Lingkungan

+27 Fakta Unik Tentang Rantai Makanan – Kanibalisme Adalah Cara Lingkungan Mencapai Keseimbangan

Fakta unik tentang rantai makanan dan pemanfaatannya untuk menunjang kehidupan manusia

Rantai makanan adalah  (1)perolehan makanan pd organisme yg terjadi secara berantai; (2) rangkaian pemerolehan makanan organisme berikutnya (KBBI). Merupakan cara binatang untuk bertahan hidup dengan memakan makhluk hidup lainnya yang lebih lemah darinya. Ini sangat lazim sebab hewan lainnya yang bukan manusia tidak mengenal dosa dan tidak mengerti tentang pengetahuan akan kebaikan dan kejahatan.

Beberapa orang berpendapat bahwa rantai makanan merupakan sesuatu yang mengerikan. Coba saja bayangkan jika seorang manusia dengan terpaksa memakan temanya sendiri untuk bisa melanjutkan hidup. Bukankah ini suatu ajaran yang memilukan hati. Saran kami agar anda berpikir lebih positif lalu melihat pelajaran dibalik semuanya itu. Seolah-olah Tuhan ingin kita belajar untuk saling bersosialisasi dengan yang lainnya sehingga sifat kebinatangan itu menjah dari kehidupan ini.

Sangat bisa dipahami mengapa hewan saling menyerang bahkan tega membunuh jenisnya sendiri. Ini kemungkinan besar terjadi oleh karena mereka lebih senang menyendiri dimana beberapa diantaranya lebih suka bersembunyi di dalam lubang (baik lubang tanah, pohon dan batu/ gua). Selain itu semuanya karena kebutuhan akan makanan. Jika kebutuhan tersedia maka tidak akan ada kompetisi untuk memperebutkan sumber daya. Akan tetapi lain ceritanya ketika sumber daya sedikit, miskin bahkan tidak ada sama sekali alhasil kanibalismepun terjadi.

Beruntunglah kita sebagai manusia memiliki Tuhan dan Kitab Suci-Nya yang mengajari umat-Nya untuk menjadi garam dan terang dengan demikian kita bisa menciptakan sebuah sistem yang berputar sehingga tidak ada lagi orang yang kekurangan. Dengan demikian tidak ada pula  manusia yang memakan manusia lainnya untuk bertahan hidup. Kita patut bersyukur atas karunia yang hebat itu.

Fakta unik tentang rantai makanan

Manfaat rantai makanan dalam kehidupan manusia dan aktivitas pertanian

Sejak dari awal ketika bumi ini diciptakan rantai makanan bahkan kanibalisme diantara hewan terus terjadi. Sistem default seperti ini sangat menguntungkan bagi masing-masing makhluk hidup sehingga semuanya dapat bertahan ditengah kerasnya alam rimba. Berikut ini beberapa fakta unik tentang rantai makanan.

Aturan umum

  1. Perputaran rantai makanan terjadi begitu saja dan tidak ada yang serakah. Tidak ada makhluk hidup yang menimbun secara berlebihan, kebanyakan hanya menerkam sesuatu secukupnya (yang muat menurut isi perutnya). Beberapa yang lain menimbun namun tujuannya untuk digunakan bersama (lebah dan semut).
  2. Prinsip sederhana dari rantai makanan adalah yang kuat memakan yang lemah dan yang besar memakan yang kecil. Jadi saat anda sebagai orang besar namun cenderung mebodo-bodohi orang lain yang lebih kecil, Alahasil anda tidak ada ubahnya seperti binatang melata diluar sana.  Mereka erat daengan kebencian dan kebiasaan itu tidak bisa diubah.
  3. Rantai makanan tidak hanya terjadi pada binatang di udara melainkan juga pada binatang di darat dan dilaut. Bahkan dalam dunia mikroorganisme ada juga rantai makanan dan predator.
  4. Hewan dan manusia tidak mampu membuat makanannya sendiri sehingga kehidupan kita MUTLAK 100% bergantung pada keberadaan tanaman hijau sebagai sumber pangan dan pemasok oksigen (O2). Artinya rantai makanan akan terus terjamin keberadaannya jika hutan, pohon dan ekosistem hayati tidak dirusak oleh keserakahan manusia.
  5. Sistem memakan dan dimakan telah menciptakan keseimbangan alam sehingga tidak ada satupun makhluk hidup yang dapat menguasai wilayah tertentu secara berlebihan dalam jumlah (populasi) yang banyak.
  6. Jumlah hewan yang satu dikendalikan oleh jumlah spesies lainnya. Misalnya, pemangsa karnivora secara tidak langsung mengendalikan jumlah hewan herbivara yang dapat hidup.
  7. Proses rantai makanan ini sebenarnya dapat dicegah seandainya mereka (binatang liar) tahu sistem bercocok tanam dan tidak lebih senang menyendiri dan tiduran sepanjang hari.
  8. Manusia dari golongan omnivora alias dapat memakan segalanya namun belum pernah memakan semua makhluk hidup yang ada terutama serangga.

    Soal pemakan tumbuhan

  9. Herbivora adalah hewan paling rajin karena sudah mulai mencari makanannya (rumput) semenjak matahari terbit.
  10. Jumlah hewan herbivora sebanding dengan jumlah ketersedian tanaman/ rumput dalam suatu wilayah. Jika tanamannya/ rumputnya sedikit maka herbivorapun akan terancam jumlahnya.
  11. Pengendalian : Herbivora (pemakan tumbuhan) dikendalikan jumlahnya oleh karnivora (pemakan daging).
  12. Jika hewan pemakan tumbuhan dibiarkan tetap hidup (tanpa pemangsa) maka jumlah tumbuhan hidup (misalnya rumput) akan habis dikarenakan oleh ledakan populasi herbivora.
  13. Hewan herbivora selalu lebih banyak jumlahnya dari karnivora. Yang dimangsa selalu lebih banyak jumlahnya daripada pemangsa.

    Fakta unik nan aneh seputar  pemakan daging.

  14. Hewan pemakan daging tidak pernah ditemukan bersama (dalam kelompok) terkecuali sumber daya (makanan) berjumlah besar.
  15. Karnivora adalah binatang yang lebih suka bermalas-malasan sebab mereka hanya makan sekali seminggu, ada juga yang dua kali seminggu bahkan beberapa dapat bertahan sampai satu atau dua bulan tidak mengkonsumsi daging.
  16. Dalam rantai makanan, pemangsa selalu hidup berkompetisi dengan sesama pemangsa bahkan terhadap jenisnya sendiri (persaingan antar spesies).
  17. Pengendalian : Karnivora dengan karnivora saling mengendalikan bahkan sering juga terjadi kanibalisme sesama spesies sendiri
  18. Senjata yang diandalkan oleh kebanyakan karnivora antara lain adalah suara yang keras, bisa yang beracun, taring & kuku yang tajam.
  19. Sesama karnivora jika saling bertemu akan saling menyerang, melukai bahkan membunuh. Inilah yang membuat mereka seolah-olah memiliki daerah kekuasaan, padahal mereka hanya bergerak mencari mangsa sejauh jarak tertentu dari sarangnya.
  20. Apabila ekosistem hutan telah rusak/ terdegradasi oleh pencemaran lingkungan sehingga tidak ada lagi makanan di alam liar. Maka beberapa hewan buas akan memasuki pemukiman bahkan memasuki rumah warga untuk mencari makanan berdasarkan bau yang dipancarkan dari sana. Serangan kepada manusia dilancarkan secara tidak sengaja.

    Aturan yang lainnya

  21. Manusia tidak pernah menjadi sasaran (target-mangsa) binatang buas. Mereka tidak selera dengan daging manusia, mungkin karena rasa asin yang dihasilkan lewat keringat dan feromon tertentu yang dipancarkan oleh kulit.
  22. Kebanyakan serangan binatang buas bukan untuk memakan daging manusia melainkan hanya sekedar mempertahankan diri saja terhadap gangguang yang kita timbulkan. Istilahnya adalah melindungi diri.
  23. Pada awalnya kebanyakan orang awam tidak mengerti peran penting rantai makanan dalam pertanian. Mereka lebih senang memburu predator/ hewan pemangsa untuk diambil daging, kulit dan juga beberapa yang mengatakan untuk dijadikan obat. Padahal jika ingin obat kuat yang manjur untuk mendetoksifikasi segala macam penyakit yang ditimbulkan oleh mikroorganisme, bahan dasarnya adalah garam laut.
  24. Ledakan populasi hama tanaman dikarenakan oleh punahnya beberapa predator (oleh aktivitas manusia) yang seharusnya memangsa hama tersebut.
  25. Pemanfaatan sistem rantai makanan telah dilakukan oleh para petani kreatif untuk menekan jumlah hama. Ingat, hanya menekan bukan memusnahkan sama sekali.
  26. Aplikasi rantai makanan dapat menjaga tanaman anda terutama dari serangan hama perusak yang tidak diinginkan.
  27. Pengendalian serangga pengganggu (hama) dengan memanfaatkan musuh alaminya tidak memusnahkan/ memunahkan hama itu sampai nol. Melainkan hanya menekan jumlah pengganggu sehingga tidak menimbulkan kerugian yang luas bagi kehidupan.

    Simak juga, Cara membasmi hama dengan memanfaatkan predator

  28. Pengaplikasian sistem rantai makanan juga dapat menjaga rumah dan lingkungan sekitar anda dari ledakan populasi serangga tertentu.

    Beberapa predator sahabat manusia

  29. Laba-laba adalah predator serangga yang paling luas daya jangkaunya. Ini dikarenakan oleh kemampuannya untuk membentangkan jaring yang lebar untuk menjebak mangsanya. Ia bahkan dinobatkan sebagai salah satu predator yang paling ramah terhadap manusia.
  30. Capung adalah predator serangga pengganggu yang lebih kecil ukurannya. Dibeberapa negara, capung dimanfaatkan sebagai pemangsa sekaligus sebagai pengendali untuk menekan keberadaan nyamuk Aedes aegypti.
  31. Ikan adalah predator serangga yang dalam siklus hidupnya menempati dua dunia, misalnya nyamuk Aedes aegypti dan nyamuk malaria sp.
  32. Katak/ kodok adalah predator serangga yang menjaga daerah perairan dan sekitarnya.
  33. Ular adalah predator yang sangat bermanfaat untuk mengendalikan berbagai macam jenis serangga, burung dan yang lainnya.
  34. Hewan peliharaan juga dapat bertindak sebagai predator untuk menjaga rumah anda dari berbagai-bagai serangga pengganggu, misalnya

Demikian saja, biarkan hewan-hewan tertentu berkeliaran disekitar anda.

Salam santun!

Iklan

3 tanggapan untuk “+27 Fakta Unik Tentang Rantai Makanan – Kanibalisme Adalah Cara Lingkungan Mencapai Keseimbangan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s