7 Manfaat Tanah Berbukit-Bukit & Berlembah – Kontur Permukaan Bumi Berbeda

Semua ciptaan Tuhan sekilas seperti tidak teratur. Tapi justru ketidakteraturan menghasilkan kebermanfaatan dan menciptakan keindahan!

Manusia memang berkuasa atas alam sekitarnya, tetapi manusia bukan apa-apa tanpa alam sekitarnya. Mereka yang bijak menyeimbangkan pemanfaatan dan pemeliharaan yang dilakukannya.

Bumi dipersiapkan Tuhan dengan ekosistem hayati sebagai perangkat penopang sekaligus pendukung kehidupan makhluk yang diciptakan secara khusus, yaitu kita. Ekosistem hayati ini jugalah yang kemudian menjadi sumber penghidupan manusia itu sendiri. Lingkungan alamiah telah memberikan segala yang kita butuhkan maka tugas kita adalah mengembalikan kebaikan yang pernah diterima dengan menjaga dan mengawal keasrian lingkungan dari zaman ke zaman. Tidak ada pemberian yang lebih baik kepada hewan dan tumbuhan selain memberikan kesempatan bagi mereka untuk hidup bersama kita. Sebab memang sudah takdir mereka  sebagai makhluk yang terinjak karena diberdayakan sebagian untuk memenuhi kebutuhan umat manusia sehari-hari.

Merusak lingkungan adalah tindakan bunuh diri secara perlahan-lahan tapi pasti. Kalau bukan generasi kita maka generasi selanjutnya!

Sayang, kerap kali manusia kurang puas dengan segala pencapaian yang sudah dijejakinya di bumi ini.  Saat orang dengan ekonomi lemah kurang puas, dia tidak bisa melakukan apa-apa selain ikhlas menerima kenyataan sehingga secara berangsur-angsur kepuasan itu pun terbentuk. Akan tetapi, lain halnya ketika pera konglomerat tidak puas dengan kehidupannya, maka mereka bisa saja menambah kemegahan, kemewahan dan kenyamanan hidupnya menjadi jauh lebih tinggi dari sebelumnya. Pemborosan sumber daya hanya demi kata “puas” hanya menyakiti lingkungan dan sesama manusia dalam jangka panjang. Lingkungan memang selalu tersakiti memenuhi takdir mereka demi menghidupi manusia. Namun menghancurkan lingkungan sama sekali adalah tindakan bunuh diri sebab ada hubungan timbal balik antara keduanya yang mengakar sejak dari awal penciptaan.

Apa yang diciptakan Tuhan berbeda-beda, kasar dan berserakan agar tujuan-tujuan-Nya tercapai, yakni keseimbangan alam.

Salah satu pertanyaan yang cukup menarik untuk diketahui tentang lingkungan alamiah adalah seputar kontur permukaan bumi yang sangat kasar sama sekali tak berpola. Artinya, kontur permukaan bumi di daerah yang satu tidak selalu sama dengan daerah yang lain. Perbedaan muka tanah semacam ini jelas sudah terjadi sejak awal penciptaan. Tidak seperti yang disampaikan beberapa ilmuan geologi yang berteori bahwa perbedaan muka tanah dipengaruhi oleh kepadatan vegetasi yang mati, melapuk lalu menjadi tanah menumpuk dan menggunung setelah jutaan tahun; atau spekulasi lainnya karena pergerakan lempeng bumi ini dan itu. Ini terbukti bersamaan dengan pernyataan yang dimuat dalam firman yang menegaskan tentang beberapa hal.

 

(Ulangan 11:11) Tetapi negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit;

Manfaat Tanah Berbukit-Bukit & Berlembah – Kontur Permukaan Bumi Berbeda

Manfaat kontur bumi: tanah berbukit-bukit dan berlembah adalah bagian dari penopang hidup umat manusia

Tidak ada yang lurus-lurus saja dalam hidup ini, bumi pun memiliki lekak-lekuk khas yang membuat kita bisa membedakan daerah ini dan itu. Kontur bumi yang berbeda di sana dan berbeda di sini menunjukkan keragaman hidup yang membumi. Artinya, yang namanya perbedaan telah mengakar kuat di antara seluruh ciptaan. Pada satu titik, hal-hal yang berbeda itu menimbulkan pertentangan sehingga ada rasa saling menekan sampai terlibat konflik, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Namun di titik lain, hal-hal yang berbeda tersebut justru bermanfaat agar masing-masing bagian saling membutuhkan dan saling bersinergi satu sama lain sehingga membentuk suatu sistem berupa yang berputar dari zaman ke zaman. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa faedah dari tanah yang berbukit-bukit dan berlembah/ manfaat dari kontur bumi yang berbeda-beda.

  1. Menahan laju angin.

    Kontur tanah yang tidak teratur tersebut bukan kebetulan terjadi, tetapi itu adalah salah satu cara alam untuk menahan lagu angin. Pernahkah anda menyempatkan diri untuk melihat pucuk-pucuk pepohonan tertinggi di sekitar? Jika bisa diperhatikan baik-baik maka akan menemukan bahwa bagian teratas tersebut terus bergerak kesana-kemari. Sesungguhnya angin yang selalu bergerak tersebut bisa sampai ke permukaan tanah akan tetapi kontur tanah yang berbukit-bukit bagaikan tameng yang menghambat pergerakannya.

  2. menghambat penyebaran badai,

    Di dataran rendah dengan vegetasi hampir nol, sedang polutan dari berbagai kendaraan bermotor merebak dimana-mana. Keadaan tersebut bisa menimbulkan ketidakseimbangan alam yang bisa saja menimbulkan badai. Saat daerah dataran rendah dan pinggir pantai sering disapu oleh badai maka wilayah yang berada di balik perbukitan merupakan tempat yang paling terlindungi. Badai dataran rendah tidak akan terbawa ke wilayah di baliik gunung sebab gundukan tanah tersebut menjadi perisai yang memblokade sekaligus memecahka

  3. Memperluas permukaan tanah.

    Tanah yang berbukit-bukit dan berlembah melipatgandakan luas lahan. Ini seperti tali yang sangat panjang tetapi telah dikerutkan sehingga tampak lebih pendek. Baik di pegunungan maupun di lembah, kaya dengan vegetasi hewan dan tumbuhan. Hutan yang tumbuh dengan suburnya di perbukitan maupun dalam jurang merupakan paru-paru lingkungan yang sangat efektif. Sesungguhnya, tumbuhanlah yang menjadi pelindung utama atas bumi ini. Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagi kita untuk melindungi mereka kembali. Upaya pelestarian hutan dan penghijauan daerah tandus merupakan usaha terbaik untuk menjaga keberlangsungan hidup bersama.

    Luasnya lahan juga dapat dijadikan sebagai bagian dari mata pencaharian sehari-hari. Hanya saja yang diperlukan adalah tanaman perkebunan. Pertanian palawija masih bisa diadakan, hanya saja menggunakan sistem tumpang sari (menanam palawija di antara tanaman besar lainnya). Usaha ganda tersebut dilakukan untuk menjaga permukaan tanah miring tidak mengalami longsoran.

  4. Menjaga vegetasi tumbuhan dan hewan tetap variatif.

    Setiap ketinggian memiliki tanaman khas sendiri-sendiri. Ini seperti suatu panggilan alam, ketinggian yang berbeda-beda di wilayah pegunungan merupakan cara lingkungan untuk menghindari homogenitas. Keanekaragaman hayati tersebut tetap terjaga selama belum disentuh oleh tangan-tangan nakal yang serakah. Hutan bukannya tidak bisa dimanfaatkan tetapi kalau dibabat habis, itulah ketamakan terhadap kehampaan. Sebab sesuper apa pun kemewahan dan kemegahan materi, itu hanya sesaat saja. Perlu diulang-ulang agar senantiasa nikmat sedang sumber daya yang tersedia sangat terbatas.

    Hewan-hewan yang hidup di sana juga bervariasi adanya. Ketinggian yang berbeda-beda memikat hati binatang yang berbeda pula. Keanekaragaman ini menjadi salah satu ciri khas hutan tropis yang mendukung perputaran energi. Tahapan rantai makanan di dunia hewan merupakan salah satu cara lingkungan untuk memutar siklus energi di dalamnya.

  5. Memelihara hujan.

    Perbukitan yang kaya dengan flora dan fauna merupakan magnet hujan yang efektif sepanjang tahun. Vegetasi yang padat merapat adalah AC alami menghasilkan kesejukan sekaligus menyuburkan kehidupan yang bermukim di dalamnya. Udara yang sejuk sedang memudahkan awan untuk berkondensasi menjadi butiran hujan yang jatuh membasahi permukaan bumi.

    Proses turunnya hujan dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya suhu, kelembaban, intensitas sinar matahari, arah angin, ketinggian dan lain sebagainya. Semua faktor cuaca tersebut menjadi pendukung yang mempengaruhi intensitas turunnya air dari langit. Lirik juga kawanku, Khasiat jitu air hujan.

  6. Menahan air tanah,

    Pepohonan rapat yang menjulang tinggi di pegunungan memiliki akar yang cukup besar untuk menahan laju penurunan air tanah ke wilayah yang lebih rendah. Hutan bagaikan jutaan payung yang menudungi permukaan tanah sehingga menekan tipis laju penguapan air tanah dan air permukaan. Kondisi ini dapat diamati secara langsung, yang mana permukaan tanahnya selalu lembab sepanjang hari. Lagipula klorofil/ zat hijau daun mampu mengubah udara menjadi butiran air; itulah embun yang kita saksikan di awal pagi.

  7. Menahan air permukaan.

    Hutan yang bergunung-gunung menyimpan kekayaan kandungan air yang luar biasa. Perwujudan dari keberadaan air yang berlimpah-limpah tersebut akan meluap ke permukaan dalam bentuk mata air. Jika banyak mata air berkumpul akan terbentuklah sungai. Apabila muara sungai-sungai berkumpul maka akan terbentuklah danau (alami) dan waduk (buatan manusia). Setiap air permukaan yang ada, biasanya sangat tergantung dengan intensitas hujan yng turun. Ketika kemarau datang selama berhari-hari bahkan sampai beberapa minggu, debit airnya akan menurun drastis dari biasa. Akan tetapi, terlalu sering hujan juga apalagi kalau hujan deras, kemungkinan terjadinya banjir semakin tinggi. Ketahuilah kawanku bahwa, Mendatarkan lahan secara berlebihan bahaya lho

Kesimpulan

Tanah datar untuk pemukiman manusia memang penting tetapi mendatarkan seluruh areal lahan dalam satu wilayah jelas tidak sehat. Firman Tuhan memang mengajarkan kita untuk mendatarkan tanah: mengeruk gunung dan menimbun lembah (bnd Yesaya 40:3-5). Firman ini lebih didedikasikan untuk diaplikasikan terhadap manusia itu sendiri dan bukan terhadap bumi, sebab Tuhan sedang bekerja mengubahkan umat agar semakin dekat dengan jalan yang dulu pernah di tempuh Yesus Kristus. Justru tanah yang berbukit-bukit dan berlembah sangat bermanfaat untuk menopang kehidupan manusia: memperluas lahan perkebunan rakyat, memelihara hujan, menjaga keanekaragaman hayati dan hewani. Serta menyimpan lebih banyak air tanah dan air permukaan untuk mendukung aktivitas segenap makhluk di dalamnya. Jadi bersyukurlah saat menyaksikan pegunungan dan jurang yang membentang luas! [Tahukah anda bahwa Indonesia adalah Tanah Perjanjian?]

Salam, Semua ciptaan Tuhan
sekilas seperti tidak teratur.
Tapi justru ketidakteraturan
menghasilkan kebermanfaatan
dan menciptakan keindahan
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.