10 Jenis (Bentuk) Mimpi Untuk Menghasilkan Karya Seni Yang Bermanfaat Bagi Semua Orang

Mimpi menuntunmu pada karya seni yang bermanfaat bagi semua orang

Kristen Sejati – Menurut KBBI, kata “mimpi” berarti (1) sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur; (2) angan-angan. Kami sendiri menganggap bahwa rekaman acak ini adalah pekerjaan Rohul Kudus. Bacalah baik-baik Firman yang terambil dari Yoel 2:28 “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Perkataan yang sama juga dapat kita temukan dalam Kisah Para Rasul 2:17.

Pada intinya bagian-bagian dalam ayat ini dan kelanjutannya bercerita tentang akan datangnya zaman baru dimana kemuliaan TUHAN akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama. Keadaan ini berhubungan erat dengan ditegakkannya keadilan sosial di tengah masyarakat (kesetaraan manusia). Seperti nubuatan Nabi Yesaya yang mengatakan: Ada suara yang berseru-seru: “Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita! Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran; maka kemuliaan TUHAN akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, TUHAN sendiri telah mengatakannya. (Yesaya 40:3-5).

Syarat agar kemuliaan TUHAN dinyatakan dalam hidup kita

Artinya, mimpi yang benar hanya akan dinyatakan ketika diri ini (1) tetap bersikap datar menanggapi segala sesuatu yang diringi dengan (2) adanya keadilan sosial (kesetaraan) di tengah-tengan masyarakat. Tanpa kesetaraan dan sikap yang biasa saja (tidak lebay), jangan harap kemuliaan TUHAN akan dinyatakan dalam hidup semua orang. Hadirnya kemuliaan Allah di dalam kehidupan kita ditandai dengan hadirnya Rohul Kudus dalam hati setiap manusia. Sehingga akan ada lagi nubuatan, mimpi dan penglihatan di tengah-tengah dunia ini.

Roh Allah menuntunmu untuk bisa berkarya bagi kebaikan orang lain

Nubuatan, mimpi dan penglihatan inilah yang kami sebut sebagai sebuah hasil karya seni yang berperan sebagai perumpamaan (ilustrasi) untuk memberi pelajaran dalam hidup setiap manusia. Pada akhirnya, semua karya seni ini akan mendatangkan pengajaran dalam hidup bermasyarakat. Sehingga tidak ada lagi orang yang kehilangan arah hidup dan tersesat lalu tersandung jatuh dalam kesalahannya/ kejahatannya sendiri.

Apabila diterjemahkan lebih detail lagi, bentuk-bentuk perumpamaan / ilustrasi ini terdapat beraneka rupanya. Ada yang dalam bentuk pantun, puisi, musik, lagu, lukisan, seni rupa, komik, cerpen, novel, roman, drama musikal bahkan film layar lebar. Ini tidak lagi berbicara tentang karya seni yamg bersofat pribadi lepas pribadi. Melainkan ilustrasi semacam ini dibangun dalam kebersamaan sehingga membentuk sebuah jalan cerita yang tidak hanya indah melainkan juga turut menambah pengalaman para penikmatnya.

Jenis-jenis mimpi yang mungkin pernah anda alami

Layaknya imajinasi yang datangnya cepat demikian jugalah saat anda sedang bermimpi yang saat datang dan hilangnya cepat  juga (berlalu). Ini merupakan salah satu cara Rohul Kudus memberi inspirasi positif ke dalam hidup anda. Akan tetapi, kami harus mengingatkan juga bahwa biar bagaimanapun tetaplah pertahankan sikap kritis dan selektif terhadap semuanya itu. Sebab tidak semua khayalan anda pantas dipublikasikan, bijaklah memilah-milah.

Pada umumnya ada tiga jenis mimpi, yaitu (1) bermimpi disaat sedang tidur, (2) saat sedang bersantai [sembari berfokus (memikirkan dan/atau mengerjakan) pada bidang masing-masing] dan yang terakhir adalah (3) bermimpi saat sedang bersekutu dengan Tuhan (dalam doa-doa yang benar & tulus).

Berikut akan kami utarakan beberapa bentuk mimpi yang mungkin pernah anda alami.

  1. Mimpi basah.

    Ini biasanya dialami oleh anak muda pasca remaja. Erat hubungannya dengan pertumbuhan dan perkembangan kehidupan seseorang secara fisik.

  2. Mimpi tentang adanya hantu.

    Kebiasaan anda yang suka menonton film hantu membuatmu kerap kali  mebayangkan hal-hal yang mistis. Entah itu tercemplung ke dalamnya secara tiba-tiba ataupun akan adanya perasaan diawasi bahkan dihampiri oleh sesuatu. Semua kisah-kisah ghaib yang anda masukkan ke dalam kepala akan direstrukturisasi di dalam mimpimu dengan korban utamanya adalah diri sendiri.

  3. Bermimpi tentang akibat dari kesalahan sendiri.

    Kesalahan sendiri dapat juga menjadi mimpi buruk yang akan terus menghantuimu. Sebelum persoalan itu diselesaikan sampai tuntas atau setidak-tidaknya mengakuinya sembari meminta maaf maka hal tersebut akan terus mengganggu kehidupanmu (seumur hidup).

  4. Bermimpi mengalami hal yang buruk atau diperlakukan tidak baik.

    Pada dasarnya, ini seperti mengalami semacam tekanan mental dalam mimpi sendiri. Ada banyak bentuk dari khayalan ini yang pada intinya membuat tidur menjadi tidak nyaman bahkan kadang terkejut lalu terjaga di tengah sepi & gelapnya malam itu.

  5. Mimpi tentang masa lalu.

    Pikiran manusia sangatlah rumit. Ketika anda sedang bermimpi maka otak akan mendaur ulang kejadian yang pernah di alami dahulu lalu merestrukturisasinya dalam bentuk-bentuk lain yang mendekati kenyataan di masa lalu.

  6. Bermimpi tentang masa depan.

    Sebenarnya masa depan adalah murni sebagai rahasia Allah. Artinya, hanya Allah sendirilah yang mengetahui apa yang akan terjadi kelak. Maka berbahagialah setiap orang yang diberi kesempatan untuk mengetahui sebahagian cuplikan kehidupan dari masa depan.

    Permasalahannya adalah apakah ini benar akan terjadi atau hanya sebuah ilustrasi yang layak dijadikan sebagai pelajaran hidup? Semuanya tergantung dari keyakinan anda saudara. Biarkan itu mengalir seperti air dalam kesabaran, kerja keras dan ketekunan.

    Mimpi hanyalah sebuah visi yang kemungkinan besar akan terlaksana jika anda memiliki perencanaan yang matang untuk menggapainya. Bentuk-bentuk perencanaan ini disebut juga sebagai misi. Tidak ada visi tanpa misi dan tidak ada misi tanpa visi.

  7. Bermimpi tentang diri sendiri.

    Ditinjau dari aktor utama dalam mimpi maka ada yang namanya khayalan sendiri dimana ia membayangkan dirinya sendiri sebagai subjek utama.

  8. Seorang pemimpi yang membayangkan orang lain.

    Terkadang juga dalam mimpi yang menjadi pemeran utamanya adalah orang lain. Sedangkan diri sendiri bisa saja menjadi pemeran pengganti atau hanya sebagai pengamat/ penonton yang keberadaannya diluar kejadian yang sedang berlangsung.

  9. Mimpi tentang hal-hal yang aneh.

    Pemimpi jenis ini sulit didefenisikan. Pada dasarnya mereka mengalami peristiwa yang benar-benar baru. Kemungkinan tidak pernah dialami sebelumnya atau memang Roh Allah sengaja memberikannya kepada anda sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang berupa karya seni sebagai pelajaran dan untuk menambah pengalaman orang lain.

  10. Bayangan yang datangnya secepat kilat.

    Seperti yang kami tulisakan sebelumnya bahwa pada dasarnya inspirasi yang datang dalam pikiran kita sifatnya kental, padat dan singkat. Selanjutnya anda sendiri yang mengembangkannya menurut bahasa sendiri. Silahkan diencerkan, dilumat dan dilebarkan/ diterbarkan menurut pengertian masing-masing.

Kemampuan untuk mengulang bercerita tentang mimpi sendiri

Jika anda seorang yang mampu menceritakan ulang mimpi-mimpimu (baik dalam bantuk gambar, tulisan, dan lisan) maka kemungkinan besar anda memiliki bakat dibidang seni. Namun jangan berkutat disitu-situ saja melainkan gali terus, kembangkan lagi dan lagi sebab kemampuan berkarya itu sifatnya terupgrade setelah anda menghasilkan suatu karya.

Hindari pengaruh popularitas dan pujian yang mungkin akan membuatmu sombong dan berlebihan sehingga Roh itu menjauh. Akan tetapi tetapi milikilah sikap yang rendah hati dan tujuan yang murni saat berkarya, yakni untuk kemuliaan nama Tuhan dan menjadi bermanfaat bagi kehidupan orang banyak.

Salam tegar!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s