+10 Cara Membuat Kulit Selalu Segar Bebas Keriput

Cara Membuat Kulit Selalu Segar Bebas Keriput

Kulit adalah tabir surya alamiah yang sudah kita miliki sejak dari dalam kandungan. Hidup kita tidak bisa dilepaskan dari perannya yang senantiasa melindungi dan memberi rasa hangat di kala cuaca dingin dan memberi rasa sejuk di kala suasana panas. Perannya juga berpengaruh besar terhadap ciri-ciri fisik manusia. Warna kulit yang berbeda-beda membuat kita lebih jeli saat membedakan teman. Pigmen yang terbentuk dari hasil reaksi terhadap sinar matahari di dalam kuiit disebut juga sebagai melamin. Salah satu fungsinya adalah untuk mencegah timbulnya kanker kulit. Jadi, anda tidak perlu terlalu risih saat warnanya agak terang, itu adalah tanda ketekunan, pengorbanan dan perjuangan hidup ditengah teriknya mentari.

Segala sesuatu memiliki kulit, lapisan terluar yang biasanya lebih tebal dan kokoh di bandingkan dengan organ yang ada di bawahnya. Salah satu perannya yng teranyar adalah sebagai zona rangsang yang dapat mengekspresikan berbagai macam sensasi. Semua alat indra menggunakannya sebagai perasa, di antaranya adalah mata, telinga, hidung, lidah dan kulit itu sendiri. Jadi tanpa perannya, kita takkan merasakan apa-apa di dalam dunia ini. Itulah organ yang menjadi satu-satunya penghubung yang dapat membatu kita untuk menemukan cita rasa yang berbeda-beda selama menjalani hari yang terkadang berasa buruk namun tetap ditangapi dengan sukacita.

Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting untuk dilakukan. Perannya yang sangat vital untuk menghubungkan kita dengan dunia merupakan suatu dasar yang kuat untuk melakukan usaha-usaha yang lebih baik demi membuatnya sehat dan segar sampai cerah mempesona. Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa warna bukanlah masalah sebab bukan hanya kertas dan tembok yang bisa diwarnai melainkan kecanggihan teknologi pun memampukannya untuk diwarnai. Penggunaan make up membuatnya memiliki corak yang berbeda-beda satu sama lain. Seolah-olah diperlakukan sebagai tembok atau kuku yang tidak mampu berbicara banyak bahwa sebenarnya tindakan tersebut dapat mengganggu fungsinya yang beraneka ragam.

Apa yang dimaksud dengan keriput?

Harap diketahui bahwa tiap-tiap orang memiliki bagian tertentu pada permukaan tubuhnya yang terlipat yang bisa saja dianggap sebagai keriput. Akan tetapi, kerutan yang kami maksudkan di sini adalah kerutan yang timbul hampir di seluruh permukaan Tubuh. Biasanya keadaan ini terjadi karena bobot badan seseorang yang menyusut secara drastis.  Salah satu penyebab umum dari keadaan tersebut adalah usia yang semakin tinggi. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa ada juga orang yang mengalami pengerutan kulit pada usia dini. Biasanya hal-hal tersebut dsebabkan oleh gaya hidup yang terkesan berlebih-lebihan. Apa pun hal yang kita gunakan secara lebay pastilah memiliki dampak buruk bagi di sendiri.

Kiat  membuat kulit segar bebas dari keriput

Makhluk hidup di bumi ini ditakdirkan untuk memiliki umur panjang, hanya saja terkadang tindakan kitalah yang membuatnya terlalu pendek. Kita berpikir bahwa ini-itulah yang membuat manusia dapat tetap hidup di dunia sedang alam sekitar kita lupakan. Padahal sesungguhnya saat kita mampu memahami alam maka tepat saat itulah kita pun dapat meningkatkan kualitas kesehatan menjadi lebih baik lagi. Akan tetapi, saat kita melupakan dari mana fisik ini dibentuk maka tepat saat itu jugalah ancaman penyakit mulai berkeliling sayup di sekitar. Berikut ini akan kami jelaskan apa adanya tentang tips dan trik membuat kulit segar bebas dari keriput

  1. Fokus kepada hal-hal positif.

    Hidup kita sangat bergantung dari fikiran yang dimiliki. Jika pikiran sehat maka segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan pribadi dan kehidupan sosial dapat diarahkan kepada sesuatu yang baik. Kekuatan mengendalikan yang dimioliki oleh otak membuat keberadaannya sangat penting untuk senantiasa berada dalam keadaan prima. Salah satu cara terbaik untuk membuatnya tetap sehat dan prima adalah dengan menjaga fokus berpikir tetap tertuju ke hal-hal positif.

    Saat banyak waktu yang dapat dihabiskan di waktu luang, manfaatkanlah untuk selalu dekat dengan Tuhan, menyelesaikan pekerjaan dan menekuni proses belajar menurut bidang masing-masing. Juga jangan pernah lupa untuk mengasihi sesama seperti diri sendiri sehingga setiap orang yang berhubungan dengan kita dapat merasakan berkat-berkat sorgawil. Sesuatu yang tidak dapat dilihat oleh mata biasa melainkan lewat mata rohani masing-masing.

    Dari antara semua yang positif, fokus kepada Tuhan adalah aktivitas yang dapat dilakukan berbarengan dengan pekerjaan biasa atau disebut juga multitasking. Suatu aktivitas yang berkhasiat untuk mempertahankan kecerdasan otak dan meningkatkan kesadaran manusia itu sendiri. Tidak hanya itu saja, keberadaannya juga bermanfaat untuk membuat memori selalu kuat. Jika daya ingat bagus maka hal-hal penting di dalam hidup tidak akan terlupakan. Termasuk dalam hal ini adalah tidak lupa menjaga dan memelihara kesehatan sendiri.

  2. Mengkonsumsi air.

    Tahukah anda apa hal yang paling sering dan paling banyak dilupakan oleh manusia? Kami sendiri pun mengalami kepikunan tersebut, yaitu “lupa mengonsumsi air putih.” Keadaan yang memburuk karenanya terjadi secara perlahan-lahan, rata-rata manusia tidak menyadari keadaan tersebut. Jika gejala kekurangan air tersebut terjadi secara terus-menerus maka yang selanjutnya akan menjadi bertambah parah. Penyakit yang lebih umum karena kekurangan air adalah kelainan metabolisme seperti diabetes, kolesterol tinggi, asam urat, darah tinggi, penyakit jantung dan lain sebagainya.

    Kepikunan mengonsumsi air membuat kandungannya dalam tubuh manusia menurun drastis seiring berjalannya waktu. Keberadaannya tidak lagi berada pada kisaran 70% dari bobot tubuh melainkan jauh lebih rendah. Masa jenis tubuh manusia yang kekurangan air akan lebih tinggi daripada orang normal. Keriput adalah salah satu pertanda yang menunjukkan bahwa seseorang telah mengalami dehidrasi masif yang berlangsung selama bertahun-tahun.

    Jadi, adalah baik bagi kita untuk lebih rajin mengonsumsi air mineral, lebih banyak itu lebih baik. Hanya saja perlu diperhatikan takaran setiap kali minum, tidak sehat melakukannya sekaligus satu gelas penuh. Melainkan dua-tiga teguk saja sekali minum yang dilakukan lebih sering. Orang yang tekun mengonsumsi air akan dijauhkan dari berbabagai macam penyakit termasuk dalam hal ini adalah kulit keriput akibat penuaan dini. Asupan air yang mencukupi niscaya dapat membuat kulit tetap segar.

  3. Konsumsi garam dalam kadar isotonik.

    Kemampuan garam dalam menyehatkan manusia telah terbukti ampuh secara adekuat untuk menyehatkan tubuh luar-dalam. Hampir semua penyakit infeksi dapat disembuhkan oleh garam. Hanya saja, hindari mengonsumsinya dalam kadar tinggi. Melainkan selalu upayakan untuk mengonsumsinya dalam kadar isotonik (0.9%). Salah satu ciri khas minuman isotoik adalah rasanya ada manis-manisnya: tapi tidak semanis gula.

    Salah satu manfaat utamanya bagi kesegaran kulit adalah mempertahankan keberadaan air di dalam tubuh. Orang yang rajin mengonsumsi air garam manis dapat lebih sedikit mengonsumsi air namun tetap mampu tampil sehat luar dalam.

  4. Asupan makanan yang seimbang.

    Makanan yang seimbang bermanfaat untuk membuat tubuh tetap aktif menyerap energi dalam jumlah yang hampir mirip dengan energi yang dihasilkan setelah makanan dicerna. Keseimbangan antara intake dan outake merupakan salah satu cara untuk mencegah penumpukan zat-zat tertentu di dalam tubuh. Jika salah satu organ terganggu karena penyakit metabolisme niscaya hal tersebut akan merambat ke organ-organ lainnya, salah satunya kulit. Oleh karena itu, berusahalah untuk memakan sesuatu secara wajar.

  5. Pelihara herbal ajaib.

    Terdapat tiga bahan alami yang sering sekali dianggap sebagai obat mujarab oleh orang-orang di sekitar kita, yaitu bawang putih, bawang merah dan jahe. Ketiganya dikenal memiliki antioksidan tinggi yang berguna untuk mengantisipasi berbagai pengaruh buruk lingkungan. Bagi anda yang pernah terkena bisul, jerawat, panu, kudis, kurap dan lain sebagainya perlu mulai memelihara konsumsi ketiga herbal ajaib tersebut yang selalu ada di dapur. Antioksidan dikenal sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai pengaruh buruk mikroorganisme yang menyebabkan penyakit di permukaan tubuh.

  6. Makanlah buah-buahan.

    Buah-buahan menjadi salah satu sumber yang kaya dengan elektrolit layaknya garam. Perannya sangat berdayaguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terlebih yang mengandung asam askorbat. Rata-rata bermanfaat luas untuk meremajakan kulit agar tetap segar bebas keriput. Di sekitar kita ada banyak sekali jenis buah hanya saja beberapa di antaranya sangat tergantung dengan musimnya. Hanya beberapa jenis saja pohon yang selalu berbuah sepanjang tahun. Keberadaan buah yang hanya ada sesekali pada musim tertentu merupakan salah satu cara alam untuk menjaga cita rasa fluktuatif agar umat manusia tidak bosan mengonsumsi buah-buahan.

  7. Berolahraga teratur.

    Olahraga sangat diperlukan untuk membuat otot-otot badan aktif, tidak melemah dan jauh dari kekakuaan. Biasakanlah untuk melakukannya selama minimal 30 menit per minggu sudah cukup untuk membuat badan berkeringat. Kulit yang basah keringat mengeluarkan toksin di bawah kulit agar selalu sehat dan kencang.

  8. Berjalan kaki.

    Ada momen di dalam hidup ini dimana kita perlu meninggalkan kenyamanan yang diberikan oleh teknologi dan mesin-mesin untuk melakukan suatu gebrakan. Tindakan yang dipandang tidak hanya dari sisi nyamannya saja melainkan turut pula digiatkan untuk memanfaatkan khasiat sehat yang terkandung. Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang menunjukkan betapa tingginya mobilitas seseorang sehingga dapat memanfaatkannya untuk mendatangkan kebaikan bagi kesehatan masing-masing.

    Kita berkeringat saat berjalan kaki yang berarti bahwa metabolisme tubuh sedang tinggi-tingginya. Ini sangat baik untuk kesehatan tubuh luar dalam termasuk dalam hal ini menjaga kesegaran kulit dengan memperlancar aliran darah kapiler yang tersebar dipermukaannya. Harap tidak lupa untuk menyeimbangkan aktivitas ini dengan berjongkok sehingga keseimbangan penggunaan otot terlengkapi

  9. Mengendarai sepeda.

    Jarak yang dituju cukup jauh dari rumah sehingga anda memilih untuk memanfaatkan kereta dayung portable yang disebut sebagai sepeda. Berkendara menggunakan sepeda lebih menyehatkan daripada berkendara memakai motor yang memiliki ribuan tenaga kuda. Sebab saat bersepeda, kita menggunakan otot dan tulang sendiri dan sekaligus melatihnya untuk menjadi lebih kuat. Setiap keringat yang bercucuran lewat dinding kulit telah sekaligus mengeluarkan berbagai racun metabolisme yang biasanya ada di bawahnya, kini dilepaskan dan dibuang melalui butiran keringat.

  10. Berdiri sambil bekerja.

    Bagi anda yang memiliki waktu yang cukup sibuk sehingga tidak sempat berolahraga maka akativitas pengganti sebagai alternatifnya ada tiga yaitu berjalan kaki, bersepeda dan berdiri sambil bekerja. Manfaat saat beraktivitas sambil berdiri adalah pikiran lebih fokus dalam bekerja, otot kaki diperkuat dan organ intim pun menjadi tangguh.

    Pengaruh aktivitas ini terhadap kesehatan adalah menjaga tubuh tetap berada dalam metabolisme yang adekuat sehingga fungsi-fungsi organ tetap normal. Metabolisme melemah karena kebanyakan tidur atau duduk yang secara perlahan-lahan akan mengganggu fungsi bermacam organ salah satunya adalah kulit. Saat kami berkata bahwa berdiri sambil bekerja itu baik bukan berarti tidak boleh duduk melainkan silahkan beristirahatlah dalam posisi duduk. Juga upayakan untuk menjaga keseimbangannya dengan berjongkok.

  11. Mandi sinar matahari.

    Mentari adalah sumber energi utama di seluruh alam semesta. Makhluk pengguna matahari sebagai sumber energi utama adalah tumbuhan hijau. Sedangkan manusia sendiri dapat memanfaatkan sinar matahari untuk kesehatan kulit. Sinar ultraviolet dikenal mampu mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D untuk kesehatan tulang. Lagi pula cadangan panasnya dapat disimpan di dalam tulang selama beberapa waktu untuk membuat tubuh tetap hangat ketika malam yang dingin tiba.

    Sinar matahari membantu kulit menghasilkan pigmen yang disebut dengan melamin. Warna pada kulit adalah pertanda keberadaannya. Salah satu manfaat dari pigmen tersebut adalah mencegah penyakit kanker. Kegunaan lainnya adalah untuk menambah kesan menarik terhadap pemiliknya.

  12. Jauhi sikap over protektif dan biarkan kulit beradaptasi.

    Sadarilah bahwa keadaan lingkungan senantiasa berubah-ubah dan itu sangat baik bagi kehidupan kita. Saat siang kita merasa panas dan saat malam tiba, angin dingin semilir berhembus. Sadarilah bahwa anomali cuaca adalah latihan alamiah agar kita belajar menyesuaikan diri. Jangan buru-buru memanfaatkan teknologi untuk memanjakan badan melainkan berusahalah terlebih dahulu memanfaatkan apa adanya tubuhmu. Jika anda sudah berjuang tetapi tetap tidak dapat mengimbangi perubahan iklim maka bolehlah memanfaatkan teknologi seperti AC, penghangat ruangan dan lain sebagainya.

  13. Batasi makanan pabrikan.

    Bukan tidak boleh mengonsumsi makanan pabrikan, silahkan saja beli sesuai kebutuhan masing-masing. Akan tetapi, imbangilah aktivitas tersebut dengan mengonsumsi air. Semakin banyak makan maka semakin banyak pula mengonsumsi air putih. Sebab air adalah pelarut ajaib yang mencegah penumpukan makanan di dalam tubuh. Akibat kurang minum air adalah diabetes, kolesterol tinggi, asam urat naik dan lain sebagainya. Jika mampu membatasi konsumsi terhadap makanan yang diolah oleh mesin lalu mulai mengonsumsi banyak air putih (sedikit-sedikit tapi lebih sering), niscaya keremajaan kulit pun terawat dengan baik. Sebab kesehatan manusia terhubung satu-sama lain, saat organ pencernaan mantap maka bagian tubuh lainnya pun membaik.

  14. Batasi penggunaan make up.

    Perona kulit memang dapat dimanfaatkan untuk membuatnya lebih menarik. Hanya saja, haruskah anda menggunakannya setiap hari? Sadarilah bahwa saat anda menggunakan make up, itu sama saja dengan mengecat permukaan tubuh. Padahal kulit senantiasa berespirasi. Pengecatan yang berlangsung di permukaannya justru akan menghambat berbagai proses alamiah yang biasanya terjadi. Oleh karena itu, manfaatkanlah kosmetika sebijak mungkin. Anda bukanlah model yang harus selalu cantik di segala waktu.

  15. Hindari stres.

    Keremajaan kulit tergantung pula dari kesehatan mental setiap orang. Biasanya kalau mental seseorang sedang terpuruk akan terjadi bias koordinasi dalam hal keinginan. Apa yang tidak dibutuhkan malah diinginkan dan apa yang dibutuhkan malah tidak diinginkan. Aktivitas minum air putih pun terlupakan sedangkan kebiasaan mangkonsumsi makanan banyak-banyak meningkat karena stres membengkak. Oleh karena itu, kelolalah stres dengan baik lewat kebiasaan yang senantiasa fokus kepada Tuhan, mau berkorban mengasihi sesama, tetap rendah hati, siap diuji, tidak candu kenikmatan & kemuliaan duniawi serta ikhlas menghadapi pahit-manisnya kenyataan.

Kesimpulan

Kulit adalah ciri khas pertama yang membuat kita mampu membedakan seseorang dari yang lain. Pelindung sekaligus pewarna layaknya mantel yang lembut, fleksibel dan kenyal. Keberadaannya mampu bertahan puluhan tahun bahkan sampai ratusan tahun dengan sistem pergantian yang hampir tak terlihat. Kekuatannya memang tidak seberapa dibandingkan dengan kulit berbagai hewan di luar sana tetapi sangat sesuai untuk mendukung aktivitas manusia yang dinamis, cepat dan fluktuatif. Oleh karena itu, jagalah kesehatannya dimulai dari membiasakan diri mengonsumsi air sedikit-sedikit tetapi tekun lalu mengonsumsi makanan yang seimbang dengan berat-ringannya aktivitas yang ditekuni. Lebih dari itu, berdoalah….

Salam, Mantel alamiah manusia
tidak perlu diberi perhatian yang berlebihan.
Yang penting jaga kesehatan pikiran & pencernaan,
maka yang lain-lainnya pun akan terpelihara
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.