+10 Manfaat Kelenjar Minyak Di Kulit – Terutama Minyak Di Wajah Sangat Penting

Manfaat minyak di kulit terutama di wajah sangatlah penting

Kulit adalah organ tubuh terluar yang selalu mengalami kontak dengan lingkungan sekitar dan berfungsi untuk melindungi organ yang ada dibawahnya. Organ ini terdiri dari 3 bagian besar yaitu, lapisan epidermis, dermis dan subkutis. Kelenjar pada kulit terletak pada bagian dermis yang terdiri dari kelenjar keringat (glandula sudorifera) dan kelenjar minyak/ palit (glandula sebacea).

Kelenjar palit terletak diseluruh area permukaan tubuh terkecuali pada telapak tangan dan kaki. Biasanya terdapat di samping akar rambut dan muaranya terdapat pada lumen akar rambut (folikel rambut). Sebum mengandung trigliserida, asam lemak bebas, skualen, wax ester, dan kolesterol dimana sekresinya dipengaruhi oleh hormon androgen. Pada masak kanak-kanak ekskresinya kurang aktif akan memasuki masa pubertas pengeluarannya mulai meningkat.

Sebagian besar orang menganggap minyak dikulit adalah penyakit yang harus segera dieliminasi. Entah apa dasar mereka mengemukakan hal ini, mungkin karena terlalu banyak menonton televisi. Atau terpesona dan kurang kritis menanggapi iklan dari berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit. Apapun itu, pemahaman semacam ini harus segera dieliminasi dari dalam pikiran anda sebab minyak di kulit sangatlah bermanfaat untuk meremajakan permukaannya.

Mengapa tidak sedikit pihak yang menganggap bahwa minyak di kulit adalah sebuah masalah kecantikan? Karena masalah ekonomi, semuanya karena uang. Orang-orang cerdas berkonspirasi untuk menyingkirkan yang alami dan mengkomersialkan sesuatu yang sifatnya kimiawi/ buatan manusia/ misalnya kosmetik. Tidak sedikit mereka yang kurang memiliki pengetahuan positif tentang kulit menggap lemak di wajah adalah sebuah masalah yang harus benar-benar dieliminasi sedini mungkin.

Perlu kami beri peringatan kepada para pembaca setia bahwa aktivitas yang terlalu sering membersihkan kulit adalah tidak baik. Terlalu intens membersihkannya sama saja dengan memanjakannya sehingga “dikit-dikit keok, dikit-dikit sensitif“. Aktivitas mengoleskan sabun dan terlebih ketika anda memakai bahan pembersih wajah dari alkohol/ metanol sekalipun dalam kadar rendah, pasti akan membunuh sel-sel disana dengan cepat (daur hidupnya lebih cepat) sehingga beresiko menyebabkan penuaan dini.

Mengapa wajah anda tidak berminya? Ini aneh dan efeknya fatal

Justru dari sekarang anda harus benar-benar khawatir, “mengapa wajah anda tidak berminya?“. Jika ini terjadi maka bisa mengindikasikan sebuah pertanda buruk bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain yang memperhatikan kenyataan ini dengan seksama. Coba perhatikan kulit wajah kakek dan nenek anda di rumah, pasti salah satu ciri khas wajah mereka adalah kulitnya tidak lagi berminyak. Tahukah anda ketika umur masih muda atau dewasa sekalipun namun ketiadaan komponen ini dapat merupakan sebuah pertanda bahwa.

  1. Anda adalah seorang penikmat kosmetik yang terlalu sering. Adalah tidak baik jika terlalu sering make up dan make over. Hal ini tidak salah selama anda melakukannya di hari-hari penting saja. Akan tetapi melakukan make over pada wajah anda setiap hari adalah awal dari bencana penuaan dini.
  2. Satu lagi orang yang tidak (kurang/ jarang) memiliki minyak di wajah adalah laki-laki atau perempuan yang telah melakukan operasi plastik. Ini adalah salah satu pertanda bahwa seseorang telah melakukan bedah plastik pada wajahnya. Sebab, proses pembedahan biasanya telah merusak sistem ekskresi hormon yang berimbas pada pengeluaran sebum yang minim/ kuran bahkan tidak ada sama sekali. Terkecuali jikalau si kawan ini pintar-pintar lalu mengoleskan minyak tumbuh-tumbuhan terlebih dahulu ke wajahnya (misalnya minyak zaitun).

Manfaat kelenjar minyak di kulit terutama minyak di wajah anda

Ada begitu banyak khasiat kelenjar minyak pada kulit anda. Jangan sepele dengan komponen ini. Sebab tanpanya permukaan tubuh anda akan sering tertimpa masalah ini dan itu. Oleh karena itu, simak sekali lagi apa saja manfaat dahsyat dari komponen yang satu ini.

  1. Minyak di kulit disebut juga sebagai tabir surya alami.

    Jika anda sering menggunakan tabir surya saat berada di bawah sinar matahari maka hal ini tidak perlu dilakukan apabila kulit wajah anda berminyak. Inilah salah satu perannya untuk melindungi permukaan kulit anda dari sinar matahari langsung.

  2. Sadarilah bahwa minyak di kulit membuat penampilan kelihatan lebih seksi.

    Cobalah banding-bandingkan antara penampilan seseorang dengan sedikit minyak di wajahnya dengan mereka yang sama sekali tidak memilikinya. Pastilah bagian ini memancarkan sedikit kilatan yang membuat seseorang itu terlihat lebih seksi penampilannya.

  3. Menghalagi masuknya debu ke dalam pori-pori.

    Perlu anda ketahui bahwa seluruh area permukaan kulit memiliki pori-pori. Anda dapat merasakan kehadiran lubang-lubang mikro ini saat sedang berkeringat dimana permukaannya menjadi lembab. Saat anda memiliki minyak di wajah maka ia tidak hanya berperan sebagai tabir surya melainkan juga sebagai tabir polutan. Bukankah ini sangat bermanfaat untuk merawat kulit selalu sehat?

  4. Mengandung sel imunologi yang berfungsi menghambat dan membunuh kuman.

    Tidak hanya manusia melainkan buah-buahan yang anda konsumsipun dapat mengekskresikan minyak pada permukaannya untuk menjauhkannya dari aktivitas bakteri dan jamur pembusuk. Inilah yang membuat buah-buahan yang anda konsumsi tidak segera mengalami proses pembusukan. Minyak yang dieksresikan oleh kulit anda merupakan salah satu jenis cairan tubuh yang mengandung elektrolit dan komponen imunologis lainnya. Kulit wajah yang berminyak dapat menjaga dan melindungi wajah anda dari aktivitas bakteri perusak termasuk aktivitas kuman penyebab jerawat.

  5. Sebagai kontrol dehidrasi kulit sehingga tidak mudah kering.

    Kelembaban sangat penting untuk menjaga permukaan kulit tetap sehat terawat. Saat udara panas maka secara otomatis permukaannya akan melembab dengan diekskresikannya keringat dan minyak ke area permukaan. Uap air mudah menguap sedangkan minyak tetap pada permukaan kulit untuk menjaga kelembaban untuk mencegah pengeluaran keringat yang berlebihan.

  6. Membuat kulit anda tetap halus dan lembut.

    Halus dan lembutnya kulit anda tidak ditentukan oleh kosmetika yang digunakan melainkan keadaan ini turut dipengaruhi oleh keberadaan minyak di permukaannya. Jelas saja tanpa adanya pelumas maka, itu akan terkesan kering sehingga terasa lebih kasar jika disentuh. Belum lagi masalah sel-sel epidermis yang mati karena berumur pendek akibat faktor eksternal (penggunaan kosmetik) dan internal (jarang bahkan tidak pernah mengkonsumsi buah dan sayur).

  7. Menjaga kekencangan kulit anda.

    Salah satu peran penting dari kelenjar minyak adalah mencegah peluruhan pori-pori yang menyebabkan kulit kehilangan kekencangan. Jika elastisitas kulit baik maka organ ini akan lebih lentur, berseri (cerah), segar dan tetap awet muda

  8. Menjaga temperatur di permukaan kulit,

    Keberadaan minyak dipermukaan tubuh sebagai salah satu pelindung panas agar tidak keluar dengan mudahnya. Ia tidak hanya berperan sebagai tabir surya yang melindungi tubuh dari sinar matahari melainkan ia juga berfungsi sebaliknya, yakni mempertahankan suhu pada organ dibawahnya.

  9. Sebagai pelumas anti slip.

    Kulit kita selalu bersentuhan satu sama lain. Bahkan pada area-area terntentu hal ini selalu terjadi, misalnya pada daerah selangkangan dan di bawah ketiak. Jikalau  bagian-bagian tersebut tidak memiliki pelumas maka akan terjadi cidera atau setidak-tidaknya lecet. Jika gesekan ini terus-menerus berlangsung tanpa minyak permukaan maka dapat membuat permukaannya menjadi gelap. Oleh karena itu, salah satu yang membuat selangkangan dan ketiak anda menjadi gelap adalah karena kurangnya pelumas pada daerah itu.

    Demikian juga saat kulit anda secara tidak sengaja bersentuhan dengan permukaan yang keras, misalnya lantai. Pelumas dipermukaan dapat meminimalisir resiko terjadinya cidera/ lecet pada tubuh anda.

  10. Sebagai agen anti penuaan dini dimana banyak produk kecantikan yang meniru cara kerjanya.

    Keberadaannya juga turut membantu wajah untuk tidak mengalami kerutan yang terlalu ektrim. Jika anda masih muda tetapi sudah mulai mengalami penuaan dini maka pastilah salah satu penyebabnya dikarenakan oleh tidak ada/ kurangnya sekresi sebum oleh kelenjar minyak. Faktor internal lainnya seperti yang kami ungkapkan sebelumnya adalah asupan makanan dan minuman yang tidak seimbang.

  11. Minyak di wajah dapat digunakan sebagai salah satu masker terbaik untuk melembutkan, menghaluskan dan mengencangkan permukaan kulit di bagian lain dalam tubuh manusia.

Jadi, mulai sekarang jangan lagi ilfil jikalau kulit anda berminyak kawan. Justru ini adalah sesuatu yang sangat istimewa dan akan mempertahankan keremajaan kulit sehingga andapun tetap awet muda sekalipun umur sudah semakin dewasa.

Salam sehat alami selamanya!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s