+73 Kata-Kata Bijak & Motivasi Kehidupan Bahagia Dalam Suka-Duka, Memaafkan Musuh Juga Dalam Bidang Lainnya (Kumpulan Bagian VIII)

Motivasi diri sendiri, berdasarkan pengalaman pribadi. Apa yang ditemukan sendiri, kesannya lebih berarti!

Hidup ada suka-dukanya, tetapi orang berpengalaman berbahagia atas keduanya.

Hidup adalah kesenangan tetapi hidup juga merupakan masalah. Kalau anda mau tetap hidup, rasakanlah deritanya dan cicipilah gembiranya, bukankah semuanya itu nikmat? Pemula lebih suka merasakan senangnya hidup sedang susahnya ditolak mentah-mentah. Orang cerdas cenderung memilih-milih lebih banyak bergembira daripada merasa sedih. Sedangkan mereka yang bijak mampu menikmati susah-senangnya hidup dalam kebahagiaan yang utuh. Semua ini terjadi karena orang bijak tersebut paham dengan apa yang sedang dihadapinya, apa manfaatnya dan bagaimana cara menikmatinya dalam rasa syukur. Oleh karena itu, belajarlah menjadi bijaksana kawanku, dengan tidak hanya mengambil enaknya saja tetapi nikmati juga pahitnya!

Pertahankan konsistensi, tetapi ekspresikan kebenaran pada momen yang tepat.

Bila kita hanya mampu menarik makna dari hal-hal yang enaknya saja maka ilmu yang dimiliki tidak seimbang dan mudah retak oleh hal-hal kecil yang mengganggu. Akan tetapi, bila hanya memaknai yang pahitnya saja juga tidak bagus sebab dapat membuat seseorang menjadi acuh tak acuh terhadap apa pun. Jadi, kuncinya dalam menemukan kebijaksanaan adalah keseimbangan. Hindari terlalu membenci yang jahat sebab dalam kadar kecil, hal-hal jahat tersebut ada manfaatnya.  Demikian juga hindari terlalu mengagungkan yang benar sebab kebenaran tidak bisa kita aplikasikan kepada semua orang dalam kadar yang sama, melainkan beberapa hal diberikan tergantung usia dan situasi (menurut momen yang dihadapi).

Kata-kata bijak motivasi kehidupan tetap bahagia dalam susah maupun senang dan pada bidang lainnya.

73 Kata-Kata Bijak & Motivasi Kehidupan Bahagia Dalam Suka Maupun Duka Juga Dalam Bidang Lainnya (Kumpulan Bagian VIII)

Pada bagian berikut ini, kami akan menampilkan beberapa kata-kata bijak yang dapat memotivasi kehidupan bersama. Hanya saja kami tidak tahu persis, apakah kata-kata bijak tersebut pernah di tulis oleh orang lain atau mungkin kami sendiri pernah menuliskannya pada post-post sebelumnya. Oleh karena itu, segala bentuk kesamaan mohon dimaklumi. Semuanya ini hanyalah recehan permainan kata semata-mata agar terdengar lebih indah nikmat dicerna hati masing-masing. Apa yang kami tuliskan di sini hanyalah sekedar menyegarkan pikiran agar selalu fokus kepada Tuhan dan kebenarannya.

  1. Kebahagiaan yang diberikan orang lain sesaat saja tetapi kebahagiaan yang kita ciptakan sendiri selalu ada sampai menutup mata.
  2. Sekali pun sesama manusia bisa membuat kita bahagia tetapi tidak setiap saat. Sesama manusia tidak selalu ada di dekat sebab sibuk dalam pekerjaannya sendiri-sendiri.
  3. Bahagia setiap saat hanya dirasakan oleh manusia yang memiliki Tuhan di dalam hatinya. Bukankah Dia selalu ada di dalam hati kita? Puji-pujilah Dia karena keajaiban perbuatan tangan-Nya. Niscaya kebahagiaan itu selalu ada dari waktu ke waktu.
  4. Mereka yang bulat tekad susah dibelokkan apalagi dihentikan. Orang yang masih ragu-ragu mungkin masih bisa disesatkan.
  5. Keteguhan hati membuat sikap seseorang fokus, kebimbangan membuat sikap seseorang bias.
  6. Kebulatan tekad memantapkan sikap, tetapi keraguan membingungkan keputusan.
  7. Tekad yang bulat membuat hati tenang, tetapi keraguan membuat hati gelisah.
  8. Keteguhan hati ditimbulkan oleh keyakinan yang kuat. Semakin kuat keyakinan kita terhadap sesuatu, makin teguhlah hati dalam bersikap.
  9. Yakinlah kepada Tuhan dan lakukanlah firman-Nya maka hidup yang dijalani semakin diteguhkan di dalam kebenaran-Nya.
  10. Jangan sibukkan dirimu untuk menghukum sesama sekali pun hanya di dalam pikiran. Aktivitas itu hanya menambah pusing kepala.
  11. Menghakimi sesama adalah perwujudan dari sikap iri hati dan/ sombong yang berujung benci ingin menjatuhkan orang lain.
  12. Penguasa dunia ini berbeda-beda tetapi kejahatan yang mungkin mereka lakukan adalah serupa dan sepola.
  13. Ada banyak orang yang berkuasa di dunia ini tetapi peran mereka untuk menekan orang-orang dibawahnya adalah serupa dan sepola.
  14. Manusia tidak akan mampu menguasai segalanya dalam kehidupannya yang fana. Tetapi saat bersama-sama, kita bisa melakukan segalanya.
  15. Saat kekuatan fisik besar maka kekuatan otak melemah, namun saat kekuatan fisik lemah maka kekuatan otak jadi sangat tinggi.
  16. Kekuasaan kapitalis mau tidak mau menekan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebab keuntungan mereka diperoleh dari kerugian orang lain.
  17. Kekuasaan selalu menimbulkan pertengkaran sebab semua orang ingin berkuasa. Padahal kursi kekuasaan yang tersedia terbatas adanya.
  18. Kekayaan selalu menjadi bahan rebutan sebab semua orang suka kaya-raya. Padahal sumber daya yang tersedia terbatas adanya. Akhirnya, situasi jadi semeraut karenanya.
  19. Manusia berusaha menciptakan kekuasaan tetapi kekuasaan itu malah menelan manusia.
  20. Mengangkat manusia menjadi penguasa berarti membiarkannya melakukan tipu muslihat agar kekuasaannya tetap jaya.
  21. Bila kadar dosa sangat jenuh dalam hidup ini, sadarilah bahwa banyaknya kesalahan beresiko menimbulkan kegilaan.
  22. Manusia yang mendambakan uang akan terjebak dalam kejahatannya sendiri.
  23. Uang yang terlalu banyak mampu menenggelamkan rasa kemanusiaan kita.
  24. Besarnya uang yang dimiliki dapat menutupi mata sehingga tidak mampu menilai dengan benar dan mustahil memutuskan dengan adil.
  25. Kejahatan mungkin bisa menuai kesuksesan tetapi lama kelamaan belangnya akan terbongkar juga.
  26. Kita mengenang seseorang karena pemberiannya bermanfaat nyata pada waktunya.
  27. Karya seni kebanyakan tidak berhubungan dengan kisah nyata.
  28. Dunia nyata adalah milik bersama sedangkan dunia seni adalah milik pribadi/ sekelompok orang.
  29. Anda bisa menyukai hasil karya seni yang syarat manipulasi indah tetapi jangan pernah melupakan kenyataan yang penuh suka-duka.
  30. Dunia nyata hampir mustahil untuk direkayasa karena diawasi oleh banyak mata dan tentu saja mata Tuhan pun menyelidikinya.
  31. Pikiran kita adalah dunia kita, suka-suka kita mau melakukan apa saja.
  32. Pemula menonjolkan dirinya sendiri sebagai yang terbaik dari yang lain dalam dunianya. Orang cerdas menonjolkan kreativitasnya di dalam dunia yang diciptakannya sendiri. Sedang mereka yang bijak menonjolkan kebenaran hakiki, sekali pun itu di dalam dunianya sendiri.
  33. Dunia seni gampang dimanipulasi oleh orang-orang yang berpendidikan dan ahli di bidangnya.
  34. Membuat karya seni berarti menciptakan dunia sendiri.
  35. Dunia seni lebih banyak tidak berhubungan dengan dunia nyata tetapi sejalan dalam hal nilai-nilai tertentu.
  36. Karya seni lebih mempesona daripada dunia nyata tetapi dunia seni tidak lebih baik dari dunia nyata.
  37. Teknologi tidak akan bertahan lama bila manusia semakin membabat habis lingkungan hidup.
  38. Sulit membedakan rasa cinta kepada lawan jenis dengan rasa kasih kepada sesama karena kita selalu bersama. Tetapi orang yang memiliki akal sehat bisa membatasi dirinya.
  39. Tidak ada orang yang dapat mengisi hati yang selalu hampa kecuali Tuhan.
  40. Kehampaan hati identik dengan tujuan hidup yang masih belum jelas. Sudahkah anda memiliki tujuan hidup?
  41. Hidup ini hampa karena kita fokus kepada manusia. Sedang sesama manusia tidak selalu hadir di dalam kehidupan kita. Mereka juga memiliki kesibukannya sendiri-sendiri
  42. Kita belajar mencintai dengan tulus bukan dari sesama manusia melainkan dari Tuhan yang adalah kebenaran itu sendiri.
  43. Manusia mencoba mengisi kehampaan di dalam hatinya dengan mencintai seseorang. Tetapi cinta itu sendiri tidak ada di dalam dirinya. Sebab hati manusia dipenuhi oleh sikap egois dan arogan.
  44. Kehampaan tidak akan pernah berakhir selama anda masih membiarkan hati dalam kekosongan. Walau itu hanya jarang-jarang terjadi.
  45. Cinta manusia terbatas mengisi hati yang hampa. Tetapi cinta manusia adalah bayang-bayang yang menggambarkan cinta sejati dari Tuhan.
  46. Cinta dari Tuhan membuat kita tetap mencintai sesama sekalipun mereka tidak mencintai kita.
  47. Alamatkanlah semua sikap yang baik untuk kemuliaan nama Tuhan. Niscaya hati tetap bahagia dan tenteram, sekalipun cinta bertepuk sebelah tangan.
  48. Berbagilah kepada sesama dengan apa yang selalu ada, yaitu sikap (perkataan dan perbuatan). Walau kadang tidak terbalas tetapi sikap yang baik akan selalu bisa dibagikan.
  49. Kalau semuanya bisa dibuktikan, tidak ada gunanya kepercayaan. Kepercayaan yang logis selalu berhubungan dengan bukti nyata yang terjadi.
  50. Bukti keberadaan Tuhan adalah manusia itu sendiri. Bagaimana mungkin makhluk lemah seperti kita dapat berkuasa di bumi? Padahal di luar sana masih banyak makhluk yang lebih buas.
  51. Tidak ada yang baru di bawah kaki langit. Apa yang kita ungkapkan sudah pernah diungkapkan oleh orang lain di waktu, tempat, situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Jadi, jangan pernah merasa hebat!
  52. Hawa nafsu selalu menjadi sahabat saat kita menyadari apa yang sedang dibutuhkan. Akan tetapi, hawa nafsu menjadi musuh dalam selimut saat tidak mampu mengendalikannya.
  53. Hawa nafsu adalah teman, saat kita bergandengan tangan dengannya. Akan tetapi, hawa nafsu akan menyeret manusia melakukan palanggaran, saat nafsu telah menguasai pikiran.
  54. Keinginan membawa bencana karena tidak mampu dikendalikan lepas kejahatan setelah digoda hal-hal duniawi.
  55. Hawa nafsu adalah teman yang dapat mengisi hari-hari kita agar selalu mengarah kepada hal-hal yang baik lagi benar.
  56. Pengendali kehidupan manusia secara individu adalah dirinya sendiri. Pengendali kehidupan bersama adalah peraturan yang berlaku.
  57. Manusia tidak bisa mengendalikan sesamanya kecuali terhadap sesuatu yang berhubungan dengan haknya. Hukum adalah pengendali kehidupan yang berlaku untuk seluruh manusia.
  58. Kita tidak bisa mengendalikan segala sesuatu karena kita bukanlah yang paling kuat, bukan pula yang paling cerdas. Kekuatan kita adalah kebersamaan dan kecerdasan kita adalah kerja sama. Bersama-sama kita bisa mengendalikan diri sendiri agar hidup tetap berjalan dalam koridor yang terkendali.
  59. Manusia adalah truk sampah busuk dipenuhi kepahitan akibat banyaknya dendam disimpan dalam hati. Buang sampah-sampah dendam masa lalu tersebut agar hati dipenuhi kelegaan.
  60. Kejadian yang berlangsung selama manusia hidup tidak selalu bermakna. Lebih banyak kejadian yang lebih baik dilupakan.
  61. Masa depan adalah rahasia yang terjamin bagi mereka yang percaya kepada Tuhan dengan menempuh jalan kebenaran.
  62. Jangan sepele dengan mengatakan masih ada kesempatan di hari berikutnya! Seseorang berleha-leha, malas-malasan dengan menyia-nyiakan berbagai kesempatan karena yakin harinya masih sangat banyak. Melainkan anggaplah hari esok tidak ada sehingga berusaha melakukan kebaikan dan kebenaran semaksimal mungkin mulai dari sekarang.
  63. Tidak ada rahasia terbesar di alam semesta selain kebenaran. Banyak orang yang salah jalan hidupnya karena kurang memahami kebenaran. Mereka disesatkan oleh pengetahuan duniawi yang justru membuatnya semakin jauh dari kata NORMAL.
  64. Selalu ada kesempatan agar lawan bisa menjadi kawan. Tetapi, jarang orang yang mau menerima musuh yang pernah menjadi sahabat. Mereka terlalu angkuh menghadapi kenyataan hidup.
  65. Lawan adalah rival sekaligus rekan yang mengembangkan kepribadian ke taraf yang lebih baik.
  66. Musuh adalah cap yang diberikan kepada seseorang sehubungan dengan peristiwa di masa lalu. Mengapa tidak “lupakan saja masa lalu” agar bisa mengsahabatkan diri dengan semua orang?
  67. Lawan selalu ada dan cenderung bertambah-tambah. Maafkanlah sesama sesegera mungkin agar dendam tidak menumpuk-numpuk.
  68. Musuh bebuyutan tercipta karena seseorang lebih senang membalas kejahatan dengan kejahatan.
  69. Semua orang akan dianggap sebagai musuh karena seseorang kurang mampu mengikhlaskan kenyataan yang ada.
  70. Musuh bukanlah musuh jika anda sudah berdamai dengan masa lalu sendiri.
  71. Lawan terbaik adalah yang aktif mengkritik. Sedangkan, lawan terburuk adalah yang diam di depan namun berkomentar di belakang anda.
  72. Musuh terbesar ada di dalam diri sendiri: manusia tidak akan pernah berdamai dengan musuh-musuh di sekitarnya, sebelum terlebih dahulu berdamai dengan dirinya sendiri.
  73. Ketakutan, over protektif dan kekuatiran adalah gabungan yang membuat seseorang menjadi paranoid.
  74. Hidup adalah bayang-bayang yang akan segera berlalu, secepat kita melupakan masa lalu.
  75. Waktu terlalu cepat berlalu saat kita memahami kebermanfaatan hidup. Akan tetapi, waktu begitu lama berlalu saat kita belum memahami manfaat kehidupan yang dijalani
  76. Kita kehilangan banyak waktu bersama karena terlalu sibuk urusan masing-masing. Akan tetapi, momen liburan akan kembali mempertemukan semuanya.

Salam, Motivasi diri sendiri,
berdasarkan pengalaman pribadi.
Apa yang ditemukan sendiri,
kesannya lebih berarti!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.