7 Keadaan Yang Mengharuskan Banyak Minum Air Putih

Keadaan Yang Mengharuskan Banyak Minum Air

Manusia tanpa air adalah mati. Layaknya seperti padang gurun tandus, dimana tidak ada kehidupan di sana. Sama halnya seperti bumi ini yang seluruh udara terdekat tersuspensi dengan uap air dalam aliran udara, demikianlah hari-hari kita selalu membutuhkan air yang selalu mengalir tanpa henti. Saat kita mampu memenuhi kebutuhan ini maka segala macam penyakit tidak dapat meneror kita, baik di pagi hari, di siang hari dan di malam hari. Karena pada hakekatnya, segala penyakit disebabkan oleh karena kita mulai lupa hal yang sangat penting ini. Lebih parahnya lagi adalah, saat datang kepada petugas kesehatan, malah jadi tambah bingung dengan penjelasannya dan nama-nama penyakit & obat aneh yang disebutkan.

Seharusnya, hidup ini lebih simple jikalau kita tahu duduk persoalannya. Tetapi beberapa pihak malah senang jika masyarakat tidak tahu apa-apa. Sehingga saat menghadapi suatu persoalan ada banyak pemborosan yang dikedepankan. Pada titik ini, ada positif negatifnya. Sebab jalur penyembuhan yang panjang dapat menambah pekerjaan, menambah tenaga kerja bagi sistem. Tetapi, semuanya itu tidak berpengaruh banyak sebab manusia telah menjadi sangat banyak di bumi, seperti bintang-bintang di udara dan seperti pasir di laut. Ekonomi sandiwara dengan memperpanjang jalur kesehatan bukanlah pilihan yang baik. Ini justru hanya menguntungkan beberapa kalangan saja.

Alangkah lebih baik jikalau masyarakat sehat seluruhnya, dengan demikian semuanya produktif, bisa menyumbangkan sesuatu bagi sistem. Bekerja untuk melakukan yang terbaik bagi Tuhan, sesama, lingkungan dan termasuk bagi negaranya. Kekuatan manusia akan bersinergi dengan baik tatkala pribadinya sehat fisik maupun mentalnya. Pula tidak ada pikiran untuk melakukan kejahatan sebab masing-masing sibuk pada sesuatu yang dicintainya. Tidak ada orang yang tidak mencintai bakatnya, andai diberi kesempatan untuk memberdayakannya sehingga bisa menghasilkan sesuatu. Akan tetapi, segala bentuk pengembangan diri menjadi tidak berarti karena keadaan fisik yang sakit. Satu faktor yang terutama menyebabkan sakit adalah kebiasaan buruk “lupa/ kurang minum air putih.”

Keadaan yang mengharuskan kita lebih banyak minum air putih

Saat masih berada dalam kandungan, kita hidup dalam media air. Begitu manusia dilahirkan, itulah waktu dimana kita berpisah dengan air. Selanjutnya, kita dianugerahkan dengan paru-paru yang mulai aktif sejak bayi yang baru dilahirkan itu menangis. Jadi, cairan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Sayang, dalam beberapa keadaan, kita sering kurang memperhatikan asupannya. Berikut ini akan kami bahas beberapa keadaan yang mengharuskan kita banyak mengonsumsi cairan. Jumlah yang banyak yang kami maksudkan di sini adalah keseringannya. Sebab sekali minum, baiknya cuma dua-tiga teguk saja. Sedang yang membuat konsumsinya banyak adalah karena kita lebih sering melakukannya.

  1. Sedang berdebu (polusi meningkat).

    Sejak dulu, udara kotor merupakan salah satu faktor yang mengganggu kesehatan manusia. Polusi adalah hasil dari kemewahan yang didatangkan oleh teknologi. Suatu momok yang sudah timbul semenjak ditemukannya mesin. Demikianlah kehidupan menciptakan keseimbangan: di satu sisi masyarakat diuntungkan karena kenyamanan ekstra yang diberikan teknologi. Sedang di sisi lain, kita diperhadapkan dengan pencemaran udara akibat debu-asap yang dihasilkan oleh setiap knalpot/ cerobong.

    Polutan dari udara kotor bisa saja bercampur dalam makanan, minuman maupun dalam udara yang kita hirup. Akibatnya, beban tersebut tersaturasi ke dalam darah saat berlangsungnya proses metabolisme tubuh. Air yang kita minum akan menjadi media yang memperlancar aliran darah. Kecepatan sirkulasi akan meningkat sehingga segala sesuatu yang diidentifikasikan tubuh sebagai racun akan tertahan di hati untuk di kirim ke empedu kemudian di buang bersama feses. Sedang toksin lainnya akan tertahan di ginjal untuk dikirim ke kandung kemih lalu dibuang bersama urin.

    Jadi, mengonsumsi air lebih sering adalah keutamaan yang baik untuk menghentikan keracunan masif yang terbawa lewat udara. Cairan bermanfaat memperlancar sirkulasi sehingga meningkatkan efektifitas pembersihan darah yang dipelopori oleh hati dan ginjal.

  2. Cuaca sedang panas.

    Dikala siang hari dimana kebetulan kita bekerja di luar rumah, pasti ada begitu banyak keringat yang keluar. Keringat adalah bukti dehidrasi nyata yang perlu segera ditanggapi dengan mengonsumsi cairan. Bila kita tidak segera mengonsumsi yang cair-cair maka dehidrasi akut yang berat dapat menyebabkan kepala pusing, mata berkunang-kunang dan kehilangan kesadaran (pingsan).

    Orang yang berkeringat biasanya lambat-laun akan kehausan. Namun ini bisa saja tidak terjadi karena air liur senantiasa mengalir membasahi kerongkongan. Bahkan aktivitas menelan ludah sendiri akan membuat kita bertahan tidak minum selama beberapa jam. Di atas semuanya itu, hindari memelihara kebiasaan malas minum karena dehidrasi akut akibatnya sekaligus (tidak bertahap).

    Saat kita menguat-nguatkan diri di tengah teriknya mentari dengan menelan ludah sendiri namun malas minum. Bila keadaan dehidrasi tanpa minum ini terjadi selama berjam-jam. Pada akhirnya, kita akan pingsan secara tiba-tiba karena malas minum di tengah derasnya keringat saat suhu udara tinggi.

  3. Sedang beraktivitas di luar rumah.

    Bekerja di dalam rumah dengan ruangan yang agak tertutup membuat kita kurang terpapar dengan sinar matahari dan polusi. Lain halnya bagi mereka yang berperan di luar lapangan. Kerja di bawah terik dengan udara bebas yang berseliweran di sekitar kita meningkatkan jumlah keringat dan paparan terhadap polutan lebih besar.

    Mau tidak mau, saat beraktivitas di luar rumah, kita perlu membawa bekal air portable sehingga bisa minum dimana saja. Memang saat menelan ludah sendiri dapat menjadi kompensasi pengganjal kehilangan cairan. Akan tetapi, menelan ludah dan tidak minum selama berjam-jam cenderung mengganggu kesehatan kita. Oleh karena itu, saat kebetulan bekerja di bawah terik matahari dengan udara bebas: pastikan intensitas mengonsumsi air turut ditingkatkan.

  4. Sedang berolahraga.

    Olahraga adalah saat yang tepat untuk banyak mengonsumsi air putih. Sebab di saat itu, tingkat aktivitas sangat tinggi yang secara otomatis meningkatkan metabolisme sel-sel. Kecepatan aliran darah turut meningkat agar kemampuannya membawa kotoran (sisa metabolisme dan toksin lainnya) turuti pula meningkat.

  5. Saat banyak makan.

    Kami tidak menyarankan anda untuk banyak makan: sering melakukan hal ini jelas tidak sehat. Hanya mana tau saja, makanan di rumah sedang enak-enaknya sehingga tidak terasa sudah tambah sebanyak beberapa kali. Untuk mengimbanginya, kita perlu minum air lebih sering. Ini adalah sebuah tindakan untuk melumatkan makanan dengan segera sehingga bagian makanan yang dapat tersuspensi dengan cairan dapat segera dibuang bersama urin. Kekurangan sering-sering minum air sambil makan adalah proses makan yang lebih lama dan lebih sering berkemih.

  6. Saat sedang sakit.

    Sakit merupakan hal yang tak terduga sama sekali. Jika seseorang menyadari bahwa dirinya akan berpenyakit pastilah akan menghindarinya sedini mungkin. Suatu keadaan yang nyatanya telah mengganggu fungsi-fungsi sel tubuh. Abnormalitas yang mengganggu kenyamanan di dalam tubuh sehingga seseorang merasa ada sesuatu yang janggal dalam dirinya. Keadaan ini secara tidak langsung mengganggu aktivitas seseorang sehingga produktivitas menurun.

    Saat sedang menderita suatu penyakit, mungkin itu disebabkan oleh benturan, bakteri atau racun: pastikan anda mengonsumsi cairan tak berasa ini lebih sering. Kemampuannya adalah membantu sirkulasi tubuh untuk mengekstraksi berbagai potensi unsur-unsur jahat di dalam tubuh. Unsur jahat itu bisa saja berupa mikroorganisme maupun toksin (racun).

    Sayangnya, cairan tak berwarna ini bukanlah obat super: sekali minum langsung sembuh. Kita harus tekun mengonsumsinya selama beberapa waktu sampai penyakit tersebut benar-benar tiada.

  7. Sedang kehilangan garam.

    Kok bisa kehilangan garam? Ini juga situasi yang jarang ya. Saat anda mengalaminya, itu adalah saat yang tepat untuk lebih sering mengonsumsi air putih. Tidak perlu mencari-cari yang tidak ada tetapi manfaatkan dulu apa yang ada saja.

    Memang garam adalah senyawa yang terbukti mampu mempertahankan keasaman darah pada taraf normal. Kemampuan lainnya adalah mengurangi tingkat dehidrasi. Artinya, orang yang memenuhi asupan garam harian dapat menurunkan tingkat penguapan dan pengeluaran keringat di daerah kulit.

    Saat anda kehilangan air elektrolit maka kebiasaan minum air puti perlu ditingkatkan. Ingatlah bahwa bukan jumlah airnya yang ditingkatkan melainkan intensitas keseringan minumlah yang diperbanyak.

Kesimpulan

Berhati-hatilah kawan, sebab semua penyakit disebabkan oleh kekurangan cairan. Coba amati padang gurun, tidak ada air maka tidak ada kehidupan di sana. Demikianlah sel-sel kita adalah penggila cairan. Saat kita tidak mampu memenuhi asupannya maka fungsi, koordinasi dan efektivitas kinerjanya mulai menurun. Sebelum sel-sel tersebut menggila lalu menjadi zombi (kanker) maka sebaiknya sering-seringlah meminum air putih. Kita tidak berbicara tentang banyaknya cairan sekali minum. Melainkan yang kami maksudkan adalah minumlah lebih sering, dua tiga teguk saja sekali minum. Akan tetapi, kalau semuanya itu dikumpulkan maka jumlahnya bisa mencapai 2-3 Liter per hari.

Salam, Cairan lebih penting dari makanan.
Memang makanan jauh lebih enak
Tetapi cairan jauh lebih sehat.
Saat keduanya tercukupi
Lengkaplah sehatnya diri ini
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.