+10 Manfaat & Cara Bekerja Sambil Bergerak – Bekerja Sambil Bergoyang

Manfaat & Cara Bekerja Sambil Bergerak – Bekerja Sambil Bergoyang

Teka-teki – Akulah hujan yang menetes dari langit empuk, siapakah aku?

Hidup ini bukan soal kenyamanan belaka. Bila hanya mengejar kenyamanan, tanpa disuruh pun anak kecil juga suka itu. Masalahnya sekarang adalah masihkah kita mau dimanjakan oleh hal-hal yang berlebihan tersebut? Mampukah kita berpikiran dewasa dan tidak melulu hanya mengambil hal-hal baiknya saja sedangkan yang lain-lainnya ditolak mentah-mentah. Padahal keburukan dalam kadar kecil adalah baik untuk menguji kehidupan ini. Oleh karena itu, berupayalah untuk tidak memandang dunia ini secara sempit dalam satu sisi kehidupan saja. Sebab siang dan malam sama-sama bermanfaat bagi aktivitas manusia. Demikian juga, rasa nyaman dan rasa sakit sama-sama berguna untuk menyehatkan mental tiap-tiap orang.

Pekerjaan yang kita geluti tidak selamanya mulus-mulus saja. Bagi mereka yang bekerja di tempat-tempat dengan sumber daya yang tinggi dan latar belakang yang jelas, situasinya terasa agak tenang. Akan tetapi, lain halnya bagi oknum yang bekerja serabutan kurang jelas dengan rutinitas yang tidak selalu sama. Terlebih lagi bagi seorang blogger yang lebih banyak mejeng terus di depan komputer atau laptop. Pekerjaannya memang hanya mengarang bebas tetapi resiko akibat duduk terlalu lama sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Itulah salah satu sisi buruk dari kehidupan seorang penulis. Bahkan keadaan ini bisa benar-benar bertambah buruk sampai menyebabkan kelumpuhan parsial hingga kematian (efek penyakit metabolisme).

Memang di dunia ini, tidak ada yang namanya pekerjaan yang benar-benar aman tanpa resiko. Mereka yang bekerja di luar ruangan, biasanya beresiko mengalami penyakit yang berasal dari luar dirinya walau sebagian juga berasal dari dalam diri sendiri. Sedang mereka yang bekerja di belakang meja biasanya lebih banyak mengalmi penyakit yang berasal dari dalam dirinya walau sebagian juga berasal dari luar diri sendiri. Apabila kita bisa mengenali hal-hal tersebut maka dimungkinkan untuk diantisipasi sedini mungkin. Namun bila belum disadari maka beresiko akan memperburuk kesehatan sampai terbaring sakit. Padahal seharusnya, rutinitas tersebut dapat mendatangkan berbagai hal positif di dalam hidup ini.

Aktivitas membuat perputaran makanan seimbang

Bekerja selalu bisa mendatangkan energi positif bagi kehidupan ini, sesuatu yang bisa mendatangkan kebaikan. Tentu saja hal tersebut diperoleh dengan cara berlelah menyelesaikan tanggung jawab yang telah diberikan kepada kita. Kelelahan ini pastinya menguras energi sehingga membuat badan tetap berada dalam siklus seimbang antara menyerap dan melepaskan.  Terlalu banyak menyerap nutrisi bisa menyebabkan penyakit metabolisme akut maupun kronis. Maka dari itu konsumsilah makanan secukupnya saja. Terlalu banyak melepas keringat juga dapat membuat lelahnya dibawa tidur sehingga pekerjaan pun terbengkalai. Demi membatasi hujan dari langit empuk maka yang diperlukan adalah aktivitas yang terjadwal dan rasional (tidak berlebih-lebihan).

Cara bekerja sambil bergoyang

Goyangan yang kami maksudkan di sini bukanlah sesuatu yang besar layaknya berjoget dimana hampir semua organ terlibat dalam gerakan tertentu. Aktivitas ini hanyalah suatu gerakan sederhana yang biasanya hanya melibatkan kaki dan pinggul saja. Di tengah semuanya itu, perlu juga memerhatikan kelaziman. Mungkin teman-teman kerja belum memahaminya maka perlu penjelasan agar mereka tidak salah paham. Kecuali kalau di sekitar kita tidak ada orang, seperti halnya kami yang lebih banyak bekerja sendiri. Berikut akan kami berikan beberapa cara untuk melakukan semuanya itu.

  1. Siapkan meja dan kursi kerja yang bisa digunakan dengan cara duduk-jongkok maupun berdiri.
  2. Inspirasi bekerja sambil bergerak: Pernahkah anda bersorak-sorak memuji Tuhan dalam kebaktian KKR? Biasanya saat pemimpin pujian mengundang jemaat untuk berdiri dan bernyanyi memuji Tuhan secara otomatis badan bergerak sedikit sambil bertepuk tangan.
  3. Saat kerja dalam posisi berdiri sambil bergoyang dan memuji Tuhan juga.
    1. Buka kaki selebar bahu.
    2. Goyangkan kepala ke depan dan ke belakang atau ke kiri dan ke kanan secara lembut.
    3. Goyangan bahu ke kiri dan ke kanan maupun dengan cara ke atas (bahu kanan) dan ke bawah (bahu kiri) secara bergantian.
    4. Goyangkan kaki dengan cara memainkan tumit ke bawah dan ke atas secara serentak. Gerakan ini bisa juga dilakukan sambil membuat kuda-kuda agar panggul bisa terangkat maksimal ke atas dan ke bawah.
    5. Goyangan kaki dengan cara menggerakkan tumit ke depan dan ke belakang secara bergantian.
  4. Saat kerja dalam posisi duduk sambil bergoyang dan memuji Tuhan juga.
    1. Lakukan dalam posisi tegak, jangan biarkan punggung membungkuk (ke bawah) atau membengkok (ke kanan atau ke kiri).
    2. Duduklah tanpa menyandarkan punggung ke belakang kursi.
    3. Goyangkan kepala ke depan dan ke belakang atau ke kiri dan ke kanan secara lembut.
    4. Goyangan bahu ke kiri dan ke kanan maupun dengan cara ke atas (bahu kanan) dan ke bawah (bahu kiri) secara bergantian.
  5. Saat kerja dalam posisi jongkok sambil bergoyang dan memuji Tuhan juga.
    1. Bekerja sambil jongkok di lantai bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara duduk simpul atau berjongkok tok di lantai.
    2. Goyangkan kepala ke depan dan ke belakang atau ke kiri dan ke kanan secara lembut.
    3. Goyangan bahu ke kiri dan ke kanan maupun dengan cara ke atas (bahu kanan) dan ke bawah (bahu kiri) secara bergantian.
    4. Khusus bagi yang duduk jongkok, anda bisa juga menggerakkan panggul ke depan dan ke belakang.
    5. Terkhusus bagi yang duduk simpul di lantai, bisa juga melakukan gerakan badan ke kiri dan kanan dengang menggerakkan panggul.
  6. Lakukan gerakan di atas secara kecil-kecilan tetapi tekunlah menjalaninya.
  7. Ingatlah untuk selalu mengutamakan penyelesaian tanggung jawab yang diemban. Gerakan yang kami rekomendasikan semacam ini bisa dilakukan secara bergantian (tidak sekaligus dan tidak seluruh tubuh bergerak).
  8. Khusus untuk puji-pujian kepada Tuhan, kita bisa melakukannya di sela-sela jeda kerja yang diambil.
  9. Upayakan gerakan kerja dan goyangan badan seirama sehingga terasa enak dan nyaman saat dilakukan.
  10. Dalam pemilihan lagu, gunakanlah musik yang bersemangat, misalnya regge, pop, R&B dan musik yang ngebeat sedang lainnya.
  11. Lakukan gerakan kerja yang mengasyikkan ini secara konsisten dan terus-menerus.
  12. Jangan lupa untuk menyeimbangkan aktivitas kerja sambil berdiri yang digoyang dengan aktivitas kerja sambil berjongkok. Perpaduan keduanya akan membuat pinggul tetap sehat.
  13. Perhatikan juga waktu istirahat untuk duduk sejenak seperti biasanya menyandarkan punggung di belakang kursi.

Manfaat bekerja sambil bergerak

Pernah dalam suatu zaman dimana manusia merasa bahwa hal terindah dalam hidup ini adalah duduk nyaman di atas singgasana kursi kerajaan. Seolah-olah itu adalah impian kebanyakan orang pada masanya. Akan tetapi, siapa yang menyangka bahwa aktivitas tersebut merupakan gejala awal dari begitu banyaknya penyakit yang diderita oleh banyak orang. Ini terutama dialami oleh mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu di belakang meja. Akan tetapi, bila kita bekerja sambll bergoyang maka berbagai khasiat berikut akan anda peroleh.

  1. Membuat kita aktif maksimal (multitasking).

    Bekerja sambil berdiri saja memang sudah cukup baik untuk kesehatan. Terlebih bagi mereka yang mampu melakukannya sembari menggoyang-goyangkan badan. Ini seperti menambah multitasking aktivitas otak. Ini bukanlah permainan tanpa makna, jika tekun dilakukan maka manfaatnya menjadi nyata. Saat kita mampu menikmati semuanya itu maka berkat-berkat lainnya yang akan menantikan anda di depan.

  2. Membantu mendorong kebahagiaan saat fokus kepada Tuhan.

    Bekerja sambil menggerakkan badan merupakan suatu usaha untuk menghibur diri sendiri. Sebab setiap gerakan yang kita ambil merukan kekuatan yang secara otomatis memberikan penghiburan. Bekerja sambil menggoyangkan beberapa bagian tubuh dilakukan berdasarkan intonasi nada-nada yang terngiang dalam otak ini.

    Tentu saja bagi mereka yang baru pertama akan terasa kaku. Tetapi untuk yang sudah terbiasa, aktivitas kerja sambil bergoyang akan lebih membahagiakan jika intonasi kerja dengan intonasi gerakan yang dilakukan seirama. Lantas di sela-sela semua aktivitas ini sempatkan juga untuk sesekali memuji Tuhan dalam nada-nada yang sesuai dengan gaungan otak.

    Aktivitas memuji Tuhan yang biasanya dilakukan pada saat seperti ini tidak mengutamakan kreativitas kata-kata yang bervariasi. Sebab kita sedang fokus menyelesaikan pekerjaan sedang memuji Tuhan di saat jeda saja. Tuhan tidak cemburu kalau kita memuji-Nya hanya di sela-sela aktivitas saja sebab segala hal yang benar yang kita lakukan (termasuk saat bekerja) adalah bagian dari puji-pujian untuk kemuliaan nama Tuhan.

  3. Memperkuat kaki.

    Organ yang paling penting dalam setiap mobilitas yang kita lakukan adalah kaki. Tanpa kaki kuat, kita akan oleng kemana-mana jatuh tersandung tak berdaya. Akan tetapi, saat kita mampu bekerja sambil bergoyang dan memuji-muji Tuhan pula niscaya hidup semakin sehat dan kaki pun makin kuat. Anda bawa kemana-mana fondasi bergerak ini, pasti bisa dan selamat sukses sampai tujuan.

  4. Membakar kalori.

    Bagi anda yang tidak sempat melakukan olahraga karena suatu alasan dan lain hal maka bekerjalah sambil bergoyang. Memang gerakan yang kita lakukan hanyalah aktivitas kecil yang tidak seberapa beratnya. Akan tetapi, kelelahannya akan tampak nyata akibat jumlahnya yang tinggi. Olahraga berat selama 15 menit per hari diharapkan sudah tergantikan dengan pola gerakan sedikit-sedikit tapi tekun yang dilakukan selama berjam-jam.

  5. Membakar lemak.

    Lemak adalah kolesterol yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi dan bisa juga berasal dari tampungan jaringan lemak di bawah kulit. Energi yang diahasilkan lebih tinggi daripada karbohidrat. Melakukan goyangan kecil memang tidak seberapa menghabiskan energi yang dipecah dari jaringan lemak. Tetapi melakukan gerakan kecil selama berjam-jam saat sedang bekerja pasti mampu mencerna lebih banyak lipid.

  6. Meringankan kekakuan badan.

    Beratnya gerakan ini mungkin tidak sebanding dengan jenis latihan fisik lainnya. Namun setidak-tidaknya mampu menghilangkan kekakuan badan karena terlalu lama duduk atau terlalu lama berdiri. Otot-otot kaki dan otot badan lainnya yang berhubungan dengan gerakan yang dilakukan akan dilemaskan sehingga aliran darah pun lancar dan kekakuan lenyap.

  7. Mengusir rasa kantuk

    Rasa kantuk bisa saja datang tanpa diundang. Biasanya keadaan ini dipicu oleh aliran darah yang kurang lancar untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh. Ini terutama terjadi sesudah makan. Akibatnya tubuh akan lebih cepat lelah bahkan kantuk pun tertimbun-timbun. Oleh karena itu, bila tidak mau mengantuk setelah makan konsumsilah air putih lebih banyak dan bergeraklah terus menyelesaikan tanggung jawab yang diemban.

    Berkurangnya kekuatan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh menyebabkan sel mengalami kehampaan oksigen dan nutrisi. Akibatnya sel-sel tersebut mengalami penurunan aktivitas metabolisme yang membuatnya tertidur dorman. Keadaan ini akan berakumulasi sampai membuat orang tersebut pun akan tertidur karena kantuk yang berat. Akan tetapi, saat anda terus bergerak dan bergoyang sana-sini, jantung akan dipacu kembali sehingga kantuk pun pergi.

  8. Meringankan kedinginan.

    Rasa dingin menusuk-nusuk yang tidak disebabkan oleh keadaan patologis melainkan dipicu oleh karena faktor fisologis. Kedinginan karena cuaca bisa diantisipasi dengan cara menggunakan pakaian tebal dan melakukan goyangan kecil sambil bekerja. Terus bergerak saat udara dingin membantu meningkatkan metabolime tubuh sehingga dingin yang menyelimuti pun lenyap sudah.

  9. Menghindari diabetes.

    Penyakit gula bisa dicegah dengan cara membakar energi dari karbohidrat yang telah dikonsumsi dengan berolahraga. Bagi yang tidak sempat berolahraga dan padat jadwal kerjanya, baiklah mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Dalam hal ini, kita juga dapat lebih memadatkan aktivitas yang dilakukan dengan bekerja sambil bergoyang.

  10. Menghindari kolesterol tinggi.

    Kolesterol yang tinggi akan menjadi momok yang membuat aktivitas makan yang harusnya nikmat malah dibayang-bayangi oleh kekuatiran. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika dicergah sedini mungkin dengan menyesuaikan volume makanan dengan volume aktivitas yang dilakukan. Melakukan gerakan kecil sambil menyelesaikan tanggung jawab bisa menjadi salah satu pilihan. Tentu saja yang diutamakan adalah berolahraga setiap hari agar lemak jahat yang terbakar semakin meluas.

  11. Mencegah hipertensi.

    Makan banyak tetapi minum sedikit menyebabkan visikositas (masa jenis darah) menjadi lebih tinggi. Akibatnya, tekanan yang dibutuhkan untuk mengedarkannya ke seluruh tubuh menjadi lebih tinggi. Kerja jantung untuk mempa darah menjadi lebih berat. Bila keadaan ini terus berlanjut maka berbagai komplikasi akan timbul, mulai dari penyakit jantung, ginjal, pecah pembuluh darah dan lain sebagainya. Aktivitas kerja sambil berdiri sudah cukup membantu meringankan keadaan ini. Juga tetaplah konsumsi air yang memadai, minimal 2 liter per hari, cairan sangat membantu menurunkan kekentalan darah.

  12. Menghindari lemah syahwat.

    Duduk berlama-lama jelas tidak baik bagi kesehatan organ initim. Bagi anda yang mau tetap sehat, berdiri dan berjalan kakilah lebih banyak daripada sekedar duduk saja. Berdiri sambil bekerja pun dapat menyehatkannya terlebih lagi saat kita bisa menggoyang-goyangkan badan di sela-sela kesibukan yang dijalani.

  13. Membantu meredakan asam urat.

    Kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh tidaklah baik. Saat kita berdiri sambil beraktivitas, peredaran darah dalam tubuh sungguh amat lancar. Segala kelebihan nutrisi pun akan diangkut dengan sukses oleh pembuluh darah lalu di kirim ke ginjal kemudian ke kantung kemih hingga akhirnya dibuang ke toilet.

  14. Menghindari nyeri sendi/ menyembuhkan nyeri lutut.

    Dalam banyak situasi, kita mengalami nyeri lutut biasanya karena terlalu lama menekuk kaki. Padahal di bawah tempurung lutut terdapat urat nadi yang berperan untuk menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh. Saat kita menekuk kaki, arteri tersebut akan mengalami penyempitan sehingga banyak nutrisi yang tertambat di daerah lutut. Ini kemungkinan disebabkan juga oleh pembekuan darah di daerah tersebut sehingga menimbulkan rasa nyeri yang menyakitkan.

  15. Mencegah penyakit ginjal.

    Ada orang yang duduk sambil kerja yang lama kelamaan melupakan rutinitas meminum air sehingga berpotensi mengganggu kinerja ginjal. Tanda pertama dari kurang minum adalah bau mulut, sakit gigi dan bau badan. Jika anda merasakan hal-hal semacam ini berarti itu adalah pertanda bahwa intensitas meminum air harus ditingkatkan, sedikit-sedikit tapi lebih sering dilakukan.

  16. Mencegah penyakit jantung.

    Otomatis dengan dicegahnya peningkatan kolesterol dan glukosa darah akan menormalkan visikositas/ kekentalan/ masa jenisnya. Darah dengan visikositas yang normal lebih ringan bagi jantung untuk mengedarkannya ke seluruh tubuh sehingga organ tersebut jauh dari berbagai gangguan memaatikan seperti arterosklerosisi, jantung aritmia dan lain sebagainya.

  17. Menjauhkan dari kematian mendadak.

    Ucapkan selamat tinggal terhadap kematian di masa muda. ketika anda menjalani aktivitas berdiri sambil bekerja bahkan saat ditingkatkan lagi menjadi berdiri sambil bergoyang maka aktivitas metabolisme tubuh menjadi maksimal. Keadaan ini membuat nutrisi yang kita konsumsi tidak jadi berbalik arah menendang sel-sel di dalam tubuh sendiri sampai membuat sakit-sakitan. Jadi, berbahagialah kawan!

  18. Dan lain sebagainya silahkan cari sendiri.

Kesimpulan

Pengertian – Bekerja sambil bergoyang adalah aktivitas multitasking yang tidak hanya melibatkan otak saja melainkan otot juga. Aktivitas ini terdiri dari tiga rangkaian utama yaitu bekerja, menggerakkan/ menggoyangkan anggota badan tertentu dan memuji-muji Tuhan di dalam hati dengan nada yang penuh semangat.

Apa yang kami tuliskan ini mungkin hanya baik bagi diri sendiri. Sedang saat orang lain mencobanya justru akan menemui berbagai kendala ini itu. Kami juga waktu baru pertama-tama melakukannya kadang lupa sendiri. Bekerja sambil bergoyang merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme tubuh saat posisi mengalami stagnasi akibat sibuk bekerja. Yang perlu kita lakukan adalah bernyanyi-nyanyi dalam hati dengan nada yang nge-beat (musik cepat, musik regge dan musik yang bersemangat lainnya) sembari menyelesaian tugas-tugas yang diemban. Terus lakukan juga gerakan-gerakan kecil  mengiringi nada-nada yang terngiang dalam pikiran sendiri. Jadi bila dihubungkan maka semuanya ada tiga aktivitas yang bisa dilakukan sekaligus yaitu bekerja, bergoyang dan bernyanyi dalam hati. Utamakan dulu bekerja, jika dimungkinkan silahkan lakukann goyangan seirama dengan nyanyian yang dilantunkan dalam hati.

Salam, Teruslah aktif,
Agar hidup makin ekspansif
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.