11 Cara Membentuk Mental Kuat Tetapi Lembut – Pergumulan (Ujian) Hidup Membuat Kepribadian Menjadi Lebih Kuat (bukan keras) Sekaligus Lembut

Cara Membentuk Mental Kuat Tetapi Lembut - Pergumulan (Ujian) Hidup Membuat Kepribadian Menjadi Lebih Kuat (bukan keras) Sekaligus Lembut

Kristen sejati – Hidup kebersamaan – Hey kamu yang sedang sendiri…. Yang terlena dengan kehidupanmu…. Memiliki segudang kenyamanan…. Karena harta yang melimpah ruah…. Ayo keluar sini…. Rasakan sakitnya hidup…. Ujian kehidupan menantimu…. Sehingga menjadi orang yang sekuat “bumi“, sekalipun dihantam berkali-kali, dipukul berkali-kali, di buldozer berulang-kali bahkan gempa menghantampun, tidak pernah hancur apalagi luluh lantak. Ayo mendekat ke sampingku…. Maka akan kutunjukkan kepadamu betapa “lembutnya” cobaan hidup…. Membuatmu mengalir seperti air, dimanapun ada kekosongan maka kesanalah ia mengisi dan melengkapinya.

Apakah anda masih berada dalam zona nyaman kehidupan saat ini? Masih menikmati hidup dan enggan keluar rumah untuk mencicipi sedikit masalah dijalanan kota kitakah? Hati-hati dengan kenyamanan anda saudara! Di dalam hatimu ada binatang dan kenyamanan adalah makanan favoritnya. Semakin lama anda disana maka semakin tambun dia. Artinya, hidup yang nyaman terus menerus hanya akan menuntunmu pada sifat kebinatangan yang ganas, buas dan liar. Hanya tinggal menunggu jam tayangnya saja agar semuanya bisa disaksikan oleh lebih banyak orang.

Mulailah dengan bergaul dan berbaur dengan orang-orang disekitarmu

Masing-masing orang harus bersosial di dalam kesehariaannya. Jangan lagi ada yang lebih suka menyendiri selama seharian penuh. Setidaknya (1) berbaurlah dengan keluarga anda dalam komunikasi yang dekat. Bisa juga anda berkumpul bersama (2) saudara-saudara yang lain atau (3) dengan para sahabat atau (4) tetangga disekitar anda dan lain sebagainya. Apalagi yang anda takutkan sodara? Kekuatiran anda kenapa besar sekali? Yakin sama kami bahwa gemetarannya itu cuma pertama-tama, kalau tidak 3 hari atau 3 bulan dan maksimal 3 tahun. Maka setelah itu anda akan dilahirkan sebagai pribadi yang benar-benar positif dengan hati yang selalu gembira. Sadarilah bahwa dimana ada kegembiraan hati maka disanalah ada kebahagiaan.

Mau di tekan atau tetap jadi anak-anak

Tekanan sosial adalah cara kita membentuk kepribadian ini untuk menjadi lebih kuat dalam pencobaan sekaligus lembut kepada sesama manusia. Jika anda tidak mau bermasalah dalam hidup ini maka sudah dapat dipastikan bahwa kepribadianmu akan tetap menjadi anak-anak yang cengeng dan lebay. Keadaan ini sekaligus membuatmu sulit bergaul dengan orang-orang yang baru. Paling temannya itu-itu saja. Sudah saatnya bagi anda untuk melakukan suatu terobosan untuk menghancurkan kesombongan di dalam dirimu.

Apa itu kuat dan lembut

Ini adalah filosofi yang sangat cantik dari Pendeta kami yang baru. Ia menebarkan sebuah perumpamaan, “ada dua hal berbeda disini, yaitu telur dan ubi kayu. Telur itu terlalu rapuh sehingga harus dijaga dengan hati-hati agar tidak menjadi pecah. Sedangkan ubi adalah bahan makanan yang cukup keras, dibanting dan jatuh sekalipun bentuknya tetap konsisten. Akan tetapi kedua hal ini akan berubah drastis ketika semuanya melalui proses pemasakan/ perubusan. Ubi kayu menjadi lembut dimulut sedangkan telur menjadi kokoh/ kuat strukturnya.” Begitulah sebenarnya pergumulan hidup yang benar, yakni membentuk kepribadian manusia menjadi kuat dihati tetapi lembut bersikap.

Saat orang lain mengujimu maka kuatkan hati melalui semuanya itu. Biarkan mereka melakukannya dan izinkan itu terjadi. Tundukkan kesombonganmu bahkan hancurkan kesombongan itu sehingga rasa sakit tidak ada lagi. Lalu balaslah mereka dengan senyuman/ sapaan yang sederhana. Inilah yang kami maksud dengan kepribadian yang kuat dihati namun lembut di sikap.

Jikalau yang mereka lakukan masih bisa di toleransi maka tidak perlu mengkek/ manja. Akan tetapi ketika mereka melakukan sesuatu yang merugikanmu dalam skala besar (materi) maka janganlah membalas balik. Sadarilah bahwa kekerasan yang dibalas dengan kekerasan hanya menimbulkan lingkaran kebencian. Jika memang anda hendak menyadarkan mereka maka silahkan melapor kepada pihak yang berwajib.

Cara tetap kuat namun lembut ditengah getolnya cobaan hidup

Menjadi pribadi yang kuat tapi lembut butuh jalan yang panjang. Ini terinspirasi dari kehidupan Tuhan Yesus yang membutuhkan waktu 3 tahun untuk mengajar di bumi dan dalam tiga hari ia membangun gereja yang baru. Total waktu yang anda butuhkan untuk menjadi sesorang yang tahan uji seperti yang kami maksudkan adalah 3 hari atau 3 bulan atau 3 tahun. Oleh karena itu, jalanilah semuanya di dalam kebenaran dengan penuh kerendahan hati.

Berikut beberapa tips & trik untuk tetap kuat tapi lembut dalam menjalani ujian kehidupan.

Tahapan persiapan

  1. Fokus Tuhan.

    Senantiasa fokus kepada tuhan dalam segala waktu dan segala kesempatan terutama pada waktu luang dan saat melakukan pekerjaan yang tidak membutuhkan otak. Seolah Dia anda disisimu sedang anda sendiri bercakap-cakap dengan-Nya tentang segala sesuatu dalam doa-doa, firman dan puji-pujian bagi nama-Nya.

  2. Miliki hati yang gembira.

    Apa sih yang kamu susahkan dalam hidup ini. Diakhirat Tuhan Yesus sudah menjamin keselamatanmu dan pekerjaan yang ada saat ini sudah cukup untuk menghidupimu. Sesungguhnya anda adalah orang paling bahagia di dunia ini.

    Oleh karena itu, bernyanyilah kepada Tuhan, pujilah namanya yang agung dan kudus. Sebab Dialah yang layak dipuja dan disembah dari dulu, sekarang dan selamanya. Saat bernyanyi dan memuliakan Tuhan hati menjadi senang dan bahagia sebab beban hidup terasa lepas.

    Awas…. Jangan samakan kegembiraan itu dengan kesombongan. Ditengah-tengah kegembiraanmu, jagalah hatimu agar tidak angkuh menikmati semuanya itu. Oleh karena itu, tetaplah rendah hati teman.

  3. Berjalan di dalam kebenaran.

    Perjuangkan dan tempuhlah jalur-jalur yang benar kawan. Dalam hidup ini ada banyak jalan yang tersedia. Maka sekarang, pilihlah jalan yang benar itu sebab hanya di dalam kebenaranlah hidupmu menjadi terisi dan berarti untuk Tuhan dan sesama manusia.

    Hindari melakukan hal-hal yang salah itu teman. Terlebih ketika anda telah diingatkan oleh Roh Kudus bahwa itu salah. Ini seperti suara hati anda menegur agar segera menyadari dan tidak lagi meneruskan kesalahan yang sama.

    Disaat menghadapi pencobaan

  4. Perhatikan suasana hatimu – masih sakit, saya pantas mendapatkannya.

    Kuatkan hatimu teman. Rasa sakit itu harus dibiasakan usahakan untuk bertahan dan katakan kepada dirimu sendiri “saya pantas mendapatkannya, kuatkan hatiku ya Tuhan“. Perkataan seperti ini akan membantu anda untuk menanggung semua penderitaan itu.

  5. Perhatikan suasana hatimu – masih sakit, saya hanya sampah, debu kotoran dan orang yang tidak berguna.

    Jika hati anda dikuasai oleh kesombongan niscaya rasa sakit itu tidak mudah untuk berhenti. Oleh karena itu tekan dan hancurkan kesombongan itu dengan mengatakanSaya pantas mendapatkannya. Apalah saya ini ya Tuhan. Hanya debu saja, sampah yang tak berguna dan kotoran yang lebih pantas dibuang. Tabahkan saya menghadapi semuanya ini ya Bapa“.

  6. Perhatikan suasana hatimu – tidak sakit lagi, maka katakanlah di dalam hatimu “kasihani dan ajarlah mereka Kebenaran ya Tuhan, tidak ada yang bersalah disini”.

    Anda perlu memiliki hati yang mau mengasihi dalam menjalani hari demi hari di dunia ini. Jangan hanya mengandalkan kekuatan intelektual dalam menghadapi masalah dengan cara mengalihkan konsentrasi. Akan tetapi gunakan kecerdasan emosional anda untuk mengertikan/ mentolerir kejadian yang sedang berlangsung.

    Memiliki hati yang mau mengasihi akan membentuk anda menjadi manusia yang tidak hanya intelek namun juga memiliki hati nurani. Pada akhirnya, anda dapat memaafkan orang yang bersalah itu sesegera mungkin.

  7. Perhatikan suasan hatimu – tidak sakit, maka teruslah bernyanyi….

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa hati yang gembira adalah solusi praktis untuk menyingkirkan semua rasa yang tidak baik lalu menggantikannya dengan semangat dan sukacita.

    Pilihlah lagu-lagu Rohani yang berirama gembira atau andapun bisa membuat lagu sendiri di dalam hati.

    Melakukan ini butuh konsentrasi berpikir yang lebih baik teman. Jika anda latihan maka pastilah bisa mencapainya juga. Tidak ada yang mustahil jikalau semuanya ditekuni dalam latihan dan kesungguhan.

  8. Setidaknya tersenyum atau sapalah mereka untuk menyatakan kasih Tuhan Yesus kepada mereka.

    Kita adalah saksi hidup bahwa masih ada Tuhan. Oleh karena itu nyatakanlah kasih-Nya yang besar dan ajaib itu kepada dunia ini pertama-tama lewat pikiranmu. Seterusnya lakukanlah kebaikan menurut sumber daya yang anda miliki. Setidak-tidaknya anda dapat tersenyum (bukan tertawa), menganggukkan kepala atau menyapa mereka.

    Kasih itu pengorbanan dan sangat anti dengan kesombongan yang hanya mau nyamannya saja. Saat anda memutuskan untuk melakukan kebaikan maka itu sama artinya dengan menghancurkan kenyamanan yang selama ini memanjakanmu. Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa kenyamanan akan memupuk sifat kebinatangan di dalam hati ini. Oleh sebab itu tinggalkan rasa itu kawan.

    Salah satu yang membuat rasa nyaman itu terusik adalah masalah/ gangguan sosial. Sedangkan sesama manusia tidak selalu mengganggumu. Oleh karena itu hancurkan kenyamanan itu dengan senantiasa ramah kepada siapapun terutama kepada orang-orang yang menatapmu serius. Ramah tamah itu berupa: senyum, sapa dan sentuh. Nikmati sakitnya tak terjawab dan tetaplah gembira.

    Sekedar tambahan untuk menguatkan hati

  9. Jika hal ini terjadi di saat anda bekerja maka teruskan itu dan tetap fokus pada pekerjaan yang positif itu.

  10. Biasa saja dalam segala sesuatu dan tidak perlu berlebihan.

  11. Tetap santai dan tenang dalam bersikap sehingga anda luwes dan tetap hati-hati.

  12. Jadilah pribadi yang selalu baru setiap hari.

    Hindari mengingat-ngingat kesalahan orang. Inilah yang sering sekali membuat seorang Kristen meredup kasihnya (kasih mula-mula yang telah memudar) kepada Tuhan dan sesama manusia. Lupakanlah masa lalu yang buruk lalu sambut hari baru dengan penuh semangat dengan tidak membahas-bahas kesalahan orang lain dan diri sendiri di dalam kepala melainkan tetap memfokuskan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan puji-pujian.

Hidup ini butuh proses kawan. Jikalau anda tidak ditempa dengan tekanan yang menyakitkan maka hati anda tidak akan semurni emas. Apabila anda tidak merasakan kerasnya hidup maka sikap anda tidak akan selembut air. Jalanilah hidup maka hidup akan memberikanmu kebahagiaan yang sesungguhnya.

Salam tegar

Iklan

11 comments

  1. […] berdaya mengatasinya. Melainkan hadapilah masalahmu dengan bijaksana tanpa meninggalkan kebencian. Dibalik ketegaranmu milikilah hati yang mau mengasihi sesama. Berbuat baiklah kepada mereka yang membuatmu dalam masalah. Mulailah dengan cara ramah-tamah yaitu […]

    Suka

  2. […] Kekuatan hati berhubungan erat dengan kemampuan mempertahankan kekuatan dan kebahagiaan di dalam hati dalam segala situasi (lihat point 3 tentang menjadi bahagia). Kelembutan itu dimulai dari sikap yang ramah dan harus dibiasakan. Jika belum dibiasakan maka saat situasi memburuk kelembutan itu akan raib di telan buruknya situasi. Akan tetapi ketika anda telah membiasakannya niscaya di dalam dapur pencobaan sekalipun, sikap tetap lembut kepada sesama. […]

    Suka

  3. […] menjadi sikaki seribu yang langsung menggulung saat diganggu. Melainkan jadilah manusia yang tegar, bermental kuat tetapi bertutur sapa lembut kepada sesama. Sebab keyakinan kita bukan pada simbol-simbol keagamaan yang ada melainkan imanmu dapat dilihat […]

    Suka

  4. […] Seperti yang kami katakan pada tulisan sebelumnya bahwa untuk hidup dalam dunia ini, kita harus kuat tetapi tetap lembut dalam bersikap. Kuat itu menandakan sikap yang maskulin sedangkan lembut mencirkan sikap yang feminim. Apabila anda mampu memadukan kedua hal ini dalam dirimu maka (1) hubungan kita dengan orang lain akan menjadi baik adanya, (2) pandai menyesuaikan (menempatkan) diri dengan situasi dan (3) mampu menjalin hubungan yang baik kepada siapa saja. Menjadi orang yang tegar tapi tetap santun […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s