Cara Membuat Sabun & Menambah Busa Secara Alami, Murah dan Mudah Untuk Dilakukan

Cara Membuat Sabun & Menambah Busa Secara Alami, Murah dan Mudah Untuk Dilakukan

Sabun adalah bahan yg dapat berbuih, digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, piring, dan sebagainya, biasanya berupa campuran alkali, garam, dan natrium (KBBI Luring). Sabun adalah senyawa yang menghasilkan gelembung untuk mengangkat berbagai lemak dan bahan pengotor dari berbagai permukaan benda. Penggunaannya sangat luas di masyarakat yang digunakan oleh berbagai kalangan terutama oleh Ibu rumah tangga dan tidak tertutup kemungkinan untuk digunakan dalam industri besar-kecil lainnya.

Sabun adalah surfaktan yang terdiri dari lemak dan logam lunak digunakan bersamaan dengan air yang berfungsi untuk mencuci dan membersihkan. Bahan baku pembuatan sabun yang alami diperoleh dari buah kelapa yang disebut sebagai virgin coconut oil dan crude coconut oil. Dahulu penemuan sabun terjadi secara tidak disengaja dimana senyawa ini disintesis secara kimia di laboratorium (campuran antara senyawa alkali dan lemak/minyak). Ada berbagai jenisnya yang kita temukan di pasaran (secara komersial) diantaranya adalah deterjen (s. bubuk), s. batangan dan s. cair. Belakangan juga diketahui bahwa ada senyawa ini yang disediakan dalam bentuk pasta (setengah padat dan setengah cair).

Tanpanya banyak aktivitas terhambat bahkan tidak dapat dilakukan. Mulai dari orang-orang menggunakan pakaian kotor, pakaian sekali pakai, peralatan makan sekali pakai, perabotan tidak bebas dari noda, lantai & dinding menjadi kotor dan banyak hal lain yang menjadi kurang higienis. Demikian pula, tangan anda tetap kotor sekalipun telah bebas dari debu lewat pencucian dengan air tawar. Sebab berbagai mikroorganisme (bakteri, jamur dan virus) masih ada dipermukaannya sekalipun tidak terlihat secara kasat mata. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa sabun inilah yang menjadi agent utama pembersih bumi ini.

Cara membuat & menambah busa sabun agar menjadi lebih efektif & efisien

Bagiannya yang berupa lemak

Sama seperti pengertiannya, demikianlah sabun ditemukan yaitu merupakan suspensi yang rapi antara lemak dan garam. Andapun dapat menambahkan komponen lemak ini dengan cara mengekstrak beberapa lemak tumbuhan yang ada disekitar anda. Yang paling efektif adalah minyak kelapa atau bisa juga dengan minyak kelapa sawit. Beberapa tumbuhan lain yang mengandung lemak pada daun dan bunganya juga adalah bunga kembang sepatu. Anda bisa memeras bunga ini untuk mengekstrak zat lemak semacam gel sehingga dapat menambah busa bahkan membuatnya lebih tahan lama.

Anak-anak di rumah  sering sekali menggunakan teknik ini untuk bermain gelembung. Yaitu dengan menambahkan ekstrak (perasan) daun/ bunga kembang sepatu yang ditambahkan dengan air dan deterjen/ s. cair/ s. batangan yang sudah dicairkan. Gunakan perbandingan,

  • 1 bagian (sabun) :
  • 4 bagian (minyak/ gel bunga kembang sepatu) :
  • 5 bagian air tawar.

Gelembung yang dihasilkan lewat proses ini sangat konsisten, tidak mudah pecah dan tidak mudah menguap terkecuali jikalau bersentuhan dengan benda-benda kering atau terkena cahaya matahari. Permainan gelembung anak anda pasti lebih seru karena gelembung yang dihasilkan berukuran besar dan bewarna pelangi. Waktu kecil dulu kamipun sering melakukan hal yang sama, hanya mungkin tidak mengetahui dengan jelas bahwa campurannya adalah bunga kembang sepatu.

Bagian yang merupakan alkali

Garam adalah senyawa yang paling umum digunakan untuk membentuk sabun. Selain itu senyawa ini juga sangat bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan sehari-hari. Sehingga baik jika digunakan diluar tubuh. Berikut beberapa manfaat mencampurkan lemak dengan garam untuk dibuat menjadi sabun.

  • Lebih praktis dan ekonomis juga mudah di dapatkan.
  • Garam dikenal sebagai agen penghambat bahkan mampu membunuh berbagai jenis kuman penyakit.
  • Penggunaannya lebih ramah lingkungan sebab selain efektif membersihkan barang-barang disekitar kita juga dapat membantu lingkungan untuk mendegradasi berbagai bahan-bahan sisa (termasuk bahan kimia berbahaya sekalipun). Berperan aktif sebagai bio-aktivator untuk mengaktifkan proses pembusukan yang dipelopori oleh mikroorganisme.

Selain digunakan sebagai obat luar, senyawa NaCl juga dapat diminum secara isotonik untuk menjaga daya tahan tubuh secara keseluruhan sehingga anda tetap fit setiap hari. Penggunaan garam sangatlah luas mulai dari dalam bidang kesehatan, dalam rumah tangga, dalam industri bahkan dalam laboratorium sekalipun. Selain itu, senyawa ini juga dapat berfungsi sebaliknya yakni mencuci air sabun yang menempel dari permukaan benda atau tubuh anda. Ini terutama dibutuhkan bagi mereka yang menggunakan air sadah hujan sehingga tidak licin ketika digunakan untuk membersihkan sabun yang menempel pada permukaan.

Perbandingan jumlah antara lemak dan garam

Kembali lagi pada topik tentang cara membuat dan menambah busa sabun sehingga menjadi lebih efektif dan lebih efisien untuk digunakan. Anda harus menemukan berapa perbandingan ideal antara lemak dan garam sehingga terbentuklah sabun yang benar-benar ideal. Akan tetapi teorinya begini :

Semakin banyak lemak yang ditambahkan (daripada garam) maka semakin besar ukuran gelembung yang dihasilkan. Akan tetapi semakin sedikit lemak yang dicampurkan (semakin banyak jumlah garam) maka semakin kecil dan banyak ukuran gelembung yang dihasilkan.

Jadi sekarang tergantung keperluan anda, jika anda membutuhkan gelembung untuk bermain-main dengan anak maka jumlah lemak haruslah lebih banyak dari jumlah garam yang ditambahkan. Akan tetapi jikalau anda membutuhkannya untuk bersih-bersih dan mencuci berbagai-bagai pakaian dan perabotan yang kotor maka buatlah sabun yang komposisi garam lebih banyak daripada lemaknya itu sendiri.

Bagaimana cara mencampur lemak dengan garam? Otomatis ini tidak bisa dilakukan dalam keadaan dingin melainkan harus melalui proses pemanasan yang terus-menerus. Hingga akhirnya kedua bahan ini tercampur/ tersuspensi dengan sempurna.

Bagian akhir – pewangi yang alami, murah dan mudah untuk dilakukan

Sebagai pewangi andapun dapat menambahkan beberapa bahan alami yang kaya dengan minyak asiri. Misalnya jeruk nipis, daun jeruk (all variant), serai, pandan dan berbagai-bagai dedaunan lainnya. Alhasil sabun yang anda buat akan menjadi produk alami yang sangat efektif dan wangi lagi.

Demikian saja teman. Salam garam!

Iklan

One comment

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s