10 Cara Mengatasi Bengkak Kaki (Kebas & Cairan Menumpuk Di Daerah Kaki Bagian Bawah)

Cara Mengobati Bengkak Kaki (Kebas & Cairan Menumpuk Di Daerah Kaki Bagian Bawah)

Penyakit bisa datang menyerang kapan saja diinginkannya. Masalahnya adalah apakah anda siap menghadapinya atau tidak? Orang yang belum siap menerima keadaannya akan lebih banyak menyalahkan ini itu atas apa yang dialaminya. Akan tetapi, mereka yang sudah siap mental menderita akan menghadapinya dengan tenang sambil melakukan tindakan antisipasi awal. Lebih dari itu, tetap fokus melakukan hal-hal positif agar waktu tidak terbuang sia-sia. Sebab aktivitas kita adalah sumber kebahagiaan kita. Orang yang mampu menemukan kebermanfaatan hidupnya lebih bahagia dari orang yang kelimpahan berbagai-bagai materi duniawi. Jadi, aktif positiflah untuk menyambung hidup yang berkualitas baik.

Aktif itu penting tetapi banyak beraktivitas saat badan sedang sakit, tidak kami anjurkan. Kurangilah aktivitas anda ketika badan kurang sehati. Tidak perlu memaksakan diri untuk mengerjakan ini atau itu, toh orang lain di sekitar juga mengerti dengan kondisimu. Memang jelas kita butuh konsisten menjalani hidup tetapi bukan berarti bahwa kita harus tetap bekerja padahal tubuh kurang dimampukan untuk beraktivitas. Artinya, yang namanya konsisten hanya berlaku pada penerapan prinsip hidup semata. Sedangkan selama menjalani hari, kita perlu menyesuaikan diri dengan keadaan asalkan yang dilakukan tidak berlebihan dan tidak melanggar aturan maka lakukanlah itu dengan setulus hati.

Apa itu penyakit bengkak kaki?

Kami sendiri tidak tahu disebut apa gejala penyakit ini. Kami merasakan pengaruhnya beberapa kali di hari-hari yang buruk. Saat menjelaskannya kepada sesama, sepertinya agak sulit karena tidak tahu namanya apa. Jadi, diputuskan untuk diderita oleh diri sendiri saja tanpa harus meng-share/ membagikannya kepada orang lain. Dalam beberapa kasus, dialami oleh ibu hamil. Ada yang mengatakan bahwa ini merupakan gejala penumpukan cairan di daerah kaki yang disebabkan oleh karena salah makan (mengonsumsi obat yang salah), obesitas dan keracunan. Solusinya secara mekanik adalah membaringkan diri sambil menempatkan kaki lebih tinggi dari badan. Sedangkan solusi kimiawinya adalah dengan mengkonsumsi sesuatu yang dapat meningkatkan kapasitas jantung saat memompa darah.

Cara mengobati penumpukan cairan di daerah kaki

Kebas pada kaki ini jelas mengganggu kenyamanan hidup setiap penggunanya. Bahkan bisa kami katakan bahwa sesungguhnya penyakit ini tidak membunuh manusia tetapi hati yang kesal karena ketidaknyamanan tersebut dapat membuat penderitanya membunuh orang lain. Maksudnya adalah orang yang menderita penyakit yang sangat menjengkelkan ini (terlebih kalau terjadi lagi dan lagi) akan berbuat nekad terhadap orang lain, lingkungan sekitar maupun dirinya sendiri. Apa lagi yang menjadi penyebab gangguan emosional ini kalau bukan karena rasa benci yang bercampur dendam? Bila keduanya mengalami peningkatan temperatur karena derasnya prasangka buruk, niscaya akan menjadi amarah yang membabi buta.

  1. Mencari kebahagiaan dalam aktivitas.

    Seperti yang kami katakan sebelumny adalah: “aktivitas kita adalah sumber kebahagiaan kita.” Di saat kaki sedang kebas dan bengkak, kita akan jadi sakit kepala bila memikirkannya terus-menerus. Di saat-saat genting semacam ini, yang terpenting adalah mencari kesibukan positif. Ada beberapa kesibukan positif yang kita kenal bersama, yaitu fokus kepada Tuhan (berdoa, bernyanyi, membaca firman), belajar dan bekerja.

    Saat menderita sakit ini, hindari sikap terpaku pada hal-hal tersebut. Melainkan cari kesibukan seperti yang kami sebutkan di atas. Ini adalah bagian terpenting dalam hal menyesuaikan diri dengan kondisi di lingkungan sekitar. Semakin baik dan bermanfaat kesibukan anda maka semakin asyik kesibukan tersebut untuk ditekuni. Sehingga rasa sakit bercampur kesal itupun berlalu/ terlupakan begitu saja.

    Yang paling standar sekaligus yang tertinggi di atas segala sesuatu adalah fokus memuliakan Tuhan di dalam hati. Aktivitas multitasking yang luar biasa ini dapat digunakan kapanpun, dimanapun dan bagaimanapun situasi yang anda hadapi. Manfaat utama yang dihasilkannya adalah menciptakan ketenangan di tengah panasnya gejolak disekeliling anda. Ada berbagai nada-nada yang tanpa sadar muncul begitu saja di dalam kepala kita. Gunakanlah nada-nada tersebut untuk mengiringi puji-pujian kepada Tuhan. Buatlah/ kondisikan hati seolah-olah bergirang dalam lantunan mazmur yang sendu kepada Yang Maha Kuasa.

  2. Mengurangi rasa curiga dan menjauhi dendam.

    Derita yang anda alami sesungguhnya tidak seberapa dibandingkan dengan rasa benci bercampur dendam yang dimiliki setelahnya. Terjebak dalam dendam dan kebencian terhadap orang tertentu dapat menimbulkan dampak yang lebih merusak. Ini bisa memicu pertengkaran mulut yang bisa berujung pada kekerasan mental (makian, hinaan) maupun kekerasan fisik (pukulan, tamparan, tumbukan).

    Belajarlah mengabaikan rasa sakit itu lalu fokuskan pikiran kepada hal-hal baik. Termasuk dalam hal ini adalah berbuat baik kepada siapa saja yang selama ini anda curigai. Mulailah dengan ramah-tamah sebab tidak ada ruginya aktivitas ini. Justru mereka yang santun kepada musuh-musuhnya merupakan manusia bermental kuat dan berani melakukan yang benar. Jadi, penyakit apapun takkan sanggup melemahkan mental anda, yang menunjukkan kekuatan hati (kesabaran) yang tidak biasa.

  3. Rendah hati tidak mencari pelarian.

    Mereka yang rendah hati akan menemukan damai sejahtera dalam kesederhanaan. Mereka tidak membutuhkan hal-hal yang terlalu mahal untuk membuat dirinya senang sebab makanan dan minuman yang tercukupi sudah bisa membuatnya besyukur bahagia menjalani hari lepas hari.

    Biasanya, orang-orang menjadi sombong semata-mata untuk membuat dirinya senang. Demikian pula di saat-saat seperti ini, kita bisa saja menyombongkan diri atas derita yang dialami. Menjadi sok kuat memamerkan kepaa warganet: apa yang menjadi kelebihan atau apa benarnya diri ini. Jika ini terjadi kepada anda, sebaiknya hindari membiasakan hal-hal tersebut. Bila kesombongan mulai bangkit, sebaiknya langsung saja merendahkan diri atau menyangkal diri agar liarnya rasa sombong tidak sampai merugikan orang lain, merusak lingkungan dan menghancurkan diri sendiri.

    Sikap yang mau menyangkal diri, membuat kita relah hati mengalami rasa sakit yang kebas dan berat di bagian kaki. Aktivitas ini biasanya dilalui dalam diam sambil melakukan berbagai hal-hal positif di sekitarnya. (aktif positif).

  4. Memelihara keikhlasan.

    Kemauan untuk menerima kenyataan apa adanya merupakan suatu bekal untuk berdamai dengan situasi yang kurang mendukung. Seikhlas-ikhlasnya manusia, yang paling ikhlas adalah yang mampu menikmati situasi yang dihadapinya. Sebab bila kita terpapar dengan situasi yang unik, banyak orang yang memilih untuk menghindari situasi tersebut. Tetapi orang yang sudah terbiasa dengan carut-marut yang bergoyang di sekitarnya mampu menemukan damai tak terbatas. Sebab dia mampu mengubah gejolak tersebut seolah olah musik jalanan yang sedang menghibur dirinya saat menyelesaikan pekerjaan yang diemban.

  5. Menyalahkan iblis>

    Saat kita mencari-cari kesalahan di antara sesama manusia, resikonya semakin besar rasa curiga kepada kalangan tertentu. Inilah yang paling berbahaya ketika rasa suudzon membesar, beresiko menimbulkan kebencian yang terpendam (alias dendam). Hanya karena curiga yang berlebihan: jangan biarkan hubungan dengan sesama jadi meregang.

    Seperti apa pun suara-suara dari dalam pikiran menghasut untuk menyerang dan melempar kata-kata kotor kepada si ini dan si itu. Padahal sama sekali tidak ada bukti yang memperkuat kesaksian anda. Selama tidak ada bukti konkrit yang menjadi penunjang kesaksian kita maka selama itulah kita mempersalahkan iblis atas semua konspirasi yang terjadi. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk mempersalahkan sesama manusia sehingga hubungan dengan sesama tetap langgeng. Artinya, mempersalahkan iblis dalam setiap konspirasi yang kita alami membuat pikiran tetap positif sekalipun lingkungan sedang negatif.

  6. Minumlah air sedikit-sedikit tapi lebih sering.

    Sekalipun ada yang mengatakan kepada anda bahwa penyakit bengkak kaki ini disebabkan oleh penumpukan air. Bukan berarti air berbahaya bagi tubuh anda. Justru sebaliknya, air menjadi primadona penyembuh ajaib dari berbagai penyakit di seluruh belahan bumi. Anda bisa membantu teman-teman yang lainnya untuk mengingatan mereka tentang ini. Sebab ada banyak orang yang sudah berumur yang melupakan aktivitas minum air. Di atas semuanya itu, cairan tak berasa ini bukanlah ramuan ajaib yang langsung menyembuhkan penyakit hanya dengan sekali teguk. Melainkan, tekunlah mengonsumsinya 2-3 teguk sekali minum tetapi lebih sering dilakukan. Resiko mengonsumsi air semacam ini adalah anda akan sering buang air kecil. Total jumlah air yang dikonsumsi dalam satu hari adalah 2 Liter sampai 3 Liter atau setara dengan 10 sampai 15 gelas.

  7. Konsumsilah garam yang memadai.

    Garam merupakan energi lautan yang dapat secara otomatis dipanen oleh siapa saja. Tidak butuh waktu lama untuk mengekstraknya, cukup dengan dipanaskan maka bagian yang padatnya akan tertinggal sedangkan bagian yang cairnya akan menguap bersama udara. Manfaat hebatnya untuk kesehatan jantung adalah menjaga stabilitas jumlah air dalam tubuh. Selain itu, sifatnya sebagai buffer sangat dibutuhkan untuk detoksifikasi berbagai racun. Orang dengan asupan garam yang kurang adekuat membutuhkan suplai air putih lebih banyak dan lebih sering. Sebab kemampuan tubuh untuk menahan air lebih lama sangat minim.

    Mengonsumsi air garam manis isotonik dapat memperbaiki kinerja jantung yang dalam beberapa hari ini agak turun karena kelelahan. Bahkan bisa dikatakan bahwa air garam isotonik adalah energi cepat larut yang bisa langsungsung digunakan oleh sel-sel tubuh. Para pelari jarak jauh yang kelelahan akan terisi kembali kekuatannya yang sempat hilang setelah melalui beberapa kilometer. Hanya dengan tetap mengonsumsi air berenergi ini, mereka bisa sampai finish tanpa lelah. Kelelahab juga bisa membuat mata semakin sering meredup: anda bisa membuat mata kembali bercahaya melanjutkan aktivitas dengan meminum larutan elektrolit ini.

  8. Berbaring sambil membuat kaki lebih tinggi dari badan.

    Cara fisik ini cukup efektif untjuk melepaskan kaki dari bebat yang kebas dan berat. Anda dapat memulainya dengan berbaring di atas matras/ tikar atau tempat tidur sendiri. Lalu sanggahlah area kaki anda dengan kursi atau benda yang lebih tinnggi lainnya. Ini akan membantu mendorong cairan yang menumpuk di area kaki kembali ke jantung lalu segera dibuang menuju urin. Lakukanlah aktivitas ini selama 15-30 menit. Niscaya, lama-lama rasa kebas di daerah kaki akan hilang. Memang tidak ada yang namanya sekaligus sembuh/ reda, tapi setidak-tidaknya kita akan merasa sedikit lega karena rasa sakit yang awalnya merong-rong tubuh ini mulai membaik.

  9. Miliki tingkat kewaspadaan standar.

    Simpanlah barang-barang penting anda dalam almari aman yang dikunci dengan meyakinkan. Pastikan peralatan makan selalu bersih dan terhindar dari gangguan tangan-tangan jahil. Tutup pintu dan jendela saat hendak ke luar rumah baik jauh maupun dekat. Sebab tukang racun biasanya datang dari mana saja, memasuki celah yang terlupakan untuk membuatmu sedapat-dapatnya tidak damai. Oleh karena itu, gunakanlah alat pelindung diri yang standar, bukan untuk menyerang sesama tetapi untuk mempertahankan diri dari berbagai faktor resiko. Kita tidak membutuhkan senjata di negara ini tetapi tiap-tiap orang butuh kehati-hatian saat meletakkan makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam keadaan terbuka. Sabotase mungkin terjadi maka persiapkanlah diri dengan tindakan pencegahan awal. Antggap saja itu merupakan tugas tambahan yang perlu dikerjakan sambil menyelesaikan tugas utama.

  10. Menikmati hidup tapi jangan berlebihan.

    Apa adanya yang anda miliki, itulah yang dinikmati. Asalkan sudah disisihkan 10% untuk tabungan masa depan maka selebihnya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Belilah sesuatu yang wajar: apa yang diinginkan hati sekaligus dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadilah pembeli yang realistis dengan mempertimbangkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum membawa pulang ini-itu. Apakah yang lebih penting untuk dibeli selain makanan dan minuman untuk dikonsumsi? Hanya saja, konsumsilah itu dalam takaran yang wajar, hindari berlebihan dan hindari membuat makanan sebagai pelarian dari masalah. Inilah yang namanya menikmati buruknya situasi tanpa menciptakan dinding rasa kesal yang menolak kenyataan.

    Gunakanlah permainan, baik yang ada di smartphone maupun konsole game lainnya. Memainkan game merupakan salah satu hiburan yang menantang dan membantu kita mengendalikan hawa nafsu serta emosi. Sebab di dalamnya ada istilah menang dan kalah yang biasanya fluktuatif. Bermain game juga mengajarkan kita untuk tabah ketika kita terus-menerus kalah lewat kelemahan tim yang dimiliki. Proses peningkatan tim pada level maksimal jelas membutuhkan waktu: apakah kita sabar memperjuangkan semuanya itu? Ingatlah bahwa hasilnya tidak akan sia-sia!

Kesimpulan

Ada jenis ketakutan yang sengaja ditimbulkan orang lain agar anda menjauhi aktivitas yang baik. Janganlah takut agar kebaikan itu tidak kendor dari dalam diri anda.

Pada dasarnya, kaki bagian bawah yang membengkak disebabkan oleh lemahnya kekuatan jantung sehingga kurang mampu menarik seluruh komponen darah dari bagian terbawah tubuh manusia. Tetaplah beraktivitas untuk memastikan tubuh segar sehat hari lepas hari. Saat terjadi penumpukan cairan di daerah kaki bagian bawah: hindari fokus pada kesalnya hati akibat ketidaknyamanan tersebut. Melainkan puja-pujilah Tuhan  di dalam hati sambil membereskan tanggung jawab yang diemban. Ingatlah bahwa bukan sakitnya kaki yang beresiko membunuhmu. Melainikan karena rasa kesal bercampur dendam yang kemudian meluap dalam amarah yang berapi-api membakar orang lain, lingkungan sekitar bahkan diri sendiri pun menjadi korban atas marah-marah tidak jelas

Salam, Sehatkan jantung
Maka penyakit berlalu.
Jangan susahi sakitmu
Jangan berati hatimu
Jangan mengupas dukamu
Nanti malah tambah sedih.
Lebih baik memuji-muji Tuhan
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.