17 Manfaat Berpikir Positif Untuk Kesehatan Mental, Fisik & Sosial – Pikiran Baik Sikap Juga Sehat

Manfaat Berpikir Positif Untuk Kesehatan Mental, Fisik & Sosial

Pikiran adalah organ paling sibuk dalam tubuh manusia sebab hampir segala sesuatu yang terjadi diseluruh area badan ini dikontrol oleh pikiran. Jika anda hendak belajar untuk mengendalikan diri maka terlebih dahulu berusahalah mengendalikan pikiran dengan melatih kemampuan berfokus terhadap hal-hal yang baik. Aktivitas ini adalah awal imanmu kepada Sang Pencipta sekaligus sebagai pertanda hubungan yang dekat.

Pernahkah anda bermain puzzle? Entah itu di dunia nyata atau hanya di depan gadget sendiri? Permainan ini cukup sulit bagi yang belum terbiasa seperti kami tidak begitu deman melakukannya. “Pikiran manusia seperti puzzle yang sangat panjang & lebar sehingga kita tidak pernah berhenti untuk melatih, mengasah dan menyusunnya dengan baik dari waktu ke waktu.” Semakin lama anda melatih kemampuan otak (mengupgrade) maka semakin tinggi aktivitasnya sehingga penggambaran, pengertian dan pemahaman anda semakin baik pula. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara membuat otak tetap aktif? Selengkapnya, Faktor yang mempengaruhi kecerdasan manusia.

Memusatkan pikiran kepada Tuhan adalah magnet segala kebaikan

Tidak ada satupun hal yang benar-benar membuat kita semakin dekat dengan kebaikan selain saat pikiran fokus kepada Tuhan. Akan ada begitu banyak kebaikan yang dibukankan/ yang diinspirasikan/ yang dimasukkan dalam pikiran orang-orang yang positif. Ini seperti “Perjalanan melalui jalan besar dimana semuaa simpang mengarah ke sana & dari sana.” Allah kita maha besar, maha mulia dan maha mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Dialah pintu kepada semua solusi dari masalah yang anda hadapi, Dia jugalah pintu dari semua kebaikan sejati yang ada di bumi ini. Jadi ketika anda memuliakan dan membesarkan namanya maka yang lain-lainnya itu akan ditambahkan/ diinspirasikan dalam keseharian anda.

Ada tiga opsi yang sangat ideal saat anda berkeputusan untuk memusatkan pikiran kepada Tuhan, yakni berdoa, mengucapkan/ membaca firman dan memuji-memuliakan nama-Nya. Bukankah firman-Nya berkata demikian :

(Matius 6:33) Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Kami sudah merasakan hal ini, di tengah pergumulan hidup (masalah), tetap memuji-muji Tuhan dan tiba-tiba muncul inspirasi untuk menyelesaikannya (solusi). Di tengah tekanan dan kehampaan hati yang dialami, tetap memuliakan Tuhan dan tanpa terduga hati berbahagia. Saat sedang kecewa tetap fokus kepada Tuhan dan berangsur-angsur kesabaran memenuhi hati ini. Ketika hati tersakiti selalu memusatkan pikiran dalam doa yang penuh rasa syukur dan gundah gulana itupun hilang tanpa jejak. Inilah yang kami maksukan “otak yang positif menghasilkan sikap (lisan & perilaku) dan kebiasaan yang baik pula.

Pikiran positif otomatis bahagia

Kebahagiaan Sejati & Fokus Pikiran Positif

Mengapa berpikir positif itu baik? Karena ada kebahagiaan yang otomatis dibentuk, lahir dan berkembang yang asalnya dari dalam ke luar. Oleh karena, kebiasaan ini berasal dari dalam (dari diri sendiri) berarti sifatnya kekal alias sejati dan sepenuhnya dikendalikan oleh diri sendiri. Anda hanya tinggal mengeluarkan dan mengekpresikannya sehingga nyatalah manfaatnya, tidak hanya bagi diri sendiri melainkan juga bagi orang lain dan lingkungan sekitar.

Berpikir positif erat kaitannya dengan lisan yang terucap dan perilaku  yang luwes-santai. Adalah mustahil untuk memiliki suatu penampilan yang baik jikalau ada yang salah dengan isi otak sendiri. Sadar atau tidak, segala rasa yang anda alami hari lepas hari semuanya itu hasil respon otak terhadap situasi yang sedang berlangsung. Jadi jika pikiran merespon hal-hal buruk menjadi positif niscaya tiada rasa yang menyebabkan sakit hati. Hanya saja beberapa orang “lebih fokus pada indranya, mendengarkan kata orang” sehingga suasana hati menjadi amburadur.

Di tengah masalah sekalipun berusahalah untuk memusatkan pikiran kepada sesuatu yang baik agar kehidupan anda tetap stabil hari lepas hari. Ada banyak pilihan positif yang dapat anda isikan di dalam kepala ini agar tidak mudah terpengaruh: yang pertama-tama adalah fokus Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian; yang kedua : dengan senantiasa belajar dari berbagai hal yang baik di sekitar anda; yang ketiga adalah : dengan selalu memberi kesempatan untuk bekerja dan beraktivitas setiap hari. Fokus Tuhan, belajar dan bekerja merupakan cara yang baik untuk menjadi bahagia di segala waktu. Simak juga, Contoh berpikir positif terhadap diri sendiri.

Manfaat pikiran positif

Setiap perilaku yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. Manusia terdiri dari tiga komponen penting yakni hati, lisan dan perilaku sehari-hari. Pikiran adalah dasar dari kehidupan anda, baik tidaknya bagian ini akan sangat mempengaruhi kehidupan. Saat anda mampu menjaga stabilitas pola pikir tetap pada suasana yang baik sekalipun di tengah tekanan kehidupan. Saat itulah kehidupan anda tetap terjaga stabil sekalipun banyak pengaruh negatif dari luar dan dari dalam.

Berikut ini akan kami tampilkan beberapa khasiat penting di balik aktivitas berpikir positif.

Secara mental

  1. Mendekatkan diri kepada Tuhan.

    Ini adalah salah satu manfaat terdasyat dari aktivitas berpikir positif. Tidak ada sesuatu yang dapat mendekatkan anda kepada Sang Khalik selain mendedikasikan kehidupan untuk selalu memuliakan nama-Nya dalam segala kesempatan yang ada.

  2. Kekuatan hati lebih tangguh.

    Bukan dari otot tetapi kekuatan manusia yang sesungguhnya berasal dari dalam hatinya. Ini kekuatan sejati yang tidak dimiliki oleh semua orang. Hanya mereka yang benar-benar sudah teruji yang mampu memilikinya. Bila anda mampu mempertahankan konsistensi pikiran positif niscaya hal-hal yang kurang berkenan di hati dapat di tahan lebih sabar. Kemampuan ini akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya pengalaman menghadapi masalah yang anda alami hari lepas hari.

  3. Menjadi bahagia.

    Bahagia adalah kemampuan untuk menjaga konsentrasi pikiran di tengah situasi sulit yang sedang berlangsung. Mampu untuk mempertahankan konsentrasi di tengah kekacauan adalah salah satu syarat penting untuk selalu menjadi pribadi yang bahagia hari lepas hari. Salah satu fokus pikiran yang selalu mendatangkan kebahagiaan adalah saat anda selalu bernyanyi di dalam hati untuk memuliakan nama Tuhan hari lepas hari.

  4. Mempertemukan kita dengan hal-hal yang baik lainnya.

    Pikiran positif bagaikan energi yang akan terus membuat anda menjadi pribadi yang berbahagia. Inilah yang akan menjadi lahan yang bagus untuk beroleh inspirasi tentang kebaikan-kebaikan apa saja yang dapat anda lakukan di hari ini.

  5. Mempertemukan anda dengan solusi.

    Terlalu fokus pada masalah yang kita hadapi membuat pikiran kacau, gundah-gulana dan kekuatiran meradang. Oleh karena itu, daripada bersusah hati memikirkan pergumulan hidup, alangkah lebih baik jika memelihara pemikiran positif, yaitu dengan senantiasa memuji-memuliakan Allah di segala waktu. Alhasil, cepat ataupun lambat akan muncul inspirasi tentang solusi persoalan yang sedang dihadapi.

  6. Memampukan kita untuk melihat masalah sebagai peluang.

    Daripada bersusah hati memikirkan berbagai-bagai persoalan tersebut, alangkah lebih baik jikalau melihatnya dari sudut pandang yang positif. Misalnya tidak menganggap masalah sebagai hambatan tetapi tantangan untuk di taklukkan. Tidak menjauhkan/ melarikan diri dari masalah sebab ini adalah kesempatan untuk melatih kemampuan mengendalikan diri.

  7. Membatasi dari imajinasi yang liar.

    Bila kemampuan otak anda telah diupgrade sedemikian rupa hingga mencapai tingkat kecerdasan yang lebih baik, kecenderungan memiliki imajinasi yang liar juga semakin besar saja. Imajinasi bermanfaat hanya bila mampu ditransformasikan dalam bentuk karya seni (misal puisi, pantun, carpen, novel, roman, lagu, lukisan dan seni rupa lainnya). Khayalan yang tidak baik biasanya membawa seseorang dalam ketakutan, kekuatiran, kegalauan, kesedihan dan berbagai-bagai energi negatif lainnya akan memasuki kehidupan anda hanya karena pikiran yang melayang-layang. Tetapi ketika anda mampu menenangkan otak yang cerdas dengan senantiasa mengarahkan fokus kepada hal positif dimana pilihan terbaik terletak saat selalu memuji-memuliakan nama Tuhan dalam segala kesempatan yang tersedia.

  8. Tidak mudah stres

    Saat anda mampu memelihara pikiran sehingga selalu positif maka suasana hatipun tidak mudah keruh. Sekalipun ada orang lain yang mencoba menggoyahkan kehidupan anda bahkan terkesan ingin melemahkan dan menjatuhkan niscaya hal-hal tersebut dapat diantisipasi. Proses ini juga sangat tergantung dengan pengalaman sehari-hari. Kemampuan untuk belajar dari keadaan yang pernah membuat anda jatuh adalah salah satu pelajaran yang berharga. Oleh karena itu, jangan pernah menganggap hari sial anda selalu buruk sebab ada banyak pelajaran berharga dari semua peristiwa tersebut.

    Manfaat dari aspek sosial.

  9. Dijauhkan dari hawa nafsu sesat dan berlebihan.

    Hati manusia selalu penuh dengan hawa nafsu, hanya masalahnya adalah, “Sudahkah ia mampu mengendalikannya?” Bila anda mampu menjaga perputaran dan pergerakan pola pikir tetap positif maka ada kecenderungan untuk tidak mudah terpengaruh oleh berbagai-bagai hasutan dan provokasi yang tidak jelas. Salah satu kemampuannya yang terbaik yaitu sanggup mengendalikan kesombongan, iri hati/ cemburu buta, nafsu seks dan lain sebagainya

  10. Dijauhkan dari kebinatangan.

    Bila anda adalah orang yang sangat pendendam, penuh kebencian dan amarah; alangkah lebih baik jikalau berlatih untuk melupakan masa lalu dan maafkan setiap yang terlibat  dalamnya. Saat perputaran mindset anda tetap positif maka hal-hal di atas (kebencian, dendam, amarah dan kekerasan) akan ditekan dan dikendalikan dari dalam sehingga kehidupan anda tetap baik hari demi hari.

  11. Dijauhkan dari aksi kriminalitas/ kejahatan lainnya.

    Jahat itu manusiawi tetapi saat anda berpikir positif maka hal-hal yang jahat ini akan ditekan, dilemahkan, dikikis bahkan dihancurkan dari dalam hati sendiri. Pikiran yang selalu tertuju kepada hal-hal yang baik akan menjadi penghalang sehingga anda tidak mudah terprovokasi oleh perilaku orang lain dan lingkungan sekitar.

  12. Memudahkan kita untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain.

    Penting banget untuk selalu berpikiran positif di segala waktu. Kita berada di dunia yang fluktuatif dimana teman-teman kitapun kadang memiliki sikap yang tidak stabil. Ekspresi mereka tidak konsisten sehingga muncullah anomali kepribadian yang kadang membuat kita tidak mengerti mengapa mereka bersikap demikian. Di tengah-tengah anomali inilah dibutuhkan langkah bepikir positif lalu menganggap mereka sedang bad mood karena masalah pribadi, mudah emosian karena masalah keluarga, selalu cemberut karena anak yang tidak bisa diatur dan lain sebagainya. Jika mampu menempatkan mindset sepositif mungkin maka kita tidak akan mudah suudzon memandang perilaku aneh teman-teman sendiri sehingga hubungan dengan merekapun tetap langgeng.

  13. Mampu menyesuaikan diri lebih baik.

    Kemampuan untuk menyesuaikan diri diawali dari penerimaan otak terhadap segala sesuatu yang telah terjadi. Orang yang berpikiran positif akan lebih mudah memiliki sudut pandang yang baik terhadap situasi yang sedang berlangsung sehingga keadaan tersebut bisa ditanggapi dengan tenang dan santai. Biasanya mereka yang berpikiran negatif selalu mencari-cari alibi atau mencari-cari pelarian karena tidak mampu menerima kenyataan yang sedang berlangsung.

  14. Memperlancar penyelesaian masalah dengan sesama.

    Saat pikiran tetap positif di tengah situasi yang buruk niscaya kita mampu menjaga sikap walaupun ada banyak gangguan, godaan bahkan tekanan yang datang. Saat orang yang mampu memiliki pandangan positif terhadap kehidupan mengalami masalah maka biasanya responnya yang berlebihan sangat minim. Sedangkan saat bermasalah dengan orang-orang yang berpikiran negatif niscaya akan ada banyak ekpresi yang sebenarnya tidak diperlukan tetapi dipertontonkannya sehingga cenderung membuat masalah semakin rumit saja.

  15. Puncak kebermanfaatan pikiran positif – MENGASIHI MUSUH

    Bila anda sudah mengadopsi cara berpikir positif sejak lama tetapi masih belum bisa memaafkan musuh-musuh sendiri berarti kemampuan itu belum berkembang pesat. Bila kemampuan anda untuk tetap positif di segala keadaan sudah berada dalam level yang lebih baik maka mereka yang suka jahil, usil dan mengganggu itu dapat anda maafkan bahkan komunikasi yang baikpun selalu ada (setidak-tidaknya ramah tamah). Mengasihi musuh disebut juga sebagai level kebaikan tertinggi dari seorang manusia.

    Manfaat bagi kesehatan fisik

  16. Meningkatkan kecerdasan bahkan menjadi bijak.

    Tahukah anda bahwa tingkat aktivitas seseorang sangat menentukan kecerdasannya. Ada tiga aktivitas yang umum dalam hidup manusia yakni pikiran, perkataan dan perbuatan. Berpikir positif berarti selalu berupaya agar pikiran selalu beraktivitas sehingga lama kelamaan kebiasaan ini dapat meningkatkan kecerdasan anda.

    Salah satu aktivitas pikiran positif yang baik adalah saat anda selalu memiliki waktu untuk mempelajari kejadian yang telah terjadi untuk diambil kesimpulan dan hikmah dari setiap persoalan yang ada.

  17. Membantu menjaga kesehatan fisik.

    Pikiran yang sehat cenderung membuat fisik juga sehat. Sebab segala macam pengaturan enzim dan hormon di dalam tubuh pusatnya di otak. Ketika pikiran negatif menguasai anda maka kecenderungan untuk mengalami kekacauan mindset lebih besar sehingga berakibat pada gangguan mikro di dalam otak. Gangguan enzim dan gangguan hormon yang asalnya dari dalam otak adalah awal dari berbagai-bagai macam penyakit metabolis misalnya kolesterol tinggi, gula, darah tinggi dan lain sebagainya.

Pikiran positif itu seperti rel kereta api, sebuah pola berpikir yang telah terbentuk dari kebiasaan yang ada tekuni selama ini. Jika rel kereta api anda baik maka jauh-dekatnya perjalanan, tinggi rendahnya tempat yang dituju, gelap tidaknya perjalanan yang di tempuh tidak akan mampu menekan, melemahkan apalagi menghancurkan hidup ini. Semakin stabil pikiran maka semakin stabil juga perkataan dan perilaku anda dimana tidak seperti dunia ini yang cenderung fluktuatif dan inkonsisten. Salah satu stabilitas tertinggi yang mampu mengendalikan pikiran adalah saat selalu terhubung dengan Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian! Simak juga, Cara memusatkan hidup kepada Tuhan.

Salam, positifkan dari sekarang!

Iklan

3 comments

  1. […] Semakin banyak problematika kehidupan yang anda alami maka semakin luas pula pengalaman anda untuk membuat pikiran tetap positif. Apapun pergumulan hidup yang diijinkan Tuhan terjadi dalam setiap hari yang anda lalui –  Jangan pernah benci masalah. Melainkan pandanglah itu sebagai sebuah kesempatan untuk melatih kemampuan berkonsentrasi sekaligus melatih kamampuan mengendalikan diri. Dibalik semua persoalan yang anda hadapi, milikilah tujuan yang benar dalam hati. Ini akan menjadi pondasi yang kuat dalam keseharianmu : berfokuslah kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian (terfavorit) dan di dalam kesempatan yang mungkin berbagilah kepada sesama untuk menyatakan kasih Allah kepada dunia yang telah lebih dahulu anda terima. Lanjutkan baca, Manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental. […]

    Suka

  2. […] Jumlah aktivitas yang anda lakukan sehari-hari setara dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki. Semakin banyak berpikir, semakin banyak bicara, semakin banyak bekerja maka semakin pintarlah dirimu. Sayang, kepintaran yang tidak stabil akan membuatmu susah tidur setiap malam, hawa nafsu sesat juga aneh, sisi kebinatangan sering keluar dan kejahatan lainnya termuat dalam sikap sehari-hari. Oleh karena itu, selalu pusatkan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian (terfavorit) dalam kesempatan yang tersedia niscaya jalan pikiran anda selalu baik & benar adanya. Simak juga, Manfaat pikiran positif hari lepas hari. […]

    Suka

  3. Great post. I used to be checking continuously this weblog and I am impressed!
    Very useful information specially the ultimate part 🙂 I handle such info much.

    I was seeking this particular info for a very long time. Thanks and best of
    luck.

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s