+10 Manfaat Tanaman Di Dalam Dan Luar Rumah – Bunga Hidup Membuat Udara Sejuk Hingga Hatipun Tenang

Manfaat Tanaman Di Dalam Dan Di Luar Rumah - Bunga Hidup Membuat Udara Sejuk Hingga Hatipun Tenang

Tanaman adalah (1) tumbuhan yang biasa ditanam orang; (2) hasil menanam; yang ditanam; pendaman (KBBI Luring). Merupakan makhluk hidup yang memiliki klorofil yang nyata (bisa dilihat oleh mata kepala), unik dan memiliki nilai keindahan tertentu. Jika hewan dan manusia bisa bergerak aktif, tetapi tumbuhan hijau hanya dapat bergerak secara pasif seiring dengan pertumbuhannya.

Seandainya manusia bisa membuat makanannya sendiri maka kita tidak butuh lagi yang namanya klorofil melainkan cukup berjemur di depan sinar matahari yang terik maka energi itu bisa memenuhi kebutuhan secara langsung. Tetapi rencana Tuhan itu indah dan sistematis. Ia tidak butuh orang yang suka menyendiri melainkan kita harus berbaur dan menyatu dengan alam agar hidup lebih lengkap (saling melengkapi satu sama lain).

Jika diperhatikan secara seksama, tanaman hijau kelihatannya memiliki hidup yang sangat membosankan sebab tidak pernah bergerak bahkan bergeser sedikit sajapun tidak. Tetapi ini tidak mungkin sebab ia tidak pernah bersedih dan menangis. Bahkan ketika andapun merusak dan menebangnya, ia juga tidak pernah protes. Sebab tumbuhan berklorofil adalah spesies terkuat penjaga bumi ini.

Manusia sama seperti hewan lainnya, hanya bisa merusak dan menghancurkan tatanan alamiah. Terlebih lagi dengan mereka yang serakah, apapun akan dikorbankan demi kepentingan pribadinya/ kelompoknya. Dibalik kekacauan itu, tanaman hijaulah yang menjaga dan merawat bumi ini hingga mampu bertahan sampai sekarang. (Simak juga, Peran penting hutan belantara) Oleh karena itu mulailah memperhatikan dan bila perlu menambah jumlahnya di sekitar lingkungan bahkan di dalam rumah sekalipun.

Jika di telaah lebih mendalam maka dapat dikatakan bahwa dunia ini bisa berputar tanpa manusia (punah) akan tetapi bumi ini akan hancur tanpa pepohonan di dalam hutan. Saking pentingnya peran tanaman berklorofil, ketidakhadiran mereka akan membuat lingkungan memanas, kulit hitam melepuh dan hati sesak karena tidak ada kesejukan dimana-mana. Sinar matahari yang sangat menyengat menurunkan kemampun untuk berkonsentrasi yang berakibat pada minimnya kecerdasan.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang budayakanlah untuk bertanam-tanaman. Peliharalah pepohonan yang rimbun di sekitar lingkungan rumah anda. Jika halaman tidak cukup luas, tenang saja: itu bukanlah masalah besar. Anda dapat menanam berbagai macam jenis bunga hidup secara hidroponik (menggunakan media air) dan juga secara di dalam pot-pot yang besar-kecil dan di tata dengan rapi di depan pekarangan maupun di dalam rumah.

Manfaat menanam tanaman di dalam dan di lingkungan sekitar tempat tinggal

Jika masih belum tertarik untuk memelihara tanaman jenis tertentu sebagai bunga hidup di sekitar hunian anda maka silahkan bacalah beberapa manfaat menanam bunga yang kami uraikan di bawah ini. Semoga bisa menarik minat anda sehingga membiasakan diri bahkan membudayakan untuk menjaga konsistensi dari kebiasaan yang sangat positif ini. Berikut beberapa faedahnya yang mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang.

  1. Menambah keasrian tempat tinggal anda.

    Akhir-akhir ini, manusia lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya. Ini timbul karena banyak orang yang mulai menyadari betapa pentingnya peran tanaman bagi kehidupan manusia. Lingkungan rumah anda akan menjadi asri dan hijau. Rasa-rasanya, seperti tidak perlu lagi ke luar rumah untuk mencari udara segar sebab di dalam rumahpun kesegaran itu penuh.

  2. Melengkapi keindahan rumah.

    Jikalau rumah anda hanya dipenuhi oleh benda mati, akan terlihat gersang bagi para tamu yang datang. Tetapi beberapa pot besar dan kecil di sudut-sudut tertentu dapat menambah nilai estetika baik di dalam maupun di luar rumah. Cukuplah jalanan kota kita yang memanas karena sesak penuh mesin diesel dan solar, baiklah saat kembali ke rumah masing-masing kesegaran dan keindahan itu kembali lagi.

  3. Salah satu cara positif untuk menghabiskan waktu luang.

    Jika anda memiliki cukup banyak waktu luang (khususnya bagi para gadis dan ibu rumah tangga) maka alangkah baiknya bila mengotori tangan di atas pot-pot kecil dan besar yang tersedia di sekitar dan di dalam hunian anda. Kotor itu tidak selalu buruk, terkadang kita perlu kotor untuk melatih daya tahan tubuh sehingga lebih kebal terhadap penyakit. Berkotor-kotoran dengan sesuatu yang baik itu suatu saat akan memberikan hasil yang memuaskan.

  4. Mampu menyerap panas.

    Jika rumah anda terasa panas, mungkin karena atapnya belum di pasang plafon atau karena ventilasi yang kurang memadai. Ada baiknya jikalau anda menanam beberapa tumbuhan berklorofil di dalam rumah sebab hawa panas justru bermanfaat baginya untuk mensukseskan proses respirasi fotosintesis. Jikalau anda merasakan hawa panas itu masih kentara berarti perlu menambah jumlahnya.

    Pengalaman pribadi di kamar sendiri yang berada di lantai dua tepat di bawah atap seng. Saat siang hari hawanya sangatlah panas. Tetapi setelah kami tanam dengan beberapa tumbuhan hidroponik keladi maka temperaturnya mulai berkurang. Kami tambah lagi hingga suasana saat ini tetap adem anyem sekalipun sinar matahari terik.

  5. Menambah kesejukan.

    Tanaman dapat mengubah udara menjadi air alias berperan penting untuk menambah kelembaban udara di sekitar lingkungan rumah anda. Jika bunga hidup yang di tanam cukup banyak maka dapat dipastikan bahwa ini akan menjadi salah satu penentu yang membuat hunian menjadi sejuk untuk di tempati bersama keluarga.

  6. Menambah kadar oksigen di dalam udara.

    Polusi udara oleh mesin kendaraan bermotor (baik mobil maupun sepeda motor) telah meningkatkan pencemaran udara. Jika anda memiliki tanaman hijau di sekitar rumah maka keberadaannya akan menampung dan menyaring beberapa polusi tersebut. Tidak sampai disitu saja, respirasi yang dilakukan oleh klorofil juga mampu menambah kadar oksigen di dalam udara. Oksigen yang mencukupi membuat udara lebih segar dan baik untuk kesehatan manusia.

  7. Meningkatkan kandungan ion dalam udara.

    Jika anda pernah membaca Alkitab maka akan menemukan fakta bahwa garam digunakan sebagai pupuk sejak zaman dahulu kala. Baru-baru ini kami menyadari bahwa kemampuan garam hampir sama dengan kemampuan freon pada AC bahkan lebih lagi karena murni alamiah. Jika Air Conditioner yang anda miliki selalu diisi dengan freon maka tanaman hijau (termasuk bunga) juga harus selalu dibubuhi dengan garam isotonik. Senyawa ini akan meningkatkan kemampuan klorofil untuk menghasilkan ion.

  8. Mengundang aliran angin sepoi-sepoi.

    Jikalau anda memiliki hunia yang berventilasi dan terhubung dengan udara luar. Ada baiknya jika memasang ventilasi di keempat penjuru mata angin (di sekeliling rumah) atau setidak-tidaknya di bagian depan dan di belakang rumah (dua penjuru mata angin). Ventilasi berperan sebagai saluran udara agar tetap terjadi pertukaran/ sirkulasi udara.

    Pergerakan angin biasanya selalu terjadi dari tempat bertemperatur rendah menuju ke tempat bertemperatur tinggi. Jikalau temperatur di dalam rumah anda sama dengan temperatur di lingkungan luar maka aliran udara akan cenderung stagnan. Akan tetapi jikalau di dalam rumah anda tanami beberapa bunga hidroponik (misalnya keladi air) maka akan terjadi perbedaan signifikan antara suhu udara di dalam dan di luar rumah. Perbedaan inilah yang akan menjadi sarana pertukaran udara sehingga tempat tinggal anda senantiasa segar dan tidak pengap.

    Untuk tanaman yang ditanam secara hidroponik menggunakan media air. Alangkah lebih baik jikalau menambahkan garam 0.9% ke dalamnya (satu setengah sendok teh per satu liter air). Agar pertumbuhan tanaman menjadi baik dan media air tersebut tidak menjadi sarang nyamuk.

  9. Meningkatkan kecerdasan.

    Udara yang sejuk meminimalisir tingkat dehidrasi sehingga turut menjaga keseimbangan cairan tubuh anda. Cairan tubuh yang mencukupi menjaga kemampuan berkonsentrasi sehingga tetap fokus untuk melakukan pekerjaan dan juga belajar (bagi anak) di dalam maupun di sekitar tempat tinggal anda.

  10. Meredakan stres dan membuat bahagia.

    Terkadang kadar oksigen yang rendah dalam udara membuat pikiran penat dan masalahpun terasa lebih berat. Tetapi jika kita keluar dari ruangan yang pengap itu untuk mencari udara segar maka tingkat stres itu akan menurun. Aliran darah ke otak yang mensuplai cukup oksigen akan membuat kepala lebih ringan, beban hiduppun bisa dinikmati dalam rasa bersyukur yang penuh. Inilah kebahagiaan hati yang didukung oleh lingkungan yang alami, asri dan sehat.

  11. Sebagai salah satu tanaman obat holtikultura.

    Ada banyak tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, misalnya jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah (herbal ajaib), serai, jeruk nipis dan lain sebagainya. Anda dapat menanam berbagai komoditas holtikultura tersebut sehingga dapat segera diolah ketika salah satu anggota keluarga terserang penyakit/ sakit.

  12. Melengkapi kebutuhan di dapur.

    Bagi anda yang ekonominya mapan sebaiknya tidak perlu lagi menanam sayuran di pot kecil dan besar. Sebab jika anda membelinya dari pedagang maka itu juga merupakan salah satu cara untuk berbagi sekaligus membuat roda perekonomian tetap berputar.

    Bagi yang yang perekonomiannya masih lemah maka tidak ada salahnya menanam beberapa batang sayuran dan bumbu masak untuk melengkapi keperluan di dapur agar hidup lebih hemat dan uang tetap mencukupi sampai akhir bulan.

Tidak ada ruginya menanam beberapa tumbuhan hijau disekitar rumah anda. Ini bisa menjadi bunga hidup yang akan menyehatkan anggota keluarga dan menambah kesan estetika yang lebih ramah lingkungan. Kita tidak bisa hidup tanpa tanaman karena justru keberadaan merekalah yang menjaga dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang betapa pentingnya hidup bersahabat dengan alam.

Salam hijau….

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s