Kesenangan Bermain Game – Tidak Ada Kemenangan Mutlak (Ada Waktu Sial Dan Ada Waktu Beruntung)

Kesenangan Bermain Game – Tidak Ada Kemenangan Mutlak (Ada Waktu Sial Dan Ada Waktu Beruntung)

Kita hanyalah manusia biasa yang minum kepuasan dari setiap keinginannya yang terpenuhi. Sungguh-sungguh manusia memang makhluk yang tidak pernah tenang dan tidak bisa diam terus-menerus. Pikiran kita seperti mesin jam yang tidak pernah mati bahkan lebih aktif lagi. Sebab pekerjaan yang dilakukan otak sangat kompleks dan serba multitasking. Namun manusia secara pribadi dengan otak yang tidak mau diam memiliki banyak potensi nafsu yang termuat di dalamnya. Apabila potensi ini tidak ditanggapi maka hidup seolah melembek dan kehilangan daya tarik. Akan tetapi, ketika manusia mampu melego potensi nafsu di dalam dirinya, niscaya hari-harinya begitu seru dan mengesankan saat dijalani.

Nafsu adalah bahan dasar (sifat bawaan) yang dimiliki oleh setiap makhluk sehingga tetap hidup di dunia ini. Bahkan lebih dari itu, kekuatan keinginan bisa juga menjadi pendorong yang berdaya tarik luas menggerakkan sendi-sendi kehidupan pada tujuan-tujuan tertentu. Sayang, sifat manusia yang mudah terpengaruh oleh berbagai hal yang berputar di sekeliling membuatnya rentan terhadap penyimpangan (keinginan yang salah). Kemudian ada juga yang namanya nafsu yang terpotong. Maksudnya, semakin besar keinginan makin tinggi pula resiko mengalami kekecewaan. Namun semuanya ini bisa ditepis apabila manusianya mampu menjaga hati tidak terus-menerus memikirkan nafsunya. Orang yang selama hidupnya tidak fokus terhadap keinginan belaka, ketika terbentur dipersimpangan dan merasakan kekecewaan, sakitnya tidak pahit-pahit amat.

Jujur atau tidak, masing-masing orang mau senang selama menjalani hidup di bumi ini. Tidak ada orang yang cukup gila lalu merencanakan hal-hal yang menyedihkan seumur hidupnya. Salah satu cara terbaik menemukan kesenangan adalah dengan mengikuti pertandingan. Sadar atau tidak kisah-kisah pertarungan antar manusia menyisakan kesenangan yang menggebu-gebu. Entah kita berperan sebagai penonton, terlebih lagi saat kita termasuk di antara squad yang bertanding. Adu kekuatan, kecepatan, ketangkasan, koordinasi, kerja sama dan beradu skill (keahlian) lainnya secara terpimpin sehingga dicapailah peringkat terbaik walau masih jauh dari top skor.

Di dunia nyata, pertandingan yang menyenangkan jarang-jarang dilakukan. Sebab terlalu banyak sumber daya yang dikorbankan untuk menyelenggaran suatu turnamen yang melibatkan ribuan bahkan jutaan orang. Belum lagi menghadapi emosi pemain yang tidak terkendali dan masalah protes di lapangan pertandingan. Dibutuhkan waktu sampai berminggu-minggu bahkan dalam hitungan bulan untuk menyelenggarakan perlombaan dengan jumlah pemain yang sangat banyak. Padahal kehidupan manusia tidak hanya butuh adu-tanding yang legal. Masyarakat juga butuh kerja di bidang-bidang lainnya untuk membantu sistem bergerak menyediakan seluruh kebutuhan anggotanya. Jadi, untuk menyediakan lahan pertandingan bagi tiap-tiap manusia menurut bidang hobi yang digelutinya adalah mustahil.

Beruntunglah kita telah diberikan orang-orang super cerdas yang menghasilkan teknologi digital. Suatu teknologi yang mampu mendorong terciptanya dunia baru tanpa menghabiskan sumber daya yang banyak. Bahkan lebih dari itu, saat berbagai dunia digital ini dihubungkan satu sama lain oleh jaringan internet maka terciptalah dunia maya. Sebuah komunitas mega, super melimpah yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan saking praktis dan fleksibelnya kemajuan itu, tiap-tiap orang yang memiliki peralatan IT tingkat tinggi, dapat mengembangkan bagian-bagiannya sendiri, yaitu dunia versinya sendiri. Dunia maya adalah arena tempat pertandingan terseru dan terbesar sepanjang sejarah umat manusia.

Kalau anda hendak bersenang-senang, memanfaatkan jiwa-jiwa petualang yang merindui petempuran tingkat tinggi. Dunia digital adalah suatu solusi praktis untuk memfasilitasi hasrat manusiawi itu. Saat di dunia nyata, semua orang adalah setara dan tidak ada yang lebih baik dari sesamanya. Lain halnya di dalam dunia digital, tidak ada kehidupan nyata  di sana. Maka demikian juga tidak ada aturan yang sama persis dengan peraturan di dunia nyata. Pada dasarnya, aturan di dunia maya sangat berbeda dengan di dunia nyata. Misalnya saja tentang keadilan sosial, jangan harapkan hal semacam ini berlaku melainkan yang terjadi adalah yang kaya semakin cepat dan yang miskin maju dengan lambat; yang kuat semakin hebat dan yang lemah akan berjalan merangkak. Kapitalis akan merasakan kemajuan super cepat walau tidak selalu juara di dunia aplikasi/ game/ media sosial tersebut.

Sekaya-kayanya manusia di dunia nyata, jauh lebih kaya raya pemilik aplikasi/ game/ sosial media di dunia maya. Terlebih ketika dunia digital tersebut telah memiliki sangat banyak pengunjung tetap. Satu dunia digital adalah satu negara yang memiliki undang-undangnya sendiri. Mereka juga memiliki mata uangnya sendiri yang memiliki nilai konversi khusus dengan mata uang di dunia nyata. Sekaya apa pun anda di dunia nyata, anda tidak bisa selalu menjadi “nomor satu” di dunia maya. Sebab yang jauh lebih kaya bahkan sangat kaya raya adalah pihak-pihak anonim yang memiliki aplikasi tersebut. Aturan yang mereka gunakan memang ada hubungannya dengan dunia nyata, misalnya dari sudut pandang keadilan. Biasanya dalam dunia game, masing-masing pengguna akan mencapai tingkatan tertinggi (sama seperti senior yang sudah veteran), hanya saja perlu waktu yang lebih lama.

Kesenangan mengikuti pertandingan di dunia digital sangatlah memukau hati. Sekalipun tidak ada keadilan dimana semuanya sama, namun di sisi tertentu ada kesetaraan. Biasanya, keadaan ini dipengaruhi oleh waktu. Artinya, tiap-tiap pengguna tidak memiliki kekuatan/ kemampuan/ keahlian yang selalu sama. Terkecuali di antara orang-orang yang tingkat senioritasnya sama. Sekalipun demikian, masih banyak aturan lainnya yang tidak kita ketahui sebagai pengguna. Begitu kita memasuki dunia mereka maka yang kita gunakan adalah aturan mereka, merekalah bosnya. Maka ikutilah panduan-panduan umum yang telah disampaikan di awal saat pertama memasuki dan mendaftar di sana.

Di atas semuanya itu, jangan pernah bimbang saat bermain game di dunia maya. Sekali pun mereka (pemilik/ admin) tidak takut siapa pun dan bisa sewenang-wenang, tetap saja mereka memiliki hati nurani. Para petingginya mungkin saja menganggap kesewenang-wenangan terhadap user sebagai waktu sial, sedang dibalik itu pasti ada waktu beruntungnya. Inilah salah satu yang kami pelajari saat menggunakan game online bernada PvP. Lagipula kalau adminnya terus-menerus sewenang-wenang, pasti tidak banyak pengguna yang menggandrungi permainan tersebut. Tetapi karena apa yang mereka lakukan menciptakan gelombang kesenangan ledakan super terhadap user maka banyaklah orang yang memainkan game tersebut.

Permainan yang sengaja menyajikan gelombang untung-sial, sepertinya sangat disukai. Sabar sajalah ketika kesialan itu datang. Tidak perlu memaksakan kehendak, tiga sampai lima kali sial (kalah) berturut-turut biasanya pertanda bahwa kita perlu mengubah kebiasaan menggunakan permainan tersebut. Sebagai pengguna, setiap ID harus cerdas dalam memahami apa yang diinginkan oleh Admin PvP. Hal-hal semacam ini secara tidak langsung tergambar dalam setiap pertarungan yang diikuti. Lebih dari itu, anda bisa mengunjungi fans page atau grup Facebook dari permainan tersebut. Ada banyak masukan bagus yang bisa kita peroleh dari sana, baik yang diperoleh dari user lainnya maupun dari adminnya.

Sebodoh apapun anda menggunakan permainan, tidak selamanya anda kalah. Ada robot yang lebih bodoh dari anda yang dipersiapkan Admin. Sepintar hebat apapun anda menggunaikan permainan, tidak selamanya anda menang. Ada robot yang lebih pintar dari anda yang dipersiapkan Admin. Sistem semacam ini melatih kita untuk tidak terlalu minder dan tidak terlalu sombong selama memainkannya. Pada akhirnya, orang yang pemikirannya dewasa akan menganggap biasa saja, baik saat menang maupun saat kalah.

Permainan yang mengedepankan sistem sial dan beruntung semacam ini sangat mengesankan. Sebenarnya kesialan yang dihubungkan dengan kesewenang-wenangan memiliki alasan yang logis tapi hal tersebut benar-benar tidak diketahui oleh pengguna baru. Jika anda sudah lama menggunakan game/ aplikasi tersebut niscaya akan memahami faktor-faktor yang berpengaruh. Yang terpenting adalah nikmati saja kesenangan dan kesusahannya lalu belajarlah dari semuanya itu. Bila kesusahan di awal-awal bermain sangat kentara, sabarlah menanggungnya. Semakin lama kita bermain menggunakan aplikasi tersebut, akan semakin mengerti kebiasaan-kebiasaan khas untuk memenangkan permainan.

Game yang menyenangkan adalah yang aplikasinya selalu diperbaharui (update). Tantangan yang diberikan kepada user sangatlah mudah. Hanya saja lama kelamaan hal tersebut menjadi rumit. Tapi tenang saja, sebab banyak pula kesenangan-kesenangan lainnya yang disajikan kepada kita. Terlebih ketika kita sudah lihai menggunakan PvP (player versus player), ada banyak keberuntungan di sana. Hanya saja pahamilah baik-baik budayanya niscaya kemenangan akan dapat diraih dengan rasio tinggi. Pada akhirnya, kesenangan menggunakan permainan online dan offline berasal dari perkembangan pengetahuan dan keahlian user serta permainan itu sendiri yang secara perlahan maju terus. Saat kita mampu menemukan jalan keluar dari pertarungan yang selama ini sangat menyusahkan, disitulah sukacita kita penuh. Ingat kemenangan diraih bukan karena level  atau skill kita tinggi melainkan karena kita mampu memahami budayanya, mempu menyesuaikan diri dan keputusan Admin itu sendiri.

Harap dipahami: Admin di dalam dunia maya bukanlah manusia melainkan robot otomatis yang disusun dari berbagai alogaritma kode. Memang robot ini bisa diintervensi oleh manusia sebagai super Admin atau operator.

Di atas semuanya itu, kita harus memilah-milah. Hindari menjadi orang yang terlalu naif mencampur segala sesuatu. Kita adalah pribadi yang berbeda saat di dunia maya! Belajarlah menyesuaikan diri di dalam dunia nyata tanpa membawa-bawa rasa ingin mengungguli orang lain (layaknya dalam game). Jadilah bijak, hanya ambil momen penyaluran nafsu dan kesenangan ego tersebut saat di dunia digital sebab di bumi ini semua manusia sama. Ingat-ingatlah pola rasa senangnya lalu copy-pastekan pola pikir demikian untuk menikmati rasa senang hari demi hari. Di atas semuanya itu, dalam kehidupan sehari-hari, kita sebaiknya menyangkal diri, menganggap bahwa semua yang kita lakukan adalah sampah. Inilah teknik penting agar kita tidak suka melawan/ memberontak secara berlebihan. Artinya saat di dunia game berusahalah untuk selalu menang tetapi saat di dunia nyata berusahalah untuk mengalah dalam banyak pertarungan sosial yang tidak penting/ tidak benar. Simak juga, Mengapa saya susah fokus kepada Tuhan setelah memainkan permainan.

Salam, Masuki pertandingan
Pahami budayanya
Adaptasi dengan keadaan
Menangkan hadiah
Maju terus mengalahkan musuh:
Ini bukan dunia nyata bung
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.