berbagai jenis racun metabolisme yang keluar bersamaan dengan keringat. Selain itu, otot dan tulang pun turut diperkuat dan segala sendi akan diregang-kencangkan sehingga tetap prima. Berilah waktu lima belas sampai tiga puluh menit (bisa juga lebih) untuk berolahraga agar badan tetap fit dari hari ke hari.

  • Konsumsi kopi hitam olahan biasa.

    Bila anda mau yang aman, konsumsilah kopi hitam biasa yang dibeli oleh kebanyakan masyarakat di warung sebelah. Ini lebih terjamin keadaannya karena diolah dengan zat kimia tambahan yang lebih minimalis. Memang jelas rasanya tidak terdiri dari berbagai macam tetapi aromanya tetap menggugah rasa.

Kesimpulan

Jika anda minum kopi sashet satu sampai dua bungkus perhari tetapi gejala penyakit di atas sudah terasa nyata. Coba lihat tanggal kadaluarsanya atau cobalah merek lain. Bila masih sakit saja, itu keadaan yang tidak alami dan terkesan disabotase. Artinya, tidaklah mungkin anda langsung sakit hanya karena ngopi satu-dua bungkus perhari! Bisa jadi ini konspirasi untuk menjauhkan hal-hal baik dalam kehidupan anda.

Apa-apa di dunia ini penuh dengan dualisme: ada manfaatnya dan ada juga keburukannya. Pada saat-saat seperti inilah sangat nyata gunanya “menjadi bijak.” Meeka yang menimbang-nimbang untuk mencari kebenaran di antara kesenjangan akan dituntun oleh hikmat sehingga dimampukan untuk belajar memahami keadaan, menyesuaikan diri dan mengendalikan nafsu liarnya. Semuanya ini diperlukan untuk menghindarkan kita dari dampak buruk yang diakibatkan oleh kesalahan sendiri/ pemahaman yang salah/ pengetahuan yang kurang tepat. Harap dipahami bahwa tulisan ini tidak bermaksud menggeneralisasi semua merek. Sebab kami menyusun ini berdasarkan pengalaman terhadap satu merek kopi. Kami tidak tahu, apakah merek yang kami gunakan sama dengan merek yang digunakan oleh pembaca.  Artinya, tulisan ini fakta atau opini: semuanya bergantung dari pengalaman para pembaca secara pribadi. Bila anda merasakan gejala/ tanda seperti yang kami sebutkan di atas: batasi konsumsi minuman pabrikan dan semakin seringlah meminum air putih.

Salam, Minuman buatan pabrik manapun,
pasti sudah ditambahkan bahan kimia.
Beli, minum dan nikmati seadanya saja.
Hindari konsumsi yang berlebihan.
Puaslah dengan satu-dua gelas saja!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.