10 Cara Menghibur Diri Sendiri – Darimana Penghiburan Sejati Kita Peroleh?

Kristen sejati – Hibur adalah menyenangkan dan menyejukkan hati yg susah, melipur. Penghiburan adalah proses, cara, perbuatan menghibur. Menurut kami, ini adalah aktivitas pribadi untuk mengelola pikiran sehingga menemukan titik dimana ada ketenangan dan kesejukan di dalam hati. Ini adalah sebuah teknik dan trik sehingga suasana hati berubah dari kebimbangan, ketidakpastian, kerancuan dan rasa bersalah yang menuju kepada titik kepuasan yang sesungguhnya.

Kebenarannya adalah manusia dengan kecerdasannya dapat menghibur diri sendiri. Akan tetapi, tingkat intelektual yang semakin tinggi juga bisa bertindak sebaliknya yakni semakin tidak mudah terpuaskan terlebih ketika situasi memburuk (tidak seperti biasanya). Layaknya kebahagiaan yang sudah ada di dalam diri ini jauh sebelum kita lahir. Maka demikian juga hakikat penghiburan itu sudah ada dalam hati kita pribadi lepas pribadi. Masalahnya sekarang adalah bagaimana cara mengaktivkannya.

Penghiburan juga sangat dekat maknanya dengan cara kita meregenerasi diri sendiri setelah mengalami kepahitan/ rasa sakit oleh karena aktivitas sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar. Ketika tangan anda terluka maka mulailah sel-sel imunologis disekitar kulit melakukan proses regenerasi. Aktivitas ini sangat terbantukan dengan konsumsi garam harian yang mencukupi. Demikian jugalah ketika sakit hati meradang dalam diri anda maka mulailah untuk menjadi garam (bermanfaat bagi kemuliaan nama Tuhan dan menyatakan kasih-Nya kepada sesama manusia).

Cara Menjadi Candu Kepada Tuhan Dan Kasih (Kebaikan) Adalah Narkoba Terindah

Saat menggantungkan hidup pada dunia dengan segala yang ada di dalamnya

Pada dasarnya hal ini hanyalah masalah kebiasaan saja. Jikalau selama ini anda menghibur diri sendiri dengan materi dan seluruh kenikmatan dunia maka itulah terus yang anda butuhkan seumur hidup. Akan tetapi, biasanya kebutuhan akan materi terus meningkat dari tahun ke tahun seiring trend di pasaran. Padahal kita tahu sendiri bahwa uang itu tidak selalu ada dan jumlah yang diterimapun sama saja. Apakah anda siap menanggung derita karena tidak bisa mengikuti arus dunia yang terus berubah?

Harus dipahami bahwa ketika anda menggantungkan penyambuhan luka hati dari materi, sesama manusia dan semua yang ada di dalam dunia ini maka kehidupan anda akan menjadi milik dunia ini. Murnilah bahwa ketergantungan ini dapat menyeretmu untuk menjadi candu seutuhnya. Dengan demikian anda memberi kesempatan kepada dunia untuk mempermain-mainkan perasaanmu bahkan mengendalikanmu juga. Jika kecanduan ini tidak dapat anda obati maka ada kemungkinan untuk (1) jatuh menjadi over dosis (OD) dan kemungkinan yang lain adalah (2) menjadi seorang kriminal yang menghalalkan segala cara untuk meraih materi. Termasuk dalam hal ini adalah copet, maling, koruptor, mengutil, penipuan, pemerasan, begal motor dan aksi kejahatan lainnya.

Candu terhadap penghiburan sejati

Semua yang ada di luar diri ini sifatnya tidak selalu ada, tidak stabil, tidak konsisten dan tidak mampu kita kendalikan sepenuhnya. Penghiburan yang datangnya dari luar jelas tidak selalu ada di saat kita butuhkan. Lagipula untuk menggerakkan sesuatu yang ada di bumi ini butuh uang sedangkan uang tidak selalu ada. Terlebih ketika mengharapkan dihiburkan oleh orang lain (sesama), apakah dia peduli? Artinya sekalipun ada yang peduli namun ada juga yang tidak peduli sebab tidak mungkin mengendalikan seluruh manusia yang kita temui hari ini.

Ingat kata-kata dalam Alkitab, yaitu tentang “jadilah garam dan terang dunia“. Perkataan Tuhan Yesus inilah yang sesungguhnya menjadi penghiburan yang sejati. Dua hal ini sama-sama memberikan manfaat untuk kemuliaan nama Tuhan dan menjadi bermanfaat bagi sesama manusia. Untuk menjadi terang, butuh pengorbanan dan kebijaksanaan yang lebih besar. Jika anda memang memilikinya maka jadilah bermanfaat bukan hanya kepada orang-orang terdekat melainkan juga kepada mereka yang tidak kita kenal bahkan kepada musuh sekalipun. Akan tetapi untuk menjadi garam, sangatlah mudah yakni dengan memberi manfaat bagi mereka yang kita kenal, orang-orang disekitar anda.

Garam adalah komponen yang sangat bermanfaat di segala bidang. Dimanapun berada, dibidang manapun dan dibelahan bumi manapun pastilah dibutuhkan yang namanya garam. Oleh karena itu, Jadilah orang yang bermanfaat untuk kemuliaan nama Tuhan, pujilah dan tinggikan nama-Nya di segala kesempatan. Aturan kedua dari pesan garam adalah dengan menjadi bermanfaat bagi orang-orang didekat/ disekitar kita. Melakukan dua hal ini saja dapat menghibur hati. Sekalipun anda mengalami kepahitan dan rasa sakit yang mendalam akan terobati lewat aktivitas anda memberi faedah kepada Tuhan dan manusia.

Terang adalah sebuah titik kebermanfaatan yang lebih luas. Tidak hanya menyatakan kemuliaan nama Tuhan kepada mereka yang kita kenal saja melainkan juga menyatakannya kepada siapapun itu, baik orang asing maupun musuh-musuh kita. Ciri khas dari level ini adalah (1) membutuhkan motivasi yang suci (bukan demi uang, pujian, popularitas dan hal-hal duniawi lainnya), (2) memerlukan pengorbanan yang lebih besar dan (3) kebaikan yang diberikan sudah teruji (sekalipun telah diacuhkan, ditolak bahkan dibenci orang namun tetap diwujudnyatakan).

Inilah penghiburan yang hakiki. Dimana untuk mewujudkannya, tidak perlu menunggu orang lain untuk bertindak. Daripada kecewa terus karena mengharapkan sesuatu yang tidak pasti maka lebih baik jikalau anda bertindak sendiri untuk mengambilnya lalu mempraktekkannya langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Cara menghibur diri sendiri lewat penghiburan sejati yang sudah ada pada kita masing-masing sejak dari lahir

Semasih kanak-kanak, kami sering dihiburkan oleh orang tua saat lagi bersedih, entah itu karena kesalahan sendiri maupun karena kesalahan orang lain. Akan tetapi setelah beranjak dewasa kami mulai merasa sendiri. Orang tuapun tidak punya waktu untuk menghibur hati yang sedang terluka dan lagipula kamipun tidak memberitahukannya kepada mereka. Oleh karena itu, memutuskan untuk mencari penghiburan itu. Beberapa hiburan yang kurang tepat dimana kami sempat melihat dan mendengar orang lain melakukan hal ini. Berikut selengkapnya.

  • Belanja. Emang uang ada terus, bisa tekor tuh…..
  • Makan. Mau jadi orang yang penyakitan dan terlalu gendut?
  • Jalan-jalan. Mau jalan keluar terus, emang gak lelah ya….
  • Bersama sahabat. Mereka juga punya kesibukan lain, nggak selalu ada….
  • Pacaran. Nambah pusing kepala aja, apa sanggup menahan perbedaan, mengatasi pergolakan dan menyesuaikan diri? Terus putus-nyambung lagi? Mending nikah aja langsung….
  • Seks bebas. Siap-siap jenuh muda aura/ hasrat seksnya dan terkena PMS.
  • Narkoba. Siap-siap berhadapan dengan aparat Kepolisian dan over dosis juga panti rehabilitasi.
  • Senang melihat orang lain susah. Kedengkian semacam ini sangat sering terjadi namun hidup seperti roda pedati, bisa jadi kedengkian anda merestuinya untuk naik.
  • dan lain sebagainya.

Hati-hati jikalau anda sempat tergiur dan candu terhadap hal-hal di atas maka segera saja bertobat lalu kurangi beberapa dan tinggalkan yang lainnya. Kebiasaan ini tidak sehat dan justru akan mendatangkan kesukaran dalam kehidupan anda cepat ataupun lambat. Berikut beberapa lagi yang lain yang merupakan cara yang sejati untuk menghibur diri.

  1. Komitmen yang positif dan tekad yang bulat.

    Bukan kita tidak butuh materi, kita membutuhkannya akan tetapi kendalikan penggunaannya jangan sampai anda tergiur hingga menjadi terlalu candu sehingga tanpanya tidur tidak tenang bahkan hatipun tidak tenang. Oleh karena itu miliki prinsip yang benar tentang apa yang sesunggunya mampu menghiburkan hati dalam segala situasi bahkan saat tersakiti sekalipun. Setiap kali hati berada dalam suasana gudah gulana maka lakukanlah itu. Jadikan aktivitas ini sebagai sebuah rutinitas positif. Sehingga lama kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan bahkan membudaya dalam keseharian anda.

    Komitmen yang positif juga merupakan bagian dari berpikir positif. Misalnya dengan cara mengaktifkan kebahagian itu dari dalam hati. Tidak perlu memikirkan masa lalu apa lagi masa depan. Melainkan hidupilah hari ini seutuhnya, ikhlas menanggung deritanya dan katakan kepada dunia “saya siap!” lalu tersenyumlah kepada semua orang yang menatapmu.

  2. Menjadi bermanfaat bagi Tuhan.

    Nyatakan kemuliaan Tuhan dalam segala waktu yang diberikan untukmu. Jadikanlah dia sebagai fokus tunggal di segala waktu luang dan saat melakukan berbagai pekerjaan yang sederhana. Ada banyak manfaat saat anda menekuni hal ini, mulai dari kemampuan untuk membersihkan pikiran dari berbagai hawa nafsu, keserakahan, kebinatangan dan sifat-sifat jahat lainnya. Selain itu juga dapat membuat anda cerdas sampai bijak juga tentu saja dapat menghiburmu di kala siatuasi sedang tidak bagus/ tidak mendukungmu sama sekali. Saat pikiran terfokus kepada Tuhan maka dalam diampun kita tetap bahagia.

  3. Menjadi bermanfaat bagi kehidupan sesama.

    Menghibur diri sendiri dengan cara menjadi seseorang yang bermanfaat bagi kehidupan sesama merupakan salah satu azas kebenaran yang sejati. Mulailah melakukannya kepada orang-orang yang dekat disekitar anda. Dan dari hal-hal yang kecil, misalnya saja dengan beramah taman (senyum, sapa dan sentuh). 

    Bila sudah siap melakukan sesuatu yang membutuhkan pengorbanan yang besar maka mulailah menunjukkan kebermanfaatan  kepada orang asing bahkan kepada musuh sekalipun. Suatu saat anda akan menemukan titik bahwa inilah sebenarnya titik maksimal dimana hati ini terhibur oleh sesuatu yang kekal yang menuntunmu selamat dunia-akhirat

    Bentuk-bentuk manfaat yang paling dasar adalah dengan (a) senantiasa ramah-tamah kepada semua orang yang anda temui. Bisa juga (b) menyatakan kebaikan berdasarkan sumber daya (materi/ uang) yang dimiliki. (c) Tunjukkan kasihmu kepada orang lain sesuai dengan potensi/ bakat yang anda miliki.

  4. Menekuninya dengan tulus dan penuh kejujuran.

    Menjadi orang tulus tidak mudah. Anda perlu hati yang benar-benar murni dari segala keinginan duniawi seperti, demi uang, pujian, penghargaan, penghormatan, popularitas dan lain sebagainya. Murnikanlah maksud/ tujuan anda saat melakukan semuanya ini bahkan bila perlu nolkan sama sekali. Dengan demikian anda melandaskan semua perbuatan itu untuk kemuliaan nama Tuhan dan menyatakan kasih-Nya yang begitu besar atas dunia ini.

  5. Melakukannya dengan konsisten.

    Konsistensi adalah syarat mutlak untuk membuat irama otak anda teratur. Seperti musik/ lagu yang dimainkan secara teratur pastilah membuat hati orang yang mendengarnya terhibur dan jiwa penuh dengan ketenangan. Oleh karena itu lakukanlah hal ini terus-menerus agar manfaatnya benar-benar terasa/ menjadi nyata. Baik saat musim panas, hujan, kemarau, baik saat suka, duka, sedih, gembira, ada uang atau tidak ada uang dan lain sebagainya.

  6. Siap menanggung segala resiko yang mungkin timbul.

    Manfaat yang kita tunjukkan kepada sesama pastilah tidak ditanggapi secara mereata sama. Inilah yang namanya perbedaan itu selalu ada. Anda tidak hanya dituntut untuk menyatakan kasih yang ikhlas melainkan juga harus siap menanggung segala pencobaan yang menyertainya. Sebab dalam segala kebaikan itu ada yang menanggapinya dengan ramah, baik, buruk bahkan adapula yang membalaskan dengan kebencian. Oleh karena itu persiapkanlah hati anda untuk tetap kuat menanggungnya namun selalu berpikir positif dengan bersikap lembut kepada mereka yang mencela anda.

  7. Hidup mengalir dan tidak bersifat memaksa.

    Ikuti saja arusnya tanpa harus terbawa oleh buruknya situasi. Setiap kesempatan dalam hidup memiliki alur yang berbeda. Oleh karena itu, ikuti alurnya teman dan tetap pegang prinsip hidup anda sembari memuliakan nama Tuhan dan menunjukkan kebermanfaatan kepada sesama. Berhati-hatilah, jangan sampai anda terkesan memaksakan diri atau memaksakan orang lain untuk menerima kebermanfaatan itu.

  8. Tetap tenang dan santai dalam bersikap.

    Ketenangan hati dan keteduhan hati berawal dari sikap yang bebas dari rasa bersalah. Tanpanya sekalipun anda bersikap tenang namun hati bergejolak dan pikiran tidak fokus pada sesuatu yang dikerjakan. Ketenangan dan kelegaan hati berhubungan erat dengan kebiasaan sehari-hari. Selama pikiran anda kotor dan kebiasaan buruk terus terjadi maka tidak ada ketenangan di dalam hati ini. Ingatlah bahwa kehidupan ini terhubung juah sebelumnya, satu hari yang lalu, dua hari yang lalu, tiga hari yang lalu dan seterusnya. Bila hari-hari sebelumnya anda melakukan hal-hal yang salah maka hari inipun sekalipun belum melakukan kesalahan namun rasa bergetar di dalam hati tetap kentara. Oleh karena itu, bertobatlah dan hasilkan buah-buah pertobatan itu.

  9. Hindari sikap yang sombong dan berlebihan.

    Sombong adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasa lebih dari orang lain. Mereka menganggap bahwa segala sesuatu adalah sempurna di bawah kendalinya. Inilah yang membuatnya sulit menerima perlakukan buruk dari orang lain. Orang yang tinggi hati juga cenderung tidak peduli dengan orang lain. Bagaimana mereka bisa bermanfaat bagi sesama.

    Jika anda merasa bahwa saat ini pikiran sedang merasa lebih dari orang lain atau merasa orang lain lebih buruk/ lebih rendah dari anda maka dapat dipastikan bahwa itu adalah bibit-bibit kesombongan. Oleh karena itu, tekan, lemahkan dan hancurkan rasa itu sebelum menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain dengan mengatakan: “Saya hanyalah sampah, orang yang tak berguna dan jauh dari kebaikan. Hinakan saya di bawah kaki salib-Mu ya Tuhan“. Bisa juga dengan : “Saya adalah orang yang tidak berguna, jauh dari kebenaran. Saya pantas dihina dan direndahkan orang. Kuatkan hatiku ya Tuhan“.

  10. Penghiburan lainnya lewat materi dan hal-hal duniawi.

    Ada banyak penghiburan dari dunia ini. Yang sifatnya kekal itu hanya ada dua akan tetapi yang sangat duniawi ada begitu banyak. Rata-rata dari semuanya itu, dibutuhkan uang untuk menjalankannya. Oleh karena itu, carilah sesuatu yang halal untuk dinikmati kawan bukannya malah menciptakan rasa bersalah.

    Disini kami tidak mengatakan bahwa hiburan yang semacam ini salah melainkan yang perlu kami tekankan adalah hindari menggunakan hal-hal ini sebagai pelarian. Sebab keadaan ini beresiko melukai diri sendiri dan juga menciderai orang lain.

    Nikamatilah materi sewajarnya, saat hati anda benar-benar bersih dari kepahitan dan berbegai-bagi rasa sakit lalu ada baiknya jika anda melakukannya bersama keluarga.

Kehidupan ini selalu bergejolak, masakan setiap kali ada masalah anda butuh materi (uang) untuk menghibur diri? Bukankah ini pemborosan, tidak efektif dan tidak efisien? Oleh karena itu, bergantunglah pada penghiburan sejati yang bersumber dari dalam diri  sendiri dan terpancar keluar. Anda hanya perlu menyatakan/ mengekspresikannya maka semua beban hidup akan pindah ke belakang.

Salam tegar

Iklan

6 comments

  1. […] Bersyukurlah dengan apa yang sudah dimiliki dan telah digenggam saat ini. Anggaplah semuanya itu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Nikmatilah hidup apa adanya namun gantungkanlah pikiranmu kepada Tuhan dengan senantiasa memusatkan pikiran kepada dalam doa, firman dan puji-pujian. Merasa pualah dengan kehidupan anda lalu jadilah bermanfaat bagi setiap orang yang anda tamui dimulai dari senyuman, sapaan dan salaman. Selanjutnya lakukan kebaikan sesuai sumber daya dan potensi yang dimiliki. Menjadi orang yang bermanfaat bagi Tuhan dan bermanfaat bagi manusia adalah penghiburan sejati yang takkan tergantikan. […]

    Suka

  2. […] Bijaklah menikmati materi jangan sampai materi menelan kehidupan anda. Hidup hanya sementara, jangan biarkan uang membutakan mata hati ini. Nikmati dengan sewajarnya dan tidak berlebihan. Nikmati bersama orang-orang tercinta seperti keluarga. Cobalah untuk tidak fokus mengkoleksi materi melainkan koleksilah moment yang indah bersama mereka. Baca juga, Kebenaran adalah penghiburan sejati. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s