7 Budaya Game PvP (Permainan Online Antar Pengguna)

Budaya Game PvP (Permainan Online Antar Pengguna)

Anugerah ilmu pengetahuan dan teknologi datangnya dari atas, manfaatnya nyata bagi seluruh umat manusia. Salah satu sumber awal dari seluruh keilmuan manusia berasal dari satu titik yang kemudian menyebatr ke seluruh penjuru bumi. Pusatnya terletak pada firman yang disampaikan Tuhan melalui hamba-hamba-Nya yang termaktum dengan jelas dalam setiap Kitab Suci yang kita pegang. Tuhanlah yang menjadi sumber inspirasi karena telah menguraikan sanjak-sanjak indah tentang bumi dan alam semesta dalam setiap firman yang disampaikan-Nya. Semuanya itu membuat manusia semakin lama semakin cerdas sehingga dimampukan untuk membuat hal-hal baru yang sebelumnya tidak ada. Contoh dari teknologi yang sebelumnya tidak ada itu adalah teknologi mesin, teknologi digital, teknologi jaringan dan lain sebagainya.

Salah satu dari sekian banyak teknologi yang hampir di miliki oleh tiap-tiap orang adalah gadget. Sesungguhnya ada begitu banyak jenis dan tipe gadget. Mulai dari yang handphone standar, handphone canggih (smartphone), tablet dan lain-lain. Dari sekian banyak fungsi yang diberikannya, salah satu hal yang paling -diminati oleh semua kalangan (tanpa terkecuali). Laki-laki, pereempuan, tua ataupun muda, masing-masing menyukai permainan digital tersebut. Ada begitu banyak jenis permainan yang dapat kita pakai secara gratis. Asalkan ada kb data gratis dan spesifikasi gadget cukup memadai. Niscaya berbagai jenis pertandingan dalam versi yang berbeda-beda.

Dua jenis kemampuan seorang gamers

Tanpa kita sadari, semakin banyak bermain game menggunakan smartphone, telah meningkatkan dua hal kepada kita. Yaitu kemampuan terukur dan kemampuan tak terukur. Hard skill biasanya disebut sebagai kemampuan terukur karena peningkatannya dapat diamati lewat angka-angka yang diperoleh dari pertandingan. Contohnya adalah peningkatan level ketangkasan, kekuatan, jangkauan, daya hancur, penemuan dunia baru dan lain sebagainya.  Sedangkan soft skill biasanya disebut sebagai kemampuan tak terukur karena peningkatannya tidak dapat diamati lewat angka-angka. Contohnya adalah ketepatan gerakan, kesesuaian posisi,  pemanfaatan momen. Biasanya hard skill otomatis bertambah-tambah dan semakin tinggi saat kita memenuhi tugas harian. Akan tetapi yang namanya soft skill selalu berubah-ubah, tergantung suasana hati tiap-tiap pemain.

Budaya game PvP (player versus player)

Saat main game melawan komputer statis, kita bisa saja terus-menerus menang. Sebab kita telah menghafal pola-pola permainan dalam setiap tahapan yang dilalui. Seolah-olah tangan ini sudah tahu bakal menuju kemana sehingga dapat diantisipasi. Tentulah berbeda hawanya ketika kita melawan prosesor gedget sendiri dengan admin cerdas alias super komputer atau lebih dikenal sebagai komputer pusat (server) pusat yang selalu online. Kalau kita bisa sedikit merendahkan hati untuk mempelajari masa-masa bermain game melawan pemain lainnya. Ada banyak budaya khas yang kadang membuat kita terkejut, geger, sedih hingga sedikit marah terhadap diri sendiri. Berikut ini beberapa kebiasaan lumrah saat memainkan permainan online antar pengguna.

  1. Mereka yang kita lawan adalah riwayat dan robot.

    Memang yang kita lawan adalah player lain tetapi musuh bersama adalah sama. Artinya, manusia dengan manusia tidak berhadapan langsung melainkan sama-sama memiliki musuh robot yang sama. Sedangkan yang dihitung adalah skor yang diperoleh setelah permainan selesai. Kami tidak begitu percaya kalau ada permainan online yang langsung menghadapkan “Manusia Vs Manusia” melainkan yang terjadi adalah “Manusia Vs Robot : Manusia Vs Robot.” Sebagai hasil akhir yang akan dibandingkan adalah berapa skor kita setelah mengalahkan robot dan berapa pula skor lawan kita setelah mengalahkan robot yang sama.

    Lantas yang menjadi pertanyaannya adalah mungkinkah kita pernah melawan diri kita sendiri? Mungkin itu riwayat dari kita sendiri atau bisa juga kopian dari akun kita sendiri. Semuanya ini tergantung pengaturan dari server (komputaer pusat), mereka pasti telah menyusunnya demi tujuan-tujuan positif. Jadi, bersenang-senanglah.

    Ada lawan yang murni robot. Biasanya lawan yang murni robot tersebut memiliki nama “guest….” Kemungkinan lawan-lawan semacam ini dipersiapkan untuk tujuan khusus oleh Admin, bisa untuk menang dan bisa juga untuk kalah. Sepertinya guest inilah yang sering dikorbankan, kalah; tetapi tidak jarang juga robot-robot tersebut memenangkan turnament bahkan masuk dalam papan peringkat dunia.

  2. Hierarki senioritas yang mencolok.

    Seorang pemula mustahil berada di papan peringkat. Mereka yang masuk ranking sepuluh besar ke atas adalah orang yang telah bermain selama bertahun-tahun. Mungkin mereka sampai karatan menggunakannya dengan tekun. Kalau anda adalah pemula, jangan terlalu dipikirkan bila ranking sangat jauh di bawah. Yang penting toh masih tetap dapat reward/ hadiahnya (atau mungkin juga tidak sama sekali).

  3. Pemenang dipilih sistem secara acak.

    Dalam permainan online antar player yang menduduki ranking teratas ditentukan secara acak oleh komputer pusat. Pemilihan ini semacam undian yang memudahkan para pengguna terpilih untuk mencapai nilai yang fantastis. Sehebat apapun soft skill dan hard skill yang kita miliki, tidak menjadi jaminan akan selalu berada di papan peringkat lokal/ dunia.

  4. Hasil pertandingan fluktuatif dan ada waktu beruntung-sialnya.

    Kami baru beberapa bulan saja menggeluti game Player versus Player. Dari ratio yang dihitung oleh smartphone sendiri, total kemenangan memainkannya hanyalah 40% ke atas. Sebenarnya angka ini sangat kecil karena sebelum-sebelumnya, kami tidak mengetahui budaya permainan online tersebut. Sedang user lainnya yang setingkat kami dan memahami budayanya memiliki presentasi kemenangan yang lebih tinggi.

    Ini adalah salah satu keadaan yang perlu kita maklumi sesegera mungkin agar tidak buru-buru emosi. Saat kita bermain online, bukan soft dan hard skill kita yang membuat menang melainkan keberuntungan yang diacak. Saat dalam satu rangkaian online, akun anda sial terus karena dapat musuh yang hebat-hebat: jangan diteruskan mainnya. Melainkan turn off (tutup) aplikasinya, lalu beri jeda satu-dua jam. Kemudian mainkan lagi, mudah-mudahan keberuntungan memihak kepada anda!

    Cara lainnya saat kita sedang sial main PvP kalah terus. Misalnya anda membuka aplikasinya di pagi hari, hasilnya kalah dua kali pertama berturut-turut; hentikan permainan dan tutup aplikasinya. Cari kesibukan lain, entah itu fokus kepada Tuhan, bekerja dan belajar (pilih sesuai kebutuhan). Lantas pada siang harinya, coba anda mainkan lagi, mudah-mudahan keberuntungan itu dapat mendekat. Akan tetapi kalau tidak bisa, coba di sore harinya atau di malam harinya.

  5. Hanya boleh bertanding beberapa kali setiap online (satu rangkaian, secara berturut-turut).

    Jelas sekali bahwa game tidak diciptakan untuk membunuh manusia melainkan untuk menghibur bahkan mencerdaskan. Kebiasaan memainkan game secara maraton dari pagi sampai sore jelas tidak diinginkan oleh siapapun, demikian juga developer aplikasi menghendaki hal yang sama. Biasanya server pusat langsung menghukum user yang memainkan permainan secara berlebihan. Melainkan hanya beberapa kali pertandingan secara berturut-turut. Kemudian anda bisa juga mencobanya di sore harinya atau di malam harinya.

    Coba perhatikan tugas harian anda? Dari tugas tersebut berapa kali anda dianjurkan memasuki arena pertandingan? Sejumlah itulah ikuti perlombaan dalam sekali online. Lebih dari itu tidak baik bagi kesehatan badan saat terus-menerus main online, bisa-bisa kita mengidap penyakit metabolisme akut sampai kronis. Bermain secara berturut-turut sangat tidak diinginkan server. Oleh karena itu, setelah kuota main berturut-turut habis, ambilah jeda untuk menyelesaikan tugas lazim yang diemban kehidupan sehari-hari. Lalu setelah pekerjaan di dunia nyata selesai, anda dapat kembali lagi ke arena perlombaan.

    Biasanya, orang yang terlalu memaksakan kehendaknya, bermain terus-menerus akan mengalami kekalahan yang terus menerus pula. Jika masih belum mampu diikhlaskan, cenderung akan membuat sakit kepala dan pusing sendiri lalu stres.

  6. Pilihlah kelas permainan yang sesuai.

    Biasanya ada kelas permainan yang dapat kita masuki menurut hierarki senioritas. Ada kelas awal, menengah dan elite. Salah satu faktor yang membuat kita menang atau tidak adalah pemilihan kelas yang tepat. Jujur saja, kelas tertinggi memang sangat menggiurkan, karena sekali menang dapat menambah poin berkali-kali lipat. Akan tetapi seorang pemula hanya merugikan diri sendiri saat memasukinya.

    Kenalilah kelas anda. Sebagai pemula pendatang baru berlombalah di kelas awal atau net-netnya dikelas menengah. Mungkin ini juga ditentukan oleh jumlah pahlawan yang dimiliki. Biasanya penghuni kelas tingkat tinggi adalah user yang telah bermain bertahun-tahun dan memiliki pahlawan istimewa dan yang telah dinaikkan levelnya (upgrade) sampai maksimal.

    Salah satu yang kami pahami dari kelas PvP adalah selalu pilih kelas menengah. Saat di kelas menengah kita kalah satu atau dua kali berturut-turut, silahkan turun ke kelas pemula, mudah-mudahan keberuntungan berubah. Tetapi kalau memang tidak berubah, setidaknya penuhilah target sekali jalan anda (bertanding beberapa kali secara berturut-turut menurut quest/ tugas harian).

  7. Musuh semakin kuat di akhir pekan.

    Mungkin hanya saya yang mengalaminya atau anda juga? Kalau biasanya di hari-hari kerja, ada banyak kemenangan melawan robot kita peroleh. Akan tetapi saat tiba hari minggu, seolah-olah lawan yang dihadapi menjadi sangat-sangat kuat. Lebih banyak kekalahan yang dienyam di hari minggu. Kami sendiri bertanya-tanya, apakah ini pertanda bahwa kita perlu mengurangi aktivitas bermain game di hari minggu? Kami tidak tahu, silahkan cari tahu sendiri.

  8. Masih banyak budaya lainnya: mainkan terus agar anda mampu memahaminya.

Kesimpulan

Ciri khas game yang berkembang adalah kebiasaannya yang selalu update (diperbaharui). Permainan Player versus Playar sepertinya lebih seru karena kita bersaing untuk memperebutkan poin melawan musuh yang sama. Selain itu daya tarik lainnya dari permainan ini adalah hadiahnya yang cukup memukau dibandingkan dengan hadiah saat bermain offline. Sekalipun anda pemain baru dengan level yang masih sangat fresh graduate, dimungkinkan untuk memenangkan pertarungan kecil walau tidak sampai masuk juara tingkat atas. Juara tingkat menengah juga hadiahnya lumayan. Setidaknya bisa bersenang-senang karena “ikan kecil di kolam metal” yang kita pelihara terus saja berkembang, layaknya punya anjing sendiri yang terus bertambah besar dan bisa menggigit!. Kita mesti bersyukur kepada Tuhan atas anugerah yang indah ini. Pula kita perlu berterimakasih kepada orang-orang genius yang telah menciptakan permainan semacam ini. Hari-hari kita jadi penuh keseruan karena terus ditantang dalam pertandingan, sekali pun hasilnya sebatas diketahui dan dinikmati oleh diri sendiri saja.

Salam, Main PvP
bukan masalah skill tinggi.
Tetapi kenali budayanya
niscaya bisa memenangkannya
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.