11 Cara Mendengar Suara Hati – Hidup Yang Nyaman Di Hati Yang Terkadang Keluar Dari Zona Nyaman (Out Of Box)

Cara-Mendengar-Suara-Hati-Hidup-Yang-Nyaman-Di-Hati-Yang-Terkadang-Keluar-Dari-Zona-Nyaman-Out-Of-Box

Suara hati adalah perwujudan dari semua makanan hati yang selama ini anda isi dalam hidup sehari-hari. Ingatlah bahwa input (apa yang dimasukkan) tidak jauh-jauh dari output (apa yang diekspresikan keluar). Oleh karena itu, jagalah hatimu dengan menjaga apa yang masuk dan diserap oleh indra (informasi). Aktivitas ini terwujud lewat sikap yang selektif dalam mencerna informasi.

Nyaman adalah (1) segar; sehat; (2) sedap; sejuk; enak (KBBI Ofline). Menurut kami nyaman adalah situasi dimana suasana di dalam hati sama dengan suasana yang sedang berlangsung saat ini. Kenyamanan itu tidak dinilai berdasarkan material yang terus bergerak diluar diri anda. Melainkan berdasarkan suasana di dalam pikiran anda. Seburuk apapun situasinya bahkan sekacau apapun itu, anda tetap bisa menyempurnakannya di dalam hati sendiri: yang berlebihan dikurangkan sedangkan yang kurang digenapkan sehingga semuanya pas di hati.

Pikiran yang nyaman berkaitan erat dengan manajemen pola pikir. Bila mindset anda baik maka kehidupan andapun menjadi lebih baik. Lain halnya jika mindset anda dipenuhi oleh hal-hal yang jelek & jahat alhasil sikap yang diekspresikanpun akan cenderung negatif sampai buruk. Mereka yang berlaku jahat biasanya terus menerus memenuhi otaknya dengan kekerasan. Akan tetapi orang yang berlaku baik memenuhi otaknya dengan kebenaran. Kedua jenis orang ini sama-sama nyaman melakukan semuanya itu karena mereka bertindak sesuai dengan suara hatinya.

Nyaman di hati adalah hidup yang sesuai dengan suara hati. Masalahnya sekarang adalah apakah anda peka dengan hati yang berkata-kata? Mereka yang bersikap apa adanya akan menemukan kenyamanan dalam setiap keputusan yang diambilnya, entah itu baik ataupun buruk. Pernahkah anda memiliki pikiran yang out of box? Dahulu kamipun sering melakukan hal ini dimana hasil yang diperoleh bisa saja baik namun bisa juga lebih buruk.

Keluar dari zona nyaman adalah sesuatu yang meninggalkan kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru sehingga memberikan hasil yang lebih memuaskan (membahagiakan). Tiap-tiap kita memiliki titik kenyamanan yang berbeda-beda. Titik dimana kita berada dalam posisi yang pw. Walau terkesan masih kurang disini atau kurang disitu namun hati berkata cukup sampai disitu. Namun di sisi lain anda memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik namun beresiko tinggi. Ada keraguan sehingga enggan untuk meninggalkan kenyamanan yang sudah ada saat ini.

Tindakan yang out of box adalah sebuah kesempatan untuk menjadi lebih dahsyat yang membutuhkan pengorbanan. Pada waktu anda mempertimbangkan untuk keluar dari zona nyaman itu ada akibat yang mungkin akan ditanggung sendiri. Tetapi hati mengatakan bahwa ini adalah kesempatan emas walau kemungkinannya kecil namun resikonya tinggi. Jika anda terus memanjakan diri dalam apa yang sudah dimiliki saat ini maka hidup akan begitu-gitu saja. Akan tetapi ambillah sebuah kesempatan untuk berkorban lebih sekalipun hasilnya tidak sesuai, hanya setidaknya anda sudah berusaha semaksimal mungkin. Ada kepuasan tersendiri saat anda mengikuti suara hati.

Demikian halnya juga dengan perubahan. Orang yang masih berada dalam zona nyaman merasa tidak perlu berubah. Sekalipun nada-nada perubahan sudah digaungkan diluar sana namun dia masih saja ngetem dalam kebiasaan lamanya. Sadarilah bahwa orang seperti ini akan menjadi hambatan demi pembaharuaan sebuah sistem. Oleh karena itu anda tidak butuh kata-kata untuk mengubah manusia melainkan tegakkan peraturan untuk mendongkrak kebiasaan lama yang merugikan perushaan.

Pada dasarnya mengikuti suara hati sama artinya dengan menjadi diri sendiri. Terkadang kata hati itu menyeretmu dalam masalah, kadang dalam jebakan musuh, kadang dalam kekecewaan, kadang dalam penyesalan, tapi ingatlah bahwa ia juga pernah menarik anda dalam kesuksesan. Sesungguhnya suara hati itulah yang menuntun seseorang untuk menjadi dirinya sendiri. Sehingga apabila ia salah langsung merasakan sakitnya lalu segera berubah. Mengikuti kata hati sama dengan mengajari & membimbing diri sendiri untuk lebih baik dari hari ke hari.

Cara Hidup Yang Nyaman Di Hati Bahkan Terkadang Keluar Dari Zona Nyaman (Out Of Box)

Kemudian mari kita bahas bersama bagaimana saja itu yang namanya hidup yang sangat memperhatikan kenyamanan di dalam hati. Harus anda pahami dahulu bahwa hati kita adalah tempat Roh Allah bernaung dan tubuh ini adalah bait-Nya. Jadi sudah seharusnya hidup dalam kekudusan. Jika Roh Allah yang penuh hikmat, pengetahuan dan penghiburan berdiam di dalam lubuk hati ini maka suara hati anda bisa diibaratkan sebagai suara Tuhan. Keadaan ini harus diiringi dalam kebenaran sikap: perkataan & perbuatan yang mencerminkan suasana dalam pikiran sendiri. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa lewat kata hati, Tuhan berbicara dengan manusia. Berikut beberapa cara hidup yang nyaman di hati.

  1. Pikiran berada dalam sistem default.

    Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih Berkualitas
    Fokus kepada Sang Pencipta Segala Masa adalah sebuah langkah awal yang harus anda giatkan untuk membuat kehidupan anda searah dengan rencana Tuhan. Dengan senantiasa berfokus kepada Tuhan pikiran kita direfresh dari segala hal yang jahat itu. Kehidupan inipun menjadi lebih berguna bagi kemuliaan nama-Nya dan dapat juga memberikan manfaat bagi lebih banyak orang.

  2. Hidup beraktifitas memberi manfaat.

    Tahukah anda bahwa tujuan penciptaan manusia terdiri dari: hidup untuk memuliakan nama Allah dan menyatakan kasih-Nya (bermanfaat) kepada sesama manusia. Selalu kerjakan berbagai hal positif dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah tugas utama kedua bagi semua manusia. Mulailah melakukannya dari hal-hal kecil (misalnya ramah tamah, menjadi pendengar yang baik) di dalam keluarga, kepada saudara, sahabat, teman kerja dan lain sebagainya.

  3. Jangan melupakan standar kehidupan.

    Lewat Firman-Nya kita mengetahui pola pikir Allah. Dengan membaca Kitab Suci berarti kita sedang berusaha mencocokkan jalan pikiran sendiri dengan jalan pikiran Tuhan. Ini membutuhkan usaha yang tidak instan melainkan harus terus dilakukan secara kontinue seumur hidup. Pahamilah rencana Tuhan dalam kehidupan manusia (tujuan hidup) karena itu bersifat stagnan namun kita bawakan dalam bidang kehidupan masing-masing.

  4. Di dalam kebenaran – hindari rasa bersalah.

    Jangan pernah menginginkan hati ini dipenuhi oleh kuat kuasa Roh Allah namun sikap kita masih tertuju pada hal-hal yang salah. Perilaku masih syarat dengan hawa nafsu, kebencian, amarah dan dendam. Kehidupan kita harus benar-benar bersih dari segala bentuk kebinatangan (perbuatan daging) sehingga layak di hadapan Tuhan.

  5. Senantiasa bersyukur.

    Dengan hati yang bersyukur berarti anda menerima segala sesuatu sebagai bagian dari rencana ajaib Sang Pencipta. Tidak ada kenyataan yang terlalu pahit untuk diterima dan tidak ada rasa sakit yang tidak dapat ditanggung sendiri. Sebab segala pencobaan yang anda alami cenderung tidak melebihi kekuatanmu. Oleh karena itu, mulailah melatih diri untuk bertahan didalam penderitaan.

  6. Hidup mengalir seperti air.

    Ini juga berbicara tentang menjalani hidup apa adanya tanpa unsur paksaan sebab hanya peraturanlah yang dapat memaksa manusia untuk melakukan ini atau tidak boleh melakuka itu. Hidup mengikuti arus pergolakan dunia ini namun tetap mempertahankan jati diri. Jika jati diri anda tergerus oleh situasi sulit maka kehidupanpun akan kehilangan arah.

    Hidup yang mengalir seperti air juga dapat disetarakan dengan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan. Kemampuan untuk menyesuaikan diri adalah sebuah sikap dewasa yang dimiliki oleh seorang manusia. Semakin lihai anda untuk berbaur dan menyatu dengan lingkungan maka semakin mudah diterima oleh orang lain. Setiap daerah di negeri ini memiliki kultur masing-masing. Dari sini saja kita sudah dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan di daerah setempat.

  7. Tetap santai dan tenang dalam segala situasi dan kondisi yang dihadapi

    Sikap yang nyaman di hati adalah peka dengan suara yang berbisik dari dalam hati anda. Bisikan ini sangat halus dan hanya bisa didengarkan jika anda tetap santai dan tenang dalam menghadapi segala sesuatu. Apabila terlalu terburu-buru dalam bertindak alhasil kehidupan suara yang sayup itupun tidak dapat didengarkan. Anda harus terbiasa berbisik kepada diri sendiri dengan demikian peka terhadap suara tersebut, kapanpun, dimanapun dan apapun yang sedang anda lakukan.

  8. Jujur perbuatan dan perkataannya.

    Kejujuran adalah sebuah komitmen tinggi yang menyatakan bahwa “tidak ada dusta di antara kita”, lagi menyatakan bahwa “tidak ada udang di balik batu”. Dengan bersikap jujur pikiran, perkataan dan perbuatan adalah selaras. Artinya, hidup ini harus konsisten jika ingin berada di jalur yang jujur.

  9. Ikhlas dalam bertindak dan bertutur sapa.

    Minimalisir bahkan tekan setiap keinginan anda saat melakukan sesuatu. Ingatlah bahwa hawa nafsu itu tidak terbatas adanya sehingga ada kecenderungan mengarah kepada hal-hal yang salah. Lebih baik nolkan keinginan agar kehidupan anda semakin tulus kedepannya. Lagipula tidak enak nantinya jika apa yang kita inginkan tidak kunjung menjadi nyata (kecewa deh). Dalam hidup ini intinya berikan yang terbaik maka yang terbaik itu akan mendatangi anda dengan sendirinya, cepat ataupun lambat (hukum tabur tuai).

  10. Bersikap biasa saja.

    Sikap yang datar dalam menjalani hidup adalah sebuah awal yang baik untuk menanggapi berbagai stagnasi kehidupan. Bila kita melakukan segala sesuatu seperti biasanya maka lama-lama akan menjadi kebiasaan. Sehingga tanpa anda sadari hal tersebut telah menjadi suatu budaya yang dilakukan begitu saja tanpa ada beban sama sekali. Anda tidaklah cerdas jika meniru semua adegan dalam televisi, sinetron dan film. Hindari meniru sikap lebay yang mereka pertontonkan melainkan ambillah makna kehidupan di balik semua kisah itu.

  11. Sikap yang rendah hati.

    Kerendahan hati adalah ilmu tertinggi di bumi ini. Jika anda mampu menguasai ilmu ini maka akan ada banyak hal-hal yang baru yang akan dialami. Tidak mudah untuk bersikap rendah hati, butuh pengorbanan yang tidaklah sedikit untuk itu. Tapi saksikanlah bahwa pertolongan Tuhan nyata atas orang-orang yang mampu merendahkan hatinya.

  12. Mendengarkan kata hati yang terkadang out of box.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa sikap yang out of box adalah sebuah langkah awal untuk meraih kesempatan yang lebih ditengah sulitnya situasi. Tidak ada salahnya jika anda melakukannya, berkorbanlah untuk sesuatu yang baru adalah tidak salah. Sadarilah bahwa kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Di tengah semuanya itu ada rasa puas yang terukir sekalipun hasilnya nihil.

Bagaimana Roh Allah mau dekat-dekat denganmu sedangkan sikap (perbuatan dan tutur kata) sehari-hari jauh dari kebenaran? Mendengarkan kata hati itu lebih baik daripada mendengarkan berbagai suara yang muncul di dalam dunia ini. Asalkan anda mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa niscaya suara hati nurani akan selaras dengan kehendak Tuhan.

Mendengar kata hati sama dengan menjadi diri sendiri. Membiarkan diri untuk dipimpin oleh Roh Kudus sebab setiap manusia memiliki tujuan penciptaannya masing-masing. Sudahkah anda mengetahui tujuan penciptaan dirimu?

Salam tegar!

Iklan

4 comments

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s