Kebaikan Yang Efektif & Efisien – Melakukan Kebajikan Sebagai Hadiah Karena Kebaikan Tuhan Yang Telah Kita Terima Sebelumnya

Kita telah merasakan kebajikan Tuhan dalam setiap jalan hidup yang digeluti. Wajar kalau kita memberi hadiah, sebagai ucapan terimakasih. Semua sikap adalah hadiah kepada Tuhan, Tetapi diwujudnyatakan kepada orang lain lewat kebaikan!

Akulah akar yang tidak pernah terlihat namun menjadi sumber semua gerak-gerik si kawan. Siapakah aku?
Akulah ranting yang tidak dapat dilihat namun menimbulakan banyak bunyi angin untuk dibagikan kepada banyak orang. Siapakah aku?
Akulah batang yang berwujud nyata, mengokohkan angin yang berhembus kemana saja. Siapakah aku?

Teka-teki

Masing-masing orang berlomba dengan waktu, bahkan bisa dikatakan bahwa tiap-tiap orang berlomba untuk mencapai waktu tersingkat dalam setiap aktivitasnya. Inilah salah satu pendorong yang memicu munculnya budaya instan. Biasanya, bagi mereka yang belum mengetahui faedah hidupnya, waktu berjalan begitu lambat. Lain halnya bagi mereka yang sudah mendedikasikan diri pada suatu pekerjaan yang positif untuk turut membangun kehidupan sesama, pastilah rasa-rasanya waktu begitu cepat berlalu. Fenomena ini adalah sebuah pertanda yang menunjukkan betapa pentingnya mengelola saat-saat yang kita miliki, baik yang dijalani sendiri-sendiri maupun yang dijalani bersama.

Kebaikan, hidup kita tidak pernah lepas dari hal-hal yang baik. Ada banyak sumber-sumbernya, di antaranya berasal dari diri sendiri, orang lain, sistem (organisasi/ pengusaha/ LSM) dan lingkungan sekitar. Semuanya itu bervariasi adanya, memberi warna dalam kehidupan kita. Tiap-tiap orang memiliki porsinya masing-masing. Tidak mungkin juga hal-hal baik yang diterima oleh orang yang sudah dewasa sama dengan yang diterima oleh anak kecil. Tidak perlu iri hati di tengah keberagaman, inilah salah satu ujian kehidupan. Mampu menepisnya berarti mampu menekan sifat-sifat negatif dan mengangkat sifat-sifat positif sehingga dimana pun berada, kita bisa luwes beradaptasi menikmati keunikan sikon (situasi dan kondisi).

Pengertian

Efektif adalah (1) ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); (2) manjur atau mujarab (tentang obat); (3) dapat membawa hasil; berhasil guna (tentang usaha, tindakan); mangkus; (4) mulai berlaku (tentang undang-undang, peraturan). Sedangkan efisien adalah (a) tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya); (b) mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat; berdaya guna; bertepat guna; sangkil (KBBI Offline). Kebaikan yang efektif adalah hal-hal baik yang kita lakukan memiliki pengaruh positif dalam kehidupan sesama, diri sendiri dan lingkungan sekitar. Sedangkan kebaikan yang efisien adalah hal-hal baik yang dilakukan tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya pada kesia-siaan belaka.

Bagi orang yang telah mendedikasikan kehidupannya untuk kebaikan, tidak ada kata malu saat melakukan hal-hal tersebut. Sebab itu adalah salah satu sumber semangatnya. Kegemaran untuk berbuat perlu juga memperhatikan keefektifan, pastikan itu tepat sasaran dan dapat dirasakan langsung oleh orang yang pantas mendapatkannya. Sedang dari segi efisiensinya perlu memperhatikan momen pelaksanaannya, pastikan itu tepat waktu. Ada banyak hal yang perlu kita perhatikan saat melakukan hal-hal positif agar orang yang menerima dan menyaksikannya dapat mengartikannya dalam persepsi yang selaras. Titik pencapaian ini jelas tidak instan, semua butuh dicoba dan mengalami kegagalan (try & errpr) sebab dari sanalah pengalaman dapat dikeruk.

Kebajikan adalah salah satu sumber semangat yang memberi kita energi untuk terus hidup. Gemarilah dan dedikasikan apa yang terbaik dalam hari-hari yang dijalani sehingga terasa hidup. Tentulah hal-hal tersebut perlu didasari oleh pengorbanan yang tulus hati. Berikut ini akan kami bagikan beberapa konsep dasar tentang hal tersebu.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan
kebaikan yang efektif & efisien – melakukan kebajikan sebagai hadiah karena kebaikan tuhan yang telah kita terima sebelumnya

1. Sikap yang baik juga merupakan pemberian kepada sesama dan Tuhan,

Menurut anda, apakah sikap yang selama ini diekspresikan sudah layak di hadapan Tuhan dan sesama? Dalam rangka melakukan kebajikan, tidak perlu merancang sesuatu yang besar di awal-awal. Melainkan mulailah berbuat dari apa yang sudah kita miliki dan yang tidak pernah habis, apakah itu? Diri kitalah kebajikan tersebut yang dimulai dari pikiran, perkataan dan perbuatan. Jika saja tiga aspek kehidupan ini mampu kita arahkan sesuai dengan tuntutan firman dan aturan di dalam masyarakat, itu sudah luar biasa adanya. Jadi, kebajikan pertama-tama yang harus diusahakan oleh tiap-tiap orang adalah berlaku sesuai standar kehidupan yang kita yakini masing-masing. Bukankah hal tersebut selalu ada? Oleh karena itu, jangan pernah merasa rugi ketika diacuhkan sesama sebab kita sama sekali tidak rugi sepeser pun saat melakukannya!”

Mulailah kebajikan lewat pikiran, perkataan dan perbuatan: bukankan semuanya itu selalu ada dan akan terus ada seumur hidup kita? Jadi, kita tidak perlu merasa rugi dan kesal saat orang lain mengabaikannya. Itukan kita peroleh secara gratis tanpa ongkos kirim, lalu bagikanlah juga secara gratis sebagai hadiah kepada sesama!

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

2. Berbagi keramahan bagi siapa pun

Sadar atau tidak; tidak ada yang mudah di dunia ini, termasuk dalam hal beramah tamah. Ada berbagai faktor yang perlu kita pertimbangkan saat melakukannya, misalnya suasana hati sendiri, apakah sudah baik saat melakukannya? Orang yang memancarkan sesuatu berarti di dalam dirinya hal-hal tersebut sudah ada sehingga ia hanya tinggal menyalurkannya kapan pun itu diinginkan. Saat suasana hati sedamg baik maka kita bisa menyalurkannya kepada siapa pun yang ada ki sekitar. Tentu saja, ini perlu memperhatikan, apakah kita cukup dekat dengan si penerim (jarak)? Perhatikan juga gerak-geriknya, apakah dia siap untuk disapa atau malah sibuk dengan gedgetnya (smartpnone) sendiri. Mungkin aturan semacam ini tidak perlu diperhatikan saat kita mengenal sipenerima.

Sadari lah bahwa dorongan untuk beramah tamah juga ditentukan oleh kecerdikan dan ketulusan dalam melakukan kebaikan. Ada momen dimana kita bisa membaca seseorang bahwa dia sedang menguji kita sehingga mengendurkan niat hati. Di sisi lain kadang juga sekali pun kita sedang diuji oleh seseorang, tetap saja ramah, sebab itu adalah tantangan untuk tetap tulus berbuat baik. Kekuatan ini , bisa jadi sebagai sebuah pendorong untuk melakukan kebaikan yang lebih besar atau malah beresiko mengurungkan niat hati untuk terus berbuat baik. Kami sendiri, telah menjalaninya selama ribuan kali tetapi masih saja ada ketidak-sesuaian dan distorsi; namun semuanya itu tidak mematahkan semangat untuk beramah tamah melainkan tetap menekuninya karena merupakan salah satu panggilan jiwa yang memberi kelegaan.

Ada waktunya dimana kita tidak perlu berpikir panjang sebelum melakukan kebajikan, melainkan lakukan sajalah. Tanggung sendiri pengabaian yang mungkin terjadi. Jangan lebay lalu merengek-rengek sambil menyesal di dalam hati sebab kita sama sekali tidak rugi karena diacuhkan oleh orang tersebut.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Sudah membiasakan diri dengan aktivitas tersebut, justru ketika tidak dilakukan malahan muncul rasa bersalah. Semacam penyesalan kecil setelah pertimbangan besar. Dari sinilah kami memahami bahwa Tuhan menginginkan pengorbanan kita saat berbuat baik. Sekali pun kita sudah paham bahwa orang tersebut tidak menjawab tetapi tetap juga dilakukan. Dengan demikian kita pun layak mendapatkan bagian di dalam Tuhan sebab Yesus Kristus sendiri pernah diacuhkan dan tidak diakui oleh dunia ini. Itulah sukacita kita yang mampu mengambil bagian dari apa yang dialami oleh semua orang kristen di seluruh dunia, yaitu turut menderita bersama. Lagi pula bukankah itu tidak sampai mengeluarkan darah? Kalau kami bisa menanggung pengabaian tersebut maka anda pun bisa menanggungnya sambil menyibukkan diri pada aktivitas positif.

Tandanya bahwa anda hidup dalam kebajikan: saat tidak melakukannya, tidak menuruti kata hati, malah jadi merasa bersalah! Oleh karena itu, tetap lakukan kebajikan dalam segala kesempatan yang memungkinkan agar kelak kita tidak menyesal karena menahan-nahannya atau telah lalai menanggungkannya.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

3. Melakukan kebaikan lainnya yang lebih bernilai

Kita pun perlu bijaksana saat berbuat baik kepada orang lain dalam bentuk materi.  Salah sasaran maka uang yang kita berikan akan membuat orang tersebut malas bekerja. Atau mungkin saja digunakannya untuk tujuan yang tidak benar (misalnya rokok, miras, narkoba, seks bebas). Bisa juga digunakan untuk tujuan yang terkesan serakah: merugikan orang lain dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, bijak-bijaklah dalam berbagi harta benda yang dititipkan Tuhan, untuk apa juga memberi kepada seseorang jika nantinya, dia menggunakannya semata-mata untuk memunculkan ego dan arogansinya. Berbagilah materi kepada sesama secukupnya saja pada momen yang tepat. Jangan menyombongkan diri karena kita bisa memberi lebih melainkan rendahkanlah diri dihadapan Sang Khalik.

4. Mengingatkan seseorang tentang hal-hal yang baik dan benar

Saat di sekitar kita terjadi banyak distorsi, mustahil bisa semuanya di handle (ditangani). Kita tidak mungkin juga mengingatkan seseorang dengan cara berteriak kepadanya: malah kitalah yang menjadi pribadi yang kurang cerdas karena terlalu terburu-buru dan terkesan memaksakan kehendak. Saat semua tidak dapat ter-cover (tercakup) dalam satu waktu, yang dilakukan adalah mengambil beberapa sampel di antara populasi yang padat (efisien). Akan tetapi, di sisi lain, kita perlu juga mengenali dimana orang tulus dan mana pula orang yang penuh dengan kepura-puraan (efektif). Selain itu, orang yang mengingatkan sesamanya, perlu membebaskan hatinya dari iri hati, dendam, kebencian, prasangka buruk dan berbagai sifat-sifat jahat lainnya.

Kalau hendak mengingatkan seseorang tentang kebaikan dan kebenaran, sebaiknya jangan dilakukan dengan sembarangan. Terkecuali, ada forum khusus yang disediakan untuk memperbaiki atau mengoreksinya. Sebab dalam keseharian kita banyak sekali potensi jebakan yang sengaja dirancankan oleh oknum tertentu untuk mematahkan semangat positif tersebut. Milikilah hati yang penuh dengan Roh Kudus untuk mempertimbangkan kapan harus melakukannya dan kapan juga waktunya untuk mengurungkan niat hati. Termasuk dalam hal ini adalah belajar dari pengalaman. Tidak masalah bila anda sudah pernah kebaikannya dipermainkan, pelajari itu baik-baik dan perhatikanlah polanya. Mungkin di hari esok akan menghadapi pola jebakan yang serupa sehingga bisa menahan diri dengan bijaksana.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Kita cukup enggan untuk menegur orang lain di dunia nyata, terlebih ketika umur masih muda dari orang tersebut. Terkadang kita hanya perlu membiarkannya saja sampai diingatkan oleh Roh Kudus yaitu di tegur oleh hatinya sendiri: doakanlah hal tersebut! Tetapi, melalui media sosial, kita bisa kreatif berimprovisasi menegur siapa saja hanya tidak disebutkan nama jelasnya.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Hal baik yang dibalas dengan hal buruk – anggaplah sedang memberi hadiah kepada Tuhan lewat kehidupan orang lain

Harap disadari betul bahwa tidak setiap kali kita menabur kebaikan maka  akan dituai dengan hal baik lainnya. Melainkan kadang kala, sudah bagus pun kita bersikap namun masih saja ditanggapi miring oleh orang lain. Pada posisi inilah, kita perlu kembali lagi pada firman Tuhan dan mempelajari kehidupan para tokoh yang disingkapkan oleh Alkitab. Jika anda sudah mempelajarinya maka akan menemukan bahwa sukar jalan yang ditempuh oleh setiap tokoh sebelum meraih kesuksesannya. Oleh karena itu, setiap orang perlu ikhlas mengambil jalan rasa sakit dalam menempuh kehidupannya. Sebab di dalam penderitaanlah hal-hal buruk (perbuatan daging) akan muncul sehingga kita bisa belajar mengendalikan bahkan menekan sifat-sifat negatif tersebut.

Lakukan kebajikan dengan dasar sebagai hadiah: dengan demikian hati tidak terbeban menunggu jawaban atau balasan dari siapa pun.

Lebih dari itu, silahkan bersikaplah dengan tulus hati. “Berlaku baiklah kepada siapa pun tetapi jangan mengharapkan balasan dari siapa pun.” Berupayalah menjadi pribadi yang mampu mengeneralisasi segala sikap yang diekspresikan sebagai bentuk rasa terimakasih kepada Yang Maha Kuasa atas segala kemurahan hati-Nya. Jika kita sudah menujukan segala sikap sebagai rasa terimakasih berarti kita tidak dalam posisi mengharapkan balasan melainkan memberikan hadiah kepada Tuhan. Misalnya, kita menang lotre, lantas kita memberi sedikit ucapan terimakasih sebagai hadiah kepada orang yang menariknya. Demikianlah kita saat berbuat baik, perlu mengubah persepsi dari merasa sedang menabur menjadi pemberi hadiah kepada Tuhan melalui sesama.

Kesimpulan

Kbk. yang efektif adalah hal-hal baik yang kita lakukan memiliki pengaruh positif dalam kehidupan sesama, diri sendiri dan lingkungan sekitar. Sikap baik kita yang tidak dianggap/ diterima oleh sesama tetap efektif karena Tuhan menilai ketulusan hati dan pengorbanan yang kita dedikasikan demi mewujudkannya.

Defenisi

Sedangkan Kbk. yang efisien adalah hal-hal baik yang dilakukan dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya pada kesia-siaan belaka. Perbuatan baik yang diacuhkan orang lain tetap efisien karena Tuhan menilai ketulusan dan pengorbanan yang kita dedikasikan.

Pengertian

Apa yang baik dimulai dari diri sendiri. Pikiran adalah akarrnya sedangkan sikap adalah batang (perbuatan) dan rantingnya (perkataan). Jika akarnya sudah kuat dasarnya maka sifat-sifat yang dilakonkan pun akan semakin tegur ke arah yang baik. Sikap kita yang tepat guna (efektif) dan sesuai momennya (efisien), itu sudah kebaikan terhadap orang lain. Ingatlah bahwa semuanya itu butuh pengorbanan dan jalan penderitaan akan selalu membayangi kehidupan kita. Biasakanlah diri dengan hal-hal tersebut, mampu menjaga konsistensi, lakukan dengan tulus sehingga kepribadian kita pun di bangun menjadi lebih dewasa bahkan bijaksana. Di atas semuanya itu, anggaplah setiap kebaikan yang kita lakukan bukan taburan melainkan ucapan terimakasih sekaligus hadiah yang kita berikan kepada Tuhan dan dinyatakan kepada sesama manusia.

Salam, Kita telah merasakan kebajikan Tuhan
dalam setiap jalan hidup yang digeluti.
Wajar kalau kita memberi hadiah,
sebagai ucapan terimakasih.
Semua sikap adalah hadiah kepada Tuhan,
Tetapi diwujudnyatakan kepada orang lain lewat kebaikan!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.