10 Ciri Khas Kedaulatan Rakyat Yang Sebenarnya Menyentuh Sisi Sosial, Ekonomi, Politik dan Keamanan Nasional

Ciri Ciri Kedaulatan Rakyat Yang Sebenarnya Menyentuh Sisi Sosial, Ekonomi, Politik dan Keamanan Nasional

Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi atas pemerintahan negara, daerah, dan sebagainya (KBBI Luring). Sedangkan kedaulatan rakyat adalah kekuasaan tertinggi ada pada rakyat; demokrasi (KBBI Luring). Kalau rakyat yang berkuasa di atas negeri ini maka sudah sepantasnya semua masyarakat akan mendapatkan jatah yang pantas dan merata dari seluruh pendapatan negara (APBD).

Zaman sekarang, semakin banyak harta maka semakin tinggi ancaman dan semakin tinggi kekuasaan maka semakin meningkat pula kekuatiran yang timbul. Hanyalah Tuhan saja yang pantas menjadi penguasa yang kaya raya. Jikalau cita-cita anda ingin menjadi kapitalis sekaligus penguasa tertinggi maka berhati-hatilah dengan hawa nafsu semacam ini. Sama saja dengan berbuat dosa yang paling sesat sejak zaman purba kala yakni “ingin menjadi sama seperti tuhan”.

Sadar atau tidak, gelontoran uang yang anda miliki bukanlah jaminan bahwa hidup anda akan aman saja. Ini justru bisa jadi sebaliknya sebab anda tidak lagi dimungkinkan untuk berjalan seorang diri bila kemana-mana. Uang adalah sesuatu yang dapat menjadi umpan agar orang lain melakukan kejahatan. Sudah tahukah anda bahwa ada banyak sekali kejadian di negeri ini yang berkisah tentang betapa rusaknya kehidupan karena uang yang tidak terkendali. Misalnya saja, tindakan manipulatif dan aksi tip-tipu untuk membodohi orang lain demi meraup sen demi sen dari kantongnya. Oleh karena itu, jika anda ingin kaya raya maka lebih baik lakukanlah itu secara bersama-sama dengan seluruh masyarakat.

Pahamilah bahwa kekuasaan hanyalah milik Tuhan seorang. Jikalau anda yakin bahwa anda adalah tuhan maka silahkan saja pegang itu erat-erat. Maka rasakanlah hawa deg-deg-kan yang timbul bersamanya. Sebuah rasa yang mengganggu pikiran yang disebut dengan kegelisahan hingga membuat anda sulit terlelap di malam hari. Apakah anda sudah siap menanggung akibat dari semua keputusan yang telah diambil? Ingat, semakin banyak orang yang dirugikan maka semakin tinggi pula kuantitas dosa/ kesalahan anda. Bisa jadi hal ini kelak yang akan menarik anda ke dalam neraka yang tidak pernah berakhir. Oleh karena itu serahkan kekuasaan di tangan rakyat (pemungutan suara – voting) dan di tangan Tuhan (undian – keberuntungan) dengan demikian hati anda penuh dengan kelegaan.

Ciri-ciri kedaulatan rakyat yang sesungguhnya demi stabilitas sosial, ekonomi, politik dan keamanan nasional

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa harta yang melimpah-limpah ditambah dengan kekuasaan adalah sebuah niat untuk menjadi sama seperti tuhan. Jelaslah bahwa hal yang semacam ini akan semakin membuatmu gelisah dan rasa kuatirpun meninggi. Oleh karena itu, daripada hidup anda menjadi kacau balau dan apa-apa yang digenggamanmu tidak bisa dinikmati, maka alangkah lebih baik jika kedua kekuatan yang sangat besar ini dikembalikan kepada seluruh warga masyarakat dalam kedaulatan rakyat yang sebenarnya. Berikut ciri khas kedaulatan rakyat yang kami maksudkan.

  1. Kedaulatan rakyat adalah open govermence.

    Sebuah pemerintahan yang transparan menganut sistem keterbukaan informasi. Dimana segala aktivitas pemerintah mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan berhak diketahui oleh seluruh warga negara. Demikian juga dengan aliran dana keuangan dalam pemerintahan selalu bisa dipantau oleh siapapun juga. Seperti itu juga dengan berbagai perjanjian antara lembaga negara lainnya maupun dengan swasta harus bisa di ketahui seluk-beluknya oleh siapapun juga.

  2. Kadaulatan rakyat adalah kekuatan ekonomi berbasis kerakyatan.

    Uang tidak hanya bertumpu di tangan pemerintah atau ditangan kapitalis yang memanen di dalam negara tersebut. Melainkan lebih bertumpu kepada seluruh masyarakat. Digerakkan oleh rakyat dimana semuanya itu bersumber dari masyarakat. Ciri khas utama dari ekonomi kerakyatan adalah “pemerintah ada untuk kepentingan masyarakat bukannya malah sebaliknya yakni masyarakat yang menjadi sapi perah bagi pemerintah”.

  3. Kedaulatan rakyat adalah pemerataan kesejahteraan semua warga negara.

    Uang adalah primadona di bumi ini. Jikalau aparat pemerintahan tidak adil dalam membagi perolehannya maka mulailah timbul kesan ketidakpuasan di dalam hati manusia. Keadaan ini akan semakin meningkatkan ketidaknyamanan (bergejolak) apabila disertai dengan sifat iri hati dan kesombongan yang sudah tertanam di dalam hati setiap manusia. Alhasil semuanya ini akan berakumulasi sampai menimbulkan keretakan di tengah masyarakat bahkan sampai menimbulkan konflik horizontal dan vertikal bahkan keduanya (terorisme).

  4. Kedaulatan rakyat adalah demokrasi disegala bidang dan aspek kehidupan.

    Demokrasi atau lebih dikenal sebagai pemilihan umum tidak hanya terjadi dalam pemilihan kursi legislatif dan pemegang kekuasaan eksekutif. Melainkan hal ini terjadi di seluruh lini kehidupan di dalam pemerintahan. Didalam setiap instansi pemerintah yang berhak menentukan siapa pemimpinnya adalah orang-orang di dalam instansi tersebut (bukan ditunjuk oleh sang junjungan tertinggi, kepala pemerintahan/ daerah). Oleh karena sila pertama di dalam Pancasila mengakui bahwa Tuhan ada di tengah-tengah bangsa ini. Maka sudah seharusnya pemilu diakhiri dengan demokrasi Tuhan (pengundian) sehingga demokrasi yang kita anut menjadi sempurna adanya.

  5. Kedaulatan rakyat adalah gotong royong.

    Tanpa kebersamaan maka tidak ada yang namanya kekuasaan ditangan rakyat. Kekuatan kebersamaan adalah dahsyat adanya. Tanpa kebersamaan mustahil rakyat bisa berkuasa atas negeri ini. Perpecahan dalam berbagai lini kehidupan justru akan melemahkan kekuatan ini. Rakyat yang dipecah-pecah oleh organisasi ini dan komunitas itu sangat rentan dengan gesekan sosial. Kebersamaan akan meningkatkan persatuan dan kesatuan diantara seluruh masyarakat sehingga mempengaruhi daya ledak setiap pergerakannya.

  6. Kedaulatan rakyat adalah semua sumber daya berhak dinikmati oleh segenap masyarakat.

    Pembagian sumber daya adalah sebuah masalah yang sangat krusial sebab ada banyak kepentingan yang menyertainya. Terlebih ketika orang-orang serakah mengambil peran (secara pribadi maupun kelompok) untuk menguasai dan memonopoli seluruh sumber daya yang ada dengan cara-cara yang halus. Dimana mereka lebih mengutamakan cara-cara kasar nan licik tapi mulus untuk memanen di tengah masyarakat. Misalnya dengan membuat peraturan yang tidak mencerminkan keadilan sosial dan jauh dari rasa gotong royong.

  7. Kedaulatan rakyat adalah kesetaraan manusia alias keadilan sosial.

    Kehidupan manusia tidak lagi dikekang dalam masyarakat primitif dimana kaum tertentu akan dianggap sebagai orang yang lebih dihormati sedangkan kaum yang lainnya hanyalah orang biasa saja. Terlebih dalam hal pembagian sumber daya yang ada mencerminkan pemerataan atas seluruh rakyat. Tidak hanya pemerintah saja yang berhak menikmati kesejahteraan melainkan semua akan mencicipi hal yang sama. Demikian juga dalam hal pengambilan keputusan maka semuanya itu akan menjunjung tinggi rasa keadilan sosial bagi seluruh masyarakat.

  8. Kedaulatan rakyat adalah pemerintah bekerja untuk kepentingan masyarakat luas.

    Sudah tidak zaman lagi bila pemerintah hanya menjadikan masyarakat sebagai kelinci percobaan sosial atau sebagai sapi perah atau sebagai pendukung yang berfungsi untuk melindungi oknum tertentu. Justru yang terjadi harusnya sebaliknya dimana pemerintah mengelola sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya sehingga semuanya itu bisa didaur ulang dan diputar kembali untuk kepentingan masyarakat luas.

  9. Kedaulatan rakyat tidak mengenal sistem kapitalis satu-satunya kapitalis adalah pemerintah.

    Kapitalis adalah pemanen yang tumbuh, kembang, maju dan mundurnya ditentukan oleh kekuatan masyarakat. Mustahil kapitalis dapat menguasai sebuah sumber daya dengan kekayaan yang melimpah jikalau tidak ada satupun dukungan dari masyarakat luas. Untuk menghindari penggunaan uang masyarakat secara sepihak (untuk diri sendiri) maka ada baiknya jikalau kekuatan kapitalis tertinggi diserahkan kepada negara sehingga pemerintah bisa mengendalikan perputaran uang dan memfokuskannya untuk mensejahterakan semua warga.

  10. Kedaulatan rakyat adalah kekayaan ilmu pengetahuan adalah hak seluruh warga negara.

    Ilmu pengetahuan sangat menentukan tingkat kecerdasan seseorang. Biasanya semakin cerdas seseorang maka semakin baik pula sikapnya di dalam masyarakat. Mereka yang memiliki tingkat kepintaran yang rendah lebih banyak melakukan perbuatan menyimpang yang melawan hukum dan negaranya sendiri. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencerdaskan seluruh warga dengan memberikan edukasi yang benar. Tidak ada moralitas tanpa pengetahuan yang memadai. Justru saat pengetahuan bertambah maka kemampuan untuk mengendalikan diri dari hawa nafsu yang sesat dan sifat-sifat kebinatangan menjadi lebih mumpuni. Lewat ilmu pengetahuan yang benar setiap orang menjadi cerdas dan tidak mudah lagi untuk dibodoh-bodohi (dimanipulasi) oleh orang lain.

Sudah saatnya, pemerintah dan swasta mengurangi dominasinya di negeri ini sebab hanya Tuhan yang kaya raya dan berkuasa di negeri ini. Jikalau anda mengeruk kekayaan dan kekuasaan itu seorang diri saja maka keadaan ini berarti anda ingin menjadi tuhan atas negeri ini. Bukankah hawa nafsu semacam ini mencerminkan perilaku yang menentang Tuhan? Oleh karena itu, daripada hidup anda menjadi sasaran kutukan dan serapah dari rakyat karena telah mengambil sendiri apa yang sebenarnya menjadi hak mereka maka alangkah lebih baik dan alangkah lebih bijak jikalau mengembalikan kekayaan negara ditangan masyarakat sembari menjunjung tinggi kedaulatan rakyat juga mengembalikan kekuasaan kepada Tuhan.

Salam kerakyatan….

Iklan

3 comments

  1. […] Coba amati kehidupan kita di Indonesia. Indeks pendapatan (bayaran) terendah sangat jauh di bawah indeks pendapatan (gaji) tertinggi. Bukankah ini keadilan sosial yang sangat tidak manusiawi? Sebab menentang azas kesetaraan, azas humanisme dan azas keseimbangan. Dimana ada yang seimbang maka disitulah ada rasa saling melengkapi. Dimana yang seorang melengkapi kelemahan yang ini dan yang lain melengkapi kelebihan yang itu. Hubungan semacam ini sama persis dengan hubungan timbal balik yang senantiasa berputar-putar sehingga sistem tetap berjalan sempurna. Paham kedaulatan rakyat. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s