10 Cara Mengatasi Badan Dingin Terus-Menerus

Ada banyak penyakit yang mungkin menjadi pemicu dari gejala badan yang terus-menerus terasa dingin. Pada umumnya, keadaan ini disebabkan oleh toksin tertentu yang mampu melemahkan kekuatan jantung kita. Akibatnya kemampuan untuk mengantarkan energi dan oksigen ke seluruh tubuh kurang adekuat. Lemahnya support energi dari aliran darah membuat sel-sel kurang aktif bermetabolisme. Minimnya aktivitas sel karena kurangnya bahan bakar membuat mesin organik ini mendingin. Sedang tubuh secara umum menggunakan pasokan cadangan agar mampu beraktivitas minimal/ terbatas. Bila ini terus-menerus berlanjut maka orang tersebut akan susah fokus pada pekerjaan dan malah kerap terpantau sedang tiduran di meja kerja. Anda bisa mengatasinya dengan sikap ikhlas menerima keadaan tersebut bila sudah terlanjur terjadi. Untuk mengurangi efeknya, konsumsi air lebih sering, terus aktif bergerak dan minum teh. Akan tetapi, saat hal buruk ini masih belum terjadi, berupayalah untuk selalu waspada tanpa harus memusuhi orang yang diwaspadai.

Menapaki kaki langkah demi langkah. Sudah banyak rasa yang kita cicipi walau tidak semua hal di dunia ini kita nikmati. Tetapi setidaknya kita tahu gambaran umumnya, bagaimana itu enak dan seperti apa itu pahit? Menjalani hari dari waktu ke waktu. Ada-ada saja hal yang kita bisa temukan dalam sepanjang perjalanan hidup. Semuanya itu tidak terlalu buruk dan tidak terlalu baik sehingga kita pantas mendapatkannya. Walau di sisi lain ada pula hal-hal yang tak terduga terjadi menyayat hati. Sebuah gelombang angin besar sedang mengguncang negeri. Kita doakan semoga saja ini tidak terjadi terus-menerus yang beresiko menimbulkan badai dan menelan banyak korban jiwa.

Masalah yang muncul dalam kehidupan kita bila tidak menemui solusi bisa menyebabkan keretakan besar sampai kecil. Persoalan lainnya terjadi secara bertubi-tubi yang juga dapat membuat hati berkeping-keping. Semua keadaan ini tidak akan membentuk kita menjadi pribadi yang jahat asalkan paham memanajemen sikap sendiri. Salah satu yang terpenting dalam pada itu adalah kemampuan bertahan dari perlakuan negatif dan sikap kritis yang enggan meniru-niru sikap negatif orang lain. Selama kita menghadapi semua keadaan tersebut dengan tenang hati maka selama itu pula kita bisa berpikir jernih sambil menunggu Tuhan menginspirasikan solusinya.

Penyebab badan terus saja mendingin

Ada banyak hal yang membuat badan terus-menerus dingin. Pada dasarnya keadaan ini bisa disebabkan oleh anemia. Asupan makanan yang kurang karena program diet yang sangat ketat membuat suplai energi ke seluruh badan kurang memadai. Ini biasanya terjadi karena faktor patologis yang disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang sehat sehingga rentan dengan ketidakseimbangan antara apa yang dibutuhkan dan pasokan yang dikirimkan. Akan tetapi, khusus dalam bagian ini, kami hendak menekankan pengobatan terhadap pasien yang mengalaminya secara tiba-tiba karena keracunan sesuatu atau lain hal. Kami sendiri kerap merasakannya namun tetap bisa disembuhkan setelah beberapa waktu (1 – 2 hari).

Pengertian/ defenisi – Penyakit badan terus mendingin atau sangat dingin adalah keadaan dimana kita merasa bahwa suhu badan sangat rendah/ sangat dingin walaupun saat diamati orang lain terasa/ terlihat biasa saja .

Cara mengobati badan yang terlalu dingin

Hidup ini penuh spekulasi. Ada pendapat yang benar-benar mengobok-obok suasana hati kita. Dan ada argumen yang memunculkan gema romantis yang terasa indah. Ada pula berbagai pendapat lainnya yang hanya menggelitik otak sampai tertawa terkial-kial. Seperti yang akan kita bahas kali ini adalah situasi langka yang mungkin hanya dialami oleh kalangan tertentu saja. Jadi, mulai dari sini anda bisa memutuskan untuk tidak melanjutkan pembacaan atau jika anda masih penasaran seperti pembaca lainnya maka lanjutkan saja. Semoga dapat terinspirasi sesuatu yang baik dari tulisan-tulisan pendek ini… Berikut nasihat seadanya saat sedang mengobati penyakit dingin badan berlebihan.

  1. Miliki fokus yang benar.

    Bagi seorang pemula yang merasakan hal ini secara langsung, pasti awalnya akan membuat hati kesal. Semakin dipikirkan kesakitan itu maka semakin dalam luka yang ditimbulkannya. Oleh karena itu, di saat-saat genting seperti ini, sebaiknya arahkan hidup kepada Tuhan saja. Silahkan baca firman, berdoa atau anda pun bisa bernyanyi memuliakan nama-Nya di segala waktu. Hebatnya aktivitas ini adalah bisa dilakukan sambil mengerjakan rutinitas biasa.

  2. Mengasih sesama, menjauhi permusuhan.

    Tahukah anda bahwa di dalam hidup ini, segala sesuatu tidak seperti yang terlihat? Ada banyak pihak yang menyembunyikan sesuatu dari sesamanya sehingga dalam beberapa keadaan kita salah kaprah. Oleh karena itu, batasi betul-betul prasangka buruk agar kasih kita kepada sesama tetap nyata. Jangan sampai orang asing yang menyusup diam-diam (tanpa kita ketahui) mengadu domba kita dengan keluarga, saudara, sahabat, tetangga dan teman-teman dekat lainnya. Artinya, jangan pernah tuduhkan hal-hal buruk kepada orang terdekat anda sebelum melihat dengan mata kepala sendiri. Jangan biarkan penyusup asing itu merusak hubungan baik kita dengan orang-orang terdekat.

    Politik adu domba, sangat banyak memecahkan persaudaraan, persahabatan dan hubungan dekat lainnya. Ada orang asing yang meracuni anda yang datang diam-diam kedalam rumah yang belum dikunci rapat-rapat. Badan jadi kedinginan lalu pikiran mulai liar menerka-nerka siapa yang menabur bahan kimia berbahaya tersebut di makanan/ minuman kita. Sedang sepengetahuan kita cuma ada kaum keluarga dekat di dalam rumah. Padahal ada orang asing yang mengendap-endap tanpa diketahui siapa pun. Dimana para penyusup tersebut memanfaatkan prasangka buruk kita sehingga meninggalkan keluarga dan orang terdekat. Padahal, keluarga adalah tempat terbaik untuk hidup dan berkembang maju bersama.

  3. Menjadi rendah hati.

    Kerendahan hati tidak diperoleh secara cuma-cuma, sebab manusia dilahirkan dalam keadaan sombong. Orang mudah sekali menjadi arogan tetapi merendahkan diri butuh latihan. Latihlah diri untuk menjadi air yang selalu mengambil tempat terendah merupakan pekerjaan seumur hidup. Sebab, dari berbagai aspek bisa saja muncul pengaruh yang mengangkat-angkat kehidupan kita, baik lewat perbuatan, terlebih lagi lewat perkataan. Bila kita mudah terbawa suasana dan kehilangan rasa sadar diri niscaya akan lebih banyak hal buruk yang meluap dari dalam diri ini. Oleh karena itu, tetapkanlah pada diri sendiri bahwa semakin banyak keunggulan yang diemban, semakin seringlah menyangkal diri.

  4. Menjadi ikhlas.

    Ikhlas itu sebenarnya mudah asalkan yang terjadi sesuai dengan apa yang kita inginkan/ harapkan. Lalu mengapa bisa tiba-tiba mengikhlaskan sesuatu menjadi terlalu sukar? Karena apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Keadaan inilah yang secara tidak langsung mulai sangat berat untuk dilakukan. Oleh karena itu, apapun harapan atau cita-citamu, selalu sadari bahwa hasilnya bisa jadi tidak terduga. Artinya, siap-siaplah kecewa karena itu tidak terwujud.

    Adalah baik bagi kita untuk mengkaji buruk situasi yang sedang dihadapi: agar kita selalu bersiap terhadap datangnya kemungkinan yang tidak disenangi. Sehingga sedapat-dapatnya ada persiapan untuk rencana lainnya (rencana B). Artinya, ketika kecewa satu diikhalskan saja, sebab yang lain sudah menunggu untuk dilaksanakan. Terkena racun dingin adalah lumrah tetapi mencari tahu solusinya merupakan tingkat

  5. Melakukan aktivitas fisik (berolahraga).

    Kita beraktivitas fisik saat menyelesaikan suatu pekerjaan yang membutuhkan tenaga dan pergerakan otot-otot. Misalnya saja saat bersih-bersih dan merapikan rumah. Perlu bergerak ke sana ke mari sambil membawa sapu, kain lap atau alat lainnya untuk membantu efektifitas dari pekerjaan yang dilakukan.

    Berolahraga merupakan salah satu aktivitas yang sengaja diadakan (sendiri maupun bersama-sama) untuk membuat kita berkeringat. Sebab kebanyakan pekerjaan yang kita lakukan zaman sekarang tidak mengeluarkan keringat. Adapun keringat merupakan sisa hasil metabolisme tubuh yang sedang aktif. Saat keringat keluar maka aliran darah ke seluruh tubuh lancar adanya. Suplai oksigen dan energi ke setiap sel-sel menjadi lebih efektif sehingga rasa dingin itupun tergantikan segera oleh kehangatan yang agak basah.

  6. Meminum air dua tiga teguk tetapi lebih sering.

    Pernahkah anda mengalami gejala sakit gigi, ngilu, bibir pecah-pecah, panas dalam/ sariawan dan berbagai penyakit gigi dan mulut lainnya? Kami sendiri sering sekali mengalami masalah ini dulu. Akan tetapi, itu dulu… ya dulu sekali… ketika kami masih suka lupa minum air. Bodohnya adalah hati menjadi bangga saat air di dispenser tidak habis-habis selama dua minggu lebih. Cob bayangkan penghematan bodoh tersebut, selama lebih dari 14 hari hanya mengonsumsi 19 Liter air putih. Pantas saja kami dulu dikit-dikit sakit (sakit-sakitan).

    iKegunaan air di sini adalah mengencerkan racun sehingga kadarnya di dalam tubuh menjadi tidak berbahaya. Setelah itu, tugas air berikutnya adalah mengawal pengiriman toksin ke sel-sel hati dan ke ginjal agar sedapat-dapatnya tidak mengkontaminasi sel, jaringan dan organ tubuh lainnya. Akan tetapi, meminum segelas air sekaligus dapat melaurutkan berbagai nutrisi penting yang esensial. Oleh karena itu, konsumsilah air dua tiga teguk sekali minum tetapi lebih sering (1 kali dalam 15/ 30 menit).

  7. Minumlah air garam isotonik.

    Garam adalah energi cair siap pakai yang menumpuk di dalam samudera. Itulah sebabnya para olahragawan perlu selalu membawa-bawanya ke manapun pergi. Salah satunya adalah olahraga lari dan balap sepeda secara maraton. Kemampuan air garam manis untuk mensuplai energi tubuh dapat berlangsung terus-menerus sampai membuat yang bersangkutan tahan tidak makan selama seharian. Elektrolit ini jugalah yang digunakan oleh para penggiat diet ketat. Mereka bisa tahan hanya makan dua kali sehari saja asalkan selalu mengonsumsi elektrolit. Manfaatnya di sini adalah mampu menetralkan asam lambung sehingga saat waktu makan tiba, tidak merasa kelaparan dan perut sama sekali tidak sakit.. Sehingga jadwal diet seharian pun berhasil tanpa kendala berarti.

    Garam isotonik (0,9 gram/ Liter) merupakan pemasok energi yang membuat jantung bisa bekerja secara maksimal. Bukan hanya jantung saja yang bisa dibuatnya bertenaga tetapi seluruh badanpun terasa ringan saat beraktivitas. Masalahnya sekarang adalah, apakah garam yang kita konsumsi sudah baik dan bisa diminum?

  8. Mengonsumsi kafein (teh atau kopi).

    Disebut-sebut bahwa senyawa kafein bermanfaat untuk meningkatkan efektifitas jantung. Anda bisa mencoba mengonsumsi teh atau kopi saat badan sedang dingin-dinginnya di pagi dan sore hari. Anda bebas mengonsumsi teh sekian gelas per hari tetapi minum kopi cukup satu atau net-netnya dua gelas per hari. Salah satu dampak dari kebiasaan mengonsumsi kopi secara berlebihan adalah kita semakin lupa meminum air. Mengapa demikian? Karena kopi kaya dengan kandungan garam yang mampu menahan air lebih lama di dalam tubuh sehingga tidak merasa haus selama beberapa waktu. Akan tetapi, ketika tubuh beraktivitas melebihi biasanya maka timbullah gejala jantung berdebar tak tak menentu. Artinya, mereka yang terlalu sering minum kopi tetapi jarang minum air beresiko tinggi menderita jantung aritmia.

  9. Waspadalah tetapi jangan memusuhi siapa pun.

    Mungkin kebiasaan kita selama ini adalah hanya berhati-hati saat berada di dekat musuh. Ini terjadi karena kita telah mengecap orang tertentu sebagai musuh. Belajarlah menggeneralisasi semua orang adalah orang baik. Sikap ini diikuti dengan berusaha tidak berprasangka buruk terhadap orang lain. Kewaspadaan selama menjalin hubungan dengan sesama diikuti dengan sikap kritis tentang apa yang perlu ditiru/ dilakukan dari saran dan perilaku yang ditunjukkannya.

    Bentuk kewaspadaan lainnya untuk menjaga kita dari keracunan yang tak terduga adalah selalu menggunakan alat pelindung diri yang standar. Yang kami maksudkan dengan alat pelindung diri adalah lemari tempat makanan yang bisa dikunci, rumah yang memiliki jendala dan pintu yang bisa dikunci. Termasuk dalam hal ini adalah memiliki kamar yang tertutup dan dapat dikunci dari dalam maupun dari luar. Semuanya ini bertujuan untuk meminimalisir masuknya penyusup asing yang menabur sihirnya di dalam makanan yang dikonsumsi.

  10. Berusaha mencegah tetapi kalau sudah terlanjur hindari menjadi kesal dan marah.

    Mendeteksi keberadaan racun dingin pada bahan konsumsi yang kita makan dan minum bisa saja dilakukan dengan pola konsumsi bertahap lima belas menit pertama.

    1. Artinya, di menit pertama, makan atau minumlah seperti biasanya: rasakan indramu, jika ada yang aneh jangan dilanjutkan lagi.
    2. Bila setelah lima menit tidak ada keanehan, silahkan minum/ makan seteguk atau sesendok lagi: rasakan indramu, jika ada yang tak beres, tidak usah dilanjutkan.
    3. Bila setelah sepuluh menit tidak ada keanehan, silahkan lanjutkan makan/ minumnya. Rasakan indramu, jika semua terasa seperti biasanya, lanjutkan makannya!
    4. Tunggu sampai 15 menit, kemudian konsumsilah satu sendok/ seteguk lagi: rasakan indramu, jika ada yang janggal, jangan dilanjutkan. Namun, bila semua terasa aman, lancar dan bagus-bagus saja: habiskanlah makanan/ minumanmu itu sobat!Sekalipun sudah melakukan semua cara-cara di atas tetapi untuk terhindar sama sekali dari racun badan dingin adalah mustahil. Mungkin kita lengah suatu hari nanti sehingga mereka bisa menyusupkan toksin tersebut ke makanan dan minuman yang dikonsumsi tanpa sepengetahuan anda. Terlebih ketika orang-otang yang menantang anda banyak jumlahnya & tebal modalnya. Keracunan sesekali perlu dihadapi dengan ikhlas agar kesal, emosi dan kegalauan yang menyertainya tidak menumpuk di kepala kita. Hadapilah semuanya dengan sabar sambil tetap fokus kepada Tuhan, belajar dan bekerja positif.

Kesimpulan

Ada banyak penyakit yang mungkin menjadi pemicu dari gejala badan yang terus-menerus terasa dingin. Pada umumnya, keadaan ini disebabkan oleh toksin tertentu yang mampu melemahkan kekuatan jantung kita. Akibatnya kemampuan untuk mengantarkan energi dan oksigen ke seluruh tubuh kurang adekuat. Lemahnya support energi dari aliran darah membuat sel-sel kurang aktif bermetabolisme. Minimnya aktivitas sel karena kurangnya bahan bakar membuat mesin organik ini mendingin. Sedang tubuh secara umum menggunakan pasokan cadangan agar mampu beraktivitas minimal/ terbatas. Bila ini terus-menerus berlanjut maka orang tersebut akan susah fokus pada pekerjaan dan malah kerap terpantau sedang tiduran di meja kerja. Anda bisa mengatasinya dengan sikap ikhlas menerima keadaan tersebut bila sudah terlanjur terjadi. Untuk mengurangi efeknya, konsumsi air lebih sering, terus aktif bergerak dan minum teh. Akan tetapi, saat hal buruk ini masih belum terjadi, berupayalah untuk selalu waspada tanpa harus memusuhi orang yang diwaspadai.

Salam, Sel-sel kita seperti mesin,
Saat bahan bakarnya kurang,
akan lebih banyak tertidur,
sehingga mesin itu mendingin
Atasilah dengan meningkatkan
kapasitas jantung anda
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.