+10 Cara Menghilangkan Ngantuk, Tips Manjur Agar Tidak Tidur Sebelum Waktunya

Cara Jitu Menghilangkan Rasa Ngantuk, Terbaik Dan Paling Manjur Agar Tidak Tidur Sebelum Waktunya

Hayo, siapa di sini putri tidur? Yang sedikit-sedikit sudah ngantuk: bekerja sebentar, tidurnya lama; membaca satu halaman, menundukkan kepala berjam-jam; beraktivitas sesaat, membaringkan diri seharian. Tiap-tiap manusia memang telah, sedang dan akan tertidur pada waktu-waktu tertentu dalam hidupnya. Tidak ada yang membenci aktivitas ini tapi melakukannya di saat-saat semua sedang sibuk, tentu rasanya kurang pantas. Orang yang tidak mampu mengatur waktu tidurnya akan mendapati diri mengantuk disembarang tempat tanpa membaca situasinya terlebih dahulu. Akibatnya, kantuk tersebut beresiko mendatangkan kerugian bagi diri sendiri maupun terhadap orang-orang di sekeliling kita.

Aktivitas tidur adalah anugerah yang pantas untuk dinikmati oleh tiap-tiap orang di muka bumi. Hanya saja, tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang kita diperhadapkan oleh tekanan mental akibat soal-soal kehidupan yang dihadapi dari hari ke hari. Bila tidak mampu mengantisipasi gejolak yang timbul dari dalam hati maupun yang didatangkan oleh orang-orang di sekitar maka stres yang menghinggapi beresiko membuat kita tidak bisa tidur dengan pulas. Keadaan ini otomatis merenggut lebih banyak waktu istirahat kita dalam ketegangan, kegelisahan  dan kesusahan hati. Biasanya, orang yang tidurnya tidak maksimal cenderung terkantuk-kantuk ke mana pun dan efek paling berbahayanya adalah mengganggu konsentrasi berpikir, baik saat belajar, bekerja dan dalam kegiatan lainnya.

Di sisi lain, ada pula yang kerap tertidur kebablasan. Jelas bahwa segala sesuatu yang sifatnya berlebihan cenderung kurang mendatangkan manfaat bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Malahan efek buruk akibat aktivitas tersebut mengancam kebebasan kita sehingga terbaring lemah di ranjang sendiri atau sebatas di rumah saja. Tiduran yang kebanyakan membuat energi yang diperoleh dari makanan tidak terserap semua. Akibatnya, lebih banyak penumpukan sehingga menyebabkan gangguan metabolisme tubuh. Penyakit metabolisme tersebut bisa saja berupa diabetes, kolesterol tinggi, asam urat tinggi, darah tinggi, gangguan fungsi ginjal, hati, jantung dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, orang yang dapat tertidur pulas tidak tergantung dari jenis kelamin maupun dari kenyamanan tempatnya membaringkan diri. Melainkan lebih banyak dipengaruhi oleh suasana hati masing-masing orang. Sekarang, apa yang mempengaruhi suasana hati kita? Lalu bagaimana cara kita mempertahankan hal tersebut? Banyak hal yang disarankan orang lain agar kita bisa menenangkan hati dalam petiduran sendiri. Akan tetapi, kami menyarankan anda untuk senantiasa memperjuangkan kebenaran yang hakiki, sebab dua hal tersebut (kasih kepada Allah dan sesama manusia) telah mecakup segala hal-hal positif di dalamnya. Jika kita senantiasa melakukan hal yang benar dan menjauhi diri dari kejahatan niscaya hati yang tenteram akan menjadi milik selamanya. Seperti ada tertulis.

(Ayub11:13-14 dan ayat 18) Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; jikalau engkau menjauhkan kejahatan dalam tanganmu, dan tidak membiarkan kecurangan ada dalam kemahmu…. Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram;

Tips & trik menghilangkan kantuk – mengantisipasi kemauan untuk tidur membaringkan diri

Selama yang kami pelajari untuk menemukan berbagai solusi atas soal-soal kehidupan yang dihadapi oleh umat manusia, jawabannya tidak jauh-jauh dari sekitarnya.  Yang perlu kita lakukan adalah sabar menanggung setiap keterpurukan tersebut dan mampu mempertahankan sikap tetap baik dan benar. Lama-kelamaan, Tuhan akan menginspirasikan ide-ide positif untuk menjawab setiap persoalan hidup yang diderita hari-hari belakangan ini. Berikut akan kami sampaikan beberapa cara yang walau tidak selalu jitu tetapi dapat mencobanya sendiri. Siapa tahu anda beruntung dan akhirnya dapat jeckpot big fish-nya. Teknik menghilangkan rasa mengantuk yang ringan, sedang sampai berat.

Tahap persiapan

  1. Tidur panjang yang cukup pada waktunya.

    Pada malam hari pada pukul berapakah anda pergi tidur? Pastikan untuk tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu larut malam. Seperti keyakinan banyak orang, “yang sedang-sedang saja: itu baik.” Manusia butuh istirahat sebagai salah satu faktor penting penyegaran daya tahan tubuh. Saat seperti inilah sel-sel darah putih akan melakukan tugas pembersihannya di seluruh tubuh lalu mendorong ke luar yang kotor-kotornya. Beberapa contoh produk buangan manusia di pagi hari adalah taik mata, upil dan urin (biasanya lebih kental).

    Tidur yang berkualitas di malam hari akan menjadi pondasi yang baik untuk menjauhkan kita dari rasa mengantuk yang tak terduga di jam-jam sibuk. Istirahat panjang ini seperti makan besar yang mencharger energi untuk selalu sadar bebas ngantuk besok harinya.

  2. Berupaya untuk tidur siang.

    Sudah sepatutnya bila tiap-tiap orang memiliki kebiasaan baik ini. Jika memang pekerjaan anda tidak begitu padat merapat, pasti banyak waktu yang bisa didedikasikan untuk rehat tengah hari. Setidaknya, kita bisa melakukannya selama satu sampai dua jam sehingga tubuh tetap fit untuk melakukan aktivitas sore sampai malam yang sibuk-sibuk sedap. Tapi sungguh, kita tidak akan pernah tidur siang jika pikiran sedang kacau karena kendala-kendala kehidupan yang melemahkan semangat. Jadi, bagi yang mampu tidur siang secara rutin: itu luar biasa maka bersyukurlah!

  3. Membiasakan pola tidur yang baik.

    Mereka yang pola tidurnya teratur, cenderung lebih mampu/ sanggup untuk tidur pada waktunya dan bangun beraktivitas pada waktunya. Teruslah memperjuangkan kebenaran dan biasakanlah diri pada hal-hal yang baik. Tekunilah semua aktivitas positif secara konsisten. Sebab dari kebiasaan positif inilah tumbuh hal-hal baik.

    “Tidurlah pada waktunya, jangan tunggu sampai larut malam. Bangunlah pada waktunya, jangan sampai kesiangan.” Kalau anda mengulang-ngulang hal yang baik selama beberapa bulan bahkan sampai bertahun-tahun, niscaya itulah yang menjauhkan anda dari perkara yang buruk. Kebiasaan baik yang telah menjadi budaya lebih berharga dari emas dan perak. Orang yang sering mengantuk saat kerja bisa desebabkan oleh karena waktu tidur yang tidak teratur dan tidak berkualitas di hari/ malam sebelumnya.

  4. Mengonsumsi makanan secukupnya.

    Sadar atau tidak, makan banyak otomatis membuat anda lebih cenderung mengantuk setelahnya. Sebab sebaik-baiknya makanan, kalau yang dimasukkan terlalu banyak akan turut meningkat pula jumlahnya di pembuluh darah yang adalah transporter utama. Akibatnya, kepadatan darah meningkat sehingga membuat laju transpornya menurun drastis. Jantung bekerja lebih keras memompa darah saat visikositasnya meningkat namun sel-sel tubuh kebanyakan kekurangan oksigen karena alirannya yang lambat. Keterlambatan aliran energi dan oksigen inilah yang secara tidak langsung membuat si lahap makan maunya tidur terus setelahnya.

  5. Tetap sibuk pada hal-hal positif.

    Mengapa kita perlu sibuk pada hal-hal yang baik? Sebab kesibukan kita adalah sumber kebahagiaan kita. Jangan harap anda akan bahagia jika tidak melakukan apa-apa seharian penuh. Oleh karena itu, peliharalah kebiasaan baik agar hidup bahagia. Mereka yang tidur dengan hati bahagia akan menikmati istirahat yang berkualitas sekali pun hari-harinya menemui banyak gangguan. Jika kebutuhan istirahat terpenuhi, mudah-mudahan tidak ada yang namanya mengantuk sembarangan.

  6. Menghindari aroma stres.

    Stres bisa menyerang siapa saja tanpa dapat diprediksi sebelumnya. Pada dasarnya penyebab utama stres adalah manajemen pola pikir yang buruk. Kalau pikiran kacau balau, senyaman apapun petiduran kita, mustahil bisa terlelap sampai pagi. Akibatnya, besar kecenderungan untuk begadang yang menguras banyak energi. Kebiasaan kuran tidur seperti ini pastilah akan mengganggu waktu kerja di pagi dan siang pada hari berikutnya. Bisa jadi pekerjaan yang dapat diselesaikan selama satu hari akan molor selama berhari-hari.

    Cara pertama untuk menghindari stres adalah senantiasa berpikiran positif. Ada banyak bentuk pikiran positif, mulai dari fokus memuliakan Tuhan di dalam hati (bisa juga berdoa, membaca firman), belajar dan bekerja positif. Semakin bagus kemampuan untuk fokus maka semakin jauhlah stres itu dari sekitar kehidupan kita. Pikiran positif sangat bergantung pada kemampuan fokus yang dapat menciptakan ketenangan hati menggiring tidur anda berkualitas dari malam ke malam. Kalau bobonya nyenyak maka bisa dipastikan bahwa angka mendadak ngantuk di siang bolong semakin minimal bahkan tidak ada sama sekali.

  7. Minum air putih yang cukup.

    Bukan makanan tetapi air putihlah yang menjadi kunci kesehatan jantung anda. Sebab kandungan air yang memadai di dalam tubuh membuat aliran darah terasa lebih ringan. Beban jantung untuk memompakannya ke seluruh tubuh tidak akan memberatkannya sebab visikositas darah tetap berada pada kisaran normal. Kesehatan jantung yang maksimal membuat kita mampu beraktivitas maksimal melakukan hal-hal yang bermanfaat kepada Tuhan, untuk sesama dan bagi diri sendiri.

  8. Konsumsi garam yang cukup.

    Garam adalah butiran energi yang sumber utamanya berasal dari lautan. Kekuatannya dapat menjadi sumber energi bagi jantung sehingga kinerjanya lebih efektif dalam mensuplai sel-sel tubuh dengan energi dan oksigen yang cukup. Orang yang selalu mengkonsumsi garam pada takaran yang tepat mampu menjaga jantungnya tetap sehat sehingga tidak ada lagi istilah ngantuk karena jantung lemah.

    Tahapan penindakan (mengatasi ngantuk secara langsung maupun tidak langsung).

  9. Mandi air dingin.

    Mandi air dingin menjadi sebuah kejutan bagi badan yang membuat jantung aktif menyalurkan energi ke seluruh tubuh untuk membuatnya tetap hangat jauh dari dingin. Mereka yang baru bangun di pagi hari akan terus mandi untuk menghilangkan rasa kantuk yang memberatkan mata. Kebiasaan ini dilakukan oleh orang di seluruh dunia yaitu mandi untuk membuat badan segar termasuk bebas dari rasa mengantuk.

  10. Berbicara menyemangati diri sambil memuji Tuhan.

    Saat kita tertidur, itulah waktu yang tepat terjadinya peralihan mode kesiagaan otak dari alam sadar menjadi alam bawah sadar. Salah satu hal yang membuat alam sadar tertidur adalah minimnya aktivitas. Cobalah untuk selalu mengaktifkan sistem sadar dengan bernyanyi-nyanyi dalam hati sambil memuji Tuhan. Kami doakan “semoga anda tetap sadar dan alam bawah sadar tidak sampai menguasai pikiran anda.”

  11. Keraskan hati, keraskan kemauan dan kepalkan tangan.

    Memang butuh perjuangan keras agar kita tetap sadar dikala hampir semua orang tertidur pulas. Anda perlu memiliki tekad yang berani dan pantang menyerah. Teruslah katakan kepada diri anda untuk tetap sadar dan jangan menyerah sebelum semua pekerjaan selesai. Kepalkan tangan di dada lalu katakan secara berulang-ulang untuk “tetap semangat menjalani semuanya itu

  12. Buka mata lebar-lebar tetapi jangan lupa berkedip.

    Mata merupakan organ yang paling jelas pelemahannya saat kantuk datang. Seolah kemampuan kelopak-kelopak mata menutup tidak bisa lagi dikendalikan oleh orang yang rasa ingin tidurnya sudah di depan mata. Gerakan menutup mata merupakan skema alam bawah sadar yang secara otomatis bekerja ketika kesadaran seseorang mulai menurun. Oleh karena itu, upayakan untuk tetap sadar dengan langsung memerintahkan mata untuk terbuka lebih lebar sambil menggelengkan kepala  agar badan tidak lagi terlelap saat aktivitas sedang sibuk merapat.

  13. Menggoyangkan kepala.

    Ide untuk menggoyangkan kepala saat rasa mengantuk tiba bertujuan untuk menyegarkan pembuluh darah di sekitar leher agar perjalanannya menuju otak kembali diperlancar. Anda bisa melakukannya secara berulang-ulang sambil memutar lagu-lagu asyik. Bisa juga dilakukan sambil memuji-muji Tuhan di dalam hati.

  14. Menggoyangkan anggota badan tertentu.

    Saat manusia tertidur, tekanan dari jantung akan melemah dan denyutnya turut berkurang. Oleh sebab itu, orang yang hendak ingin tidur, kerja jantungnya akan mulai melemah. Oleh karena itu, orang yang mau agar dirinya tidak benar-benar tertidur, perlu meningkatkan aktivitas sehingga kerja jantung kembali meninggi sehingga kantukpun pergi.

  15. Senam terlentang bersepeda di udara.

    Khusus bagi anda-anda yang lemah jantung dengan indikasi disebabkan oleh keracunan. Biasanya keadaan semacam ini membuat mereka kehilangan efektivitas jantung sehingga pada waktu-waktu tertentu kinerjanya akan melemah. Akibatnya, sebagian besar dari asupan oksigen dan energi tidak akan sampai ke otak. Oleh karena itu, saat hendak mengantuk, silahkan lakukan aktivitas membaringkan diri sejenak agar oksigen dan energi dapat dihantarkan oleh pembuluh darah ke otak secara efektif.

    Berbaring sambil bersepeda di udara merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas agar kerja jantung yang mulai melemah akan normal kembali. Setiap kali rasa kantuk tiba sebelum waktunya, berbaringlah selama 5 menit. Mata anda akan kembali segar terang saat berbaring (Bukan tambah ngantuk). Ini adalah salah satu ciri utama dari keadaan mengantuk patologis yang disebabkan oleh melemahkan kinerja jantung anda.

  16. Bekerja sambil berdiri.

    Merupakan aktivitas multitasking yang cukup melelahkan. Bekerja sambil berdiri terutama diperlukan oleh orang-orang yang menghabiskan harinya dibelakang meja.Ini menjadi salah satu posisi favorit saat menyelesaikan tugas-tugas kantor selain duduk sambil bekerja. Tubuh membakar banyak energi dan kinerja jantungpun turut meningkat saat kita berdiri . Semestinya peningkatan aktivitas semacam ini bisa membuat kita tetap sadar melek.

    Terkecuali bila anda adalah pasien dengan diagnosa lemah jantung. Aktivitas berdiri justru membuat ngantuk juga karena tekanan darah ke otak semakin lemah seiring dengan bertambahnya ketinggian badan. Orang dengan penyakit lemah jantung mau tidak mau perlu memadukan aktivitas berdiri dengan aktivitas berbaring (lihat poin sebelumnya). Saat anda berbaring, otak yang sempat kekurangan asupan oksigen dan energi karena lemahnya tekanan darah akan kembali disegarkan sehingga tetap sadar melek sampai tanggungjawab selesai.

  17. Konsumsi kafein: teh atau kopi.

    Minuman berkafein sangat terkenal sebagai minuman penghambat tidur. Mereka yang biasanya bertugas di malam hari mengkonsumsinya untuk membuat mata tetap melek. Selain menahan kantuk, minuman ini juga dapat membantu membuat tubuh hangat di saat udara malam dingin menerpa. Sebab kandungan garam di dalamnya sangat adekuat untuk meningkatkan kinerja jantung.

    Sayangnya, kami tidak menyarankan anda untuk banyak minum kopi sebab efek ketergantungannya ada. Kopi per hari cukup satu dua gelas saja tetapi yang perlu lebih sering anda minum adalah air putih (du tiga teguk tetapi dikonsumsi sering-sering).

  18. Pada akhirnya, tidur adalah pilihan terakhir.

    Jika anda sudah berusaha untuk tetap sadar tetapi masih terkantuk-kantuk. Mencoba semua hal-hal di atas tetapi masih tidak bisa menahan mata untuk tetap terbuka lebar, maka ada baiknya jika anda memenuhi hasrat tersebut. Mungkin tubuh sudah terlalu lelah karena sesuatu namun anda tidak menyadarinya dan terus memaksakan diri untuk bekerja. Jika kebetulan ada rekan kerja yang menemani, minta tolonglah ke dia agar menghendel pekerjaan dahulu selama beberapa menit (30-60 menit) anda membaringkan diri sejenak.

Kesimpulan

Ngantuk pada waktunya, bukan masalah, itu malah baik untuk mengistirahatkan tubuh ragawi ini. Akan tetapi, yang menjadi masalah adalah ketika gejala mengantuk datang di waktu yang kurang tepat (misalnya saat sedang belajar, bekerja dan berkendara). Untuk mengantisipasi agar kita tidak terkantuk-kantuk di jam-jam sibuk, perlu membiasakan tidur yang cukup, baik di siang hari maupun di malam hari. Berlatihlah untuk tetap fokus pada hal-hal positif agar stres menjauh dan tidurpun berkualitas. Segera atasi stres yang menganggu ketenangan hati dan mengacaukan jadwal sehat anda. Lebih dari itu, bergerak dan beraktivitaslah agar tubuh segar dan aliran darah tetap lancar sehingga nafsu mendadak ngantuk semakin jauh dari sekitar anda.

Salam, Anda tidak akan tertidur
bila tubuh aktif positif
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.