11 Cara Bernyanyi Kreatif Dimanapun, Kapanpun Dan Bagaimanapun Keadaan Anda Menyanyi Untuk Bahagia

Cara Bernyanyi Kreatif Dimanapun, Kapanpun Dan Bagaimanapun Keadaan Anda Menyanyi Untuk Bahagia

Kristen Sejati – Alur pikiran manusia berbeda-beda satu-sama lain. Setiap alur menghasilkan pergerakan yang beriringan satu sama lain dengan gelombang sederhana yang teratur sehingga dapat dipadukan dengan lantunan alat musik atau lagu tertentu. Saat anda bisa bernyanyi di segala waktu maka saat itu jugalah diri ini mampu menyesuaikan nada-nada yang keluar dengan irama otak. Masing-masing orang selalu saja memiliki nada-nada khas yang sangat digemari dan sering di nyanyikannya.

Bernyanyi tidak asal menggerakkan bibir tetapi melatih kemampuan otak sekaligus membuat pikiran ini sibuk pada hal-hal positif. Melantunkan sebuah lagu bukan sekedar bersair tetapi berupaya agar semuanya penuh makna karena kita bukan untuk diri sendiri, bukan pula untuk orang lain melainkan hanya untuk Tuhan semata. Ada baiknya jika setiap suara merdu yang keluar dari diri ini tidak sia-sia saja melainkan bisa membawa faedah bukan saja untuk kehidupan sekarang melainkan untuk kehidupan yang akan datang di sorga yang kekal.

Tahukah anda bahwa saat bernyanyi maka sudah otomatis hati menjadi bahagia dibuatnya? Ini adalah suatu aktifitas yang manfaatnya setara dengan paket kombo. Dari sekian banyak faedah yang diberikannya salah satunya adalah membuat hati bergembira, bersukacita dan berbahagia disegala waktu yang dijalani. Anda tidak lagi terlalu ketergantungan dengan materi karena telah menjadi faktor yang kesekian sehingga tergolong sebagai pelengkap. Jadi, daripada hati ini sedih terus, galau lagi, kuatir selalu maka alangkah lebih baik jikalau hatimu senantiasa menyanyikan puji-pujian bagi Allah kita.

Ketika anda sedang bernyanyi maka segala hawa nafsu akan diikat. Manfaat kombo selanjutnya adalah termasuk dalam ranah pengendalian diri. Bagaimana cara mengendalikan diri? Salah satunya dengan senantiasa menyanyi memuliakan Allah. Aktivitas semacam ini akan membuat suasana hati & pikiranmu lebih positif dan hidup. Saat tingkat kesadaran menjadi lebih baik maka aura positif didalamnya akan menyebar ke segala arah termasuk dalam hal ini adalah menetralisir berbagai aura negatif, salah satunya adalah hawa nafsu yang sesat.

Faedah selanjutnya yang dapat anda rasakan dari kebiasaan ini adalah membuat hati tenang dan penuh kelegaan di tengah sulitnya situasi. Kita sadar betul bahwa dunia ini tidak diciptakan hanya untuk diri sendiri melainkan semua yang ada diciptakan untuk kepentingan bersama dan diatas semuanya itu adalah demi memuliakan nama Tuhan Allah kita di segala waktu. Tidak semua situasi yang kita hadapi sesuai dengan harapan dan keinginan pribadi. Terkadang diri ini diperhadapkan dengan situasi yang sulit dan tidak terduga sebelumnya. Salah satu cara untuk menenangkan diri dari ketegangan ini adalah dengan senantiasa bernyanyi di segala waktu yang dilalui.

Saat kita bernyanyi memuliakan Allah maka hati ini akan dipuaskan bahkan ketika menyanyi menggunakan bibir ini maka orang yang mendengarkannyapun akan turut berbahagia bahkan melakukan hal yang sama. Jadi bisa dikatakan bahwa bernyanyi adalah aktivitas yang membuat manusia satu dengan yang lainnya terhubung satu sama lain. Dari sinilah akan terbukti firman yang mengatakan :

(Yohanes 4:14) tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”

Jadi saat hatimu selalu fokus kepada Tuhan sambil bernyanyi-nyanyi memuji dan memuliakan nama-Nya (tujuan utama) maka tepat saat itulah kebahagiaan akan terus ada di dalam hati ini bahkan kita mampu memancarkannya ke luar dalam sikap yang sopan dan santun dengan begitu kita dimampukan untuk menghargai sekaligus berbuat baik kepada orang lain (tujuan kedua). Bahkan sekalipun kita berada di tengah tekanan dan situasi yang pelik rasa bahagia itu akan tetap terpancar dari dalam hatimu dan membuat diri ini tetap damai dan penuh kelegaan.

Memusatkan pikiran kepada Tuhan adalah satu dari dua hal yang menjadi tujuan hidup manusia di bumi ini. Sedangkan point ke dua dari dua tujuan hidup kita selama di dunia ini adalah menjadi berkat (berbagi kasih, bermanfaat)  bagi orang lain.

Cara bernyanyi kreatif yang out of box

Ada secercah rasa puas saat kita bisa mempreteli berbagai-bagai lagu untuk dijadikan sebagai lagu rohani karya pribadi (bukan untuk dikomersialkan). Sebenarnya semua orang bisa melakukan hal ini karena kita punya otak yang sama tetapi perbedaannya terletak pada (a) fokus kehidupan masing-masing dan (b) seberapa aktif anda berpikir. Ini seperti mengubah sesuatu sesuai dengan selera kita sendiri sehingga secara tidak langsung melatih ketajaman dan kreativitas otak. Berikut ini akan kami utarakan beberapa cara untuk bernyanyi secara kreatif sehingga dapat mengubah suasana hati anda.

  1. Fokus Tuhan di segala waktu.

    Anda harus menjadikan Tuhan sebagai sahabat terbaik disisimu, tempat kamu mengadu, tempat kamu curhat dan membuka segala unek-unek di dalam hati, seolah-olah Dia berada tepat di dekatmu. Latihlah dirimu untuk selalu fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Ini sekaligus sebagai salah satu cara untuk melatih kecerdasan dan kesadaran di dalam otak anda.

    Dengan melakukan hal ini juga dapat meningkatkan rasa cinta anda kepada Sang Pencipta. Terutama ketika di dalam dunia ini tidak ada siapa-siapa yang anda cintai maka Tuhanlah yang menjadi cinta sejatimu, tempat kamu berseru dan mengadu hanya kepadanya. Hidup yang selalu memuliakan Allah adalah satu dari dua hal yang menjadi tujuan utama kehidupan manusia di bumi ini.

    Tolong jangan berharap bahwa Tuhan yang ada disisimu hanya mengasihimu seorang. Melainkan Ia juga mengasihi orang lain dalam hidupmu. Oleh karena itu kasihilah sesama seperti dirimu sendiri (perhatikan poin ke 2).

  2. Mampu berbagi kasih dengan orang lain.

    Tahukah anda apa perbedaan antara manusia dan hewan? Salah satu perbedaan yang mencolok itu adalah hewan hanya berbuat baik kepada hewan laiinnya di bawah perintahnya (misalnya anak-anaknya) sedangkan mereka cenderung berperilaku buruk, melawan dan bertengkar kepada hewan lainnya yang sama atau lebih kecil darinya.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa anda baru dapat membagikan kebahagiaan jikalau mampu menemukan air hidup itu meluap dari dalam hatimu lalu terpancar ke luar. Mustahil anda berbuat baik tetapi hati ini tidak bahagia yang ada ialah itu dilakukan karena terpaksa. Jadi ketika rasa bahagia sudah ada di dalam hati maka pikiran anda lebih cerdas, sikap lebih sopan dan santun juga ramah kepada orang lain.

  3. Mendengarkan lebih banyak lagu-lagu rohani.

    Harap di ketahui bahwa di Surga kelak satu-satunya yang menjadi miliki paling berharga dalam hidup kita adalah memiliki Tuhan. Pekerjaan orang benar yang diijinkan untuk masuk surga adalah memuji dan memuliakan nama Tuhan. Jika kelak hati ini terpuaskan hanya dengan bernyanyi maka bukan mustahil keadaan inipun akan sama halnya saat kita masih hidup di dunia. Inilah juga yang menjadi salah satu faktor mengapa saat kita bernyanyi hati menjadi bahagia seolah-olah rasa itu meluap dari dalam hati lalu terpancar ke luar dalam bentuk attitude yang sopan, santun dan ramah kepada sesama.

    Tambah koleksi lagu rohani anda lalu hafalkan lagu-lagu yang ada disana, dengarkan lagu tersebut dimanapun berada bahkan sesaat menjelang tidurpun putarkan itu kawan!

    Andapun dapat mendengarkan berbagai referensi lagu-lagu baru dengan mengikuti berbagai-bagai pertemuan/ persekutuan rohani yang diadakan di lingkungan gereja anda. Orang bisa jadi memiliki lagu-lagu rohani yang unik untuk dibagikan di sana terlebih ketika dalam persekutuan tersebut ada sesi latihan paduan suara/ koor/ vocal grup untuk di tampilkan di acara kebaktian kelak.

  4. Improvisasi lagu tahap I.

    Pernahkan anda mendengarkan paduan suara alias koor di beberapa pertemuan/ persekutuan? Perlu sering-sering mengikuti latihan koor/ vocal group/ paduan suara di sekitar lingkungan tempat tinggal anda. Di dalam satu lagu tersebut ada banyak macam jenis suara yang dikeluarkan dimana rata-rata berupa suara I, II, III dan IV. Teknik dasar untuk mempu mengimprovisasi lagu adalah ketika anda mampu menirukan masing-masing dari suara-suara tersebut. Walau tidak begitu mahir namun anda harus mampu menirukan suara I, suara II, suara III dan suara IV sebab kemampuan semacam ini adalah tahapan paling awal untuk menciptakan sebuah improvisasi.

    Pada awalnya improvisasi ini hanyalah menyangkut perbedaan tinggi suara dan panjang nada setiap kali sebuah lagu dinyanyikan.

  5. Improvisasi lagu tahap II.

    Terkadang kita menyanyikan sebuah lagu secara tiba-tiba tanpa menyadari dari mana jelasnya lagu itu terhafal. Kami sendiripun lebih banyak mengingat lagu-lagu yang dahulu trend saat diri ini masih remaja (masih anak sekolahan, SMA). Otak kita bisa bernyanyi secara otomatis lalu lagu-lagu tertentu dinyanyikan bahkan bibir, kaki dan tangan kitapun ikut bergerak.Bila yang tiba-tiba muncul adalah lagu rohani maka tidak masalah akan tetapi banyak pengalaman kami dimana yang muncul adalah lagu-lagu pop dan slow rock populer milik band papan atas atau lagu-lagu daerah yang populer di zaman tertentu.

    Yang perlu anda lakukan adalah mengubah syairnya menggunakan kosa kata yang sederhana. Gunakanlah terlebih dahulu dua kosa kata seperti “Haleluya” dan “amin”.

    Atau bisa juga….

    Ini hanya soal mengucapkan satu kata dalam satu ketuk, mungkin juga dua ketuk, tiga ketuk dan seterusnya. Inilah teknik yang perlu dilatih, yakni kata-kata yang biasanya habis terucap dalam 3 ketuk dipadatkan hingga terucap dalam satu ketuk saja atau sebaliknya kata-kata yang terucap dalam dua ketuk bisa dibawakan hingga 3 – 4 ketuk. Teknik melakukan hal inilah yang akan membuat kata-kata (syair baru yang rohani) anda bisa dimasukkan dalam melodi (musik) apapun.

    Berikutnya adalah dengan menyebutkan apa saja yang ada di dalam pikiranmu tentang Tuhan, biarlah semuanya itu keluar seperti air yang mengalir.

    Atau bisa juga….

    Lakukanlah hal ini sesering mungkin hingga terbiasa. Jika sudah terbiasa dengan dua suku kata maka tambah lagi suku katanya hingga tiga suku kata bahkan empat, lima, enam dan seterusnya.

  6. Berkreasi membuat lagu sendiri.

    Biasanya jikalau otak anda sudah dilatih untuk fokus pada satu hal secara terus-menerus dalam waktu yang cukup lama maka ia bisa berkreasi sendiri dan membuat sesuatu yang sifatnya lebih rumit dari hasil improvisasi sebelumnya. Ini bisa jadi sebagai salah satu lagu baru untuk menghibur diri.

    Jikalau anda sudah sampai pada tahapan ini maka benarlah kata Raja Daud dalam Mazmur 33:3 yang berkata demikian : Nyanyikanlah bagi-Nya nyanyian baru; petiklah kecapi baik-baik dengan sorak-sorai! Pada tahapan ini anda akan dimampukan untuk menyanyikan nyanyian yang baru hari lepas hari.

    Ini hanya sampel lagu dan anda kemungkinan besar bisa membuat lagu yang lebih baik dari yang kami buat di sini. Semuanya akan meningkat seiring berjalannya waktu.

    Syarat dan ketentuan yang berlaku.

  7. Lakukanlah dengan santai dan nikmatilah keindahannya.

    Santai saja dalam hidup ini, bila anda masih belum bisa melakukannya jangan lantas menyerah, nyanyikan saja lagu-lagu yang sudah ada yang dilantunkan oleh orang-orang populer. Cintailah apa yang anda lakukan dan lakukan apa yang anda cintai, dengan demikian semua momen tersebut dapat diresapi dan dinikmati sepenuhnya.

  8. Biarlah semuanya itu mengalir, apa adanya.

    Tidak perlu memaksakan diri untuk menyanyikan nyanyian baru bagi Tuhan sebab ini butuh waktu dan fokus berpikir yang lebih intens (jam terbang yang lebih banyak). Terus berlatih agar otak terus berkembang dan kemampuan berpikir juga semakin baik hari lepas hari.

  9. Jaga perasaan anda agar tidak sampai melakukannya secara berlebihan yang lebih dekat kepada kesombongan.

    Melakukan sesuatu tanpa manfaat yang jelas, memboroskan sumber daya tanpa tujuan yang tepat adalah beberapa hal yang berlebihan. Keadaan ini lebih dekat kepada sifat mubazir dimana sesuatu terkesan lebay dan tidak penting untuk dilakukan. Yang ada malah mengganggu dan menyusahkan orang lain saja. Pastikan anda melakukannya dengan penuh kerendahan hati dan waspadailah kesombongan.

  10. Lakukan dengan setulus hati tanpa pamrih (motif uang, popularitas, pujian dan lain-lain).

    Hindari sikap “ada udang di balik batu”. Lakukan semua itu dengan ikhlas, bukankah anda menyanyikan lagu pujian untuk Tuhan? Jadi buat apa mencari pengakuan dari orang lain. Bernyanyilah tanpa harus menginginkan/ menuntut agar dihargai atau dipuji atau dihargai atau demi popularitas semata. Tujukanlah semuanya itu untuk kemuliaan nama Tuhan dimana pahalanya bukan diterima sekarang melainkan diakhirat kelak (harta di Sorga).

  11. Terus lakukan dengan konsisten hingga menjadi budaya yang mendatangkan kebahagiaan.

    Anda perlu sabar, tekun dan penuh kerja keras untuk melakukan hal-hal ini. Tetaplah semangat sekalipun tidak ada orang yang memperhatikan sebab Tuhanlah yang memperhatikanmu. Tekuni aktivitas ini dan aktivitas positif (baik) lainnya secara terus menerus hingga menjadi suatu kebiasaan yang sulit ditinggalkan dan terjadi secara otomatis. Alhasil jikalau kebiasaan ini terus dilakukan secara konsisten maka suatu saat nanti (mungkin berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun kemudian), semuanya akan menjadi budaya yang mendatangkan kebahagiaan saat dilakukan. Kami sendiri membutuhkan waktu 3 tahun untuk bisa mahir melakukannya.

Kesimpulan

Anda bisa melakukan semuanya ini di dalam hati saat sedang tidak ada kerjaan (waktu luang) atau sedang melakukan pekerjaan yang ringan. Bisa juga mengeluarkannya (mengekspresikannya) menggunakan bibir/ mulut. Bahkan jika anda sudah mahir, lagu-lagu disko, rap dan rock n roll-pun akan mampu digubah menjadi lagu rohani. Andapun bisa melakukannya sambil menari bahkan kami melakukannya sambil berolahraga khususnya saat melakukan senam. Semua variasi ini akan mampu anda capai sehingga membuat rasa bahagia di dalam hatimu menjadi penuh. Sehingga tidak ada lagi kesempatan untuk bersusah hati, memikirkan hawa nafsu, bersifat binatang dan kejahatan lainnya.

Pada titik tertentu kebiasaan ini akan menjadi narkoba terindah yang akan membuat hati bergembira bahkan wajahpun turut berseri-seri dari waktu ke waktu. Kita akan dibuat ketergantungan untuk melakukan hal-hal ini sebab saat melakukannya kepuasan, kebahagiaan, damai dan kelegaan akan memenuhi hatimu selalu untuk selamanya. Dari pada anda ketergantungan oleh hal-hal duniawi yang negatif maka lebih baik gantungkan hidupmu dengan senantiasa memuliakan Allah disegala waktu. Bahkan keadaan ini akan menuntunmu untuk menemukan kreativitas sendiri dimana anda akan dipertemukan dengan hal-hal kreatif lainnya sehingga hidup bisa bermanfaat bagi sesama lewat bakat lainnya.

Semuanya berawal dari nol, belajarlah dari hal-hal kecil sebab recehan inilah yang akan mengantarkanmu pada sesuatu yang lebih besar. Jangan biarkan waktumu berlalu tanpa melakukan apa-apa sebab aktivitasmu sangat menentukan kecerdasanmu. Jika memang semuanya sudah selesai dan tidak ada lagi yang dikerjakan maka mulailah mempertahankan kebahagiaan di dalam hati dengan senantiasa bernyanyi memuliakan Allah di segala waktu. Sadarilah bahwa menghabiskan waktu luang dengan pikiran kosong akan membuatmu merasa kesepian, hampa, tertekan, stres, depresi bahkan dimungkinkan untuk terpengaruh (terhipnotis) oleh provokasi yang sebenarnya tidak penting-penting amat!

Salam kreativitas!

Iklan

3 comments

  1. […] Bahagia itu mutlak dan kebebasan adalah awal untuk mencapainya. Jika anda tidak memiliki ini seumur hidup maka selama itu pula senyuman, keramahan, kesantunan, kesopanan, kemampuan menghargai dan berbuat baik kepada orang lain tidak ada. Tetapi saat anda berbahagia maka semua kebaikan hatimu akan meluap dan menjadi nyata kepada orang lain sekalipun dalam situasi yang sulit. Semuanya seperti air yang mengalir: saat mata air itu sudah ada dalam hatimu maka hal-hal positif akan keluar dari dalam dirimu. Salah satu cara terbaik untuk menggapai hal ini adalah dengan senantiasa fokus kepada Tuhan dalam nyanyian puji-pujian yang kreatif. Simak, Tips bernyanyi untuk bahagia […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s