7 Manfaat Senyum, Tawa & Canda – Berbagi Kebaikan Dengan Tersenyum, Tertawa & Bercanda

Manfaat Senyum, Tawa & Canda – Berbagi Kebaikan Dengan Tersenyum, Tertawa & Bercanda

Senyum atau senyuman adalah gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka, dan sebagainya dengan mengembangkan bibir sedikit (KBBI Offline). Merupakan gerakan cerdas yang menunjukkan kebebasan dan ekspresi rasa senang yang terkendali.Hanya mereka yang berbahagia sanggup tersenyum dengan tulus sedangkan energi (sumber kekuatan – power) kebahagiaan biasanya berasal dari kemampuan seseorang memanajemen pikiran dengan sebaik-baiknya.

Senyuman butuh kecerdasan

Silahkan amati baik-baik dengan seksama : “apa beda hewan dengan manusia?” Kita memiliki tingkat kecerdasan yang jauh lebih baik daripada binatang. Pertanyaan selanjutnya adalah, “mengapa binatang tidak pernah tertawa bahkan tersenyum saja tidak? Apa ini ada hubungannya karena mereka tidaklah cerdas. Jadi, maaf saja tidak ada senyuman disini sebab hewan-hewan ini tidak secerdas manusia. Inilah salah satu diantara sekian banyak kelebihan manusia dari makhluk hidup lainnya. Semoga anda mampu menyimak sesuatu dari fakta yang kami sampaikan ini.

Saat masih kecil, orang lain harus menghibur anda barulah tertawa/ tersenyum

Sekarang, mari perhatikan anak kecil. Bayi kita di rumah masih belum mumpuni tingkat kecerdasannya tapi mereka tetap bisa tersenyum bahkan tertawa juga saat diajak bercanda. Demikian juga halnya dengan hewan di alam liar sana, mereka baru dapat terlihat bergembira saat kita mengajak mereka bermain atau hewan lainnya bermain bersama. Artinya apa? Senyuman bahkan tawa yang keluar dari dalam diri makhluk ini, baru bisa tersibak jelas le area publik (diekspresikan) saat ada pancingan dari luar (bercanda atau main-main).

Saat sudah dewasa, tanpa hiburanpun tetap bisa tersenyum

Saat seseorang telah dewasa, senyuman bisa keluar dari dalam dirinya sekalipun tidak ada aksi dari luar (tidak ada yang mengajak bercanda dan bermain). Ini murni aksi tunggal seseorangan membagikan kebaikan kepada orang-orang didekatnya. Artinya, ketika seseorang sudah bertambah dewasa, cerdas dan bijak, ia akan dimampukan untuk membagikan sesuatu kepada orang lain, salah satunya adalah senyum. Jadi ketika anda mampu tersenyuk sekalipun orang lain tidak melakukannya berarti itu menandakan tingkat kecerdasan yang baik.

Kebaikan hati bergantung kepada kecerdasan

Setelah kami pikir-pikir selama beberapa waktu, akhirnya menyadari bahwa hanya orang-orang cerdaslah yang dapat berbagi sesuatu dengan sesamanya sedang mereka yang tingkat kecerdasannya kurang masih belum mampu melakukan aktivitas semacam ini. Jadi, setiap manusia perlu mendalami, menggali, mengembangkan dan memajukan tingkat kepintarannya dengan senantiasa melatih aktivitas pikiran, perkataan dan pekerjaan untuk menjadi lebih baik hari lepas hari. Bila kemampuan otak anda bertambah alhasil kebaikan yang diberikan kepada sesama juga akan semakin beraneka rupa.

Perbedaan senyuman, tertawa dan bercanda

Senyuman adalah ekspresi spontan yang menandakan kebebasan dan kebahagiaan yang sepenuhnya terkendali. Ini dapat dilakukan dengan melebarkan sedikit pinggiran bibir anda. Tertawa adalah ekspresi spontan yang menandakan kebebasan dan terlepasnya kesenangan yang meluap ke permukaan. Hampir semua otot di area wajah akan berkontraksi lewat aktivitas ini. Sedangkan bercanda adalah cucoklogi yang menghubung-hubungkan sesuatu dengan lain hal sehingga menimbulkan kesan unik, lucu, aneh yang membuat orang lain tertawa.

Ada yang mengatakan bahwa untuk membuat orang cerdas tertawa butuh usaha yang ekstra maksimal tetapi mereka yang kurang cerdas akan tertawa lepas. Sekalipun demikian, berusahalah untuk setidak-tidaknya memberikan senyuman saat yang lainnya berusah menghibur anda sebab ini adalah pertanda bahwa anda menghargai usahanya.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa banyak tersenyum itu tidak baik sebab menimbulkan keriput di daerah sekitar bibir. Ini adalah rumor paling nyeleneh dalam kehidupan manusia. Saat senyuman hilang dari wajah maka secara berangsung-angsur kepekaan sosial dalam hidup anda turut menghilang. Masalah keriput berhubungan dengan penuaan dini yang berkontribusi langsung terhadap penggunaan kosmetika yang berlebihan. Adalah lebih baik bagi anda untuk rajin menambahkan garam dalam setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi sebab senyawa ini terbukti membuat anda tetap awet muda.

Manfaat senyuman

Aktivitas ini adalah hal yang lumrah untuk dibicarakan sebab sudah merupakan salah satu bagian dari sikap ramah-tamah berupa: senyum, sapa, salam, terimakasih, tolong, maaf dan menjadi pendengar yang baik. Sekalipun begitu sederhana, ada beberapa manfaat yang terkandung dibalik rutinitas positif ini. Berikut akan kami utarakan beberapa khasiat saat anda tersenyum.

  1. Berbagi kasih.

    Cara yang paling sederhan untuk bersedekah kepada sesama adalah dengan tersenyum. Bahkan ketika anda kebetulan berpapasan dengan dengan orang asing tetap bisa berbagi kebaikan dengan melebarkan sedikit kedua ujung bibir anda. Lakukan kebaikan dalam hidup anda dengan tujuan untuk menyatakan kasih Allah kepada dunia yang telah lebih dahulu anda rasakan.

  2. Tanda kemakmuran.

    Yakin sama kami, bila seseorang yang begitu ramah tidak makan hari ini karena kekurangan makanan pasti tidak bisa senyum. Orang yang sedang di dera masalah pribadi juga kurang bisa memberikan senyuman. Mereka yang hidupnya tidak bisa & tidak pernah bersyukur selama satu hari penuh juga tidak dapat melakukan hal ini. Sebab hanya orang-orang yang hidupnya merasa berkecukupanlah yang mampu melakukan kebiasaan ini. Artinya, sebelum anda merasa cukup terhadap besar-kecilnya hasil usaha hari ini, berat rasanya untuk membagikan senyuman.

  3. Tanda kecerdasan.

    Saat anda berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepadamu, itu hal biasa. Bila anda tersenyum saat orang lain senyum, itu biasa. Tetapi saat anda mampu tetap tersenyum kepada setiap orang yang menatapmu sekalipun ia mengabaikan hal itu baru namanya cerdas.

  4. Tanda kebahagiaan.

    Apakah orang yang tidak pernah pernah senyum mampu berbahagia? Belajarlah dari bayi kecil yang bisa tersenyum saat yang lain bercanda, yang bisa tertawa saat yang lainnya tertawa. Tersenyum sambil bersyukur adalah dua hal sederhana yang bisa membuat hati bahagia sedangkakn orang lain yang melihatnyapun akan menjadi senang.

  5. Tanda kekuatan hati – sabar.

    Bila anda baru pertama kali disakiti orang lain pastilah mukanya langsung cemberut. Tetapi saat sudah terbiasa & pikiran tetap positif saat diabaikan, diusilin dan diganggu orang lain maka anda akan membalas perlakuan buruk itu dengan tersenyum kembali atau mengatakan terimakasih sambil senyum.

  6. Tanda kerendahan hati.

    Jika hendak belajar merendahkan hati maka mulailah melakukannya dengan belajar melebarkan bibir manis anda. Dari banyak situasi yang kami kenal, biasanya orang yang murah senyum adalah rendah hati sedangkan mereka yang agak angkuh biasanya jarang melakukan aktivitas ini.

  7. Siap diuji orang.

    Harap berhati-hati untuk tidak senyum sendiri sedang tidak ada orang di depan anda. Tersenyumlah hanya kepada setiap orang yang menatap anda. Ingat-ingat jugalah bahwa aktivitas ini hanyalah salah satu dari antara tujuh cara ramah tamah yang baik. Artinya, akan terasa tidak lengkap bila yang lainnya tidak dialkukan (sapa, salam, terimakasih, tolong, maaf dan menjadi pendengar yang baik). Melakukan kebaikan ini berarti andapun sudah siap untuk di cobai oleh yang lainnya. Ramah tamah adalah celah sederhana untuk mencobai anda. Akan tetapi bila mampu melihat keadaan ini sebagai sebuah kesempatan untuk belajar cerdas mengendalikan diri niscaya semua itu bisa dilalui dengan sukacita.

Anda butuh energi yang disebut sebagai kebahagiaan untuk menjadi orang yang murah senyum. Bila anda sedang dalam posisi tidak bahagia sebaiknya kurangilah beramah tamah. Ada banyak cara untuk berbahagia tetapi dua yang sejati diantaranya adalah saat pikiran senantiasa fokus kepada Tuhan (dalam doa, firman dan puji-pujian) sekaligus beraktivitas memberi manfaat (berbagi kasih Allah yang telah lebih dahulu anda rasakan) kepada orang lain yang anda temui. Bila anda sudah bahagia maka bagikanlah kebahagiaan itu kepada orang lain (salah satunya) dengan beramah tamah, yakni tersenyum.

Salam santun!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s