7 Cara Pohon Menangkap Air Dan Membuat Udara Sejuk Layaknya AC

Cara Pohon Menangkap Air Dan Membuat Udara Sejuk Layaknya AC

Manusia zaman sekarang memang bawaannya aneh semua. Iklimnya sedang hujan malah dibilang “kedinginan, jalanan becek dan jorok“. Pas cuacanya cerah dimana mentari bersinar terang maka semua pada bilang “hari ini panasnya minta ampun, saya keringatan terus, pakaian menjadi bau” dan lain sebagainya. Teman, sekalipun beberapa orang disekitar anda tidak tahu bersyukur namun tetaplah nikmati setiap karunia yang di izinkan Tuhan ke dalam hidup anda. Sebenarnya solusi saat udara panas adalah tanamlah lebih banyak pohon disekitar pemukiman anda. Juga jangan lupa taburi garam sebagai pupuk terbaik agar tanaman tersebut tumbuh dengan subur.

Pohon adalah makhluk hidup terkuat di bumi ini. Sekalipun manusia cerdas dengan segala keunggulannya, tetapi otot terkuat ada pada jenis tanaman yang satu ini. Menjulang tinggi menembus angkasa, menancap ke bawah menembus bumi. Strukturnya kokoh tak tergoyahkan bahkan saat gempa terjadi tidak ada yang jatuh tumbang asalkan mereka berkerumun. Menanam banyak pohon disekitar rumah anda dapat menjadi salah satu cara mengatasi dan mengurangi hantaman gempa bumi. Sehingga kerusakan yang timbulpun tidak begitu besar.

Akarnya lebih kuat dari struktur pondasi bangunan manapun. Selain menancap kebawah (akar tunggang) ia juga mampu merambat beberapa (akar serabaut). Salah satunya tanaman kelapa yang tetap kokoh berdiri di tepi pantai sekalipun terkadang hembusan angin mengolengkannya. Masih banyak jenis pohon yang memiliki struktur yang besar, tinggi dan tak tergoyahkan di dalam hutan. Oleh karena itu, baik bagi anda untuk sesekali melakukan wisata alam, travelling ke dalam hutan yang masih terjaga kelestariannya.

Ada sebuah kejadian unik yang kami alami belakangan ini. Ibu membeli pisang ambon dari tetangga di desa sebelah. Buahnya belum matang dan masih keras. Lalu adek di rumah memasukkannya dalam kantong plastik yang mulutnya ditutup rapat. Selang beberapa hari setelahnya, kami mengecek ke dalam kantong plastik tersebut. Harap-harap cemas, “semoga pisanya sudah matang, nikmatnya sudah terasa di dalam mulut“. Akan tetapi yang kami temukan adalah, buah tersebut masih kurang matang (agak lembut) dan plastiknya justru lembab bahkan berair.

Cara pohon menangkap air dan membuat udara sejuk seperti ber-AC

Menarik fenomena yang kami temukan ini. Sebelumnya, kami ingin mengingatkan tulisan tentang satu pohon sama dengan satu unit AC (penyejuk udara). Proses ini didominasi oleh krofofil. Berikut beberapa cara klorofil menangkap air hingga membuat udara sejuk seperti ber-AC.

  1. Klorofil senantiasa berespirasi. Bahan-bahan anorganik diubah menjadi bahan organik oleh klorofil dengan bantuan sinar matahari.
  2. Tumbuhan memperoleh air bukan saja hanya melalui akar. H2O juga diperloh dari proses respirasi dimana oksigen (udara) langsung diubah menjadi air. Inilah yang menyebabkan mengapa pohon tetap hidup bahkan tumbuh subur sekalipun musim kemarau berlangsung berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Sekalipun demikian intensitas air di udara lebih sedikit ketimbang di dalam tanah yang lebih banyak. Jika kemarau terus berlangsung maka ada kemungkinan pohon tersebut menggurkan daunnya bahkan kering (mati) sama sekali.
  3. Di siang hari proses ini tidak terlihat sebab air yang dihasilkan lewat proses ini langsung menguap karena radiasi panas matahari.
  4. Pada malam hari proses respirasi oleh daun ini dapat diamati hasilnya yaitu dengan timbulnya butiran air pada daun.
  5. Proses respirasi ini terus terjadi dimana berbagai polutan menjadi makanan tanaman dan sebaliknya melepaskan udara yang kaya dengan oksigen dan air (lembab). Tanaman tidak hanya mengambil makanannya dari akar melainkan memperolehnya juga dari udara yaitu dengan memakan polutan diudara yang anorgani lalu mengbahnya menjadi bahan bermanfaat (organik).
  6. Udara menjadi sejuk karena aktivitas klorofil dimana keadaan ini sangat berpengaruh pada kelembaban di sekitar lingkungan anda. Jadi semakin banyak pohon yang anda tanam disekitar rumah maka semakin sejuk udaranya sebab klorofil tersebut menambah kandungan air di udara (menambah kelembaban udara).
  7. Jadi dapat kita simpulkan bahwa aktivitas respirasi oleh klorofil dapat memperkaya kandungan air di udara. Hal ini terjadi karena zat hijau daun mampu membersihkan udara dari polutan sembari menambah kelembaban udara.

Jika anda berencana, ingin menciptakan AC sendiri (buatan dalam negeri) maka tirulah kemampuan pohon. Ini bisa menjadi salah satu referensi bagi anda untuk membuat penyejuk udara sendiri dengan teknologi berbasis sistem kerja klorofil. Sepertinya hal ini adalah solusi jangka panjang untuk mengatasi suhu udara yang lagi kepanasan sekarang ini.

Btw, untuk solusi jangka pendek dan menengah maka mulailah rutin menanam pohon disekitar rumah anda. Jikalau memang lahan tidak memungkinkan maka usahakanlah untuk mewujudkannya dengan menanam jenis tanaman rimbun seperti bunga. Andapun dapat meletakkan bunga pada pot-pot keci dan besar sehingga selain berperan untuk menyejukkan udara dan menangkap sinar matahari, berfungsi juga untuk memperindah lingkungan tempat tinggal anda. Menarik, Tips menciptakan udara sejuk di dalam rumah.

Mari menanam pohon untuk Indonesia yang lebih hijau!

Iklan

One comment

  1. […] Pada dasarnya, manusia lebih suka menghancurkan segala sesuatu dan menghasilkan sampah sedangkan lingkungan sekitar terutama pohon mengambil bagian untuik membersihkan polusi udara dan mengundang turunnya hujan untuk mempercepat pembusukan berbagai jenis sampah yang terdapat di atas tanah maupun di dalam air. Oleh karena itu, peran pepohonan di dalam kehidupan manusia sangatlah penting. Ketika manusia menghancurkan segala sesuatu dan menghasilkan sampah maka tumbuhan hijau (termasuk pepohonan) akan kembali membersihkan semua kekacauan itu sembari mengundang hujan untuk mempercepat penguraian sampah. Baca juga, Cara tumbuhan hijau mengubah udara menjadi air. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s