Hidup Tak Seindah Film/ Sinetron/ Film Pendek – Nikmatilah Tetapi Hindari Fokus Pada Rancangan Manusia, Berfokuslah Kepada Tuhan & Kebenaran-Nya

Karya seni adalah rancangan manusia penuh sandiwara yang tidak nyata. Nikmati sepuasnya
tetapi ikutlah rencana Tuhan realita kehidupan yang tidak bisa diprediksikan dan selalu ada suka-dukanya!

Siapakah yang pertama kali menonton film cinta-cintaan namun hatinya tidak berbunga-bunga? Kami juga sewaktu masih SMA adalah penggila film dan film pendek. Bukan tanpa alasan kami menontonnya sangat rajin apalagi di hari-hari libur. Sebab semuanya itu seolah-olah menciptakan sensasi rasa senang yang menjadi pengobat kalbu yang sedang pilu. Pada bagian akhir film, mata seperti berkaca-kaca hendak menangis tetapi tertahankan, entah oleh apa. Terlebih ketika waktu itu, kami sering sekali ditimpa kesialan yang melemahkan hati. Setelah menonton kisah-kisah fenomenal tersebut, seolah-olah kita disemangati, ada sebuah komitmen positif untuk kembali berjuang menjalani hari. Namun tak ayal juga, kami merasakan kejemuan terhadap semuanya itu. Sebab kami mengharapkan sesuatu yang hanyalah fantasi manusia dan bukan kehendak Tuhan.

Karya seni adalah pelipur lara yang bisa memunculkan motivasi positif. Tetapi kenyataan hidup yang tidak sesuai harapan bisa memunculkan sifat negatif.

Televisi penuh fantasi yang menyenangkan hati. Hati-hatilah, terlalu diinginkan bisa frustasi.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Apa yang mempesona panca indra membuat senang tetapi terlalu sering diulang-ulang malah menjadi jemu

Ada apa sebenarnya dengan kita, mengapa sangat tertarik dengan berbagai hal yang hanyalah sebuah khayalan belaka? Semuanya ini tidak lain karena khayalan yang kita ciptakan tersebut adalah hal-hal yang luar biasa indah menurut pemandangan indra. Istilahnya adalah apa yang menakjubkan menurut pemandangan mata, telinga, kulit, hidung dan lidah biasanya akan membuat hati senang. Sedang rasa tersebut jangka  waktunya sangatlah pendek sehingga mudah sekali menguap. Akan tetapi, saat kita terlalu sering mengulang-ulang pesona indra tersebut yang terjadi malahan kebosanan bahkan muak karena kekurang puasan dengan semuanya itu. Terlebih ketika dalam kehidupan sehari-hari, kita di serang oleh beberapa masalah yang pelik.

Indra sangat suka dengan hal-hal yang tinggi dan besar, itulah sebabnya kita menonton televisi yang menawarkan hal-hal demikian. Aktivitas ini adalah hiburan tetapi terlalu fokus mengharapkan kebahagiaan dari tontonan tidaklah bijak. Masih banyak hal di dunia ini yang bisa membuat bahagia. Lakukanlah segala sesuatu secara variatif aka fluktuatif agar tetap merasa indahnya hidup walau berputar di situ-situ saja.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Kita merasa sebagai tokoh utama (tokoh populer lainnya) dalam kisah tersebut

Berbagai kisah yang difilmkan oleh oknum sutradara memang cukup dekat dengan kehidupan kita. Sebab semua orang mengalami yang namanya penderitaan. Hanya saja bagian-bagian yang kita miliki berbeda-beda. Ada yang deritanya berjenis ini dan ada yang berjenis itu, ada yang seperti ini dan ada yang seperti itu, ada yang berbentuk ini dan berbentuk itu. Kesemua  hal tersebut membuat kita merasa senasib dengan tokoh tersebut. Bahkan kita terkadang terbawa suasana sehingga merasa bahwa salah satu tokoh utama yang memerankannya adalah diri sendiri. Mulai dari sinilah timbul kyalan tingkat tinggi yang dibawa kemana-mana bahkan turut dimimpikan pula. Perasaan GR ini jugalah yang menciptakan sensasi rasa senang yang memukau hati saat sedang dipikirkan walau hanya sesaat saja.

Rasa sakit yang dialami oleh tokoh adalah penghubung yang membuat kita turut merasa bahwa itu adalah kita. Sadarilah bahwa seindah-indahnya kyalan masih jauh lebih baik kenyataan.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Hati-hati dengan rasa GR – Selalu merasa diri sebagai salah satu pemain inti dalam sebuah film/ sinetron/ film pendek 

Namanya juga baru-baru remaja, yang namanya gede rasa sangatlah kental. Terlebih ketika di rumah, kita agak dimanja oleh orang tua. Begitu menyaksikan pahitnya kehidupan seorang aktris/ aktor yang memulainya dari rasa sakit. Membangun hari-harinya di atas buli yang memahitkan dari teman-temannya sendiri. Hidup terus terhina selama beberapa waktu. Tetapi, lewat sedikit keberuntungan dan lebih banyak kerja keras, si kawan akhirnya menemukan kesuksesannya. Bahkan keadaannya melebihi kebanyakan orang. Para pengejekkan itu pun menjadi bawahannya semua. Siapa coba, yang tidak terkesima dengan cerita semanis itu? Semua orang juga mau seperti itu bahkan langsung merasa GR kemudian mengkhayalkan diri sendiri dalam cerita tersebut.

Semua orang tertarik dengan film, berharap bahwa akan menjadi seperti itulah kisah kehidupan mereka, tinggi dan besar mengatasi musuh-musuhnya. Jika ini yang kita harapkan, nyata sekali bahwa di dunia nyata kita punya banyak musuh yang masih belum dimaafkan.

Sentilan

Pemuda yang sedang dalam status imajinasi tingkat tinggi, tenggelam dalam lamunan sepanjang hari dengan tidak melakukan apa-apa. Dia hanya duduk termenung hampir tak sadar karena pikiran melayang-layang entah kemana. Pada posisi ini, kita akan kehilangan banyak waktu untuk menunggu, Padahal mungkin saja ada tugas lain yang harus diselesaikan tapi terbengkalai karena lupa. Kisah tersebut merasuk dalam kehidupan kita begitu dalam; kita bermimpi jadi artis. Sampai-sampai menyebut diri sendiri dengan nama artis tersebut. Dan dengan bangga mengkhayalkan hal sama setiap hari. Sayang, orang yang terus melamun begitu diperhadapkan dengan masalah cenderung temperamen.

Terlalu banyak berkhayal tidaklah baik. Bisa-bisa lupa melakukan hal-hal penting dan menjadi temperamen.

Sentilan

Dia bisa saja membenci orang lain dan memarahinya pula atau malah benci dan marah terhadap diri sendiri saja. Barulah dia tersadar dari  lamunan indahnya setelah kejadian menyakitkan menimpa dirinya. Barulah dia tersadar dengan gaya bicara yang sombong dan dibuat-buat itu setelah penderitaan sampai di hadapannya. Artinya, salah satu cara terbaik untuk melupakan imajinasi fiktif tersebut adalah dengan menjalani derita dan menyelesaikan masalah yang ada di depan kita. Sebab, beratnya persoalan hidup akhirnya menyadarkan kita bahwa hidup ini tak seindah film/ sinetron/ fim pendek. Karya seni memang selalu indah tetapi hidup kita tidak selalu indah. Terlebih kalau kita paham bahwa kepahitan hiduplah yang mengembangkan kepribadian menjadi lebih dewasa lagi.

Cintailah deritamu sebab itu yang mengusir khayalan yang berlebihan. Jalani dengan rendah hati, ikhlas dan tulus berbagi sehingga menjadi bagian dari pendewasaan diri.

Kata-kata bijak motivsi kehidupan
Hidup Tak Seindah Film - Sinetron - Film Pendek – Nikmatilah Tetapi Hindari Fokus Pada Rancangan Manusia, Berfokuslah Kepada Tuhan & Kebenaran-Nya`

Karya seni syarat manipulasi

Apa pun karya seni yang sedang anda nikmati saat ini, sadarilah bahwasanya semuanya itu adalah hasil pemikiran orang-orang cerdas. Ada banyak unsur manipulatif di dalamnya semata-mata demi membuat karya tersebut berasa indah dilihat, didengar, dikecap, dibaui dan dirabai. Sadarilah bahwa semuanya itu hanya hiburan belaka yang lebih banyak dikarang-karang walau pun masih urutan kisahnya masih logis. Sedang apa yang kita anggap masuk akal dalam sebuah cerita film/ sinetron/ film pendek, belum tentu juga sesuai dengan norma-norma tertentu di dalam masyarakat tempat kita bermukim. Jadi, “selektif dan kritislah saat menikmati suatu karya seni agar mampu menyaringnya untuk diambil santan positifnya, sedang sisi negatif ampas saja untuk dibuang.”

Ekstraksi semua karya seni yang dinikmati: selektif dan kritislah saat menikmatinya untuk diambil santan positifnya, sedang sisi negatif ampas saja untuk dibuang

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Film/ sinetron/ film pendek adalah rancangan manusia yang jauh beda dengan rencana Tuhan dalam hidup kita

Seniman pintar memang pandai amat menilai animo masyarakat. Seolah-olah mereka memberikan apa yang kita inginkan padahal kita masih belum memikirkan hal-hal tersebut. Kemajuan pola pikir mereka memang luar biasa sehingga karya yang dihasilkan membuat indra terpukau dan hati terkesima. Di atas semuanya itu, kita perlu senantiasa menyadari bahwa sepintar-pintarnya dan sebijak-bijaknya para seniman; tetap saja, mereka juga masih manusia biasa sama seperti kita. Saat menonton suatu film atau sinetron atau FTV; selalu sadari bahwa semuanya itu adalah rancangan manusia. Sekali pun ada beberapa momen yang mirip-mirip dengan kehidupan kita tetapi jangan terlalu gede rasa lalu terus-menerus fokus mengkhayalkan karya tersebut. Melainkan berserahlah kepada Tuhan dan tetap semangat berjuang, sebab rencana Tuhan tidak seperti rencana manusia. Seperti ada tertulis.

(Yesaya 55:8-9) Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Sumber: Alkitab

Seindah-indahnya rancangan manusia tentang kehidupan seperti yang tertuang dalam karya seni (film/ sinetron/ FTV), jauh lebih indah rancangan Tuhan dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, pasrahkanlah hidup hanya kepada Tuhan dan tetap semangat berjuang menjalani hidup di dunia ini. Juga jangan lupa untuk senantiasa berbuat baik kepada siapa pun yang memungkinkan.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Hidup tidak selalu berakhir bahagia, kenyataannya susah-senang itu fluktuatif: hanya akan bahagia bila dinikmati dalam rasa syukur dan merasa puas sendiri.

Saat menonton film/ FTV, ketika sudah mulai mendekati akhir cerita selalu bercerita tentang betapa bahagianya kehidupan para tokohnya. Sadarilah bahwa kehidupan di bumi tidak seperti itu, sebab yang namanya susah-senang selalu mendatangi kita silih berganti. Ketika satu masalah selesai, bukan berarti setelah itu ada kesengan; bahkan tidak jarang belum selesai persoalan yang satu muncullah persoalan yang lain. Oleh karena itu, jangan pernah berharap bahwa hidup kita akan seindah film layar lebar yang rutin ditonton sebab kisah hidup manusia tidaklah satu dua jam saja. Kita masih beberapa ratus jam bahkan ribuan dan jutaan jam lagi di dunia ini. Akan ada banyak pergumulan hidup dan kesusahan yang dihadapi. Tetapi semua penderitaan itu akan menjadi kebahagiaan bila dinikmati dengan rendah hati penuh rasa syukur. Orang yang selalu merasa puas dengan pencapaian hidupnya saat ini akan menemukan ketenagan hati.

Bukan berarti jangan nonton film/ sinetron/ film pendek tetapi hindari berfokus terhadap hal-hal tersebut

Karena kami mengatakan bahwa film, sinetron, FTV, lagu, lukisan, patung, termasuk media sosial dan lain sebagainya, syarat dengan manipulasi manusia. Bukan berarti bahwa karya seni hasil ilmu pengetahuan tersebut harus kita geser, singkirkan bahkan buang dari kehidupan ini. Melainkan nikmatilah seadanya dan semampunya saja, hindari berlebihan. Semuanya itu hanyalah hiburan sesaat yang baik untuk dinikmati secara fluktuatif. Maksud kami adalah tidak baik menikmati hidup melulu. Berupayalah untuk tidak lupa memfokuskan pikian kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Serta banyak-banyaklah melakukan apa yang benar dan apa yang baik di sela-sela pelajaran dan pekerjaan yang sedang digeluti saat ini.

Kesimpula

Hidup tidak seindah film dan tidak semudah sinetron. Sebab semuanya itu hanyalah hiburan sekedar memanjakan indra untuk menikmati hidup. Orang yang bijak akan lebih hati-hati dalam menyaring setiap karya seni tersebut demi mengumpulkan santan positifnya, sedangkan ampas negatifnya diabaikan saja. Jalinlah hubungan yang intim dan intens dengan Tuhan, puji-pujilah kebesaran kasihnya di dalam hati agar pikiran selalu siap-siaga.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Setelah menonton film/ sinetron/ FTV selalu berupayalah untuk mencuci otak sendiri dengan Air Hidup yang dari Allah. Sama halnya seperti saat kita makan: kalau makan-makan saja, bisa-bisa keselek. Akan tetapi, saat kita juga perlu mengonsumsi air, justru air itulah yang lebih banyak dikonsumsi. Demikianlah setiap karya seni seperti makanan yang begitu gurih nikmat di langit-langit. Tetapi, kalau kita terus-menerus menikmati film/ sinetron/ FTV, bisa-bisa keselek dan berubah menjadi penyakit yang membutuhkan penanganan khusus. Oleh karena itu, kita perlu selalu membasahi hati dengan Air Hidup, yaitu firman Tuhan. Setelah menyaksikan karya seni, jalinlah kembali hubungan baik dengan Sang Pencipta lewat doa, firman dan nyanyian pujian untuk kemuliaan nama-Nya.

Hidup Tak Seindah Film - Sinetron - Film Pendek – Sebab Hidup Tak Sesingkat Itu dan Selalu Ada Suka Duka Silih Berganti

Salam, Karya seni adalah rancangan manusia
penuh sandiwara yang tidak nyata.
Nikmati sepuasnya
tetapi ikutlah rencana Tuhan
realita kehidupan
yang tidak bisa diprediksikan
dan selalu ada suka-dukanya!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.