7 Cara Mengatasi Pengaruh Hipnotis Dari Pelaku Kejahatan – Menangkal Praktek Hipnotis Yang Merugikan

Cara Mengatasi Pengaruh Hipnotis Dari Pelaku Kejahatan - Menangkal Praktek Hipnotis Yang Merugikan

Hipnosis adalah keadaan seperti tidur karena sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yang memberikan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali (KBBI Offline). Hipnotis merupakan suatu teknik komunikasi untuk membuat seseorang terlena sehingga hampir kehilangan kesadarannya. Ada orang yang percaya dengan teknik ini namun ada juga mereka yang menganggapnya sebagai sebuah trik sederhana saja.

Bila disederhanakan : hipnotis adalah komunikasi

Ada orang yang berkata bahwa hipnotis sebenarnya merupakan teknik komunikasi biasa yang pencapaiannya benar-benar fantastis. Akan tetapi biasanya tingkatan pencapaian ini hanya berhasil pada pasien-pasien yang memang jelas memiliki gangguan berpikir. Pada orang normal praktek semacam ini biasanya akan berdampak rendah sampai ringan bahkan bisa saja dilupakan sama sekali. Bila praktek komunikasi semacam ini lebih lagi disederhanakan maka keadaan ini sama saja dengan mempengaruhi orang lain dimana pencapaian yang pertama adalah “kecocokan antara pembicara dan pendengar”.

Sejenak kita meninggalkan dampaknya yang terkesan berlebihan (sampai tertidur dan bertindak merugikan orang lain) sebab hal-hal semacam ini hanya terjadi kepada mereka yang lemah dalam hal berpikir. Akan tetapi bagi orang-orang yang kuat dan cerdas pikirannya maka teknik ini sama saja dengan saran/ masukan/ opini untuk mempengaruhi dirinya. Jadi ini hanyalah masalah pengendali dalam komunikasi, di dalam praktek hipnotis pencapaian tertinggi pengendalinya hanya satu orang saja sedangkan standarnya adalah masing-masing (baik komunikan dan komunikator) menjadi pengendali (kedua belah pihak).

Jadi, bisa dikatakan bahwa salah satu caranya untuk mencegah skandal hipnotisme yang menyebabkan kerugiaan yang besar adalah dengan menjadi orang yang aktif berkomunikasi. Istilah yang lebih dekatnya adalah saat menjalin hubungan dengan orang lain jangan hanya menjadi pendengar yang baik saja melainkan turutlah aktif saat terlibat dalam sebuah pembicaraan bila diberi kesempatan. Biasanya hal ini dipraktekkan dengan bertanya, memberi sanggahan, berkontribusi (menyampaikan saran) dan dukungan antar sesama lawan bicara.

Hipnotisme dan gejolak yang menyertainya

Dalam beberapa dekade, teknik hipnosis digunakan sebagai suatu cara untuk menyembuhkan gangguang yang asalnya dari dalam pikiran seseorang. Tubuh sebenarnya mampu melakukan proses auto repairing untuk mengatasi masalah. Salah satu sistem pembersihan yang kami maksudkan disini adalah dengan cara merefresh pikiran sendiri lalu kembali ke dasar (default) berpikir manusia yaitu dengan kembali kepada Allah sembari merendahkan diri untuk memohonkan pertolongannya terhadap segala yang telah terjadi.

Setiap manusia memiliki pola-pola khusus saat berpikir sampai terbentuklah sebuah opini atau disebut juga persepsi. Ketika seseorang mengetahui bagaimana pola berjalannya pikiran anda maka mulai saat itulah dia bisa membaca apa yang selanjutnya mungkin anda lakukan. Mereka yang biasa menghipnotis orang lain akan mampu mengubah pola pikir tersebut untuk tujuan yang baik. Akan tetapi, saat terhipnotis oleh aksi kejahatan, mereka tidak mengubah pola pikirmu melainkan menungganginya lalu memanfaatkan kelemahan yang ada untuk diarahkan kepada kepentingan penghipnotis.

Bisa dikatakan bahwa, berhasil tidaknya suatu tindakan hipnotis (hipnotisme) sangat tergantung dari besar kecilnya kelemahan yang dimiliki oleh pola pikir pasien. Semakin besar ketergantungan pikiran kepada hal-hal duniawi, kecemasan, ketakutan dan kesenangan yang berlebihan maka semakin besar juga kemungkinan untuk dihipnotis oleh orang lain. Keadaan ini akan diperkuat dengan kenyataan bahwa isi hati anda bisa dibaca oleh orang lain.

Satu hal lagi yang sering sekali membuat orang dihipnotis oleh orang lain adalah tingkat kesadaran yang rendah. Keadaan ini dipicu oleh pikiran yang dibiarkan kosong begitu saja selama beberapa waktu (dalam jangka waktu yang lama). Keadaan ini bisa saja dipicu oleh karena kurangnya motivasi, kemalasan dan terlalu banyak waktu luang dalam hidup sehari-hari. Pikiran yang kosong sama dengan kata-kata yang minim sama dengan perilaku yang kurang dimana kesemuanya itu berimbas kepada minimnya aktivitas seseorang.

Cara mengatasi agar tidak sampai terhipnotis secara berlebihan

Semakin tinggi tingkat kecerdasan dan kesadaran anda maka semakin kuat kemampuan pikiran untuk menangkal pengaruh buruk dari praktek hipnotis yang merugikan. Oleh karean itu latihlah diri anda untuk melakukan hal-hal berikut ini untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

  1. Miliki fokus yang benar.

    Saat fokus kita benar maka kebenaran itulah yang akan menjaga hati ini dari pengaruh jahat yang datangnya dari luar. Ia sekaligus akan menjadi antivirus terbaik untuk otak anda sehingga dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik yang berasal dari dalam diri sendiri, misalnya hawa nafsu, kebinatangan dan kejahatan lainnya.

    Hal ini biasanya dilakukan dengan senantiasa memusatkan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian juga sembari beraktifitas memberi manfaat (menyatakan kasih Allah) kepada orang lain.

  2. Sedapat mungkin hindari terlalu fokus terhadap dunia ini.

    Saat fokus tertuju kepada dunia ini maka kehidupan kitapun akan dikendalikan oleh dunia. Padahal kita sendiri mengetahui bahwa “apa yang kita capai saat ini sudah dirasakan banyak orang sebelumnya dan semua yang ada sekarang pasti akan berlalu pada waktunya nanti“.

    Berusahalah untuk tidak memenuhi pikiran anda dengan uang, harta duniawi, jabatan, kecantikan/ ketampanan, pujian, penghargaan, penghormatan dan lain sebagainya. Sebab apabila seseorang mengetahui minat anda tinggi terhadap hal tersebut maka kehidupanmu akan diseret dalam kepentingan sempit dengan memanfaatkan ketergantunganmu itu.
    Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih BerkualitasSebisa mungkin pusatkan pikiran pada hal-hal yang positif seperti yang tertulis pada bagan di atas.

  3. Hindari berlama-lama mengosongkan pikiran.

    Pikiran yang sering kosong adalah pertanda kurangnya kesadaran seseorang. Begitu anda menyadari hal tersebut maka jangan terlena dalam kekosongan tetapi terlenalah untuk memuji dan memuliakan nama Tuhan di segala waktu luang yang dimiliki. Ini bisa dilakukan di dalam hati saja, menggunakan bibir, alat musik bahkan sambil menari juga. Aktivitas semacam ini bukan saja membuat hati riang gembira melainkan rasa bahagia juga akan memenuhi hatimu. Lanjut, Bahaya mengosongkan pikiran.

  4. Miliki kebiasaan belajar yang baik salah satunya dengan membaca.

    Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk melatik kekuatan dan kecerdasan otak adalah dengan belajar. Saat membaca pikiran kita yang kosong akan terisi oleh hal-hal yang baik tepat seperti bahan bacaan yang ada dihadapan ini. Anda dapat menjadikan hal ini sebagai salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu luang, yaitu dengan membaca Kitab Suci.

  5. Jadilah aktif saat berkomunikasi.

    Aktiflah saat berkomunikasi dengan seseorang, tidak baik jika anda hanya diam dan mendengar saja. Melainkan silahkan tunjukkan ekpresi tersenyum, mengiyakan, mengangguk, menyampaikan pertanyaan, sanggahan, dukungan dan masukan lainnya. Semakin aktif anda saat berkomunikasi maka semakin kecil kemungkinan untuk dihipnotis oleh orang lain.

  6. Hindari melakukan komunikasi terbuka kepada orang yang tidak dikenal.

    Melayani pertanyaan dari orang-orang yang baru tidaklah masalah. Ini justru salah satu cara kita untuk berbuat baik kepada mereka. Pandai-pandailah membaca situasi dan hindari memberi tahukan hal-hal yang bersifat pribadi kepada orang yang tidak dikenal. Informasi seperti nomor telepon, nomor rekening, alamat rumah, alamat kantor dan lain-lain hanya dibagikan kepada orang yang kita percayai.

  7. Miliki persepsi yang baik tentang dunia ini.

    Ini penting banget teman. Saat disini kita membahas tentang hipnotis dan dampak buruknya yang merugikan maka bukan dalam artian bahwa anda harus cemas/ khawatir berlebihan menanggapinya. Jangan juga saat bertemu orang baru di luar sana langsung berprasangka buruk, “jangan-jangan orang ini mau menghipnotis saya, jangan-jangan dia mau mencopet dompet saya, jangan-jangan mau mencuri smartphone saya”. Sadarilah bahwa pikiran yang semacam ini hanya membuatmu semakin beresiko menjadi korban sebab sudah mengharapkan hal-hal buruk sebelum itu terjadi.

    Santai saja menjalani hidup, hindari waspada yang lebay dan imanilah bahwa setiap orang itu baik adanya. Pikiran yang positif akan menghasilkan perkataan yang baik dan perilaku yang juga positif. Niscaya Tuhanpun akan selalu menjadi pelindung dalam setiap hari yang dilalui.

Jangan suka bermalas-malasan: semakin aktif pikiran anda maka semakin banyak aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Atau setidak-tidaknya aktiflah untuk memusatkan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Aktivitas otak yang positif akan menjadi pelindung sekaligus menangkal berbagai pengaruh buruk yang datang dari luar, salah satunya adalah mencegah anda terhipnotis dalam berbagai sikon yang dihadapi. Simak ya Faktor yang menyebabkan anda terhipnotis.

Salam, mari selalu aktif!

Iklan

One comment

  1. […] Hipnotis adalah soal bagaimana cara kita membuat pikiran orang lain terlena kepada diri ini/ pada sudut pandang yang digunakan/ pada kata-kata yang dipakai/ pada pakaian yang dikenakan/ pada sikap yang diekspresikan. Pada dasarnya cara kerja untuk membuat pikiran terlena akan semakin mudah pada orang-orang yang terlalu fokus pada hal-hal duniawi. Sebab orang lainpun mudah menebak hal tersebut. Akan tetapi lain halnya ketika anda mampu senantiasa terhubung dengan Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian niscaya semua hal-hal buruk yang ada di dunia ini tidak bisa merasuki pikiranmu sebab Dialah penjaga hatimu yang sejati. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s