7 Keseimbangan Gerakan Tubuh Sehat Sepanjang Masa – Cara Bergerak Seimbang Tanpa Efek Samping

Keseimbangan Gerakan Tubuh Sehat Sepanjang Masa – Cara Bergerak Seimbang Tanpa Efek Samping

Teka-teki – Aku bantal tetapi tidak bisa dipeluk, membuat nyaman tetapi tidak untuk ditiduri, di bawa kemana-mana tetapi tidak bisa dilihat. Siapakah aku?

Akulah tuas ungkit yang menggandakan kekuatan kaki, tunggangan yang dibawa-bawa tapi menggunakan kaki. Siapakah aku?

Komponen terbesar sampai kecil, selalu berkeriapan di seluruh alam semesta. Yang paling besar adalah matahari, sedang yang paling kecil adalah mikroorganisme. Masing-masing hidup dan beraktivitas dengan caranya sendiri. Jika hal-hal kecil sampai besar saja selalu menyibukkan diri dengan kegiatannya sendiri-sendiri. Terlebih lagi manusia sebagai sosok yang telah diberikan kehendak bebas yang tetap terpimpin. Artinya, bebas tetapi tetap menggunakan pikirannya yang secara otomatis terhubung ke berbagai standar peraturan. Kebebasan bergerak yang tetap memperhatikan kaidah yang berlaku secara rohani maupun secara sosial dan termasuk prinsip-prinsip pribadi yang dimiliki oleh tiap-tiap orang.

Selain beraktivitas menurut peraturan, satu hal lagi yang perlu kita perhatikan saat berkegiatan di dalam maupun di luar rumah. Yang tidak kalah pentingnya dalam hidup ini adalah menjaga keseimbaangan gerakan. Saat banyak orang yang melupakan hal-hal tentang “aktivitas untuk mengimbangi aktivitas lainnya,” ada yang tidak begitu peduli. Akan tetapi, setelah mencicipi betapa parah gangguan kesehatan yang dideritanya secara fisik, barulah paham tentang ketidakseimbangan yang selama ini dipikirnya sebagai keuntungan. Seolah rasa sakit yang dicicipi memaksa sekaligus menyadarkan kita tentang betapa buruknya kebiasaan yang dijalani tiap-tiap hari. Pada akhirnya, kita memahami bahwa beraktivitas jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Satu hal yang sering sekali bertentangan dengan aktivitas adalah kenyamanan. Banyak orang yang selalu berusaha membuat dirinya sendiri nyaman dengan berbagai-bagai cara duniawi. Berusaha mencapai yang tinggi-tinggi semata-mata untuk menemukan rasa tersebut. Saat sudah ketemu, mau tambah lagi dan lagi; mencoba mempakukannya di dalam hidup sehari-hari agar terus-menerus ada dari waktu ke waktu. Naasnya, semua hal-hal yang dekat dengan kenyamanan tanpa henti tersebut cenderung mendorong kesehatan fisik semakin jauh dari kebugaran.Artinya, apa yang selama ini kita anggap menyenangkan saat dilakukan justru menjadi sesuatu yang memahitkan hati karena dinikmati secara berlebihan.

Pengertian

Sebaik-baiknya kehidupan yang nyaman dan mewah, ujung-ujungnya bisa menyebabkan lemah. Berupayalah untuk tidak terlena dengan kemilau duniawi yang memukau hati dan memanjakan tubuh. Sebab segala sesuatu yang dinikmati secara berlebihan, mampu mendatangkan kecelakaan. Oleh karena itu, sesuaikan aktivitas dengan kondisi tubuh anda sehingga terciptalah keseimbangan gerakan yang tidak hanya menyehatkan tetapi turut pula memperpanjang umur. Jadi, yang kami maksud dengan keseimbangan gerakan tubuh adalah kumpulan aktivitas yang dilakukan secara bergantian dalam porsi yang seimbang untuk membuat badan tetap sehat, bugar dan panjang umur.

Cara menjaga keseimbangan gerakan tubuh sehat sepanjang masa

Segala sesuatu di bumi ini butuh yang namanya keseimbangan. Ada banyak aspek kehidupan yang butuh diseimbangkan, salah satunya adalah gerakan tubuh yang dilakukan dari hari ke hari. Biasanya, jika seseorang kurang memperhatikan keberagaman dari pola aktivitas yang dilalui, tepat saat itulah tubuh menjadi lemah bahkan, tulang-tulang bergetar. Sampai darah pun turut berpenyakit, periksakan ke laboratorium, tinggi anka kuman. Oleh karena itulah, salah satu hal yang dibutuhkan dalam hidup ini adalah kemampuan menjaga keseimbangan aktivitas agar tidak stagnan di situ-situ saja. Berikut akan kami paparkan kiat-kiat dalam menjaga pergerakan badan agar selalu sehat sepanjang waktu.

  1. Utamakan Berdiri,

    Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, ada beberapa manusia yang lebih suka memanjakan dirinya dengan lebih banyak duduk. Bagaimana tidak: kemana-mana naik mobil, mau ini-itu dibawain pelayan, hobinya duduk manis nonton TV dan masih banyak lagi hal yang dilakukan sambil duduk. Padahal, duduk berlebihan jelas tidaklah baik bagi kesehatan tubuh. Penyakit paling anyar saat kita duduk-duduk saja adalah rematik atau radang sendi alias nyeri tak terhankan pada tumit. Salah satu manfaat dahsyat saat kita sering-sering berdiri adalah “selamat tinggal radang sendiri alias tumit sakit.” J

  2. Sediakan waktu untuk berjongkok,

    Jongkok merupakan salah satu aktivitas yang paling tidak dianggap oleh beberapa orang. Tetapi, mengabaikan aktivitas ini berarti meningkatkan resiko ketegangan berlebihan yang cenderung tidak stabil di sakitarbokong. Misalnya saja adalah nyeri punggung bawah, nyeri pada tulang ekor, naik betis, keram otot kegel dan lain sebagainya. Semua hal yang menyakitkan tersebut akan menyerang kita secara perlahan tapi nyerinya menusuk-nusuk hampir tak tertahankan. Oleh karena itu, di sela-sela padatnya aktivitas yang dijalani, sempatkan juga untuk berjongkok skala pendek (3-5 menit sekali jongkok). Kalau memang ada pekerjaan yang bisa dilakukan dekat dengan lantai (duduk di lantai), lebih baik melakukannya sambil berjongkok saja.

  3. Sediakan waktu untuk duduk,

    Kursi adalah lambang kerajaan. Semua orang bisa menikmati kenyamanan dalam waktu istirahat yang panjang. Bahkan beberapa bentuk modifikasi kursi membuat penggunanya sangat nyaman membaringkan diri. Memang nyata bagi kita semua bahwa yang namanya momen santai lebih banyak dilewatkan sambil meletakkan bokong di atas kursi, entah itu empuk atau keras. Pada dasarnya di bagian bokong terdapat bantal khusus yang terbuat dari daging dan lemak juga kulit. Jadi, sekali pun kita duduk dikursi yang keras, terbuat dari kayu/ besi/ beton, tetap mampu merasakan kenyamanan maksimal. Tetapi, berhati-hatilah agar jangan sampai takabur: terlalu lama mendudukkan bokong bisa-bisa penyakitan.

  4. Gerakan berjalan.

    Saat menyaksikan film pahlawan super (super hero) hati begitu terkesima dengan kemampuan mereka dan pertarungan yang seru di dalamnya. Cukup menarik bahwa ketika ada salah satu di antaranya yang memiliki kemampuan mentalis sehingga mampu melayang dan terbang kemana-mana. Lebih cepat dari angin suara yang terdengar oleh manusia. Akan tetapi, yang menjadi pertanyaan kita adalah bagaimana mereka bisa sehat bila tidak pernah berjalan kaki? Sadarilah bahwa yang namanya berjalan kaki adalah teramat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh jasmaniah. Saat hendak kemana-mana, asalkan tidak terlalu jauh untuk ditempuh, silahkan berjalan kaki demi kebaikan diri sendiri. Bila perlu silahkan usulkanpengadaan trotoardi kota masing-masing, tempat kita bermukim.

    Ada alternatif lain bagi anda yang ingin berjalan kaki namun tidak dimungkinkan karena jauhnya jarak yang ditempuh. Anda bisa mulai memperbaiki sepeda mini yang dulu sempat dipakai di masa sekolah atau membeli yang baru, kalau memang punya duit lebih. Kekuatan kita akan meningkat berkali lipat dengan mengendarai sepeda. Seperti berpacu di atas tuas ungkit yang membuat kita bisa melesat jauh kedepan.

  5. Saat-saat untuk tidur.

    Setelah semua pergerakan yang kita lakukan pada hari ini, sibuk berbuat baik di sana dan di sini sambil memuji-muji Tuhan. Semua hal-hal positif tersebut sudah cukup menguras tenaga dan tidak ada di antaranya yang sia-sia. Entah kebaikan kita diterima orang atau tidak, percayalah bahwa jerih lelah, ketulusan dan pengorbanan yang didedikasikan pasti dicatat Tuhan. Saat hendak tidur, jangan lupa bersekutu dengan Sang Pencipta, baik secara pribadi (sedang sendiri) maupun bersama keluarga (banyak orang).

  6. Berbaring sambil bersepeda di udara.

    Perlakuan ini, khusus bagi orang yang jantungnya lemah. Biasanya, orang berjantung lemah ditandai dengan badan yang mudah merasa kedinginan, cepat lelah dan lebih sering ngantuk. Termasuk dalam hal ini adalah menumpuknya cairan di daerah kaki. Mereka yang jantugnya lemah, saat berdiri lama-lama, badan lebih cepat merasa kedinginan. Pada saat-saat seperti inilah, kita perlu berbaring sambil bersepeda di udara, dengan demikian bagian-bagian tubuh yang jauh dari jantung akan mendapat suplai darah segar kaya oksigen dan kehangatan pun kembali.

    Demikian juga saat seorang penderita jantung lemah merasa terus-menerus ngantuk padahal waktu tidur sudah usah. Ia perlu menyegarkan pembuluh darah yang letaknya jauh dari jantung dengan berbaring sambil bersepeda menendang udara, baik kaki maupun tangannya.

  7. Bekerja sambil duduk, jongkok dan berdiri.

    Sistem keseimbangan pada bagian terakhir ini, terkhusus bagi mereka yang bawaannya kerja di dalam ruangan secara maraton. Misalnya bagi mereka yang bekerja sebagai operator/ admin yang seharian terbiasa duduk, termasuk bagi para pekerja online, penulis blog (blogger), novelis (penulis novel), carpenis (penulis carpen) dan lain sebagainya. Orang-orang yang bekerja sambil duduk seharian lebih beresiko tinggi mengalami bermacam penyakit seperti diabetes melitus, kolesterol, asam urat, lemah syahwat, jantung koroner, darah tinggi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, lakukanlah aktivitas dibelakang meja dengan memfariasikan posisi bekerja antara berdiri, duduk dan jongkok.

    Gunakan meja yang agak tinggi atau tambahkan kursi di atasnya sehingga dapat bekerja sambil berdiri. Pakailah kursi seperti biasa sehingga dapat bekerja sambil duduk. Berjongkoklah di atas kursi sehingga mampu bekerja sambil berjongkok. Tiga variasi posisi kerja di belakang meja ini dapat membuat anda bergerak seimbang, bebas dari berbagai penyakit dan berumur panjang.

Kesimpulan

Kursi adalah lambang kedudukan raja. Posisi tersebut merupakan sasaran idola para warga masyarakat dunia. Mereka berpikir: kalau dirinya sudah berasa sempurna seolah dewa ketika pekerjaan sehari-hari hanya dihabiskan di atas kursi empuk yang berputar dan beroda. Padahal, ketidakseimbangan tersebut beresiko tinggi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, terutama kesehatan fisik. Mereka yang sudah pernah merasakan betapa membosankannya berada di rumah sakit selama berhari-hari, pasti kapok untuk kembali berpenyakit. Oleh karena itu, jagalah kesehatan badan dengan menyeimbangkan pergerakan yang dilakukan, baik saat di rumah, di sekolah maupun saat di tempat kerja. Berdiri, duduk dan jongkok adalah variasi terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan di belakan meja secara maraton.

Salam, Imbangi tubuh anda
dengan variasi gerakan.
Agar kesehatan terjamin
dan kebugaran badan nyata
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.