11 Manfaat & Cara Menguatkan Otot Kaki Dengan Senam Sederhana – Melakukan Senam Kaki di Rumah Bahkan Dimanapun dan Kapanpun

Cara dan Manfaat Menguatkan Otot Kaki Dengan Senam Kaki Di rumah - Ayo Bergerak Agar Hati Bahagia

Kaki adalah (1) anggota badan yang menopang tubuh dan dipakai untuk berjalan (dari pangkal paha ke bawah); (2) bagian tungkai (kaki) yang paling di bawah; (3) bagian suatu benda yang menjadi penopang (penyangga) yang berfungsi sebagai kaki; 4 bagian yg bawah; (5) kata penggolong bilangan bagi payung; (6) ukuran panjang, 12 inci (= ? 0.3048 m); (7) bagian kaki unggas yg kasar dan bersisik. Merupakan tungkai yang berfungsi untuk menopang seluruh tubuh. Tanpanya mobilitas manusia menjadi terbatas.

Saat kita bergerak hati menjadi bahagia

Saat tubuh bergerak, peredaran darah menjadi lancar dan hormon kebahagiaan diaktifkan sehingga hati terasa puas menjalani hari lepas hari. Itulah mengapa para pekerja lapangan jarang stres dibandingkan dengan mereka yang bekerja di belakang meja. Badan yang terus bergerak akan (termasuk salah satu diantaranya adalah kaki) akan meremajakan pikiran anda sehingga rasa tertekan (stres) turut menjauh. Oleh karena itu, bagi anda yang rutin bekerja dibelakang meja, jadwalkanlah waktu khusus untuk rutin berolahraga, bisa juga senam bahkan menari sekalipun. Rutinitas semacam ini turut membuat peredaran darah menjadi segar dan pikiran menjadi bugar sehingga bahagiapun datanglah.

Jika saat ini anda sedang bersedih, entah karena sesuatu dan lain hal, berdiam diri sejenak dan silahkan merefresh pikiran anda dengan mengundang Tuhan untuk melakukan bersih-bersih di dalam hati sembari menata ulang mindset anda. Akan tetapi jangan terus tenggelam dalam lamunan dan imajinasi yang panjang juga tidak jelas. Melainkan ayo bergerak, ayo senam kaki, ayo menari, ayo melakukan Tari Maena. Untuk menghapus kepenatan di dalam hati, terkadang anda harus bergerak. Lakukanlah di ruang keluarga, bersama pasangan atau orang dekat lainnya, sendiripun tidak masalah. Putar musik dan mainkan kakinya. Gerakan semacam ini dapat membantu memperlancar aliran darah diotak sehingga pikiran lebih fresh menyambut tantangan kehidupan.

Manusia terus melangkahkan kaki ke sana dan ke sini atau setidak-tidaknya mengedipkan mata

Tiap hari, tiap jam, tiap menit, tiap detik yang kita lalui pasti berhubungan erat dengan perpindahan posisi. Terkecuali bagi mereka yang duduk di bangku sekolah dan yang bekerja dibelakang meja. Sekalipun demikian tetap saja ada kesibukan, setidak-tidaknya bernafas dan mengedipkan mata. Suatu budaya yang terus-menerus digeluti dari waktu ke waktu kelak akan menjadi rutinitas yang otomatis terjadi, tanpa paksaan, tanpa suruhan dan tanpa beban sama sekali. Layaknya bernafas atau mengedipkan mata, pernahkah anda menyadari ke dua hal ini? Bukankah keduanya terjadi secara otomatis dan diluar kesadaran? Demikianlah juga dalam hal pergerakan kaki, anda tidak harus memerintahkannya lalu ia akan begerak menurut intuisi (insting) dari otakmu.

Selalu aktifkan pikiranmu dalam menempuh setiap langkah kaki

Saat kaki melangkah, pastikan otak tetap berjalan (dalam posisi “ON”). Pikiran yang tertidur sering sekali mengacaukan kehidupanmu. Jangan biarkan otakmu meredup sehingga Pergerakan kedua organ di bawah pinggang ini dapat aktif secara efektif dan efisien. Ia bagaikan pondasi, “apa artinya sebuah rumah tanpa pondasi yang kuat?” Bukankah ini sama saja dengan membangun rumah di atas pasir? Hanya menunggu waktu saja hingga badai menggoyahkan, menerjang, mengacaukan dan meluluh lantakkan rumah tersebut. Oleh karena itu, tungkai yang kuat adalah mutlak dimiliki oleh semua orang.

Pastikan pikiran selalu fokus pada hal-hal yang baik dan benar dalam setiap gerakan yang dilakukan. Bisa saja gaya yang anda lakukan menjurus kepada hal-hal yang menyimpang sehingga merugikan orang lain dan juga diri sendiri. Pikiran yang selalu terisi adalah jaminan kepada sikap yang selalu sigap dan penuh dengan kehati-hatian. Ada banyak fokus yang positif di dunia ini, tergantung menurut bidang masing-masing. Salah satu yang “The best of the best” adalah dengan senantiasa memusatkan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian.

Manfaat memperkuat kaki dengan senam kaki

Senam ini kami rekomendasikan bukan tanpa sebab “bagaimana anda dapat berjalan dengan anggun tanpa tiang-tiang penopang yang kuat?”. Anda harus mulai melatih kekuatan kaki dengan melakukan senam ini secara rutin. Bila bagian bawahnya saja kuat niscaya tengah sampai atasnyapun menjadi lebih kokoh. Berikut beberapa manfaat melakukan gerakan senam kaki “all variant”.

  1. Kaki menjadi kuat menopang tubuh.

    Semakin besar tubuh anda harusnya kakipun menjadi lebih kuat. Mereka yang tubuhnya kecil dan ramping tidak begitu memerlukan kekuatan ekstra untuk berjalan, akan tetapi mereka yang tubuhnya lebih besar (gendut) sudah pasti membutuhkan otot betis dan otot paha yang lebih kuat pula. Oleh karena itu, latihlah kedua otot tersebut mulai dari sekarang.

  2. Gerakan menjadi lebih lentur, luwes dan anggun.

    Tahukah anda bahwa wanita maupun pria yang mengikuti ajang “fashion show” diharuskan untuk memiliki kaki yang lebih kuat? Mustahil anda dapat berjalan dengan anggun dan luwes dengan tungkai yang lemah. Oleh karena itu jika anda ingin setiap tapak kaki yang dilangkahkan lebih luwes dan anggun maka berlatihlah senam ini untuk membuat tubuh anda semakin kuat dari bawah ke atas.

  3. Mampu untuk berjalan dengan cepat bukan terburu-buru.

    Jalan cepat itu tidak mudah teman. Jika anda terus melatih kekuatan kaki niscaya andapun dapat melakukannya tanpa hambatan dan rintangan yang berarti. Akan tetapi dibalik semuanya itu, berjalanlah tanpa harus terburu-buru sebab sikap semacam ini bisa saja membuatmu menyentuh batu sandungan hingga terjatuh. Oleh karena itu, hindari kecepatan yang mengabaikan keselamatan.

  4. Belajar melatih keseimbangan.

    Dahulu kamipun menderita kelainan keseimbangan. Akan tetapi setelah belajar melatih kaki maka gejala dari penyakit ini telah berkurang drastis. Jikalau saat ini anda menderita penyakit bipolar maka sebaiknya mencoba menekuni hal-hal yang kami sarankan di dalam tulisan ini.

  5. Tidak mudah terpeleset oleh lantai yang licin atau karena sesuatu hal.

    Terkadang kita tidak menyadari lalu secara tidak sengaja menginjak lantai yang berpotensi licin. Jika anda melakukan senam kaki secara rutin maka dipastikan hal-hal semacam ini tidak mudah menjatuhkanmu, mungkin saja bisa goyah akan tetapi tidak sampai terjatuh apa lagi tergeletak. Biasanya lantai licin karena masih basah atau karena bawaannya memang demikian dan bisa juga karena kulit buah pisang.

  6. Membebaskan kaki dari varises.

    Tentu saja anda tidak mengnginginkan urat-urat nadi keluar dibelakang lutut. Keadaan semacam ini timbul karena kaki yang tidak seimbang dan otot-ototnya yang lemah. Sehingga ketika seseorang memaksakan kakinya yang lemah untuk bekerja ekstra niscaya akan timbullah yang namanya varises. Demikian pula saat anda memaksakan diri untuk melakukan senam ini maka beresiko menimbulkan hal yang sama. Oleh karena itu lakukanlah segala sesuatu secara bertahap, “perlahan tapi pasti” karena terus menerus (rutin) dilakukan.

  7. Menjauhkan kaki anda dari naik betis.

    Jika anda melakukan gerakan senam kaki sekaligus, salah satu akibatnya adalah timbulnya naik betis. Akan tetapi bila anda melakukannya secara bertahap maka otot betis dan paha akan menjadi kuat juga stabil sehingga tidak mudah naik betis.

  8. Tahan napas saat naik tangga.

    Akhir-akhir ini kami baru sadar bahwa nafas yang terengah-engah saat menaiki tangga yang tinggi dan panjang mulai berkurang setelah berlatih senam ini selama beberapa waktu. Andapun dapat melakukannya agar daya tahan napas saat menempuh perjalanan jauh menjadi lebih baik lagi.

  9. Ibu hamil tidak mudah kelelahan (sesak).

    Bagi anda yang sedang hamil ada baiknya melakukan senam ini agar tidak mudah lelah saat janin anda berada pada trimester terakhir. Diawal-awal kehamilan ada baiknya jikalau bertekun melakukannya agar tubuh ini lebih siap menahan berat janin yang semakin hari semakin meningkat.

  10. Berhubungan badan/ masturbasi lebih nyaman.

    Untuk yang berhubungan badan, kebetulan kami belum pernah mengalaminya. Jadi bagi anda yang sudah memiliki pasangan resmi silahkan coba sendiri. Tetapi soal masturbasi, kami pernah klimaks 5 menit hanya gara-gara aktivitas berdiri-jongkok. Bayangkan, yang harusnya 5 detik bisa jadi 5 menit, itu indahnya “terimakasih Tuhan”. Bahkan saking lamanya tuh, sampai gak jadi nembak, jadi kecewa sih tapi top (salah satu cara mengurangi kebiasaan onani) Gerakan berdiri (5 detik)– jongkok (5 detik) sambil melakukan aktivitas ini dapat menahan klimaks sejauh mungkin bahkan sampai titit-mu loyo 😀 (masturbasinya gak jadi wkwkwkkkkk).

  11. Pada akhirnya semua gerakan yang dilakukan dengan tulus dan tanpa pamrih ini dapat mendatangkan kebahagiaan.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa saat anda bergerak maka aliran darah menjadi lancar sehingga peran & fungsi berbagai-bagai hormon di dalam tubuh manusia dapat bekerja dengan baik (efektif dan efisien) sehingga mendatangkan kebahagiaan di dalam hati. Tingkat kepuasan akan membaik ketika pikiran lebih segar dan tubuh menjadi bugar.Cara melakukan senam kaki yang simple mudah dan murah untuk ditekuni

Lakukanlah senam ini secara bertahap. Jangan langsung sekaligus lama melainkan mulailah melakukannya dari 5 menit, 15 menit hingga setengah jam dan seterusnya. Perhatikan asupan makanan anda sehingga aktivitas yang dilakukan berimbang dengan jumlah makanan yang dikonsumsi. Berikut beberapa cara untuk melakukan senam kaki untuk tubuh yang lebih sehat.

  1. Bersepeda secara rutin.

    Anda dapat melakukannya di pagi hari dan bisa juga di sore hari. Dengan bantuan teknologi saat ini bersepedapun dapat dilakukan di rumah dengan membeli peralatan olahraga tertentu. Sekalipun demikian bersepeda di jalanan justru membuat mata (melihat pemandangan), hidung (menghirup udara segar maupun polusi) dan telinga (mendengar suara merdu dari alam sekitar maupun kerasnya knalpot bising) lebih disegarkan oleh hiruk pikuk lingkungan sekitar.

    Saat bersepeda bukan hanya otot betis dan paha yang dilatih melainkan otot bokong, tangan dan punggung juga. Selain itu, hal ini juga dapat melatih otot puboccacygeus dalam senam kegel. Artinya saat anda bersepeda, semua otot dilatih termasuk otot kegel.

  2. Berlari diwaktu-waktu tertentu.

    Dapat dilakukan dengan lari pagi ataupun lari sore. Lakukan dengan santai agar kaki jangan sampai menyentuh batu sandungan. Pastikan rutinitas ini menjadi suatu kebiasaan yang membuat badan sehat, indra segar dan otak bersinar.

  3. Budayakan berjalan.

    Saat hendak berkunjung ke rumah teman hanya beberapa meter di sebelah rumah anda tidak perlu naik sepeda motor. Jika hidup ini mau nyaman terus maka kapankah anda bisa belajar sesuatu? Kita butuh tantangan untuk hidup sehingga ujian kehidupan itulah yang membuat diri ini lebih cerdas bahkan juga bijak dalam bersikap.

  4. Budayakan naik tangga daripada lift/ eskavator.

    Jika anda tidak terburu-buru maka silahkan menggunakan tangga. Terus menerus naik lift atau eskavator cenderung membuat tubuhmu manja pada akhirnya otot-otot kaki andapun tetap lemah dan tidak berkembang secara maksimal.

  5. Melatih kuda-kuda.

    Berlatih kuda-kuda disebut juga jongkok gantung. Anda dapat melakukan hal ini kapanpun dan dimanapun berada sebab tidak dibutuhkan area yang luas untuk melakukannya. Bahkan andapun dapat melakukannya disamping kursi kantor dibelakang meja. Mulailah dari waktu yang pendek terlebih dahulu, misalnya 30 detik, 1 menit, 3 menit, 5 menit dan seterusnya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

  6. Jongkok diwaktu-waktu tertentu.

    Pada kesempatan tertentu manfaatkan waktu luang untuk melakukan jongkok minimal 4-5 kali dalam sehari. Andapun dapat melakukan aktivitas ini lebih intensi dengan tidak duduk dikursi saat bekerja di atas meja. Melainkan menyediakan meja yang memiliki ketinggian yang rendah sehingga anda dapat melakukan pekerjaan di atas meja sambil berjongkok.

  7. Berjalan merunduk.

    Tahukah anda apa perbedaan antara cara manusia berjalan dan kera? Manusia berjalan dengan menegakkan kedua tungkainya sedangkan kera berjalan dengan menekuk kedua tungkainya. Inilah alasannya mengapa kaki hewan ini multi fungsi, saking kuatnya dapat juga digunakan untuk bergelantungan di atas pohon.

    Memang lebih enak berjalan dengan menegakkan/ meluruskan kedua kaki dibandingkan dengan menekuknya. Banyak otot yang berkontraksi (diaktifkan) saat anda berjalan sambil menekuk sedangkan ketika diluruskan lebih banyak otot yang mengalami relaksasi.
    Berjalan seperti kera
    Gaya semacam ini dapat anda lakukan dengan cara:
    a) tekuk kedua kaki pada posisi 120 – 90 derajat. Semakin kecil sudut yang terbentuk maka semakin tinggi kontraksi otot di daerah paha dan betis. Oleh karena itu mulailah dari sudut yang besar terlebih dahulu.

    b) hindari membengkokkan punggung/ menunduk melainkan tetap pertahankan dalam posisi tegap/ lurus.

    c) letakkan kedua tangan secara bersilang di belakang punggung untuk menjaga keseimbangan badan.

    d) berjalan sambil melipat kaki seperti orang yang sedang melakukan kuda-kuda hanya saja kakinya tidak ngangkang melainkan merapat seperti orang yang berjalan pada umumnya.

    e) Pastikan hanya kaki dan tumit anda yang terlipat sedangkan punggung tetap tegak lurus. Olahraga semacam dapat dilakukan sambil berjalan di dalam rumah atau bisa juga menyediakan waktu khusus untuk berjalan bahkan berlari sambil menekuk tungkai sendiri. Hindari melakukannya di tempat umum nanti anda disangka aneh.

    Saat teori evolusi menganggap bahwa kita dahulu bergerak dari tubuh kera menjadi tubuh manusia maka sekarang kitalah yang meniru gaya kera berjalan sambil menekuk kaki karena manfaat yang dirasakan saat melakukan gerakan ini, luar biasa adanya. Ini kami sebut sebagai evolusi terbalik, bukan karena kebetulan melainkan karena efeknya dahsyat.

  8. Duduk dilantai dengan santai.

    Duduk di kursi memang baik namun duduk di lantai jauh lebih baik lagi. Saat anda duduk di kursi hampir dapat dipastikan bahwa tidak ada otot yang berkontraksi kecuali otot di daerah leher dan tangan yang sedang bergerak sesekali. Tetapi saat sedang duduk dilantai, mulai dari otot di daerah kaki, otot di daerah punggung hingga otot di daerah leher berkontraksi untuk menopang dan membuat posisi tubuh tetap seimbang.

  9. Dan berbagai jenis olahraga juga senam lainnya.

    Hampir semua olahraga yang kita lakukan/ digeluti membutuhkan otot kaki yang kuat. Misalnya saja skot jump, tenis meja, bulu tangkis, voli, bola kaki, tenis lapangan, footsal, renang dan lain sebagainya. Demikian juga dengan senam, misalnya senam aerobik, senam pagi dan lain sebagainya. Anda dapat melakukan semuanya itu tergantung dari bakat masing-masing. Namun bagi orang awam seperti kami, olahraga semacam ini tidak sempat dilakukan sehingga lebih memilih opsi 3 sampai 8 untuk di lakukan di rumah. Jika anda memiliki waktu lebih maka lakukanlah hal-hal tersebut di gelanggang olahraga/ arena olahraga yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Berhubung karena aktifitas kami yang padat merapat, terlebih rutinitas menulis blog yang intens maka opsi pertama dan kedua jarang sekali dilakukan bahkan opsi pertama tidak pernah dilakukan akhir-akhir ini. Bagi anda kawula muda yang memiliki waktu luang yang lebih maka teruslah bergerak kawan agar peredaran darah anda lancar dan pikiran lebih segar sehingga mudah tersenyum bahagia. Mulailah semuanya dalam tahapan, misalnya minggu pertama 5 menit, minggu ke dua 15 menit, minggu ke tiga 30 menit dan seterusnya. Hindari melakukannya secara terburu-buru dan jangalah berlebihan.

Ada banyak senam yang sudah kami utarakan di dalam tulisan ini diantaranya adalah (a) senam kegel, (b) jongkok, (c) kuda-kuda, (d) senam lutut dan yang sekarang adalah (e) senam kaki, kedepannya mungkin masih ada lagi…. Lakukanlah semuanya itu (1) dengan tekad yang bulat, (2) niat yang tulus (3) secara rutin sehingga dampaknya benar-benar dirasakan bahkan hingga tua nantinya.

Salam senam sehat!

Iklan

One comment

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s