10 Pikiran Kotor – Penyakit Hati Yang Menjadi Kanker Beresiko Negatif, Melemahkan Bahkan Menghancukan Hidupmu Dari Dalam

Pikiran Kotor - Penyakit Hati Yang Menjadi Kanker Beresiko Negatif, Melemahkan Bahkan Menghancukan Hidupmu Dari Dalam

Pikiran adalah sebuah istana yang kemegahan dan kemewahannya ditentukan oleh tutur sapa yang elok dan perilaku yang santun. Merupakan pedang yang ketajamannya tergantung dari seberapa sering anda menggunakannya (berpikir dan menimbang-nimbang) bukan dimana anda memajangnya (menikmati hidup/ informasi). Adalah dasar dari kekuatan manusia yang disebut semangat dan wujud dari kelemahan manusia yang paling mendasar yaitu kekuatiran.

Hidup kita 99% ditentukan oleh pilihan yang dilakukan oleh pikiran sendiri sedangkan 1% yang lainnya ditentukan oleh faktor yang berasal dari luar (lingkungan sekitar dan pengaruh orang lain). Saat otak anda benar-benar “blank” (pikiran kosong) maka disaat itu jugalah pengaruh lingkungan dan orang lain (yang hanya 1%) dapat memprovokasi, mengintimidasi dan melemahkanmu. Oleh karena itu, penting banget untuk selalu memusatkan pikiran dalam doa, firman dan puji-pujian: seperti Tuhan ada disisimu maka bercakap-cakaplah dengan-Nya.

Kemampuan anda untuk mengendalikan dan mengelola (manajemen) pikiran sangat tergantung dari pengalaman yang dialami. Adalah mustahil anda mampu merasa bahagia jikalau belum pernah merasa sedih. Tidak mungkin anda dapat menikmati indahnya cinta kasih bila belum pernah dikecewakan. Mana bisa anda menikmati nyamannya hidup jikalau belum pernah merasakan sakitnya penderitaan. Bagaimana bisa hati ini berbahagia jikalau belum pernah terpuruk oleh perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang lain. Dewasa adalah mencicipi semua rasa sehingga mampu memanajemen pikiran agar tetap konsisten (datar – biasa saja) saat mengalami peristiwa yang berbeda. Jadi kalau anak-anak masih lebay biarkan mereka.

Baik buruknya suasana hati anda sangat tergantung dimana pikiran berkonsentrasi. Saat konsentrasi pikiran tertuju pada hal-hal yang tidak baik maka ada kecenderungan untuk melakukan sesuatu yang jahat (perbuatan menyimpang). Akan tetapi, ketika hati diarahkan kepada sesuatu yang baik (misalnya fokus kepada Tuhan, ilmu pengetahuan yang baik dan kepada bakat/ potensi/ pekerjaan yang dimiliki). Maka sikap yang diekspresikanpun (perilaku dan perkataan) akan menjadi baik adanya. Oleh karena itu, mulai dari sekarang latihlah kemampuan untuk memusatkan pikiran kepada sesuatu yang baik maka hidup andapun akan menjadi baik dan beruntung.

Bila anda terlalu sering memberi makan pikiran dengan hal-hal yang buruk maka ada kecenderungan untuk menderita penyakit yang paling berbahaya dan paling ganas yang dapat membunuh anda dari dalam. Keadaan ini disebut dengan penyakit hati yang akan merusak hidupmu secara perlahan-lahan tetapi pasti. Sebab ia akan menjadi kanker yang sangat aktif, mulai melemahkan, merusak dan mengacaukan yang berkembang dari hal-hal kecil (misalnya saja perkataan yang tidak sopan) hingga merambat/ meluas pada tindakan yang besar. Keadaan ini cenderung membuatmu semakin jauh dari kebenaran, membuatmu tersandung, jatuh tergeletak dan tidak akan bisa bangun lagi. Oleh karena itu jaga dan proteksi pikiranmu dari berbagai bagai keburukan.

Macam-macam pikiran kotor yang menjadi kanker dan merusak hidupmu dari dalam

Selama pikiran anda kotor maka selama itu pula hidup dipenuhi dengan hal-hal yang jahat. Kekumuhan pikiran sangat menurunkan kualitas kepribadian seseorang. Oleh karena itu, jagalah hati dari segala yang negatif sehingga hidup menjadi lebih baik kedepannya. Berikut beberapa bentuk pikiran negatif yang ada dalam diri setia manusia.

Kanker jenis baru yang mungkin belum anda ketahui adalah sebagai berikut.

  1. Hati yang suka cemburu.

    Cemburu adalah penyakit hati yang sudah ada sejak zaman purbakala. Selama anda tidak mampu menghilangkan sifat ini maka selama itu pula hidup rasanya tidak tenang dan jauh dari kedamaian. Hilangkan kecemburuan itu sebelum ia menyeretmu dalam luka hati yang lebih dalam.

  2. Memiliki sifat iri hati – Senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang..

    Ini merupakan salah satu sikap yang membuat banyak orang mengalami hari-hari yang buruk. Sebab secara tidak langsung energi negatif yang ada di dalam pikiran anda akan melemahkan bahkan mengacaukan lini kehidupan mulai dari hal-hal yang kecil. Oleh karena itu, sebisa mungkin berusahalah untuk menikmati keberuntungan teman dengan cara mengucapkan selamat kepadanya.

  3. Sifat sombong yang akut.

    Bila seorang anak kecil masih sombong, kita yang sudah dewasa layak maklum. Sebab sifat ini sudah ada sejak manusia itu keluar dari dalam kandungan ibunya. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, hal ini mulai terkikis. Selain dikikis oleh ujian kehidupan, kesombongan juga dikikis oleh kebersamaan. Bila dalam menyelesaikan pekerjaan kita diharuskan untuk bekerja sama maka secara tidak langsung sifat yang tinggi hati itu dikikis dari hati dan sikap sehari-hari (tutur katan dan tindakan).

  4. Terlalu berharap – kekecewaan.

    Hati-hati dengan harapan anda, sebab keadaan ini beresiko melemahkan keberlanjutan niat/ komitmen di dalam hati. Hindari terlalu banyak berharap kepada manusia melainkan lebih baik berharaplah kepada Tuhan saja. Satukan harapanmu di dalam Tuhan “untuk beroleh hidup yang kekal”. Lebih dari pada itu pusatkan pikiran untuk berdoa, mengucapkan firman dan bernyanyi memuji-muji nama Tuhan di dalam hati.

    Hindari niat yang tidak tulus saat melakukan sesuatu. Misalnya demi mendapatkan berkat, muzizat dan kelimpahan di dunia ini. Melainkan abaikan harapan semacam ini lalu lakukanlah yang terbaik dalam setiap hal yang dipercayakan kepadamu. Alhasil hidup ini menjadi indah karena apa yang kita terima tidak pernah terduga sebelumnya (berkat, muzizat dan kelimpahan).

  5. Rasa kuatir berlebihan – ketakutan.

    Kekuatiran adalah sebuah akibat dari kesalahan orientasi berpikir manusia yang cenderung menghayalkan hal-hal yang belum tentu terjadi di masa depan. Mengertikah anda bahwa masa depan adalah rahasia? Sehebat dan setinggi apapun tingkat analisis prediksi yang dimiliki, tidak akan mampu menjamin kebenarannya. Oleh karena itu, berharaplah kepada Tuhan saja, pasrahkan hidup hanya kepadanya bahwa “hari esok pasti lebih baik dari hari ini”. Lihatlah tanaman hijau dan hewan-hewan disekitar anda, apakah mereka pernah khawatir? Atau amatilah perilaku binatang peliharaan anda, apakah dia pernah mengeluh akan hari esok? Bila anda saja memelihara binatang peliharaanmu dengan baik dan selalu menyediakan kebutuhannya, terlebih lagi Allah Bapa yang di Sorga yang mengasihimu lebih dari pada binatang. Oleh karena itu, hiduplah dalam pemeliharaan Allah dan jauhkan ketakutan akan masa depan dari dalam hatimu lalu mulailah fokus kepada Tuhan dalam doa,firman dan puji-pujian.

  6. Suudzon akut maupun kronis.

    Kita bisa menduga/ curiga kepada seseorang tanpa alasan tetapi simpan dalam hati saja untuk diri sendiri. Akan tetapi kecurigaan kita semakin buruk dan menimbulkan dosa manakala hal tersebut membuat kita merendahkannya tanpa alasan dan memperlakukannya dengan semena-mena tanpa keadilan. Apapun prasangka buruk yang anda miliki jangan pernah mengumbar hal tersebut kepada orang lain karena bisa berujung pada fitnah. Daripada pikiran anda dipenuhi oleh rasa curiga lebih baik baca firman, rajin berdoa dan bernyanyi/ menarilah memuliakan Tuhan.

  7. Hawa nafsu yang sesat, jahat dan berlebihan.

    Ada banyak hawa nafsu di dalam hati manusia. Keinginan akan ini dan keinginan akan itu, bermacam-macam rupa-rupa hawa nafsu namun diantara semuanya itu, salah satu yang terburuk adalah hasrat yang kuat terhadap uang, harta benda, pujian, penghormatan, penghargaan, jabatan dan popularitas. Niat yang terlalu lebay biasanya diiringi dengan perbuatan menyimpang bahkan kejahatan juga. Jikalau hawa nafsu anda terlalu tinggi untuk hal-hal semacam ini maka ia akan menjadi batu sandungan yang akan membuatmu jatuh dan tergeletak.

  8. Otak parno.

    Pornografi itu selalu ada, terlebih ketika anda memasuki dunia maya (media sosial dan internet). Ingatlah bahwa itu adalah ujian versi dunia maya bila anda terbawa nafsu birahi niscaya akan terseleksi hingga tersisih dari dalam kehidupan bermasyarakat (dikucilkan, masuk panti rehabilitasi sampai-sampai dijebloskan ke dalam jeruji besi (dipenjara/ dibui)) Selama anda tidak mampu menghilangkan khayalan mesum yang ada dalam otak ini maka selama itu pula hidupmu beresiko tinggi terancam/ terseleksi oleh kasus ini. Oleh sebab itu, luruskan hati dan abaikan godaan, tutup yang tidak perlu dan skipp/ lewati hal-hal yang merusak itu sedini mungkin. Mereka yang sudah mampu mengatasi kebirahiaannya akan dimampukan untuk mengendalikan diri pada hal-hal yang lain dan mengembangkan potensi/ bakat/ talenta yang dimiliki.

  9. Kebinatangan (kebencian, dendam, amarah dan kekerasan).

    Hati-hati dengan rasa kesal yang tiba-tiba muncul dari dalam hatimu oleh karena situasi yang buruk. Tidak perlu membahas-bahas kesalahan orang lain di dalam hati sebab hanya akan menambah dendam di dalam hati. Redakan amarah yang membabi buta dengan mengatakan “saya pantas menerimanya”. Hancurkan kekerasan yang timbul (niat) dari dalam hatimu dengan mengatakan “saya hanya sampah, orang hina yang tidak berguna, ini sudah rencana Tuhan, kuatkan hatiku ya Tuhan”. Anggaplah bahwa semua masalah yang anda hadapi adalah bagian dari ujian kehidupan yang dapat melatih dan meningkatkan kecerdasan anda terutama sisi kecerdasan emosional. Lembutlah dalam bersikap sebab hewan tidak akan pernah mampu bersikap lemah lembut.

  10. Rasa sedih yang berlebihan (sedang galau dan gundah gulana).

    Anda perlu menjaga konsistensi kebahagiaan di dalam hati sendiri. Jangan detik ini bahagia lalu semenit lagi udah kembali sedih. Hindari menjadi orang yang plin-plan dimana kebahagiaannya tergantung dari situasi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Melainkan hiburlah dirimu sendiri dengan cara senantiasa memuliakan nama Tuhan dan berbagi kasih dengan sesama manusia. Pusatkanlah pikiranmu kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Ingatlah bahwa hati yang senantiasa bergembira dan bernyanyi adalah ciri khas dari kebahagiaan itu sendiri. Tidak lupa juga untuk berbagi kasih untuk menjadi bermanfaat bagi sesama dimulai dari hal-hal kecil kepada orang-orang disekitarmu.

Kesemua masalah hati ini telah ada sebelumnya dan akan selalu ada di dalam hati terlebih ketika anda lebih senang berlama-lama dalam kenyamanan/ kenikmatan dunia. Bila anda tidak memiliki salib untuk dipikul maka kenyamanan itu akan menarik hatimu menjadi jahat seperti yang kami ungkapkan pada tulisan ini. Salah satu saja dari penyakit hati ini mengotori pikiranmu maka ia akan menjadi kanker yang merasuk ke seluruh lini kehidupanmu untuk melemahkan, menekan dan menghancurkan hidupmu dari dalam. Oleh karena itu, jangan mau nyaman terus, pikullah salibmu (penderitaan) dengan setia lalu muliakanlah Allah disetiap waktu dan kesempatan juga jangan lupa untuk berbagi kebaikan hati.

Salam santun tetap kuat….

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s