10 Kerugian Membeli Item Dalam Game & Dampak Buruk Yang Kita Rasakan

Kerugian Membeli Item Dalam Game & Dampak Buruk Yang Kita Rasakan

Saya pikir, zaman sekarang tidak ada orang yang tidak pernah membeli item game. Mungkin untuk saat ini bagi mereka yang belum bekerja, kebiasaan itu masih sangat jauh. Akan tetapi, untuk orang yang sudah punya penghasilan tetap, membeli merupakan suatu kewajiban. Apakah ini sudah termasuk pembelian voucher elektronik yang berkaitan dengan permainan video? Semuanya tergantung dari keputusan tiap-tiap orang. Penawaran terhadap item ini sungguh menggiurkan. Mereka yang memiliki smartphone canggih pasti memahaminya. Akan tetapi, bagi yang masih belum pernah: itu adalah keputusan yang hebat.

Kami sendiri merupakan seorang buyer setia, permainan terbang yang populer di masa lalu, namun tampil dalam grafik masa kini yang lebih berwarna. Kami perhatikan anak sekarang, jarang main yang begituan. Mereka malah lebih suka permainan membangun kerajaan yang melibatkan banyak waktu dan pikiran. Awalnya, kami rutin membeli item tetapi belakangan ini telah memutuskan untuk tidak melakukannya lagi. Sayang, prinsip tersebut kebobolan, tidak konsisten. Kami membeli sebuah item yang menurut pemahaman pribadi: “satu kali beli dimiliki selamanya.” Padahal nyatanya, sekali beli hanya sekali buka; kalau mau membukanya lagi, anda harus kembali membelinya lagi. Beruntunglah ada ikhlas di hati.

Pada momen lainnya, kami lagi-lagi salah kaprah dan berpikir bahwa sebuah item akan terus ada dan diperbaharui setiap pagi. Kami hanya memerhatikan keterangan pada item yang mengatakan “every time.” Lantas berpikir bahwa item tersebut akan terus terisi kembali dan terbarukan di hari berikutnya. Padahal item tersebut hanya sekali pakai dan tidak ada istilah isi ulang. Dua kali salah persepsi membeli kotak harta, bukanlah kesalahan orang lain. Ini adalah kesalahan kami sendiri yang tidak berpikir panjang terlebih dahulu. Mana ada istilahnya sekali beli kotak harta maka otomatis akan terisi ulang secara gratis di hari berikut, selamanya. Bisa bangkrut tuh developers kalau jual sumber harta yang terus-menerus ada seumur hidup.

Keburukan membeli item dalam permainan elektronik

Game itu sendiri terdiri dari banyak jenis (genre). Masing-masing orang memiliki selera yang berbeda tentang apa yang disukai dan dimainkan rutin. Ada orang yang suka permainan tembak-menembak, suka membangun kerajaan, suka berkebun, suka puzzle, suka tebak-tebakan dan lain sebagainya. Semua jenis permainan tumpah ruah di dunia maya khususnya di Google Play bagi pengguna Android. Lantas, uang sebagai komoditas tukar-menukar dapat pula digunakan untuk membeli apa-apa saja yang menurut user menarik untuk dirinya sendiri. Ini jelas tidak salah, semua ada aturannya. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa dampak buruk membeli yang tak terkendali.

  1. Apa artinya perjuangan?

    Tidak ada kehidupan tanpa perjuangan bahkan dalam permainan sekalipun. Bila kita mau aktivitas yang ditekuni terasa garing menyemangati hari: berjuanglah! Tidak ada hasil yang benar-benar nikmat selain hasil dari kegigihan yang ditorehkan dengan sungguh-sungguh. Jika membeli hanya untuk lompat level, berarti anda pun melompati tantangan kemaknaan penuh perjuangan yang termuat di dalamnya.

  2. Tidak mampu memahami nilai-nilai hidup dan budaya khas dalam permainan,

    Saat membeli item game: mungkin dalam sekejap, anda naik level, melangkahi ribuan rintangan tanpa menyentuhnya sedikit pun. Sadarilah bahwa justru saat menghadapi tantanganlah diperoleh banyak pelajaran hidup. Jadi, dari ribuan rintangan yang dilompati dengan uang terbang elektronik, anda juga telah melewatkan pelajaran hidup di dalamnya. Bukan sekedar itu saja, anda juga telah kehilangan banyak kesempatan untuk memahami budaya khas dalam permainan tersebut. Biasanya orang yang mengetahui budaya game miliknya akan lebih mudah memanen koin dan permata secara maksimal.

  3. Terbiasa kurang sabar.

    Suka atau tidak suka, kami perlu mengakui bahwa uang dalam dunia online adalah sumber percepatan tanpa batas. Semakin besar uang yang anda korbankan, semakin cepat perolehan berbagai mendali dan penghargaan. Tapi tahukah anda apa akibat dari kebiasaan membeli item percepatan tersebut? Ya, anda terkesan kurang sabar menjalani hidup, maunya cepat dan instan dalam hitungan detik. Padahal yang namanya kesabaran sangatlah dibutuhkan dalam berbagai bidang, seumur hidup.

    Pada hal-hal kecil saja (smartpone dalam kantong) tidak sabaran terlebih lagi pada situasi yang lebih kompleks. Misalnya saat menunggu antrian (loket acara, tiket, bioskop, klinik, berobat, pengurusan surat-surat dan lain sebagainya). Terlebih saat menunggu proses-proses kehidupan yang biasa memakan waktu bertahun-tahun.

  4. Jadi kurang dinikmati.

    Hidup ini adalah aktivitas. Apabila segala sesuatu yang kita inginkan selalu terwujud dengan instan, dimana kenikmatan aktivitasnya? Selesaikanlah permainan yang telah anda mulai. Hanya permainan yang dicintai yang akan diselesaikan sampai akhir. Kalau kita tidak melakukan apa-apa lalu semuanya selesai, bagaimana kita mencintai hal instan seperti itu? Jangan curang pakai uang main cepat agar naik dalam waktu singkat sebab kebiasaan instan semacam ini tidak ada keseruaannya. Justru saat kita berjuang, ada susah-senangnya sehingga permainan tersebut kesannya lebih seru dan sangat dinikmati.

  5. Level tinggi tapi skil rendah.

    Salah satu akibatnya ketika saat bermain kita hanya mengejar level adalah minimnya skill yang dikuasai. Sadarilah bahwa dalam setiap pertandingan yang kita lalui, ada teknik bermain tertentu yang perlu dikuasai. Mereka yang hanya naik level cari nama besar papan skor saja, cenderung tidak mampu menguasai dan memahami teknik bermain khas tersebut. Padahal, skill bermain semacam ini akan terus dipakai dan berkembang dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya.

  6. Boros item mahal.

    Kebiasaan membeli item game untuk meningkatkan kekuatan daya hancur instan merupakan salah satu efek domino dari kebiasaan belanja yang tidak terkendali. Tiap-tiap tahapan pertandingan memiliki teknik khusus agar bisa menang. Bila kita tidak menguasai teknik khusus tersebut maka penggunaan item kekuatan penghancur instan (magic) sangat tinggi dalam pertarungan. Keadaan ini jelas saja membuat kita terpaksa membeli lagi dan lagi. Padahal item tersebut harganya mahal bukan main: namun terpaksa dibeli demi gengsi papan peringkat wilayah.

  7. Sumber daya tidak cukup untuk berkembang.

    Misalnya saja, anda baru level awal (beginner) tetapi sangat tertarik untuk membeli hero/ mobil/ pesawat tingkat tinggi. Kebetulan juga THR lagi cair, langsung dibeli aja tanpa pikir panjang. Lantas, anda mau mengembangnaikkan level hero tersebut tetapi berjalan lambat. Sebab hero level tinggi tersebut butuh koin/ harta sangat banyak untuk peningkatan. Sedang penghasilan dari pertandingan/ bertarung di level awal, nilainya masih jauh sangat kecil.

  8. Ketergantungan lho.

    Biasanya, kalau sudah beli pertama akan beli lagi dan lagi. Sebab ada diskon-diskon yang kemudian bermunculan. Diskon ini sangat menggiurkan terutama bagi mereka yang suka dendam harga. Misalnya hari ini anda beli segini. Namun tiga bulan kemudian harganya lebih murah dengan keuntungan berlipat ganda: siapakah yang tidak tergiur dengan promo semacam ini? Mereka yang sudah terbiasa membeli item permainan elektronik akan merasa rugi besar sampai menyesal karena tidak memanfatkan kesempatan tersebut.

  9. Beresiko nombok, ngutang.

    Hasrat yang tinggi untuk menang dan naik level dimiliki oleh semua gamers. Bila kita mewujudkan semuanya itu dengan uang, kemungkinan besar kita akan berada di ranking atas menurut wilayah. Nggak ada yang namanya terus-menerus di atas sebab dalam hidup ini sifatnya fluktuatif. Orang yang gila juara memaksakan diri untuk masuk peringkat. Salah satu cara cepat untuk meraihnya dengan terus melakukan pembelian item super kuat agar tetap di atas sehingga terpaksa mengorbankan biaya sangat tinggi. Kalau sudah candu begini, tabungan pun bisa habis bahkan sampai mau juga ngutang sana-sini. Terlebih zaman sekarang buat mengajukan kredit online cepat sangat mudah.

  10. Kurang dewasa.

    Ada proses pendewasaan saat kita bermain game. Di sana terdapat nilai positif dan ada pula negatifnya. Orang yang dewasa berpikir akan mengambil sisi perjuangan, kesabaran dan keikhlasan yang dihasilkan dalam proses bermain. Akan tetapi meninggalkan dan membuang sisi arogansi dan egois yang selalu ingin menang. Kebiasaan bertarung dan menantang pihak lain, tinggalkanlah itu di dalam smartphone saja. Saat hidup di dunia nyata, jadilah pribadi yang penuh kasih bahkan rela mengalah demi kepentingan orang banyak.

    Orang yang terus-menerus membeli item game, terkesan manja karena enggan berusaha, kurang sabar dan maunya cepat saja. Bagaimana orang semacam ini bisa dewasa?

Kesimpulan

Bagi seorang gamers sejati, kalah atau menang hampir tidak ada bedanya (biasa saja), yang terpenting adalah kita tetap sibuk positif, bila perlu lakukanlah sambil memuji-muji Tuhan di dalam hati.

Kita butuh soft skill saat menyelesaikan suatu misi dalam sebuah permainan. Soft skill itu bisa berupa kesesuaian gerakan, keakuratan posisi/ tempat, ketepatan waktu, kemampuan berinteraksi dan lain sebagainya. Jika anda main cepat pakai uang, semua soft skill yang dikembangkan lewat pengalaman bertanding tidak akan anda miliki. Untuk apa menjadi gamers level tinggi tapi skill tidak ada. Akibatnya malah boros penggunaan item mewah sekali pakai.

Terlepas dari semua spekulasi, jika anda hendak membeli sesuatu dalam permainan yang digemari, silahkan saja! Tetapi pastikan bahwa pembelian tersebut tidak terjadi tanpa pikir panjang dan terkesan berlebihan. Membeli kekuatan sekali pakai hanya untuk mengalahkan musuh besar, tidak melatih soft skill gamers. Tidak perlu terlalu gengsi ingin terus berada di papan peringkat atas. Sebab semuanya itu fluktuatif. Teledor satu dua kali beli item, nggak masalah…. Akan tetapi, kalau dilakukan terus-menerus tanpa batasan tertentu, keuangan bisa anjlok. Oleh karena itu, hindari membeli item sekali pakai habis, lebih baik cari itu dengan menyelesaikan tugas-tugas. jadilah pembeli yang cerdas: belilah kotak harta yang selalu ada atau selalu terbarukan setiap pagi atau setiap hari sampai seumur hidup.

Salam, Permainan smartphone
mengandung makna hidup
ada positif dan ada negatifnya.
Raih sisi baiknya dengan sabar
penuh perjuangan.
Niscaya nilai-nilai positifnya
sanggup kita pahami
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.