10 Jenis Racun Yang Membuat Merinding Menguji Manusia

Jenis Racun Yang Membuat Merinding Menguji Manusia

Kenyamanan membuat manusia terlena. Ketika diperhadapkan dengan masalah di tengah-tengahnya, reaksinya pasti sedikit kesal dan marah karena telah diganggu dalam momen yang “aduhai sedang enak-enaknya.” Bisa juga ketika ada orang yang menawarkan ke dia hal nyaman yang sama maka langsung saja klepek-klepak, rela melakukan apapun demi hal-hal tersebut.  Ada juga versi ekstrimnya yang dengan sengaja melakukan aksi yang jelas jahatnya hanya demi menjamin hal-hal nyaman itu selalu ada dalam kehidupannya. Pada dasarnya, tidak ada seorangpun manusia yang dengan lantang mengatakan “saya tidak butuh itu!” melainkan hampir semua orang ingin menyamankan dirinya selama menjalani sisa hidupnya di bumi yang permai.

Manusia yang masih labil: belum berkembang dan jauh dari kata dewasa. Selalu berpikir bahwa dunia ini adalah teman yang baik-baik saja. Baginya mudah saja ketika sesuatu yang kurang baik terjadi, mungkin mengambil langkah seribu menuju rumah dan kamarnya adalah pilihan yang pas. Padahal, hal-hal yang kurang baik bahkan burukpun kadang pula merong-rong hari-hari yang kita hadapi? Sudah siapkah kita menyambut semuanya itu atau masih terlena dalam zona nyaman yang masih terus memanjakan diri sendiri? Mari kita semua mulai belajar memahami kehidupan: jangan hanya bahagia saat yang baik datang. Tetapi sewaktu yang kurang baik menantang, tetaplah tenang dan bersukacita memuliakan Tuhan di dalam hati.

Macam-macam racun yang bisa saja diujikan orang lain kepada anda

Toksin adalah bahan kimia berbahaya yang dalam jumlah sedikit saja, sudah dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh manusia. Kadang kita begitu naif menyambutnya seseorang dengan bahagia namun sesungguhnya dia memiliki tujuan tersembunyi: hendak meracuni kita. Bagi kami sendiri, kenaifan pun sering kami lakukan. Sebab rumusan kali-kali bodoh merupakan salah satu strategi emosional yang menjauhkan kita dari sikap sok pintar yang berlebihan dan yang selalu ingin menang sendiri. Kami sendiri meyakini bahwa bodoh dan pintar itu sama-sama penting. Sebab selama kita hidup, ada momen dimana kita memerlukan kepintaran tetapi ada pula waktunya menjadi pura-pura bodoh. Berikut ini akan kami uraikan sedikit saja tentang berbagai jenis toksin yang mungkin saja kita derita.’

Menurut besar-kecil dampaknya terhadap tubuh.

Berdasarkan efek samping yang kita langsung rasakan akibat keracunan, umumnya ada dua jenisnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Toksin mematikan.

    Bentuk racun seperti ini jelas tidak dapat di amati oleh mata kepala sendiri. Terlebih lagi saat hal tersebut sudah dicampurkan ke dalam makanan atau minuman, semakin sulit untuk mengenalinya. Efek toksin nyata yang sangat berbahaya sudah dapat dirasakan sejak awal. Sebab sejak sendokan/ tegukan pertama, bahan kimia itu sudah bekerja maksimal di dalam tubuh. Biasanya tingkat bahaya ini sama artinya dengan jumlah racun ditaburi lebih banyak.

    Dari pengalaman kami sendiri, racun yang langsung menyerang organ vital menandakan betapa kuatnya itu. Punggung bagian belakang langsung terasa sakit atau pedih. Jika anda pernah merasa seperti ini, sebaiknya hentikan segera konsumsi panganan tersebut. Jika anda mengonsumsi sesuatu dan efek racunnya langsung terasa di organ dalam tertentu: hentikanlah mengonsumsi panganan tersebut. Walaupun tidak membuat nyawa melayang tetapi racun tersebut mungkin akan membuat kita terbaring lemah di rumah sakit selama beberapa hari. Kecuali anda ingin liburan di rumah sakit, silahkan dilanjutkan… Tapi bagi mereka yang ingin selalu aktif menghasilkan sesuatu yang bermanfaat: tentu tidak ada banyak waktu untuk santai apalagi sampai sakit istirat total di Puskesmas.

  2. Toksin menggertak.

    Tipe toksin penggertak ini sebenarnya tidak menimbulkan efek mematikan. Istilah halusnya adalah anda hanya mengalami ruam-ruam kuku saat mengkonsumsi panganan tersebut.

    Yang hendak kami tegaskan di sini adalah pahamilah baik-baik mengapa orang meracuni anda? Mungkin dia hanya menakuti anda agar berhenti makan, berhenti minum dan berhenti menikmati hidup. Berhenti makan enak satu atau dua kali karena diracun, mungkin wajar saja. Namun, bila anda merasa terus-menerus diracun setiap hari, mungkin ini maksudnya agar anda berhenti makan atau minum sehingga ujung-ujungnya sakit juga. Jangan terus menerus berhenti menikmati hidup! Ini jelas tidak baik bagi kesehatan mental kita. Coba konsumsi saja makanannya, apakah efek sampingnya besar terhadap tubuh anda? Berapa jam anda mengalami ketidaknyamanan karenanya? Jika memang dampaknya hanya ruam-ruam kuku, tidak masalah itu saat dikonsumsi.

    Menurut vasiasi efek yang ditimbulkannya.

    Tidak ada lagi orang yang menyebarkan toksin dengan efek membunuh. Lagipula racun dengan dampak sebesar ini, ketika dimakan pasti sudah mencekik lidah dan membuat rasa yang sangat tidak nyaman di dalam rongga mulut. Akan tetapi, sekarang yang banyak beredar di tengah masyarakat adalah jenis toksin yang sengaja menimbulkan rasa (a) takut, (b) cemas, (c) ketidaktenangan dan (d) marah-marah bagi penderitanya. Biasanya ini dilakukan oleh sistem dan sistem yang terkecil adalah keluarga. Jadi, jangan sampai anda dendam dengan keluarga sendiri melainkan cintailah pahit-manisnya kebersamaan itu. Berikut beberapa yang kami ketahui.

  3. Toksin lidah lecet.

    Kita tidak tahu apa yang mereka tarok di makanan kita sampai membuat lidah terasa lecet agak pedih. Tetap basahi mulut dengan air liur, sering-sering minum air putih, konsumsi air garam manis (kalau tidak ada bisa kecap, susu kental manis, minuman soda kaya garam dan lain-lain).

  4. Toksin mencret.

    Racun yang satu ini memang cukup merepotkan kawan. Kami sendiri berulang-ulang kali mengalaminya. Anda perlu melatih otot pinggul agar mampu menahan sakit perut hingga menemukan tempat buang air yang tepat. Mudah-mudahan gejalanya tidak bergelombang saat dalam perjalanan jauh. Latihan ototnya adalah senam kegel, berdiri, berlari, naik sepeda.

  5. Toksin dingin.

    Jenis racun yang satu ini cukup membuat jengkel tetapi orang yang tabah mampu menenangkan diri dan menahan emosi sambil tetap melanjutkan aktivitas positifnya. Rasa badan yang mendingin dengan cepat sampai menggigil dapat di atasi dengan cara berolahraga. Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah sehingga kekosongan enegi dan oksigen selama beberapa waktu dapat segera teratasi.

    Toksin dingin ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah dengan meminum kopi. Namin dari yang kami rasakan sendiri, mengonsumsi kopi sashet sampai dua bungkus per hari dapat memicu timbulnya nyeri sendi pada bagian lutut. Oleh karena itu, silahkan saja minum, nikmati uang anda tetapi jangan berlebihan sebab sendi-sendi anda akan terancam karenanya.

  6. Toksin kaki bengkak.

    Seolah ada sesuatu yang menumpuk di kaki bagian bawah. Rasanya agak kebas sehingga mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Atasi gejala melemahnya jantung ini dengan mengonsumsi air garam manis yang sehat atau turunan garam lainnya. Cara teknis lainnya adalah dengan tiduran sambil mengganjal kaki pakai bantal atau benda tebal lainnya agar ketinggiannya berada di atas badan.

  7. Toksin ngantuk.

    Bagi mereka yang tidak ada tanggung jawab, mungkin mengantuk itu baik dan akan terus-menerus baik. Lain halnya bagi orang yang memiliki pekerjaan dan telah menetapkan target khusus. Keadaan ini bisa menjadi masalah serius. Solusinya adalah tetap minum air putih lebih sering, beraktivitas, berdiri sambil bekerja, berbaring sejenak mensuplai energi-oksigen ke otak dan lain sebagainya.

  8. Toksin pengering ludah (air liur jadi kering).

    Biasanya bahan kimia jenis ini akan membuat mulut sangat cepat kering. Anda perlu lebih sering minum air putih agar asupan cairan tubuh tetap stabil. Berupayalah untuk merangsang mulut tetap basah agar kebutuhan air liur di daerah lambung terpenuhi. Bahayanya ketika lambung tidak dibasahi air liur adalah meningkatkan asam lambung yang dapat memicu sakit perut, penyakit maag/ tukak lambung.

  9. Toksin sakit gigi (ngilu pada gigi).

    Keracunan orang biasanya beawal dari duduk-duduk sambil cerita tetapi disodorkan makanan yang sudah ditaburi yang aneh-aneh. Tidak lama kemudian setelah kita meninggalkan perkumpulan, gigi jadi sakit benar, ada rasa ngilu yang menjengkelkan setiap kali kita minum yang dingin atau panas. Obat mujarab dari keadaan ini adalah mengonsumsi air putih lebih sering, dua – tiga teguk sekali minum. Mengonsumsi air garam manis isotonik dan turunan garam lainnya.

  10. Toksin gangguan keseimbangan.

    Kami sendiri tidak tahu nama bahan kimia yang ditaburi di makanan atau minuman kami. Tetapi, gangguan keseimbangan badan ini bisa-bisa membuat kita jatuh tiba-tiba. Oleh karena itu, tidak perlu sok-sok kuat melainkan saat berjalan berupaya untuk mencengkram struktur yang kuat di dekat anda sebagai pegangan. Obatnya adalah mengkonsumsi air putih tawar lebih sering dan beristirahat sejenak.

  11. Dan lain sebagainya, silahkan tambahkan jika mengetahuinya.

Kesimpulan

Saat anda sudah mulai merasa terkena racun, hindari fokus pada pertanyaan tentang “siapa yang melakukannya?” Sebab hal-hal semacam ini justru memperbesar rasa curiga dan menjauhkan bahkan meretakkan hubungan baik dengan orang lain. Di tengah rasa sakit, kurangilah aktivitas yang berat-berat dan tetap kerjakan hal-hal kecil yang masih bisa anda selesaikan.

Dunia ini penuh racun, hanya tinggal menunggu waktu saja sampai hal-hal itu nyata sakitnya dalam daging dan tulang kita. Tentulah berbagai toksin yang biasanya masuk secara tiba-tiba dan tanpa kita sadari tersebut akan mengganggu kenyamanan hidup. Lantas apa yang terjadi setelahnya sangat tergantung dari keikhlasan dan ketabahan hati menyambut kejadian tersebut. Berupayalah untuk tidak mengekspresikan sikap yang berlebihan sebab tidak ada pihak yang mencoba melenyapkan anda! Satu-satunya hal yang menghancurkan kita adalah sikap sendiri yang semberono merugikan sesama, mengganggu keseimbangan lingkungan bahkan sampai merusak diri sendiri. Di atas semuanya itu, mintalah petunjuk dari Tuhan agar hati bisa menimbang-nimbang dengan benar tanpa mengabaikan Allah dan tanpa mengacuhkan sesama manusia. Simak juga, Hindari menguji orang lain sebelum mengujikannya kepada diri sendiri.

Salam, Keracunan itu pasti
Tetapi kapan dan dimana?
Tidak ada yang tahu.
Saat waktunya genting
Kuatkan hati dan
ikhlaslah menjalaninya
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.