10 Bukti Rotasi Bumi (Bagian II)

Bukti Rotasi Bumi (Bagian II)

Panjang jalan yang kita butuhkan untuk memahami kehidupan, semoga saja pemahaman yang dimiliki mendekati kenyataan

Struk=tur alam semesta sangat kompleks, dengan luas tak terkirakan. Manusia dengan keterbatasan indranya tidak akan mampu melihat strukturnya secara keseluruhan. Melainkan yang dapat kita amati hanyalah titik-titik kecil yang tampak lebih bercahaya dari materi gelap yang ada disekitarnya. Tetapi, mata batin kita dapat menelaah semuanya itu sehingga bisa menggambarkannya di dalam relung hati masing-masing. Membahas-bahasnya, menerka-nerkanya dan menghubung-hubungkannya dengan logika sendiri dan pengalaman batin para pendahulu kita yang telah menjabarkan ide-idenya tentang jagad raya. Semua pengetahuan tersebut telah memperkaya wawasan kita sehingga dimungkinkan untuk membuat suatu teori yang mendekati kebenaran.

Ulasan kami yang kurang tepat soal bukti rotasi bumi (versi karya seni non realistis)

Harap diketahui bahwa, jauh hari sebelumnya, kami sempat menuliskan tentang teori bukti rotasi bumi versi pertama. Sayang, kami telah salah menelaah sebab dahulu kami masih berpikir bahwa inti planet adalah cairan magma cair yang sangat panas yang bahan penyusunnya sama dengan matahari. Kesamaan materi tersebut membuat matahari menarik dan mengarak tiap-tiap planet di bawah kendalinya. Lantas dunia kita pun berotasi dimana sumber energinya berasal dari pusatnya. Teori semacam ini jelas sangat lemah, sebab dimana-mana yang namanya inti selalu lebih keras, bukannya cair dan panas. Amati saja buah-buahan yang terdapat di sekitar, pasti bagian tengahnya lebih keras dari kulit maupun dagingnya.

Faktor penyebab planet bisa berputar pada sumbunya

Lantas, karena kesalahan-kesalahan tersebut, timbullah pertanyaan, dari mana sebenarnya bumi ini mengambil energinya sehingga mampu berotasi sampai berovlusi pula? Baiklah, akan kami jelaskan hal tersebut satu persatu.’Berikut selengkapnya, sumber energi dari perputaran cantik tersebut.”

  1. Matahari yang bersinar.

    Sinar matahir memanaskan setengah dari setiap planet dari waktu ke waktu. Energi yang dipancarkannya akan menjadi sumber utama pergerakan setiap planet.

  2. Atmosfer (1/2) panas kaya listrik.

    Atmosfer bumi yang terluar memiliki suhu lebih dari seribu derajat celcius. Akan tetapi, panasnya semakin lemah saat mendekati permukaan bumi. Atmosfer panas tersebut bagaikan mesin uap yang berputar dengan sangat kencang, mengalir ke bagian bumi lainnya. Atmosfer panas yang mengalir inilah yang membuat belahan bumi yang tidak disinari matahari jauh dari kebekuan (kecuali di musim dingin untuk daerah tertentu). Sedang perputaran atmoser yang paling dekat dengan permukaan adalah angin timur. Namun biasanya tidak sampai permukaan tanah, melainkan dapat dirasakan saat berada di tempat-tempat tinggi seperti puncak gunung.

  3. Kemagnetan antar planet.

    Kutub antar planet yang saling bertemu bertujuan agar benda-benda angkasa tersebut tidak saling berbenturan satu sama lain. Kemagnetan dan atmosfer kaya listrik akan menghasilkan medan gaya yang disebut dengan gaya elektromagnetik. Energi tersebutlah yang menciptakan jarak antar planet yang pengaruhnya fluktuatif. Itulah yang membuat bulan kadang terlihat kecil tetapi kadang juga sangat besar.

Bukti planet yang kita huni berputar teratur

Bumi tidak pernah diam. Ibu pertiwi yang selama ini merawat kita, nyatanya selalu bergerak. Memang kita tidak bisa melihat pergerakan tersebut sebab kita ikut-ikutan bergerak juga di dalamnya. Keadaan ini sama persis ketika kita sedang berkendara di dalam kereta yang bergerak cepat. Kursi yang kita duduki tidak bergerak dan jalan yang kita lalui disepanjang lorong kereta diam-diam saja. Akan tetapi, saat kita melirik ke luar jendela, pergerakan pepohonan sangatlah cepat berlari ke belakang kita. Manusia tidak bisa langsung mengamati pergerakan planetnya sendiri karena ikut bergerak secara bersamaan, terjaga dan terpelihara di dalamnya. Akan tetapi, sebagai bukti konkrit, kita bisa mengamati pergerakan materi yang berada di sekitar untuk dapat membuktikannya. Berikut akan kami tampilkan beberapa alasan kuat dari rotasi bumi.

  1. Terjadinya siang dan malam.

    Kalau ada pertanyaan begini, “apakah anda yakin, bukan matahari yang mengelilingi bumi?” Teori untuk menyanggah pertanyaan ini adalah dengan mengikuti logika yang terkuat. Tanyakan balik pendapatnya tentang “siapa yang lebih kuat, matahari atau bumi?” Tentulah di alam semesta, siapa yang terkuat maka itulah yang wajib diikuti.

    Pergerakan dan pergantian siang-malam yang terus bergulir dari waktu ke waktu merupakan bukti semu dari rotasi itu sendiri, sebab mustahil matahari mengelilingi bumi karena bola cahaya itulah yang memiliki dan memancarkan energi paling besar, yaitu cahaya dan panas yang menghangatkan tulang-tulang.

  2. Gerakan matahari, bulan dan bintang.

    Jika diamati secara kasat mata maka akan terlihat bahwa sesungguhnya bumi adalah pusat alam semesta karena bintang dan bulan seolah-olah berputar mengitari kita. Gerakan semu tersebut terjadi karena kita turut bergerak mengikuti perputaran bumi. Memang yang namanya gerakan semu lebih banyak disebabkan oleh karena aktivitas bumi memutari sumbunya, walau pun kita sadari bahwa planet-planet lain pun berevolusi dan matahari sendiri berotasi pada sumbunya.

  3. Gerakan angin.

    Atmosfer yang ada di atas kita berputar sangat kencang (terutama atmosfer pada lapisan terluar). Udara panas tersebut mendorong terjadinya perpindahan kalor ke seluruh areal planet. Biasanya pergerakan atmosfer dari arah barat ke timur. Bisa dikatakan bahwa kecepatan hembusan angin lebih tinggi daripada kecepatan rotasi bumi itu sendiri.

    Hanya saja angin yang selalu bergerak menuju timur tersebut tidak terasa didekat permukaan tanah. Sebab kontur bumi yang berbukit-bukit dan pepohonan yang memagari sekitar adalah penghambat. Sehingga pergerakannya menuju timur tidak terasa saat kita berada dekat permukaan tanah.

    Angin yang bergerak di lembah atau dataran rendah bisa saja telah dipengaruhi oleh tekanan dan suhu udara. Berada di puncak gunung tertinggi mungkin saja bisa mencicipi angin timur.

  4. Ramalan cuaca.

    Tahukah anda bahwa pihak BMKG melakukan ramalan cuaca berdasarkan pergerakan angin timur? Misalnya saja ada satu wilayah dari barat ke timur urutannyas A, B, C dan D. Jadi, ramalan cuacanya adalah besok cuaca di D akan sama seperti C. Dua hari lagi cuaca di D akan sama seperti B. Tiga hari lagi cuaca di D akan sama seperti di A.

    Intinya adalah: angin timur membawa cuaca dari kota barat ke timur. Sehingga pada suatu waktu cuaca di kota timur sama dengan yang terjadi di barat di waktu yang lalu. Sedangkan cuaca di kota barat, sama dengan yang terjadi di kota yang lebih barat lagi di waktu yang lalu.

    Contoh dekatnya lagi adalah kota barat hari ini berawan maka besoknya awan yang sama akan pindah ke kota timur. Ini hanyalah logika sederhananya saja, sedang untuk meramal cuaca mungkin masih dibutuhkan pertimbangan terhadap faktor-faktor lainnya.

  5. Gerakan awan.

    Kalau sekiranya memiliki sedikit waktu luang, coba perhatikan awan-awan kapas putih di atas kita. Bukankah mereka bergerak ke timur? Ini adalah salah satu bukti dari pergerakan angin timur yang lebih cepat dari rotasi bumi itu sendiri. Akan tetapi, keadaan ini bisa saja tidak berlaku untuk awan yang bergerak di daerah lembah di bawah kaki bukit. Jenis ini biasanya bergerak berdasarkan tekanan udara.

  6. Gerakan gelombang laut.

    Arus laut juga sangat dipengaruhi oleh pergerakan angin timur, biasanya pantai yang menghadap ke barat memiliki gelombang yang lebih besar ketimbang pantai yang menghadap ke timur. Selebihnya, keadaan ini disebabkan langsung oleh rotasi bumi itu sendiri dan perbedaan suhu udara di daratan dan dilautan.

    Saat suhu di daratan cukup tinggi karena pemanasan global maka akan terjadi badai yang mengalir dari laut ke darat untuk melakukan proses pendinginan menjaga keseimbangan alam. Rotasi itu sendiri menyebabkan gelombang, sama halnya saat kita memutar ember yang telah dipenuhi air, pastilah pinggiran airnya akan mengalami gelombang kecil untuk sementara waktu. Demikianlah saat bumi bergoyang maka komponen fleksibel di atasnya (contoh air) akan mendapatkan pengaruh yang berbeda-beda untuk setiap wilayah.

  7. Bola yang dijatuhkan dari atas.

    Menjatuhkan bola dari ketinggian tertentu membuat arahnya menyimpang ke timur sejauh ini. Tentu saja keadaan tersebut terjadi karena pengaruh aingin timur yang secara tidak langsung turut mempengaruhi rotasi bumi. Semakin tinggi bola tersebut di jatuhkan maka semakin jauh pula penyimpangan yang akan terjadi.

  8. Pergerakan kapal laut.

    Saat kapal hendak ke timur arus lautan dan angin mendukungnya walau tidak seberapa. Akan tetapi, saat kapal dari timur hendak ke barat, tidak akan ada dukungan tambahan. Ini nyata bisa dibuktikan saat sebuah kapal berangkat ke timur lebih cepat sampai daripada saat menuju barat pada jarak tempuh yang sama (pulang-pergi). Sebab kapal yang ke timur searah dengan bumi yang sedang berotasi.

  9. Pergerakan pesawat terbang.

    Pesawat terbang berjalan di atas angin yang sangat mempengaruhi pergerakan rotasi bumi. Saat menuju ke barat dukungan pergerakan oleh atmosfer tidak ada. Tetapi saat menuju timur, dukungan atmosfer menyertai pesawat tersebut sehingga lebih cepat sampai di tempat tujuan. Atmosfer yang selalu aktif berputar dipengaruhi oleh kalor/ panas yang terkandung di dalamnya. Tujuan perputaran ini adalah mencapai pemerataan maksimal demi keseimbangan alam.

  10. Migrasi burung.

    Jika anda memiliki kesempatan untuk menonton channel televisi tentang satwa liar, silahkan pelajari tentang migrasi burung. Atau mungkin anda sempat ke perpustakaan dan mengambil buku tentang fauna dan flora khususnya tentang burung. Mereka akan bermigrasi dengan pola dan interval tertentu, berjalan di atas udara mengikuti angin timur. Adalah mustahil jika burung di udara melawan angin timur selama berjam-jam: mereka tidak punya cukup energi untuk bertahan selama itu. Akan tetapi, jika hanya terbang beberapa saat saja, tentulah akan mampu melawan pergerakan angin tersebut. Sama halnya seperti burung-burung yang berseliweran tanpa arah di udara.

Kesimpulan

Tidak ada yang benar-benar diam di seluruh jagad raya. Masing-masing komponen alam raya memiliki pola gerakannya sendiri-sendiri. Tanah yang kita pijak memang tidak bergerak sama sekali, Sebab estimasinya seperti mega bus yang melaju kesat. Anak kecil yang baru naik ke sana pasti akan bingung, “kok bisa pepohonan bergerak dengan cepat?” Demikianlah juga kita, saat masih kanak-kanak, kita merasa bahwa matahari, bulan dan bintang bergerak mengelilingi bumi. Akan tetapi, setelah dewasa pengetahuan, kita pun memahami bahwa sebenarnya ibu pertiwilah yang senantiasa aktif berotasi dan berevolusi. Kunci pergerakan bumi adalah setengah atmosfer panas kaya elektron dan kemagnetan planet itu sendiri. Gabungan kedua sumber energi tersebut lebih populer dengan nama gaya elektromagnetik.

Salam, Bumi saja aktif,
Terlebih lagi manusia perlu aktif.
Jangan mau kalah
dengan ibu pertiwi.
Aktiflah sepositif mungkin,
agar selalu bahagia & damai
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.