11 Cara Agar Dihargai & Dihormati Oleh Orang Lain – Hindari Mengharapkan, Mulailah Memberikan

Cara Agar Dihargai & Dihormati Oleh Orang Lain - Hindari Mengharapkan, Mulailah Memberikan

Haruskah anda jadi super hero agar dihargai oleh orang lain? Harga diri dan penghormatan adalah cara orang lain mengapresiasi kehidupan kita. Benarkah anda harus menjadi seorang yang besar, hebat dan luar biasa agar orang lain menghargai bahkan menghormati anda? Bukankah hal seperti ini sama saja mendatangkan beban kepada diri sendiri? Padahal masalah yang sebenarnya bukan terletak pada penghargaan dan penghormatan itu akan tetapi andalah yang terlalu GR (gede rasa) dan banyak berharap.

Mari sadarkan diri teman: “apakah harga diri itu penting?“. Anda perlu melihat ke dalam diri sendiri dan mengenal dengan pasti, “sebetulnya apa yang anda butuhkan di dunia ini?” Pada dasarnya, Tuhan menciptakan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Kami dan andapun demikian, telah dimampukan oleh Yang Maha Kuasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Akan tetapi masalahnya adalah terkadang manusia terlalu membesar-besarkan (lebay) dan lebih condong kepada hawa nafsunya (keinginannya) daripada kebutuhannya.

Dalam menjalani hidup anda harus membuat urutan prioritas berdasarkan kebenaran sejati yang diyakini masing-masing. Harus dipahami terlebih dahulu bahwa harga diri  dan kehormatan adalah akibat dari kebiasaan anda selama ini. Mereka yang merasa bahwa anda layak akan menghargaimu sedangkan mereka yang merasa bahwa anda tidak layak maka tidak akan menghargaimu. Bisakah anda cermati secara lebih mendalam bahwa penilaian tentang dihargai dan dihormati oleh orang lain sangat subjektif. Artinya, tidak ada standar baku yang menentukan bahwa orang ini dihargai sedangkan orang itu tidak dihormati, sebab orang yang satu menghargai sedangkan yang lain tidak.

Bisakah anda melihat bahwa ada ketidakpastian tentang penghargaan dan penghormatan dari sesama? Oleh karena itu JANGAN FOKUS UNTUK DIHARGAI DAN DIHORMATI ORANG melainkan fokuslah untuk melakukan kebenaran sejati maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Fokus pada kedua hal ini tidak akan mempertemukanmu dengan solusi yang sebenarnya. Karena keduanya hanyalah akibat sedangkan sebab-sebab mengapa hal itu terjadi termuat dalam kebenaran sejati yang diyakini dan disikapi secara langsung.

Pada intinya kebenaran selalu berbicara tentang hubungan yang baik antara manusia dengan Tuhan dan antara manusia dengan sesama manusia lainnya. Apabila anda mampu menjalin kedekatan dengan Tuhan sekaligus hidup dalam kebersamaan dengan sesama manusia niscaya hal-hal yang lain seperti dihargai dan dihormati orang lain datang dengan sendirinya.

Tidak perlu terlalu berharap agar dihargai dan dihormati orang lain sebab keadaan ini justru beresiko membuatmu kecewa. Sadarilah bahwa jika seorang musuh mengetahui bahwa anda sangat menginginkan penghargaan dan penghormatan dari sesama niscaya ia dapat mempermain-mainkan bahkan mengendalikan kehidupan anda. Oleh karena itu, mulai belajar melepaskan keinginan dan ketergantungan dari harga diri dan hormat dari sesama. Pahamilah, Hal-hal yang membuat manusia ketergantungan/ kecanduan

Cara menjadi orang yang dihargai dan dihormati oleh sesama

Hindari terlalu fokus kepada penghargaan dan penghormatan dari orang lain. Ini identik dengan berhenti bergantung dari pemberian orang lain. Sama juga artinya dengan berhenti mengharapkan pemberian orang lain. Akan tetapi, mulailah dengan “apa yang bisa anda berikan kepada orang lain?“. Sadarilah bahwa dihargai dan dihormati hanyalah sebuah persepsi yang tidak stabil. Oleh karena itu berhentilah bergantung terhadap kedua hal ini.

Dalam keseharian kita ada yang namanya hubungan sebab akibat: dihargai dan dihormati orang hanyalah sebuah akibat yang terakumulasi dari kebiasaan selama ini. Dengan mengetahui penyebabnya maka andapun akan dituntun untuk menemukan cara-cara umum dan khusus agar dihargai dan dihormati oleh sesama. Berikut selengkapnya.

  1. STOP fokus mengharapkan harga diri & hormat dari dunia ini melankan fokuslah kepada Tuhan.

    Daripada otak anda dipenuhi oleh bagaimana caranya agar mendapat penghargaan dan penghormatan dari orang lain lebih baik senantiasa fokus kepada Tuhan dalam Firman dan puji-pujian kepada-Nya.

    Mengharapkan sesuatu yang tidak pasti itu sakit kawan tetapi saat anda bernyanyi memuji-memuliakan nama Tuhan maka pikiran akan menemukan kedamaian dan ketentraman dalam segala sesuatu. Ditambah lagi pikiran dibebaskan dari segala hawa nafsu, kekerasan dan keinginan yang jahat.

  2. Mengejar kebenaran sejati: memuji dan memuliakan nama Tuhan.

    Hidup adalah ibadah kepada Tuhan. Pastikan bahwa semua yang anda lakukan di dunia ini hari lepas hari ditujukan untuk kemuliaan nama Tuhan. Apapun yang dikerjakan, diraih dan digiatkan  hari ini, pastikanlah bahwa anda melakukannya bukan untuk manusia melainkan mempersembahkannya untuk kemuliaan nama Tuhan.

    Memuji dan memuliakan nama Tuhan sama artinya dengan selalu terhubung kepada kebenaran. Dalam setiap aktivitas sehari-hari, arahkan hati untuk selalu bercakap-cakap dengan-Nya, seolah-olah Ia berada di dekat anda.

  3. Faktanya : bukan harga diri dan hormat yang anda butuhkan melainkan kebahagiaan.

    Anda harus benar-benar bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. KITA BISA HIDUP TANPA PENGHARGAAN DAN PENGHORMATAN DARI ORANG LAIN. Akan tetapi, hidup semakin berat saja saat hati tidak bahagia menjalaninya hari lepas hari. Oleh karena itu lebih penting bagi anda untuk aktif mencari kebahagiaan ketimbang mencari kedua hal ini. Baca juga, Cara aktif mencari kebahagiaan

  4. Jujur dan berintegritas dalam bersikap.

    Kejujuran adalah syarat penting agar anda tidak disepelekan oleh orang lain. Tanpanya orang lain cenderung meremehkan anda terlebih ketika mereka mengetahui kenyataan yang sebenarnya. Kebohongan anda hanya berlaku bagi anak kecil yang tidak tahu apa-apa. Sedangkan orang yang sudah dewasa dan mampu menganalisis situasi akan mengenal dengan pasti siapakah kamu yang sebenarnya?. Anda harus memiliki integritas agar orang lain dapat dipercayai oleh seseorang.

  5. Konsisten di segala waktu.

    Konsistensi merupakan salah satu penilaian yang memberikan nilai plus pada kepribadian anda. Dengan bersikap statis pada pilihan yang telah anda ambil menunjukkan kematangan berpikir untuk berpegang pada prinsip sendiri. Mereka yang kehidupannya mudah terombang-ambingkan oleh berbagai godaan diluar sana menunjukkan ketidakcakapan saat mengambil keputusan. Orang-orang seperti ini biasanya bukan orang penting yang dihargai dan dihormati oleh sesamanya melainkan hanya ikut-ikutan saja.

  6. Rela berkorban.

    Sadar ataupun tidak hidup ini melulu berbicara tentang pengorbanan. Apapun kebaikan yang anda lakukan kepada sesama pasti ada sesuatu yang dikorbankan disaat bersamaan. Menjadi bermanfaat dan berbagi kasih kepada orang lain hendaknya dilakukan atas dasar membagikan kasih Allah yang telah terlebih dahulu kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

    Terlebih ketika anda mulai menjalin hubungan baik dengan orang lain. Ada-ada saja yang harus dikorbankan salah satu diantaranya adalah rasa nyaman yang dimiliki. Hati-hatilah dengan kenyamanan itu sebab semakin dimanjakan olehnya maka semakin lemahlah mental anda. Ini berbicara tentang bagaimana anda merelakan kenyamanan yang dimiliki untuk diberikan/ dibagikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Misalnya saat duduk di bus umum mendahulukan orang tua, wanita dan penyandang disabilitas.

  7. Hindari memaksa agar dihargai dan dihormati orang melainkan biarkan semuanya mengalir seperti air.

    Penghargaan dan penghormatan sifatnya sangat relatif dimana berbeda-beda untuk setiap orang, yang satu menghargai dan yang lain justru mengabaikan. Ini adalah keputusan pribadi dan hak asasi setiap orang artinya semuanya terserah dengan yang bersangkutan. Anda tidak bisa mengekangnya dan mengarahkannya pada pilihan tertuntu yang menguntungkan anda. Oleh karena itu, biarkan semuanya mengalir dan apapupun konsekuensinya tetap terima apa adanya.

  8. Pandai menyesuaikan diri.

    Bagaimana cara anda agar dihargai dan dihormati orang? Anda harus pandai menyesuaikan diri dalam segala situasi. Contoh kecilnya saja, saat berada di pesta maka gunakanlah pakaian pesta, saat di kebun anda menggunakan pakaian kebun, saat ke kantor kelurahan maka gunakanlah pakaian yang formal dan begitu seterusnya.

    Wujud penyesuaian diri tidak hanya dapat dilihat dari cara berpakaian melainkan juga cara berbicara dan cara berperilaku. Jika anda mampu menyesuaikan diri dalam semua hal ini niscaya keberadaan anda lebih mudah diterima oleh orang lain.

  9. Mengejar kebaikan sejati: menjadi bermanfaat bagi lebih banyak orang.

    Sadar atau tidak, menjadi bermanfaat bagi sesama ditunjukkan oleh sikap anda yang baik. Ini merupakan salah satu wujud yang dapat diketahui bahwa anda menghargai dan menghormati orang tersebut. Ada begitu banyak kebaikan hati yang dapat anda tujukan kepada sesama, diantaranya dapat anda lakukan berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Berikut ini, macam-macam kebaikan menurut kemampuan pribadi.

    Alangkah lebih baik jika anda fokus untuk melakukan hal ini, Sebab kebaikan sangat bergantung pada diri anda sendiri. Segala potensi itu berada dalam wewenang anda, hanya tinggal memutuskan saja, mau dilakukan atau tidak?

    Terbiasalah bergantung dengan diri sendiri (kebaikan yang anda mampu lakukan) dan berhenti menantikan/ menunggu orang lain bertindak (menghargai dan menghormati anda)

  10. Menyelesaikan tanggung jawab yang diemban.

    Kerja adalah sesuatu yang menyenangkan. Pernahkah anda berhasil menyelesaikan pekerjaan yang diemban? Bukankah ada rasa puas tersendiri saat melakukannya, terlebih lagi saat hal tersebut sudah selesai? Tanggung jawab yang diemban sampai tuntas turut membahagiakanmu. Sedang orang lain yang melihatnya juga akan semakin percaya kepada kemampuanmu.

  11. Menyelesaikan masalah.

    Masalah memberikan sebuah beban moral dan mental bagi kehidupan anda. Tahukah anda bahwa kemampuan untuk menyelesaikan persoalan adalah sebuah karunia yang memberikan kepuasan tersendiri. Terlebih ketika pergumulan hidup itu mampu diselesaikan sampai tuntas. Pandangan orang lain semakin positif terhadapmu sehingga banyak orang yang senang berteman denganmu.

Demikian saja teman. Ingat, daripada mengejar agar dihargai dan dihormati orang lain lebih baik fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian dan menjadi bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Pahamilah bahwa kasih yang ditebarkan kepada sesama berpotensi besar membahagiakan orang tersebut dan disaat itu jugalah bahagia kita penuh. Kelak, lama kelamaan andapun akan menyadari faktanya: kebahagian hati lebih tinggi nilainya daripada penghargaan dan penghormatan yang diberikan seseorang.

Salam tegar!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s