7 Ciri Khas Orang Yang Membenci & Alasan Dibenci Seseorang? Jauhi Sikapnya Jangan Benci Orangnya

Ciri Khas Orang Yang Membenci & Alasan Dibenci Seseorang? Jauhi Sikapnya Jangan Benci Orangnya

Setiap manusia dilahirkan dalam kebencian layaknya hewan-hewan di luar sana. Kebinatangan itu sudah ada dan mendarah daging di dalam kehidupan kita. Itu tidak akan pernah meninggalkmu selama berada dalam zona nyaman kehidupan. Hanya saat menghadapi ujian pemurnian hati maka dari sanalah kita mulai belajar mengerti dan mengendalikan hasrat ini. Bila kita melalui ujian tersebut dengan sungguh-sungguh, mau bertahan bahkan mengalahkan ego sendiri maka disanalah hidup beroleh ketenangan karena telah terbebas dari semua rasa benci. Kami sendiri membutuhkan waktu 3 tahun diuji hingga mengerti bahwa nafsu yang satu ini tidak ada faedahnya.

Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kebencian dalam hati

Rasa ini tidak akan membawa kehidupan kita pada kedamaian bersama. Sebab kebencian sejalan dengan ego yang dimiliki. Bila anda merasa sendiri, mementingkan diri sendiri, merasa menang sendiri, merasa paling hebat bahkan sudah merasa superior dibandingkan orang lain. Sadarilah bahwa dalam posisi seperti ini anda merasa bahwa dirimulah aturan yang harus dipatuhi oleh semua orang. Mereka yang menganggap bahwa dirinya adalah hukum/ aturan yang berjalan maka cenderung menuntut sikap perfeksionis yang enggan mentolerir/ mengerti/ memaafkan kekhilafan kecil sekalipun. Akhirnya, keberatan hati itu dipendam menjadi dendam atau meluap menjadi amarah yang membakar banyak orang bahkan menimbulkan sikap anarkisme juga.

Tidak mampu mengendalikan hawa nafsu yang berlebihan juga sangat beresiko menggiring hati ini untuk membenci dengan mudahnya. Semakin banyak keinginan maka semakin banyak pula harapan yang kita haturkan. Tiba-tiba dalam mimpi anda memeluk semua harapan itu lalu terkejut, bangun dari tidur dan menyadari bahwa semua itu tidak nyata dan belum terjadi sehingga ada rasa kecewa. Kekecewaan inilah yang kerap kali menimbulkan kebencian di dalam hati sehingga mulailah memendam dendam hingga marah-marah bahkan melakukan kekerasan juga.

Rasa ini sering juga diidentikkan dengan sikap yang tidak terbiasa. Suatu peristiwa yang berlangsung diluar perkiraan/ diluar penalaran/ diluar dugaan sehingga menimbulkan kejutan yang mengusik ketentraman hati hingga akhirnya timbullah rasa benci. Keadaan ini juga bisa saja dipengaruhi oleh kebiasaan hidup yang lebih suka menyendiri hingga enggan untuk berbaur dengan sesama. Padahal di dalam pergaulan sehari-hari kita bisa belajar untuk memahami/ mengerti ujian kehidupan. Sebab dimana ada kebiasaan bersosial maka disana jugalah ada-ada saja kekhilafan yang terjadi. Secara tidak langsung kesalahan yang tidak disengaja inilah yang melatih mental dan kepribadian kita untuk lebih kuat dan selalu siap menjalani kehidupan yang bergejolak.

Ciri ciri orang yang membenci anda

Dalam hidup ini, haters itu selalu ada, entah itu sifatnya nyata maupun yang bersifat diam-diam (menyimpan dendam). Kami merespon orang seperti ini biasa saja sebab tanggapan yang berlebihan (a) cenderung tidak mendatangkan kedamaian di  dalam hati. Lagipula dalam berbagai kesempatan menanggapi orang semacam ini (b) hanya membuang-buang waktu saja, lebih baik anda mengerjakan sesuatu yang beraroma positif. (c) Respon agresif yang kita pertontonkan justru membuat mereka semakin menjadi-jadi (menggila). Jadi, didiamin aja sambil mendoakan keselamatan dan perubahan mereka di masa depan.

Jangan merasa rugi bila saat ini ada-ada saja orang yang berbuat kasar kepada anda. Biasanya mereka menyampaikan kekerasan verbal, sekedar menggertak untuk membuat anda ketakutan. Sadarilah bahwa situasi yang sulit menciptakan orang-orang yang kuat. Ingatlah bahwa dunia ini selalu seimbang: bila saat ini dikasarin orang maka tepat saat itu juga kekuatan untuk menanggungnya sudah dititipkan disuatu sisi/ segmen dalam kehidupan anda. Jadi, temukan itu kawan! Sebab dalam teori keseimbangan masalah dan solusinya sudah dan akan dijatuhkan kepada anda. Oleh karena itu, jangan berhenti berjuang untuk mencari dan menemukan jawaban dari setiap pergumulan hidup anda.

Berikut ini beberapa alasan bebas ciri-ciri orang yang mungkin saja membencimu.

  1. Suka diam-diaman. Kita hanya menebak saja dan kami sarankan untuk tidak berprasangka buruk terlalu dalam sebab saat berpapasan dengan orang yang tidak kita kenalpun pasti didiamin aja kecuali ada yang perlu disampaikan.
  2. Mukanya masam. Hati-hati lho menilai  masam tidaknya muka orang sebab ada beberapa orang yang memang dari lahir mukanya demikian. 😀
  3. Tidak menyambut anda dengan ramah. Jangan buru-buru suudzon deh…. Sebab kadang juga kitanya yang hadir diwaktu yang kurang beruntung. Bisa jadi dia sedang ditimpa masalah lain, entah itu masalah keluarga, keuangan, anak-anak, orang tua, pekerjaan, saudara dan lain sebagainya.
  4. Meminjam sesuatu tidak dikasih. Inipun ada biasanya, sebab bisa jadi memang dia tidak memiliki barang yang kita maksudkan.
  5. Pas anda datang dia pergi. Tidak bisa dipastikan kebiasaan semacam ini, mungkin saja dia memang lagi pas ingat dengan deadline tugas dan pekerjaannya.
  6. Tidak datang saat diundang. Kami juga pernah tidak datang saat diundang saudara untuk menghadiri acara spesial tapi bukan karena benci melainkan karena ada kesibukan yang lebih important (penting).
  7. Suka marah-marah. Jujur saja kawan, emak gua di rumah juga suka demikian tapi bukan karena benci melainkan untuk kebaikan kami juganya….

Serius nich…. Kami bukannya mau membuat anda berada di dalam kebimbangan. Memang gambaran sikap para pembenci kita seperti diatas. Tetapi kita harus pahami juga bahwa bisa saja sikap yang semacam itu ditujukannya bukan untuk kita melainkan kepada dirinya sendiri (sedang mengalami kesusahan) atau kepada orang lain (bukan anda). Oleh karena itu, secara resmi kami meminta kepada anda untuk tidak terlalu GR dan lebay menilai sikap seseorang. Ini beresiko membuatmu cenderung berprasangka buruk terhadap orang lain sehingga dosa menghadang di depan yang membuatmu salah tingkah.

Tidak baik memelihara prasangka buruk dalam pikiran kita. Jika anda adalah orang yang percaya kepada Tuhan maka sudah semestinya untuk mengimani kebaikan hidup yaitu mengharapkan yang baik dalam setiap langkah kaki yang ditempuh. Sikap yang lebay mencari-cari para pembencimu sama artinya dengan mengharapkan seseorang membencimu – imanmulah yang membuatmu merasa dibenci. Bila harapan salah maka bisa jadi kenyataan yang diterimapun akan menjadi jelek adanya. Oleh karena itu, sebisa mungkin berusahalah untuk membuat aroma pikiran semerbak positif: pikirkan hal-hal yang baik, santun, bakat, pekerjaan, potensi, ilmu pengetahuan, wawasan, kebenaran dan segala sesuatu yang berkenan di hati. Hanya seniman yang berkarya menciptakan ilustrasi kehidupan yang imajinasi negatifnya berguna untuk menyusun sebuah kisah penuh kemaknaan. Jika anda bukan seniman maka jauhilah imajinasi negatif itu!

Alasan mengapa anda dibenci oleh orang lain?

Ada begitu banyak spekulasi yang muncul jika dikait-kaitkan bila berbicara tentang rasa yang tidak memiliki standar apapun di dunia ini. Artinya, rasa benci itu berbeda-beda untuk setiap orang: ada yang diperlakukan dengan tidak baik namun biasa saja, ada juga yang membalas perlakuan buruk tersebut, ada yang menarik diri keluar dari situasi, ada pula yang balik menantang untuk unjuk gigi siapa pemenangnya. Semua spekulasi rasa itu tidak sama untuk setiap orang.

Berikut ini beberapa alasan mengapa anda dibenci dan tidak disuai oleh orang lain.

  1. Akibat kesalahan sendiri.
  2. Karena kesalahan orang lain.
  3. Tidak terduga karena ketidaksengajaan.

Bila anda berada di dalam masalah, terbiasalah untuk tidak fokus kepada persoalan yang sedang dihadapi melainkan lihat segala sesuatu dari kaca mata/ sudut pandang Tuhan dan firman-Nya. Sebab semakin lama hati ini melumpur dalam persoalan tersebut maka semakin sedih dan semakin tinggi galaunya hati ini. Mencari-cari penyebab suatu kejadian memang baik maka saat menemukannya langsung ditindaklanjuti dengan mengubah kesalahan tersebut. Tetapi membahas-bahas hal itu terus-menerus di dalam pikiran jelas tidak baik. Oleh karena itu, lebih baik bagi diri ini untuk senantiasa fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian.

Kesimpulan

Tidak masalah bagi kita untuk ilfil dengan sikap orang lain. Kami juga memiliki musuh sendiri, mungkin anda tahu itu dengan jelas. 😀 Langsung saja pada intinya, “sekalipun kami tidak menyukai sistem yang ada saat ini, benci dengan para kapitalis yang egois, sakit mata & hati melihat sikap orang lain yang membodoh-bodohi sesamanya, bukan berarti kami harus membenci dan menjauhi orang-orang tersebut“. Masih ingat dengan filosofi perubahan? Anda tidak mungkin mengubah seseorang jika berada jauh dari kehidupannya maka mulailah memberi contoh yang baik dari dekat. Kita bisa tidak suka dengan sikap orang lain tetapi tidak perlu over protektiv, over acting, terlalu waspada dan memperlakukan mereka dengan jahat. Bukankah jika melakukan hal tersebut maka kitapun sama jahatnya dengan mereka?

Benci sikapnya untuk dijauhi agar kedepannya kitapun tidak menjadi seperti mereka. Tetapi, jangan jauhi orangnya sebab sedetikpun dalam hidup ini tidak pernah kita diangkat Tuhan untuk menghakimi orang lain.

Dalam hidup ini, hindari pemikiran yang terlalu fokus kepada “bagaimana sikap orang lain kepada kita?” Sadarilah bahwa kebiasaan ini hanya membuatmu cenderung menilai orang tanpa alasan yang jelas sehingga berujung pada prasangka buruk yang menghakimi orang sesuka hati. Bukankah ini sama saja dengan dosa yang lagi-lagi berpotensi mengotori pikiran sendiri? Sadarilah bahwa dalam hidup ini apa yang selalu kita pikirankan maka kenyataan yang terjadipun tidak jauh-jauh dari hal tersebut. Oleh karena itu, lebih baik fokuslah untuk mencari tahu “bagaimana seharusnya sikap kita kepada orang lain?” Lebih daripada itu, silahkan fokuskan hati ini kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian sehingga ada ketentraman, kedamaian dan kelegaan bahkan kebahagiaan dalam menjalani hari-hari yang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Salam tegar tapi santun!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s