10 Manfaat Penyakit Bagi Tubuh – Saat Sakit Tidak Selalu Buruk

Manfaat Penyakit Bagi Tubuh - Sakit Tidak Selalu Buruk

Penyakit adalah serangan mikroorganisme atau benda asing lainnya yang tidak mampu diimbangi kekuatannya oleh tubuh (khususnya sistem imun). Saat anda sakit, itu berarti kondisi anda sangat rentan dan makhluk-makhluk kecil mungil yang lebih kecil ukurannya dibandingkan binatang buas di padang adalah lebih kuat darimu. Ini keadaan yang cukup mencengangkan sebab tidak seharusnya kita yang berotot, bertulang dan cerdas dikalahkan oleh sesuatu yang tidak terlihat.

Bisa dikatakan bahwa musuh terbesar manusia setelah dirinya sendiri adalah kuman penyakit. Jika kita tidak tahu triknya untuk tampil menjaga kesehatan niscaya bukan lawan/ orang lain yang akan menjatuhkanmu melainkan hal-hal yang dianggap sepele dan lebih banyak diabaikan selama inilah yang merumahkan anda. Oleh karena itu, jangan terlalu sepele dengan hal-hal yang dianggap kecil-mudah, sebab banyak orang yang jatuh di sana.

Beberapa orang menjadi sakit disebabkan oleh kesalahan sendiri karena tidak mampu mengontrol hawa nafsu. Keadaan semacam ini disebut juga sebagai penyakit metabolis. Saat zat-zat makanan yang seharusnya menjadi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral menjadi racun yang menyerang balik. Keadaan semacam ini lebih ditimbulkan oleh kebiasaan seseorang mengkonsumsi makanan/ minuman tertentu secara berlebihan.

Ada juga yang namanya penyakit keturunan, yaitu keadaan merugikan yang diawali oleh faktor keturunan. Biasanya jenis ini berikatan dengan gen tertentu, ada yang berikatan dengan gen tubuh dan ada pula yang berikatan dengan gen seks. Jenis ini lebih cenderung tidak bisa disembuhkan bahkan diantaranya terjadi kematian setelah beberapa hari kelahiran. Teknologi medis hanya mampu mengurangi gejala yang timbul untuk memperlambat memburuknya kondisi pasien.

Setiap penyakit pada akhirnya membuat penderitanya kehilangan kendali atas tubuhnya sendiri hingga terjadi proses penghancuran sel demi sel. Apabila proses penghancuran ini terlokalisir pada organ tertentu maka akan dinamai sesuai dengan lokasinya. Misalnya untuk virus yang merusak hati maka disebut penyakit hati. Biasanya waktu yang dibutuhkan hingga suatu penyakit menyebabkan kematian sangat tergantung dari daya tahan tubuh pasien. Tetapi beberapa penyakit juga terbukti pergerakannya lambat, seperti HIV/ AIDS yang membutuhkan waktu menahun hingga dapat di deteksi oleh tenaga medis.

Manfaat mengidap penyakit tertentu

Tidak ada seorangpun dari kita yang mengehendaki agar dirinya sakit, kami dan andapun pasti demikian. Menjadi orang yang penyakitan menyita banyak waktu dan materi dalam penanganannya. Ulasan yang kami berikan berikut ini setidaknya dapat mengurangi kekuatiran anda saat diri sendiri dan keluarga jatuh sakit. Kaya yakin bahwa segala sesuatu di dunia ini dapat membawa dampak positif bagi kehidupan.

Semua hal yang terjadi di dunia ini jikalau dapat dilihat dari sudut pandang (persepsi) positif niscaya akan ditemukan berbagai manfaat yang muncul tanpa kita sadari. Faedah ini sebenarnya telah kita rasakan bersama hanya saja terkadang tidak menyadari hal tersebut. Berikut beberapa manfaat ketika anda sakit, baik yang bersifat kronis maupun akut.

  1. Lebih dekat kepada Tuhan.

    Sebagai seseorang yang percaya akan kehadiran Sang Pencipta, saat sakit, biasanya laporan pertama kali akan disampaikan kepada Tuhan. Pertolongan dari-Nya memang nyata dan lebih tertuju kepada bantuan yang bersifat emosional.

    Saat kami menghadapi penyakit, pencerahan pertama yang diberikan Tuhan adalah herbal ajaib (bawang merah, bawang putih, jahe). Pencerahan ke dua yang kami peroleh dalam perjalanan yang menyakitkan adalah buah ajaib (jeruk nipis) dan yang paling terakhir adalah mineral ajaib (garam). Pada awalnya semua ini adalah inspirasi yang datangnya dari atas sembari belajar menyembuhkan diri sendiri.

  2. Panjang sabar – tabah menjalani hidup.

    Mereka yang biasanya mengidap penyakit tertentu belajar lebih sabar dan tenang di segala situasi. Apa yang mereka alami telah sangat mengji kekuatannya untuk bertahan dari rasa sakit yang timbul. Kemampuan untuk menahan kesakitan yang datangnya dari dalam melatih kita untuk bertahan dan terbiasa dengan penderitaan yang datangnya dari luar.

  3. Diberi kemampuan untuk mengendalikan keinginan sesat.

    Keterbatasan yang kita miliki memaksa diri ini untuk lebih keras terhadap diri sendiri. Tidak ingin lagi jatuh dalam masalah-masalah yang lain maka niat untuk membatasi hawa nafsu yang sesat lebih kuat. Bila bagi orang sehat merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, nyabu, ganja dan seks bebas adalah sesuatu yang patut dicoba-coba. Tetapi biasanya mereka yang penyakitan tidak mau lagi ambil resiko yang lebih buruk (membuat masalah baru) sehingga lebih waspada dan enggan untuk menyentuh barang-barang haram semacam itu.

  4. Lebih dekat dengan keluarga.

    Satu hal yang anda alami ketika sedang sakit adalah “menjadi anak rumahan.” Ini memang sebuah kerugian sekaligus sebagai keuntungan sebab penyakit yang dialami membuat kaki kita tidak bisa melangkah lebih jauh dan lebih lama dari rumah. Sisi baiknya jadi lebih banyak waktu dengan orang tua dan saudar di rumah. Buruk karena kurang dipercaya untuk hangout dalam perjalanan jauh.

  5. Lebih fokus pada diri sendiri dan bakat yang dimiliki.

    Tuhan itu adil. Tidak ada kelemahan tanpa kelebihan tetapi dimana ada kelemahan maka disitu ada kelebihan. Jikalau anda mampu memberi waktu lebih untuk merenung dan fokus pada diri sendiri, mengembangkan kecerdasan (dengan banyak membaca), menumbuhkan hikmat (saat dekat kepada Tuhan) dan melatih potensi yang sudah ada secara default di dalam diri masing-masing.

  6. Lebih hati-hati dalam memilih makanan dan minuman.

    Tidak enak menjadi orang yang sakit-sakitan. Oleh karena itu, apapun saran medis dan para medis yang diterima akan diikuti dengan seksama. Salah satu yang kita sortir dengan rapih adalah makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Aktivitas ini akan lebih terperinci saat ada tujuan untuk membuat penampilan menjadi ramping (seksi). Bagi mereka yang menderita penyakit metabolisme yang sifatnya kronis juga akan menerapkan beberapa pantangan dalam makanan dan minuman.

  7. Belajar menerima kelemahan orang lain – bijak menjalani hidup.

    Sadar atau tidak, yang namanya manusia sempurna itu tidak ada. Hanya tokoh-tokoh fiks dan imajinatif saja yang mungkin bisa menjadi sempurna dalam dunianya sendiri. Hidup ini penuh kelemahan dan khilaf. Mampu menerima kelemahan sendiri juga membawa kita dalam pengertian untuk dimampukan menerima kelemahan orang lain. Jika anda cerdas maka dalam kelemahanpun bahagia itu tetap ada.

    Demikian juga saat anda menyaksikan beberapa kekhilafan di depan umum, bisa menahan diri untuk tidak menanggapinya secara berlebihan. Biasanya orang yang tertawa saat beberapa teman lain melakukan kekhilafan adalah mereka yang tidak merasa tidak punya kelemahan alias merasa diri sempurna.

  8. Melatih daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

    Kecuali untuk penyakit metabolisme. Saat anda terpapar oleh virus, bakteri dan jamur maka biasanya daya tahan tubuh akan belajar untuk bertahan. Ini adalah latihan bagi sistem imun untuk belajar menjadi lebih baik lagi dalam menangani kuman penyakit yang datangnya dari luar.

    Jadi, kenyataan ini mengajarkan kita untuk tidak takut sakit. Bahkan ketika buah hati anda tidak sehat karena beberapa gejala flu, batuk, demam dan lain-lain, tetap yakinkan diri bahwa semuanya itu akan membuatnya lebih kuat. Jadi, binatang buas yang sangat mikro ini tidak hanya membuat anda dan keluarga lebih kuat secara mental melainkan juga lebih kuat secara fisik. Inilah yang dimaksud dengan belajar itu bisa bersumber dari mana saja.

  9. Dapat kunjungan dan parcel dari rekan.

    Kunjungan yang kami maksudkan disini adalah saat sakit beberapa kerabat dekat akan mendatangi dan menjenguk sembari membawa bunga atau mungkin beberapa buah juga. Ini adalah sebagai rasa solidaritas antar sesama. Kunjungan semacam ini akan anda terima tidak lama setelah penyakit memberangus dan melemahkan fisik ini. Biasanya orang yang datang akan semakin banyak ketika derajat penyakit yang dideritapun semakin tinggi. Sedang saat penyakitnya ringan, beberapa orang hanya menyampaikan lewat telepon agar anda “beristerahat sejenak dan meninggalkan rutinitas.”

  10. Momen yang tepat untuk berdamai dan maaf-maafan.

    Terkadang kita jatuh sakit lalu menyadari bahwa selama ini telah menyakiti beberapa orang baik secara sengaja mapun tidak sengaja. Begitu anda mengingat hal ini maka segeralah meminta maaf kepada siapa anda berbuat salah. Setidaknya anda bisa menelpon-nya atau membuat paragraf permintaan maaf lewat sms, chat, wa, surei dan lain sebagainya. Ingatlah bahwa desakan semacam ini lebih baik dilakukan segera sebab rasa bersalah itu nanti akan basi dan lenyap di makan waktu. Jadi lakukanlah selagi masih panas-panas. Simak, Tips memaafkan seseorang

Apapun yang terjadi dalam hidup ini, jika anda memiliki iman maka hal-hal tersebut akan dapat dipandang dalam sudut pandang yang positif. Bahkan ketika situasi yang terjadi merugikan diri sendiri tetap bisa dilihat sebagai sesuatu yang mendatangkan sukacita tersendiri. Oleh karena itu, belajarlah mengembangkan sudut pandang anda agar opini/ pendapat yang keluar dari dalam dirimu tidak melulu melemahkan dan menekan sesama melainkan lebih kepada menambah semangat dan menghibur orang lain.

Salam sehat itu murah!

Iklan

One comment

  1. Hey There. I found your blog using msn. This is a really well written article. I’ll be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I will definitely return.

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s