+10 Cara Senang Yang Baik Tidak Perlu Mahal, Mewah Dan Berkelas

Senang adalah setengah bahagia. Sebab orang yang berbahagia memiliki hati yang senang secara terus-menerus. Akan tetapi, kesenangan apa adanya tok yang diperoleh lewat indra adalah suatu kesukaan yang hanya berlangsung sesaat saja. Kenang-kenangan yang ditinggalkan oleh rasa ini, tidak ada sama sekali, kecuali kita mengulang untuk menikmati hal yang sama seperti yang sudah-sudah. Sebuah komitmen yang bulat untuk terus menikmatinya secara rutin merupakan salah satu hal yang menenangkan hati. Asalkan saja keberadaan dana untuk membiayai semuanya itu terus ada maka hati merasa aman, tidak ada kekuatiran kedepannya. Akan tetapi, saat uang mulai mandek, pensiun sudah dekat dan pemasukan tidak seperti dulu, kekuatiran pasti membahana di dalam pikiran.

Sempat ketergantungan dengan materi duniawi maka seumur hidup akan terus lengket dengan hal-hal tersebut. Kenikmatan yang ditawarkan dunia memang tidak ada yang murah apalagi gratis; semua pasti butuh dibayar dengan uang tunai/ kredit. Orang yang bijak tidak akan semudah itu ketergantungan terhadap sesuatu yang berbayar karena tahu di hari esok, mungkin saja pemasukan nihil: bagaimana caranya memenuhi hasrat yang menggantung? Akan tetapi, mereka yang kurang mampu berpikir dengan logika yang jernih, akan terus membayarkan keperluannya dalam angka tinggi tanpa mau peduli dengan kehidupannya di masa depan. Pada saat tubuhnya mulai lemah dan vitalitas organ mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan, saat itulah dia menyadari betapa bodohnya dirinya dahulu yang terlalu boros mengonsumsi kenikmatan duniawi.

Pada satu titik di dalam hidupnya, terkadang merasa lelah hati hanya dengan membeli dan mengonsumsi barang dan jasa itu lagi dan lagi. Lubuk hati kecilnya mulai mereka-reka untuk menikmati sesuatu yang lain dari yang lain. Walau pun kesannya lebih mahal, tapi katanya “ahh, sesekali nggak apa-apa, beli yang mahal.” Terlena dengan aktivitas konsumsi berkelas yang menurutnya berasa istimewa, dirinya pun mulai menggeser kebutuhan ke arah yang lebih mahal lagi. Padahal pekerjaan tidak berubah, gaji tidak bertambah, pemasukan eksra eksternal nihil.” Lama kelamaan kebiasaan yang mubazir tersebut justru memakan dirinya sendiri. Menimbun hutang sana-sini sehingga lama-lama bangkrut tak bersisa. Rumah dan segala harta benda telah disita oleh bank sehingga benar-benar jatuh miskin hampir tidak punya apa-apa lagi.

Pengertian

Senang adalah suasana hati yang sedang baik-baiknya atau disebut juga bergembira. Biasanya ekspresi kesenangan hati dapat diamati lewat air muka seseorang. Adalah jarang sekali kesenangan rasa tidak teramati orang lain: ini mencirikan tingkat pengendalian diri dan manipulasi emosi tinggi. Sebab, nyata-nyatanya hatinya bergirang tertawa kesenangan tetapi ekspresi wajahnya biasa saja. Pada umumnya, rasa tersebut tidak berlangsung lama bahkan ada yang terjadi dalam waktu sekejap mata. Oleh karena itu, banyak orang yang terjebak mempertahankannya tetapi nyatanya mereka tidak mampu, malahan yang terjadi adalah kerugian, baik bagi dirinya sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Biasanya, mereka yang senang mengonsumsi materi secara berlebihan akan mengalami gangguan, baik yang disebut dengan gangguan mental (kecanduan, kegilaan) dan ada juga yang disebut dengan gangguan fisik (sakit-penyakit).

Cara senang yang baik tidak perlu mahal, mewah dan berkelas

Senang ya tetap senang, tidak ada orang yang bersuka terus-menerus ditawarkan oleh dunia ini. Andai pun ada suatu barang yang selalu menyenangkan hati pemiliknya, paling lama 3 bulan dan paling singkat 3 detik. Bagi kami, hal-hal semacam ini, tidak perlu terlalu dikejar mati-matian. Melainkan kalau ada, baguslah; tetapi kalau tidak ada juga bukan masalah besar. Artinya, menikmati hal-hal duniawi yang menyenangkan sifatnya sangat fleksibel, terkecuali bagi mereka yang terlanjur ketergantungan. Berikut ini, akan kami tampilkan beberapa contohnya menurut pengalaman pribadi.

Syarat-syarat agar hidup selalu menyenenangkan.

  1. Selalu aktif.

    Orang yang mau senang perlu aktif sebab tidak ada hal-hal yang menyenangkan tanpa aktivitas. Apa pun yang menggembirakan di bawah matahari pastilah dapat teramati setidaknya lewat senyuman seseorang, bukankah itu juga menunjukkan pergerakan aktif? Setidaknya mata berkedip-kedip saat menonton sesuatu yang membuat situasi hati menjadi baik.

  2. Secara Variatif.

    Pada bagian selanjutnya akan kami tampilkan beberapa cara untuk menikmati hidup. Semuanya itu, pada dasarnya cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Hanya, berupayalah untuk tidak menikmati hal yang sama sepanjang hari, misalnya menonton maraton dari pagi sampai sore. Ketahuilah bahwa menikmati hidup dengan cara demikian hanya akan menimbulkan kelelahan pikiran. Melainkan lakukan dan nikmati hidup secara berselang-seling.

  3. Secara Fluktuatif.

    Fluktuatif berbeda dengan variatif. Jika yang bervariasi adalah jenisnya (pemuas mata ke telinga ke peraba) tetapi yang fluktuatif biasanya masih dalam satu gugusan yang sama namun memiliki nilai-nilah yang berbeda. Misalnya adalah dari sisi rasa, dari segi harga, dari segi jangkauan dan lain sebagainya. Semua tindakan ini kita lakukan semata-mata untuk menciptakan esensi rasa yang bergejolak sehingga menarik dan menyenangkan untuk dilakukan.

  4. Lakukan puasa.

    Makan-makan terus dari pagi sampai sore, nonstop: memuakkan lidah dan tidak baik untuk kesehatan. Lagi pula, kebiasaan maraton lebih cepat menyebabkan kejemuan panca indra. Berpuasa juga memberikan kesempatan bagi panca indra untuk beristirahat sehingga daya tahan tubuh bisa mengkalibrasinya untuk digunakan dalam proses selanjutnya.

    Contoh-contoh yang membuat hati bergirang.

  5. Mendengarkan musik.

    Mendengar musik adalah kesenangan yang murah-meriah. Kata orang, musik bisa mengekspresikan suasana hati kita. Saat lantunan lagu yang sedang dimainkan dapat kita ikuti sambil bernyanyi kecil di dalam hati dan menggerakkan anggota badan lainnya sesuai intonasi. Niscaya, aktivitas ini bisa menimbulkan kegembiraan terlebih ketika lagu yang diputar adalah kesukaan kita.

    Bagi anda yang hendak merasakan sesuatu yang berbeda, bisa dengan mendengarkan musik klasik atau instrumental sambil memuji-memuliakan Tuhan di dalam hati. Bila anda mampu, boleh dilakukan sambil menggerakkan beberapa anggota badan secara sederhana. Bisa juga digunakan secara multitasking sambil mengerjakan hal-hal linnya yang tidak kalah pentingnya.

    Mendengar musik adalah cara senang yang dapat dilakukan secara berbarengan dengan kegiatan sehari-hari. Kita bisa juga mendengarkannya lewat siaran televisi tertentu dan melalui chanel radio yang ada di sekitar tempat domisili.

  6. Bernyanyi kecil-sedang.

    Bisa dilakukan dengan bernyanyi mengeluarkan suara sendiri dan dapat pula dilakukan sambil memainkan musik. Tentu anda perlu juga memerhatikan banyak hal saat melakukannya. Saat bersenandung di hutan belantara bisa bebas tetapi saat bersenandung di tengah masyarakat: banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk beberapa aturan dan dengarkanlah suara hati anda.

  7. Bermain musik.

    Keahlian menggunakan alat musik tertentu bisa digunakan untuk menghibur diri sendiri. Mainkan beberapa lagu sambil mengikutinya, baik dengan bernyanyi di dalam hati, menggunakan suara maupun sambil menari. Semuanya ini tentu bisa membuat hati senang asalkan dilakukan secara terpimpin.

  8. Bercengkrama dengan orang lain.

    Berkomunikasi dengan sesama bisa jadi suatu aktivitas yang menciptakan kegembiraan tersendiri walau sifatnya tidak setiap saat. Tentu saja, yang kita butuhkan adalah rutin berkumpul dengan teman-teman di suatu tempat. Membangun relasi dengan orang lain turut pula membuat kita mampu beradaptasi dengan sifat-sifat seseorang, entah itu sesuai atau kurang sesuai dengan minat & kepribadian sendiri.

    Pertama-tama saja saat berjumpa teman-teman pasti ada senyum senang. Lebih lama bercerita, ada lucu-lucunya sehingga tidak terasa waktu berlalu dengan cepat. Artinya saking asyiknya ngumpul-ngumpul ngerumpi bisa lupa waktu. Jadi, berhati-hatilah, kesenangan ngerumpi memang asyik selama sadar waktu agar tanggungjawab lain tidak terbengkalai.

  9. Melakukan permainan/ game bersama teman.

    Saat kumpul bersama keluarga maupun bersama teman-teman, melakukan permainan adalah salah satu pilihan yang mungkin bisa menjadi daftar aktivitas bersama. Salah satu pilihannya adalah tebak-tebakan tentang pengetahuan umum maupun tentang hal-hal rohani. Pilihan lainnya dapat dibicarakan dengan teman-teman lalu persiapkanlah bahan dan alat yang dibutuhkan.

  10. Berolahraga atau senam.

    Lari pagi atau lari sore bisa dilkukan sambil mendengar musik memakai earphone. Bisa juga dengan melakukan gerakan senam sederhana di rumah, yang terdiri dari berjalan di tempat, sit up, push up, jongkok berdiri, berjalan terbalik di udara dan lain sebagainya. Mungkin kita juga bisa melakukannya berbarengan dengan teman sambil memutar musik untuk melakukan salah satu jenis senam sehat yang tersebar luas di dunia maya.

  11. Berjalan kaki/ bersepeda ke taman atau keliling kota.

    Jalan kaki yang diiringi dengan mendengar musik asyik akan mendatangkan cukup banyak kesenangan. Walau tidak sesenang orang yang baru saja memanangkan lotre tetapi jauh lebih baik dibandingkan mondok terus di kos-kosan tanpa aktivitas. Bersepeda keliling kota sambil mendengar musik adalah aktivitas yang bisa anda coba di pagi atau di sore hari.

  12. Mencicipi makanan lezat.

    Semua makanan lezat ya teman-teman, bahkan daun pepaya sekali pun akan terasa lezat jika sudah dibumbui walau ada pahit-pahitnya. Kelezatan itu biasanya nano-nano, yaitu campuran antara rasa manis, asam, asin, pahit, pedas dan lain-lain dalam kadar yang berimbang. Buah-buahan yang disediakan oleh alam juga bisa menjadi salah satu pilihan spesia bergantung selera, terutama di kala musim buah tiba.

  13. Mengonsumsi minuman manis.

    Air gula ditambah sedikit garam akan menjadi madu yang nikmat di langit-langit. Demikian juga air gula ditambah santan akan menjadi susu yang bergizi menyokong pertumbuhan badan. Kita juga bisa memarut beberapa buah untuk dijadikan jus yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyembuhkan beberapa penyakit. Tentu yang dikhususkan untuk menyembuhkan penyakit,perlu dikonsumsi secara rutin.

  14. Mengonsumsi cemilan manis-pedas-garing.

    Mengonsumsi cemilan di saat-saat tertentu bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau bareng-bareng dengan orang lain. Biasanya cemilan sudah dibeli sebelumnya atau baru akn dibeli di sore hari (khusus untuk gorengan).

    Jika anda memang tidak mau ngemil tetapi tidak bisa membiarkannya karena hampir ketergantungan. Mungkin mengonsumsi air garam manis adalah salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai peluntur candu sekligus membuat perut kenyang.

  15. Menonton film.

    Karya seni adalah salah satu pelipur lara untuk menghibur hati yang sendu. Tetapi, itu tidak bisa dijadikan sebagai teladan sebab di dalamnya terdapat dualisme yang aneh. Suatu karya seni sejati tidak dibangun di atas kenormalan yang membuat cerita pendek. Akan tetapi karya seni sejati di bangun di atas ketidaknormalan sehingga banyak hal yang hendak diceritakan sampai selesai.

  16. Menonton komedi dan reality show.

    Ada banyak jenis komedi, mulai dari film sampai ajang pencarian bakat juga bisa termasuk di dalamnya. Kesempatan untuk tertawa seluas-luasnya sehingga. Ini sangat menyenangkan ketika pertama sekali, untuk selanjutnya karena sudah terbiasa, tertawaannya lebih banyak disimpan. Hanya raut waja senang dan senyuman sajalah yang akan kelihatan ketika sampai pada momen “aneh sekali.” Sepertinya, komedi dan reality show hampir bersamaan maksudnya, sekedar untuk membuat pemirsa tertawa.

  17. Melakukan masturbasi.

    Laki-laki atau perempuan yang masih belum menikah dapat menikmati momen seks pribadi dengan melakukan masturbasi. Upaya untuk mencicipi kesenangan indra peraba (kulit) walau hanya sesaat saja. Hanya saja, seorang wanita diperkenankan untuk melakukannya lebih dari sekali sehari namun laki-laki sebaiknya membatasi diri sekali seminggu saja. Keadaan ini berhubungan erat dengan cairan yang diekskresikan, para gadis mengeluarkan sejenis elektrolit yang dapat diproduksi segera. Lain halnya dengan laki-laki yang mengoleksi cairan semen selama berhari-hari.

  18. Melakukan hubungan seks.

    Bagi pasangan yang sudah menikah, melakukan hubungan seksual adalah salah satu pilihan terbaik untuk merasakan kesenangan yang dalam. Ada banyak indra yang terlibat saat seperti ini, di antaranya adalah peraba, pengecap, pembau, penglihatan dan pendengaran. Kelima indra yang terlibat saat bercinta menegaskan kesenangannya walau hanya sesaat saja.

  19. Menggunakan sosial media.

    Berselancar di sosial media sekedar ingin mengetahui kabar terbaru dari teman-teman yang lain. Juga termasuk dalam hal ini menguji diri sendiri, apakah penyakit iri hatinya sudah sembuh atau masih meradang saat melihat angka popularitas kawan yang tinggi. Jika rasa dengki masih kental di dalam hati maka tidak ada kesenangan di media sosial, justru yang terjadi adalah sakit hati. Tepis iri hati dengan menebar kebaikan, sukai semua status positif yang anda temukan.

  20. Bermain game elektronik offline atau online.

    Permainan elektronik grafis tinggi, umumnya ditemukan dalam media komputer-PC atau laptop. Smartphone juga dapat digunakan untuk bermain game tanpa jaringan maupun dengan jaringan internet. Pada dasarnya menjalankan game cukup menyenangkan karena terdapat berbagai apresiasi elektronik yang menunjukkan peningkatan dari berbagai sudut pandang.

  21. Jalan-jalan bareng keluarga.

    Sekali pun kita ke tempat yang indah-indah tetapi kalau hanya seorang diri saja, itu namanya bukan jalan-jalan melainkan tugas belajar/ tugas kantor. Bagusnya kalau jalan-jalan bareng dengan keluarga, pasti rasanya lebih seru dan menyenangkan walau hanya sesaat saja. Terlalu banyak jalan-jalan juga tidak baik sebab hanya akan menimbulkan kelelahan yang berkepanjangan. Pernah nggak coba jalan-jalan bareng keluarga pakai sepeda ke tempat yang cukup dekat?

Kesimpulan

Cara mengabadikan kesenangan adalah dengan melakukan kebenaran hakiki. Kasihilah Tuhan seutuhnya dalam doa, firman dan nyanyian pujian untuk kemuliaan nama-Nya. Serta kasihilah sesama manusia seadil-adilnya di sela-sela pekerjaan dan pendidikan yang ditempuh. Inilah kesenangan yang sempurna dan disebut dengan kebahagiaan. Saat kita senang semua orang bisa melihatnya tetapi saat bahagia, dalam diam pun hati selalu bergirang/ bersukacita.

Ilmu pengetahuan yang terwujud dalam banyak hal (baik materi kasat mata maupun tidak terlihat) adalah sumber-sumber yang membuat hidup terasa menyenangkan. Salah satu hasil kreativitas yang sangat populer untuk membantu mendorong pikiran menjadi positif menyenangkan adalah musik. Dengarkanlah musik dalam segala kesempatan yang mungkin tetapi hindari menjadi pendengar yang pasif. Melainkan dengarkan nada-nada indah tersebut sambil membuat otak tetap aktif, baik untuk memuji Tuhan dan mengasihi sesama lewat belajar dan bekerja menyelesaikan tanggungjawab sampai tuntas. Konsumsilah kesenangan indra secara bervariasi dan selalu fluktuatif serta tetapkan waktu berhenti dari semuanya itu (puasa) agar kesegaran rasanya tetap terjaga. Pertahankan rasa yang menyenangkan tersebut dengan tetap berjalan di jalur kebenaran yang hakiki.

Salam, Senang itu murah,
Ada bagian yang mudah
Lakukan secara variatif,
fluktuatif dan puasakan diri
Agar kesenangannya
selalu terasa nyata
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.