+7 Alasan Menulis Pekerjaan Masa Depan

Salah satu aktivitas positif di waktu luang yang bisa dilakukan oleh siapa saja adalah menulis. Mari mendekat….!

Apakah aku, corat-coret terpimpin yang membuat orang senang?

Teka-teki

Manusia berusaha menerjemahkan maksud Tuhan atas bumi ini

Tuhan menulis langit dengan indahnya, itulah mengapa bentuknya selalu berubah-ubah. Tetapi siapakah yang tahu makna dari semuanya itu? Sebenarnya bukan Cuma langit saja kanvas Tuhan dalam berkarya melainkan seluruh alam semesta adalah hasil dari tulisan tangan-Nya. Hanya saja yang kita lakukan adalah mencoba menerjemahkan berbagai karya tersebut ke dalam bentuk kata-kata yang lebih manusiawi. Jelaslah bahwa bahasanya Tuhan lebih kompleks dari bahasa manusia. Itulah yang kita lakukan sampai sekarang, yakni menerjemahkan maksud Tuhan atas kehidupan ini. Sehingga sedapat-dapatnya bisa hidup dalam damai sejahtera dari generasi ke generasi.

Menjadi seperti yang Tuhan kehendaki, itulah yang membuat hidup bermakna

Hidup adalah aktivitas, bosan beraktivitas sama saja dengan bosan hidup. Orang yang menjadi jemu beraktivitas telah kehilangan api semangat yang biasanya menghangatkan hati. Sesungguhnya tidak ada kebosanan dalam setiap aktivitas yang dilakukan asalkan kita tahu “apa manfaat dari kegiatan tersebut?” Segala sesuatu yang bermanfaat pasti akan menimbulkan rasa kemaknaan yang membuat kita termotivasi untuk melakukannya lagi dan lagi. Akan tetapi, kisah kehidupan menjadi lebih bermakna jikalau kita, pribadi lepas pribadi mampu setia mengendalikan diri seturut kehendak Sang Pencipta.

Buat pikiran dikuasai oleh hal-hal baik maka keburukan akan tenggelam

Sadar atau tidak, butuh kecerdasan berpikir saaat kita sedang berupaya mengendalikan diri. Sebab pada dasarnya ego manusia membuatnya cenderung sesuka hati saat bertindak. Sedang yang selalu ada dalam hati tiap-tiap orang adalah kedagingan yang berpotensi merusak diri sendiri, merugikan orang lain dan mengganggu keseimbangan lingkungan. Akan tetapi, hati orang yang cerdas emosionalnya, dipenuhi oleh berbagai energi positif. Sehingga sifat-sifat daging yang menguasai hati akan terus ditekan ke dasar. Salah satu cara yang baik untuk melatih kecerdasan adalah dengan menulis, mengungkapkan isi hati.

Orang yang suka membaca dan menulis lihai mengendalikan diri

Orang yang suka menulis pasti berawal dari suka membaca. Kedua hal ini setali tiga uang layaknya dua sisi mata uang yang berbeda dan berlawanan. Tetapi, pada dasarnya masing-masing berhubungan satu sama lain. Salah satu manfaat dari aktivitas membaca juga mampu mengendalikan diri. Jadi tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang rutinlah melakukan hal tersebut, satu saja boleh (hanya membaca), Mereka yang telah membiasakan dirinya untuk melakukan hal tersebut pasti akan terus berlanjut. Jadi, jangan hanya suka menghibur diri dengan menikmati hidup melainkan saat kita terus aktif positif pasti rasa bahagia itu selalu nyata. Artinya, corat-coret terpimpin ini bisa membuat hati bahagia walau di sisi lain ada juga yang sedih, cemburu, sakit hati dan lain sebagainya.

Pengertian

Setiap orang yang pernah duduk di bangku sekolah pasti pernah menulis. Sedang proses dokumentasi itu sendiri mencakup aktivitas mendokumentasikan ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang dialami dari waktu ke waktu. Pada dasarnya sebuat tulisan sifatnya realistis dan apa adanya. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa tulisan juga sering didedikasikan untuk mengeksplorasi aspek seni dalam kehidupan manusia. Aktivitas ini sangat bermanfaat baik bagi orang yang melakukannya mau pun terhadap yang membacanya. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa ada beberapa tulisan yang tidak berbobot, seperti yang suka menghasut, memfitnah dan menjelek-jelekkan sesuatu tanpa alasan yang jelas dan logis. Di atas semuanya itu, baiklah setiap pembaca selektif dan kritis dalam menilai setiap tulisan yang tersebar di dunia maya termasuk tulisan kami sekali pun.

Menulis adalah aktivitas mendokumentasikan ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman sehari-hari ke dalam bentuk catatan, baik yang menggunakan media buku (hard book) mau pun media elektronik (soft book). Menurut jenisnya dapat dibedakan menjadi tulisan yang realistis dan yang berupa karya seni. Sekali pun kita tahu bahwa ada beberapa tulisan yang merupakan campuran antara realita dan imajinasi.

Defenisi
Alasan Menulis Pekerjaan Masa Depan

Faktor Penyebab menulis adalah pekerjaan masa depan

Di masa yang akan datang ketika kepadatan penduduk terus bertambah akan sulit menemukan lowongan kerja. Sebab banyak posisi yang sudah terisi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Sedang semua kita harus terus dan tetap hidup namun bukan dengan berdiam diri. Menggaji orang yang hidupnya tidak produktif akan memperpendek umur manusia. Lebih baik memberikan pendapatan tetap kepada mereka yang selalu aktif setidak-tidaknya bermanfaat bagi dirinya sendiri. Sedang menulis adalah pekerjaan yang bisa dilakukan siapa saja, mulai dari yang muda sampai tua akan dapat menuliskan sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas yang digelutinya sehari-hari. Berikut ini beberapa alasan mengapa kegiatan tulis dapat menjadi pekerjaan di masa depan.

1. Pemerintah menjalankan ekonomi dengan memberi rakyat uang sesuai pekerjaannya.

Tahukahanda bahwa pengangguran dan kemiskinan disebabkan dan ditentukan oleh pemerintah?Lihatlah uang yang ada di tangah anda, gambar dan tulisan siapakah itu? Jelaslahbahwa itu diproduksi oleh negara. Jadi saat anda menuntut pembukaan lapangankerja dan pemberantasan kemiskinan, pemerintah adalah pihak yang benar-benarbertanggung jawab atas keadaan tersebut.

Sekarang, ada banyak barang di toko lalu bagaimana caranya agar barang tersebutbisa habis terbeli kalau yang bekerja hanya beberapa orang saja? Tentu sajasemakin banyak orang yang dipekerjakan oleh pemerintah makin banyak pula uangyang diedarkan sehingga barang dan jasa pun terbeli tanpa terkecuali. Sekarang,tergantung pemerintah bagaimana caranya menyeimbangkan antara permintaan danpenawaran. Sedang untuk mempekerjakan manusia bisa dengan membayar mereka lewattulisan yang dihasilkan.

2. Siapa yang tidak tahu menulis?

Semua orang tahu menulis, hanya bayi kecil dan kalangan tak bersekolah saja yang tidak mengetahuinya. Orang yang menghabiskan waktunya dengan menulis lebih baik daripada yang menghabiskan waktu dengan hanya berdiam diri saja. Mulai sekarang, belajarlah bukan hanya menghabiskan waktu dengan buku biasa (hard book) yang menggunakan kertas dan pulpen. Tetapi belajar jugalah mengetik mahir (mengetik sepuluh jari) di komputer (soft book).

3. Semua orang mau menulis.

Siapa yang tidak suka dengan pekerjaan ini? Tentu semua suka sehingga minat manusia untuk menjadi pekerja kantoran lebih tinggi. Kalau dilihat dari ketersediaan bakat maka aktivitas ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Sekarang tergantung dari para petinggi negeri, apakah mau memanfaatkan bakat umum semacam ini atau lebih suka melihat pengangguran membludak.

4. Semua profesi butuh aktivitas tulis-menulis.

kecerdasan manusia sangat dipengaruhi oleh proses dokumentasi. Itulah yang tidak dimiliki oleh hewan yang membuatnya tidak bisa mengorganisasikan diri dan melakukan pekerjaan yang lebih berguna dari sekedar pekerjaan makan, minum dan tidur. Semakin baik suatu profesi makin akurat pula proses dokumentasi yang dapat dilakukannya. Sebab dari berbagai catatan inilah dapat diketahui sejauh mana kinerja, apa kelemahan dan kesalahan apa saja yang dilakukan pekerja. Tentu saja, dari dokumen inilah diketahui apakah seseorang korupsi atau tidak.

5. Para penulis handal dalam mengendalikan diri.

Salah satu cara merangsang timbulnya hikmat adalah dengan menulis. Orag yang bisa menggali berbagai ide-ide yang positif di dalam pikirannya lebih mudah mengendalikan diri. Sebab butuh kecerdasan untuk melakukan semua aktivitas tersebut. Sedang kecerdasan seorang manusia berkaitan langsung dengan kesadaran. Mereka yang hari-harinya selalu dilalui dengan penuh kesadaran pastilah mampu mengendalikan dirinya. Sehingga mempekerjakan seorang penulis merupakan salah satu keuntungan bagi sistem bermasyarkat. Ucapkan selamat tinggal pada kekerasan dan penganiayaan serta berbagai sifat kebinatangan lainnya karena setiap orang menyadari kemanusiawiannya.

6. Para penulis adalah orang yang cerdas dan sederhana.

Biasanya orang yang suka menulis kurang tertari pada mewahnya materi melainkan lebih mendedikasikan kehidupannya pada ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas. Fokus kehidupan penulis mengharuskannya untuk hidup lebih sederhana sebab di dalam kesederhanaan di sanalah ditemukan banyak ide positif. Tembok yang megah dan teknologi serba canggih tidak menginspirasi manusia. Melainkan hal-hal alamiah lah yang menginspirasi banyak orang untuk menemukan banyak hal (termasuk menemukan teknologi). Sudah pasti seorang naturalis lebih suka hidup menyatu dengan alam dan berbaur dalam hiruk-pikuk masyarakat luas untuk mengumpulkan energi kebaikan serta menambah kekuatan ide positif dalam dirinya.

7. Para penulis adalah orang yang tenang dalam bersikap.

Orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berpikir keras memerlukan ketenangan batin sekali pun sekitar sedang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Ketenangan hati di dalam keributan inilah yang mau tidak mau harus dimiliki oleh mereka yang mendedikasikan hidupnya untuk mengolah kata-kata. Biasanya mereka yang suka corat-coret terpimpin lebih tenang dalam bersikap dan tidak suka mengganggu orang lain. Tanpa ketenangan, pikiran bisa kacau sehingga tidak ada satu pun tulisan yang dapat dibuat/ diterbitkan. Kebiasaan semacam ini juga sangat menarik hati para pemodal dan pemerintah karena situasi di dalam masyarakat lebih tertib daripada wilayahnya yang dipenuhi oleh pengangguran.

8. Menulis tidak butuh kantor dan ruangan yang besar

Penulis tidak membutuhkan ruangan yang besar untuk menyelesaikan  pekerjaannya. Mereka hanya butuh meja fleksibel yang bisa digunakan untuk duduk, jongkok dan berdiri sehingga tidak sakit-sakitan karena aktivitas tersebut. Mencorat-coret data elektronik tidak membutuhkan space yang luas, asal muat satu meja fleksibel, satu kamputer dan kursi saja, itu sudah cukup.

9. Tidak membutuhkan sumber daya yang besar untuk menulis.

Seorang yang bekerja untuk tulis ini-itu tidak membutuhkan energi yang banyak. Tidak seperti pekerjaan mobile yang berpindah-pindah dan membutuhkan bensin. Seorang penulis cukup dikasih laptop saja, itu sudah cukup. Orang akan menyelesaikan tugasnya sesuai tenggat waktu terkecuali jika pekerjaan tersebut sifatnya karya kreatif yang kompleks. Dimana harus direncanakan selama beberapa hari. Yang bersangkutan juga tidak perl menggunakan biaya sew ini dan itu sebab teknologi komputer terbilang dapat dijangkau oleh semua kalangan. Kan tidak setiap tahun harus ganti komputer itu untuk beberapa tahun ke depan?

Kesimpulan

Menulis bukanlah aktivitas yang rumit. Saat waktu luang banyak, bisa saja diarahkan untuk melakukan hal-hal negatif: menggosip, mendengki dan membenci sesama tidak jelas. Lebih baik tulislah sesuatu yang berhubungan dengan apa yang anda baca atau alami baru-baru ini. Salah satu inspirasi terbaik untuk menulis adalah dengan membaca karya-karya seniman sebelumnya. Salah satu buku seni dan ilmu pengetahuan terbaik sepanjang masa adalah Alkitab. Tulislah sesuatu yang anda baca dari Kitab Suci. Menulislah secara rutin, miliki buku agenda atau jurnal pribadi yang menjadi wahana untuk menampung eksplorasi pikiran terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar kita. Seandainya pemerintah mau menghargai aktivitas menulis di internet (blogger) pastilah angka pengangguran & kemiskinan akan terpangkas banyak.

Salam, Dokumentasi kehidupan itu penting,
Dokumentasikan pengalaman dengan lapang,
Agar belajar mengendalikan diri hati tenang
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.