7 Lagu (Musik) Duniawi Memperkuat Fokus Kepada Tuhan, Ubah Menjadi Rohani & Beraktivitaslah Sambil Mendengarkan Musik Tersebut

Hal-hal duniawi tidak semuanya jahat, Musik adalah bagian dari ilmu pengetahuan, Pakailah untuk mempertegas fokus kepada Tuhan. Niscaya hidup selalu dalam sukacita yang melegakan!

Tahukah anda bahwasanya kejahatan ada untuk memperkuat kebenaran? Apalah artinya hal-hal yang benar kalau kita tidak mengetahui apa yang jahat? Bahkan bisa dikatakan bahwa karena ada kejahatan makanya ada kebenaran sedang hal-hal yang salah tersebut sudah melekat erat dalam setiap daging kita. Hal-hal syarat dengan dosa ini juga disebut sebagai perbuatan daging. Jika di dalam diri kita tidak melekat kedagingan maka semua sikap kita benar adanya dan kita tidak perlu lagi mempelajari apa yang benar itu, sebab semuanya secara otomatis di luar kepala tak perlu dikejar. Akan tetapi, karena di dalam diri ini hanya ada kedagingan yang lalim maka kita pun merasa sangat penting untuk memiliki kebenaran bahkan sampai mengejarnya pula. Jadi, kejahatan penting untuk diketahui (bukan dilakukan) karena dapat mendorong kita untuk lebih giat mengejar apa yang benar.

Hindari menyingkirkan semua keduniawian, mungkin ada hal-hal penting yang bisa dimanfaatkan

Saat kita bertobat, meninggalkan kebiasaan lama untuk menyongsong kebenaran Tuhan, hampir segala hal-hal lama yang kita anggap sebagai duniawi, ditinggalkan dan dibuang sama sekali. Padahal tidak semua hal duniawi yang kita temukan adalah berpotensi mengundang dosa. Terkadang, ada banyak aktivitas lama yang digeluti di dunia ini sangat baik untuk dipelihara sebab dapat dimanfaatkan demi memantapkan kemampuan kita untuk memfokuskan pikiran kepada Tuhan. Memang tidak semua, melainkan kita haruslah selektif memilah-milahnya agar mampu menemukan perangkat pendukung yang diperlukan. Oleh karena itu, kembali lirik barang-barang lama anda, hal-hal duniawi yang telah ditanggalkan sebelumnya agar bisa mendukung aktivitas di dalam Tuhan.

Ada ilmu dan teknologi duniawi yang mendorong manusia memuliakan Penciptanya

Perangkat duniawi seperti apakah yang dapat mendukung, memperlancar bahkan memantapkan aktivitas di dalam Tuhan? Tentulah perangkat tersebut perlu diperkaya dengan ilmu pengetahuan netral yang bisa dipositifkan. Sebab sejak dari awal penciptaan, pengetahuan didedikasikan untuk mengajarkan manusia tentang hal-hal penting bagaimana memuliakan Allah seutuhnya dan mengasihi sesama seperti diri sendiri. Jadi, perangkat duniawi yang dapat membantu kita lebih dekat kepada Tuhan adalah pemutar musik dan musik itu sendiri. Jika kemampuan menujukan hati kepada Tuhan sudah mantap maka nilai-nilai hati yang positif lainnya akan dapat diraih. Misalnya kepuasan, kedamaian, kebahagiaan, kelegaan dan ketenteraman hati.

lagu (musik) duniawi memperkuat fokus kepada tuhan, ubah menjadi rohani & beraktivitaslah sambil mendengarkan musik tersebut

Lagu/ musik duniawi yang dapat mendukung, memperlancar, memperkuat dan memantapkan aktivitas fokus kepada Tuhan

Pada dasarnya, tanpa lagu atau musik ini pun, kita sudah bisa menujukan hati kepada Tuhan. Bahkan aktivitas tersebut pun sudah bisa memuaskan dan membahagiakan hati ini. Hanya saja yang kami maksudkan di sini adalah untuk lebih menginspirasikan nada-nada asyik dan memperlancar aktivitas tersebut. Lagipula ketika muncul suatu senandung, kita seolah selalu diingatkan untuk fokus kepada Tuhan. Sebab yang kami rasakan adalah, terkadang kami lupa melakukannya dan membiarkan pikiran kosong selama beberapa saat. Akan tetapi, begitu mudik bergema secara otomatis pikiran mengubah apa pun itu menjadi lagu rohani untuk memuliakan nama Tuhan. Berikut beberapa jenis lagu yang mungkin bisa anda gunakan untuk mendukung, memperlancar, memperkuat dan memantapkan aktivitas fokus kepada Tuhan.

  1. Lagu pop tanpa suara penyanyi.

    Rata-rata lagu yang berdengung di sekitar kita adalah jenis pop. Sangat populer, mungkinkah karena itu genre-nya disebut pop? Jika anda bisa mendapatkan musik popnya saja yang tidak ada suara manusianya, itu sangat bagus untuk mendukung aktivitas kita agar selalu fokus kepada Tuhan. Nyalakanlah sambil melakukan aktivitas seperti biasanya, entah itu untuk membersihkan rumah, merapikan kamar dan bagian-bagian lainnya di dalam rumah. Lantunannya yang asyik akan memancing semangat anda untuk memuja-muji Sang Pencipta. Nyalakan dengan volume sedang yang tidak begitu mengganggu aktivitas orang lain. Niscaya kekuatan kita untuk menujukan hati kepada Tuhan semakin baik dari hari ke hari.

    Jika anda hanya memiliki lagu populer dengan musik ada di dalamnya, ini pun masih bisa dimanfaatkan. Hanya saja, berupayalah untuk menyederhanakan volumenya agar yang lebih banyak terdengar adalah ritme lagunya sehingga dapat dijadikan sebagai selancar untuk memusatkan hati kepada Sang Pencipta.

  2. Lagu dangdut tanpa suara penyanyi.

    Musik dangdut seperti balada yang membuat pinggul sampai kaki bergetar. Anda bisa mendengarkannya sambil melakukan aktivitas rumahan lainnya, misalnya menyuci piring dan lain sebagainya. Nikmati lagunya, biarkan meresap ke dalam hati lalu ubahlah intonasinya menjadi pujian untuk memuliakan nama Tuhan. Senandungnya yang aduhai membuat hati bergelora untuk memuja-muji Allah kita. Tidak ada hal yang mampu mengimbangi nikmatnya kebiasaan multitasking tersebut. Mulailah dari sekarang!

    Jika memang yang anda miliki hanya lagu dangdut tok dimana suara penyanyinya mau tidak mau selalu bergema. Tidak masalah, itulah gunanya kemampuan menyesuaikan diri. Nyalakan saja dengan suara sederhana sambil mengubah nadanya dalam hati menjadi lagu RAP rohani untuk memuliakan nama Tuhan. Jangan pedulikan syairnya yang kadang-kadang vulgar melainkan ubahlah setiap intonasinya menjadi pujian untuk kemuliaan nama Tuhan saja.

  3. Lagu rock tanpa suara penyanyi.

    Apa pun genre lagu di dunia ini bisa diubah menjadi lagu RAP termasuk dalam hal ini adalah musik rock. Mungkin ada orang di sekitar kita yang tidak begitu suka dengan rock n roll. Bahkan mungkin saja mereka ada di dalam keluarga sendiri. Daripada mengganggu orang lain, lebih baik dengarkanlah lagu yang keras dan tegas tersebut menggunakan handset/ earphone saja. Nikmati hentakan lagu tersebut dengan gerakan kecil anggota tubuh seirama dengannya.

    Atur dengan volume kecil saja agar telinga tidak sakit pekak saat digunakan terus-menerus. Bukankah alat tersebut portable dan bisa di bawa kemana-mana? Jadi beraktivitaslah seperti biasa sambil mendengar lagu lalu menerjemahkan ke dalam bahasa rohani untuk kemuliaan nama Tuhan.

  4. Lagu lama tanpa suara penyanyi.

    Apakah anda memiliki koleksi lagu lawas di rumah? Sadar atau tidak, kesemua lagu tersebut bisa kita ubah sendiri menjadi nyanyian pujian untuk memuliakan nama Allah yang besar dan ajaib. Ini bisa didengarkan sambil bersantai di dalam rumah, entah di ruang keluarga, ruang tamu, di teras depan dan di kamar masing-masing.

    Indah rasanya hidup ini saat kita mampu menyalurkan kreativitas yang dimiliki untuk memuliakan nama Tuhan. Sebab sejak dari awal, kita diciptakan memang untuk hal-hal tersebut yang dibarengi dengan mengasihi kepada sesama seperti diri sendiri

  5. Lagu barat tanpa suara penyanyi.

    Tak peduli apa pun lagunya, selalu bisa diubah menjadi lagu Rap rohani. Saat kita bernyanyi memuliakan Tuhan sambil berjalan kemana pun tujuannya, hati ditenangkan sehingga selalu waspada. Tetap berhati-hati di perjalanan sebab kita sedang tidak melaluinya untuk diri sendiri (egois) melainkan juga untuk kemuliaan nama Tuhan dan mengasihi sesama.

    Sekali pun lagu barat tersebut memiliki syair tapi sepertinya tidak mengganggu kita karena tidak tahu artinya. “Bernyanyi mengubah lagu asing menjadi rohani memang aktivitas yang menyenangkan.” Bahkan lebih lagi, yakni mampu membahagiakan kita dari waktu ke waktu karena didedikasikan kepada Tuhan.

  6. Musik disco.

    Ragam disco biasanya memiliki kecepatan yang rata-rata tinggi. Walau pun demikian bukan dalam arti tidak bisa diadaptasikan sama sekali. Melainkan kita butuh lebih banyak kerja keras untuk memahaminya lalu mengimbanginya dengan lagu Rap rohani karangan sendiri hasil karya spontanitas. Jika anda sudah mahir melakukannya, aktivitas ini akan mendatangkan sukacita tersendiri. Nyalakanlah disko saat anda sedang sibuk bekerja di depan kamputer/ di depan laptop. Inilah aktivitas multitasking yang membantu memberi kita dorongan positif untuk curi-curi waktu memuliakan Tuhan dalam hati saat ada sedikit jeda.

    Bagi yang pertama kali mencobanya, agak sulit bekerja ditemani dengan musik disko yang memaksa kita untuk berkecepatan tinggi. Oleh karena itu, saat lagu cepat tersebut dimainkan, hindari melawannya apalagi membencinya. Tetapi, cobalah untuk tetap fokus menyelesaikan tugas-tugas yang ada di depan anda. Jika, tahap kecerdasan anda sudah dewasa maka dimampukan untuk melakukan diferensiasi rangsangan menurut fokus. Sehingga sebising apa pun di sekitar, pikiran tetap fokus pada apa yang sedang dikerjakan sampai selesai.

  7. Musik klasik (Instrumental) pilihan terbaik.

    Sepanjang yang kami ketahui, musik klasik adalah pilihan terbaik untuk mendamaikan, membahagiakan, menenteramkan hati dalam situasi apa pun. Bila anda mampu membuat aktivitas yang dijalani seiras alias seintonasi dengan musik instrumental yang digunakan, tepat saat itulah rasa nyaman tercipta. Goyangkan sedikit anggota tubuh sesuai dengan nada-nada yang berdengung halus sedap secara terus-menerus. Tetapi, gerakannya jangan terlalu besar/ luas, melainkan yang sederhana saja seperti menggoyangkan kaki, jemari, kepala, pundak dan lain sebagainya. Gerakan sederhana tersebut pastilah tidak sampai membuat anda berpindah tempat.

    Lagu istrumental hanya berisi melodi alat musik tanpa penyanyi manusia. Menggiring nada-nada tersebut dengan syair yang memuja-muji Yang Maha Kuasa, berasa maknanya sangat meresap ke dalam hati. Bagusnya lagi adalah satu lagu bisa digunakan terus-menerus (repeat) sehingga membantu kita untuk membiasakan diri sembari menepis keinginan untuk bosan.

Tips kehidupan – Cara sederhana mengatasi perbedaan aliran/ selera musik dengan orang-orang terdekat

Jika anda berbeda genre lagu dengan teman satu kos atau tetangga, untuk meredam perbedaan, (1) bisa menggunakan headset/ earphone. (2) Tetapi anda juga bisa belajar fokus mendengarkan musikmu sendiri sekali pun volumenya kecil. Yang terakhir ini memang cukup menantang, jika anda belum ahli memfokuskan pikiran dan pendengaran akan menemui beberapa kendala. Tetapi orang yang berusaha lama-kelamaan akan mampu memisahkan musiknya sendiri di tengah badai suara yang bergelora. Jika kedua cara tersebut tidak berhasil maka (3) silahkan ikut arus saja (matikan musik sendiri dan ikuti lantunan nada yang bergelora di sekitar). Nikmati saja semuanya itu sambil melakukan gerakan kecil iincah anggota tubuh seirama dengan nada-nada yang diikuti.

Kesimpulan

Semua ilmu pengetahuan berasal dari Tuhan sedang lagu duniawi adalah harmoni yang menyukakan hati. Manfaatkanlah nada-nada tersebut sebagai jembatan untuk mengagungkan dan meninggikan Tuhan segala Allah sambil menyelesaikan setiap tanggung jawab yang dibebankan. Istilahnya adalah, daripada sibuk mencari dan menemukan nada-nada baru untuk memuji Tuhan, mengapa tidak menggunakan nada lama namun syairnya saja yang baru? Mengubah lagu duniawi menjadi lagu rohani adalah indah sebab untuk itulah kita dikirim ke dunia ini, yakni untuk menyatakan kebesaran dan keagungan-Nya. Biar bagaimana pun, butuh beberapa persen kreativitas untuk memperlancarnya. Saat energi otak digunakan untuk tujuan positif, niscaya kehidupan kita pun turut menjadi positif.

Bagaimana reaksi tubuh ketika mendengar musik? Saat beberapa anggota badan mengikuti perpindahan intonasinya yang halus, itu tandanya kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sambil menikmati suasana telah menjadi lebih baik. Apa pun jenis musik yang anda dengarkan di luar sana, berupayalah untuk mengubahnya menjadi lagu Rap Rohani yang bertujuan memuji-memuliakan kebesaran dan keagungan Allah kita. Saat bekerja sekali pun, lakukan sambil mendengarkan musik instrumental. Jika tidak terlalu sibuk, fokuskan pikiran kepada Tuhan sembari menyelesaikan tugas. Bila dimungkinkan, ikutilah intonasinya dengan melakukan gerakan kecil yang manis, seperti goyang kaki, jemari, kepala dan bahu. Nada-nada tersebut membantu kita untuk rileks menikmati suasana, memperlancar pikiran, belajar berkonsentrasi, melatih kecerdasan. Membuat hati tenang di tengah kesibukan yang kadang memekakkan hidup, kelegaan dan kebahagiaan pun menetap dan tak akan ada orang yang bisa merebutnya darimu!

Salam, Hal-hal duniawi tidak semuanya jahat,
Musik adalah bagian dari ilmu pengetahuan,
Pakailah untuk mempertegas fokus kepada Tuhan.
Niscaya hidup selalu dalam sukacita yang melegakan!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.