8 Cara Alami Membuat Rumah Dan Lingkungan Sejuk – Menyejukkan Udara Tanpa AC – Freon Adalah Garam

Cara Alami Membuat Rumah Dan Lingkungan Sejuk - Menyejukkan Udara Tanpa AC - Freon Adalah Garam

Sejuk adalah (1) berasa atau terasa dingin; (2) dingin segar atau nyaman; (3) agak dingin; nyaman; segar (tentang udara); (4) senang; lega (tentang hati); berkurang atau hilang susah hatinya (kegelisahannya dan sebagainya); hati lega (tentang hati); senang (KBBI Offline). Merupakan suasana lingkungan atau di dalam hati yang sedang-sedang saja, tidak berlebih dan juga tidak kekurangan.

Dalam banyak kesempatan, manusia selalu merasa bahwa dirinya hebat adanya bahkan lebih lagi, yakni luar biasa. Tetapi sesungguhnya lingkungan alamiahlah yang lebih luar biasa dari kita. Yang kita lakukan hanyalah meniru apa yang sudah ada atau beberapa juga menghubung-hubungkan apa yang sudah ada untuk diadaptasikan dan diimprovisasi sehingga jadilah sebuah teknologi. Pada dasarnya hampir semua teknologi yang ada saat ini adalah hasil jibalkan ilmu pengetahuan dari lingkungan sekitar. Salah satunya adalah alat elektronik penyejuk udara (air conditioner – AC). Simak juga, Pohon adalah AC alami.

Udara yang panas beresiko menurunkan kecerdasan

Lingkungan sekitar yang alami dan masih banyak ditumbuhi oleh pohon juga serangga dan burung-burung di angkasa. Sadar ataupun tidak suara-suara lembut, keras dan teratur yang dihasilkan oleh hewan liar dan alam sekitarnya adalah sebuah cara untuk melatih kecerdasan otak yang manusia. Udara yang sejuk adalah baik untuk tumbuh kembang anggota keluarga. Keadaan seperti ini membawa ketenangan pada indra terutama di daerah kulit.

Bila udara menjadi panas maka tingkat dehidrasi karena penguapan akan meningkat di daerah kulit terlebih ketika anda berada di luar ruangan. Rasa-rasanya otakpun seperti mendidih sehingga kemampuan untuk berkonsentrasi menurun drastis. Artinya temperatur udara yang tinggi cenderung melemahkan, menurunkan bahkan menekan tingkat kecerdasan manusia, terkecuali bila ia sendiri memelihara kebiasaan untuk mengkonsumsi larutan garam isotonik setiap hari.

Hawa nafsu yang tidak terkendali ditambah keserakahan merusak tatanan alamiah

Penting sekali untuk membuat udara disekitar lingkungan luar rumah bahkan didalamnya untuk tetap sejuk terkendali. Sayang, berhubung karena Indonesia terletak di daerah khatulistiwa maka panas di siang hari kadang tak tertahankan, bahkan kadang “seperti menyengat”. Keadaan ini semakin diperparah oleh perilaku manusia yang serakah lalu merusak hutan (pembalakan liar), membuang sampah sembarangan, melegalkan pencemaran lingkungan, meningkatkan polusi udara oleh asap kendaraan dan pabrik/ perusahaan besar maupun kecil.

Muncullah pertanyaan, apakah pencemaran udara, tanah dan air ini sifatnya alami atau memang karena disengaja oleh pihak-pihak tertentu alias berupa konspirasi. Pada dasarnya, jumlah dan aktivitas manusia yang terus meningkat seiring berjalannya waktu ditambah lagi oleh peningkatan jumlah penduduk. Sudah pasti hal-hal semacam ini turut meningkatkan pencemaran lingkungan. Ditambah lagi, hasrat para pengusaha yang serakah menjalankan konspirasi untuk merusak alam. Sehingga peralatan elektronik dan teknologi yang mereka jajakan laku keras dipasaran. Ini semacam persekongkolan jahat untuk mengganti yang alami menjadi sesuatu yang baru yang disebut dengan teknologi yang diperjualbelikan.

Pada dasarnya, manusia lebih suka menghancurkan segala sesuatu dan menghasilkan sampah sedangkan lingkungan sekitar terutama pohon mengambil bagian untuik membersihkan polusi udara dan mengundang turunnya hujan untuk mempercepat pembusukan berbagai jenis sampah yang terdapat di atas tanah maupun di dalam air. Oleh karena itu, peran pepohonan di dalam kehidupan manusia sangatlah penting. Ketika manusia menghancurkan segala sesuatu dan menghasilkan sampah maka tumbuhan hijau (termasuk pepohonan) akan kembali membersihkan semua kekacauan itu sembari mengundang hujan untuk mempercepat penguraian sampah. Baca juga, Cara tumbuhan hijau mengubah udara menjadi air.

Cara membuat rumah sejuk bahkan lingkungan sekitarnya juga

Sejuk itu sederhana tetapi aktivitas manusia begitu kompleks, penggunaan teknologi – mesin sangat tinggi. Mulai dari kendaraan bermotor, televisi, komputer, gadget/ smartphone hingga penggunaan lampu di rumah-rumah warga menyisakan emisi (sampah) bagi lingkungan sekitar. Artinya, semakin tinggi aktivitas manusia itu sendiri maka semakin tinggi pula jumlah sampah yang dihasilkan. Oleh karena itu, cara pertama untuk menyejukkan udara disekitar anda adalah “tiadakan aktivitas yang tidak perlu”. Berikut selengkapnya tentang tata cara membuat rumah sejuk untuk di tempati.

  1. Hemat energi – tidak perlu menghambur-hamburkan sumber daya pada hal-hal yang tidak penting.

    Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa manusia menghancurkan lalu menghasilkan sampah. Jika ini terus-menerus terjadi tanpa kendali dan terkesan mubazir (wujud dari foya-foya) niscaya jumlah sampah yang dihasilkan tidak sebanding dengan kemampuan lingkungan untuk mendegredasikannya/ menghancurkannya. Pada akhirnya penumpukan sampah dimana-mana (udara, air dan tanah) sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan yang pada akhirnya menekan bahkan menghilangkan kesejukan pada lingkungan alami. Oleh karena itu nikmatilah hidupmu, gunakan sumber daya apa adanya. Jangan berlebihan, jangan juga kekurangan sehingga sejuk-sedapnya udara disekitar lingkungan rumah anda tetap terjaga.

    Misalnya dengan tidak menggunakan ukuran televisi yang terlalu besar. Buat apa layar TV yang terlalu besar padahal yang menonton hanyalah 4 orang saja atau buat apa yang besar-besar padahal ukuran rumah yang sederhana.
    Matikan lampu jika hari sudah mulai terang, hindari membakar hal-hal yang tidak perlu (misalnya membakar sampah), tidak perlu menggunakan kendaraan untuk mengunjungi tempat yang dekat (berjalan kakilah atau gunakan sepeda), lakukan pekerjaan sekaligus (misalnya memasak itu tidak perlu setiap kali makan melainkan cukup sekali sehari terkecuali ada acara khusus) dan lain sebagainya.

  2. Membuat atap rumah dari tumbuh-tumbuhan atau setidak-tidaknya menggunakan plafon dari papan kayu.

    Bisakah anda merasakan betapa sejuknya udara dibawah pepohonan yang rindang? Demikian juga halnya saat anda memiliki rumah yang menggunakan atap dari tumbuh-tumbuhan, udara di bawahnya pasti sejuk untuk ditempati, misalnya dengan menggunakan atap rumbia. Masalahnya hanya pada jangka waktu penggunaannya yang singkat dimana harus diganti sekali setahun. Tahukah anda bahwa penggunaan atap dari besi (dari seng atau aluminium) tidak cukup kuat untuk menahan sinar matahari langsung, panasnya masih dapat tembus hingga ke bawah. Oleh karena itu ada baiknya lempengan atap semacam ini perlu di alasi dengan plafon yang terbuat dari tumbuhan, misalnya dari papan.

  3. Membuat rumah dengan ventilasi yang cukup.

    Rumah anda perlu ventilasi pada keempat arah mata angin. Jika tidak memungkinkan maka setidak-tidaknya berventilasi pada dua arah mata angin saja. Ini dilakukan agar sirkulasi udara tetap lancar selalu. Jika rumah anda hanya memiliki satu bagian ventilasi pada satu arah mata angin maka udara yang masuk cenderung akan tertahan di dalam sebab sulit juga jika udara masuk dan keluar dalam satu arah mata angin (misalnya hanya dari depan saja). Oleh karena itu lebih baik jika ventilasi yang dimiliki ada di depan dan juga di belakang (minimal).

  4. Menanam pohon di sekitar pekarangan rumah – Jika lingkungan sekitar lebih luas.

    Bila kebetulan tempat tinggal anda memiliki pekarangan yang cukup luas maka ada baiknya jikalau halaman yang kosong itu ditanami beberapa pepohonan rimbun yang pendek untuk menghasilkan buah-buahan. Anda dapat memulainya dari sekarang, misalnya menanam pohon mangga, sirsak, jambu air, jambu merah, belimbing, sirsak, pokat, dan lain sebagainya. Gunakanlah bibit yang dikembangkan dengan cara stek batang atau dicangkok agar pohon tersebut segera berbuah dan memiliki pokok batang yang pendek. Salah satu tanaman yang cukup rimbun dengan dahan-daha yang melebar rata sekelilingnya adalah pohon seri.

  5. Menanam bunga di depan rumah juga bila perlu disekelilingnya juga sekalian.

    Anda dapat menanam berbagai jenis bunga di halaman depan, samping (kiri dan kanan) juga di pekarangan belakang rumah. Jika tidak tersedia permukaan tanah yang terbuka maka anda dapat meletakkannya dalam pot-pot kecil dan besar. Zaman sekarang, ada banyak jenis pot: ada pot duduk, pot gantung, pot lengket dan pot kreatif yang dibuat dari bahan-bahan bekas. Keberadaan tanaman jenis ini sangat membantu tersedianya respirasi udara yang bersih di sekitar rumah anda. Selain itu, memelihara tanaman semacam ini juga dapat menambah kesibukan (terutama bagi mereka yang tinggal di rumah – Ibu rumah tangga) dan juga menambah nilai keindahan di dalam dan di luar rumah.

  6. Menanam bunga air yang digantung di dinding di dalam rumah.

    Bunga air yang ditanam secara hidroponik dapat membantu menyejukkan suhu udara di dalam rumah anda. Seperti yang kami ungkapkan sebelumnya bahwa salah satu kemampuan tanaman adalah menambah kelembaban udara dengan cara mengubah udara menjadi air. Jikalau tanaman hijau yang terdapat di dalam rumah anda cukup banyak jumlahnya niscaya suasana rumah bisa jadi lebih sejuk di bandingkan dengan udara luar sehingga aliran udara tetap lancar. Salah satu kunci agar aliran udara tetap lancar, yakni adanya perbedaan temperatur. Biasanya aliran udara berasal dari temperatur yang lebih rendah menuju ke daerah dengan temperatur yang lebih tinggi. Salah satu tanaman air yang dapat dibawa masuk ke dalam rumah adalah keladi air.

  7. Menaburkan garam dalam konsentrasi isononik (0,9% per liter).

    Garam merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan seluruh makhluk hidup di dunia ini. Semakin baik kandungannya di dalam lingkungan maka semakin sehat dan bahagia setiap makhluk yang ada didalamnya. Tetapi ingat, jangan berlebihan namun jangan juga kekurangan dalam hal penggunaannya. Dengan bantuan garam respirasi tanaman menjadi lebih baik, efektif dan efisien.

    Pohon adalah AC dan AC adalah pohon. Jika anda dapat menanam pepohonan atau tanaman hijau di sekitar rumah dan didalamnya juga maka tidak perlu lagi membeli AC untuk menyejukkan udara. Melainkan dengan bantuan garam maka anda dapat mengefektifkan respirasi tumbuhan hijau sehingga dapat menghasilkan ion-ion negatif yang sangat baik untuk kesehatan dan turut membuat udara sejuk. Jika AC harus selalu diisi dengan freon agar kerjanya lebih baik lagi maka tanaman hijau (salah satunya pohon) membutuhkan garam agar udara menjadi sejuk dibuatnya.

    Salah satu cara untuk membuat pupuk garam lebih efektif adalah dengan mencampurkannya dengan air terlebih dahulu sebelum diaplikasikan. Pada konsentrasi 0.9 % atau setara dengan 9 gram dalam setiap satu liter air.
    – Bisa juga dengan menambahkan satu setengah sendok teh garam dalam satu liter air.
    – Masukkan dalam wadah tertutup (misalnya botol bekas wadah minuman).
    – Siramlah setiap pagi dan sore, tanaman anda dengan larutan isotonik ini secukupnya.
    – Simpan sisa larutan garam isotonik yang anda miliki di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

    Jika anda berminat untuk memelihara tanaman secara hidroponik maka gunakanlah air laut yang sudah diencerkan hingga konsentrasinya 0.9%. Kandungan garam isotonik semacam ini sangat baik bagi makhluk hidup sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman hidroponik.

  8. Gunakan peralatan yang hemat energi.

    Ada banyak peralatan elektronik yang beredar di pasaran tetapi tidak semuanya hemat energi. Belilah barang-barang elektronik yang berlogokan hemat energi sehingga emisi (panas) yang dihasilkan lebih minimal. Misalnya dengan menggunakan lampu led ketimbang lampu pijar dan lain sebagainya. Jaman sekarang sudah banyak perusahaan yang mendukung budaya menghemat energi, ada dapat menanyakan hal ini langsung kepada sales-nya.

Pada awalnya alam telah menyediakan berbagai-bagai fasilitas terbaik untuk kehidupan manusia. Hanya saja hawa nafsu yang sesat dan tidak terkendali juga keserakahan manusia telah merusak yang alami dan terbaik itu. Disinilah orang-orang cerdas (yang menyebut dirinya ilmuan) hadir untuk memberi solusi jangka pendek (misalnya dengan membeli AC). Oleh karena itu, jika anda tidak mau membayar lebih demi kesejukan maka jagalah lingkungan alami yang dimiliki, tanamlah pohon, tanam juga bunga di dalam dan di luar rumah. Alhasil udara sejuk akan datang sendiri ke dalam tempat tinggal anda hingga pikiran andapun sejuk dibuatnya.

Salam kesejukan sejati hanya milik hati….

Iklan

5 comments

  1. […] Perputaran suhu udara di dunia ini juga demikian halnya, yaitu dimulai dari sinar matahari ditambah suhu tubuh makhluk hidup (terutama manusia dan hewan) dan panas yang dihasilkan oleh mesin kendaraan, mesin pabrik, alat elektronik dan berbagai jenis lampu. Semuanya ini meningkatkan suhu udara dan menurunkan intensistas kelembaban lingkungan. Tetapi tanaman hijau yang digarami akan menyerap sinar matahari dan semua panas tersebut sehingga menurunkan suhu udara dan menambah kelembaban lingkungan sembari melepas ion-ion negatif yang membuat udara menjadi sejuk dan baik bagi kesehatan seluruh makhluk hidup termasuk manusia itu sendiri. Simak juga, Cara membuat lingkungan rumah sejuk. […]

    Suka

  2. […] Btw, untuk solusi jangka pendek dan menengah maka mulailah rutin menanam pohon disekitar rumah anda. Jikalau memang lahan tidak memungkinkan maka usahakanlah untuk mewujudkannya dengan menanam jenis tanaman rimbun seperti bunga. Andapun dapat meletakkan bunga pada pot-pot keci dan besar sehingga selain berperan untuk menyejukkan udara dan menangkap sinar matahari, berfungsi juga untuk memperindah lingkungan tempat tinggal anda. Menarik, Tips menciptakan udara sejuk di dalam rumah. […]

    Suka

  3. […] Tanaman dapat mengubah udara menjadi air alias berperan penting untuk menambah kelembaban udara di sekitar lingkungan rumah anda. Jika bunga hidup yang di tanam cukup banyak maka dapat dipastikan bahwa ini akan menjadi salah satu penentu yang membuat hunian menjadi sejuk untuk di tempati bersama keluarga. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s