7 Cara Aman & Sehat Maraton Di Depan Monitor (LCD) – Tips Mengatasi Lelah Setelah Berjam-Jam Online

cara-aman-dan-tetap-sehat-beralama-lama-di-depan-lcd-monitor-online-seharian

Internet dan media sosial adalah sarana komunikasi  yang dapat bermanfaat baik namun bisa juga berdampak buruk. Jika anda cerdas, dapat menimbang-nimbang, bersikap selektif dan hati-hati saat menggunakannya niscaya  mampu meraih manfaat yang besar dibalik semuanya itu. Akan tetapi lain ceritanya ketika anda hanya mengcopy-paste semua yang ditemukan disana, alhasil aksi kejahatan dan penyimpangan lainnya akan mengiringi langkah kaki anda.

Teknologi internet & media sosial menjadi salah satu alat untuk mengedepankan kejahatan dan juga merupakan alat memperjuangkan kebaikan. Tapi sayang, jika dibandingkan antara yang baik dan yang jahat maka disana cenderung lebih dominan penyesat yang ada. Sebab, kebanyakan user di dunia maya memanfaatkan internet & media sosial untuk mengumpulkan lebih banyak pelanggan agar bisa memperjualbelikan produk yang ia tawarkan.

Masukan & saran dari kami yaitu agar setiap pribadi yang hendak berselancar di internet dan jejaringan sosial dapat berpikir dengan jernih sebelum menikmati setiap konten yang ada didalamnya. Gunakanlah kemampuan berpikir, analisis dan pertimbangkan baik-baik atas segala sesuatu yang didapatkan dalam dunia maya. Pastikan anda tidak menjadi salah satu korban dari sekian banyaknya aduan akibat penipuan di jejaringan sosial.

Baca juga, Bahaya internet dan media sosial bagi kehidupan manusia

Tips Sehat & Aman Berlama-Lama Di depan LCD Monitor

Ada begitu banyak pekerjaan yang mengharuskan anda untuk terus-menerus tinggal duduk di depan monitor komputer seharian. Diantaranya saat anda menjadi admin, operator, jasa fotokopi, jasa pengetikan dokumen, jasa reparasi barang-barang IT dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, beberapa hal yang mengasyikkan untuk dilakukan di depan LCD laptop/ gadget/ smarthphone diantaranya online di dunia maya, baca blog ternama, tonton video kocak, download konten positif dan aktivitas berselancar lainnya.

Saat anda hendak mengkonsumsi konten di internet maka aktivitas ini tidak pernah lepas dari duduk manis di depan LCD. Untuk mengatasi kekakuan otot dan organ mata maka sebaiknya maksimal waktu ngetam 2 jam di depan PC/ laptop/ tablet/ gedget. Kemudian ambil jeda selam 5-15 menit saja untuk merilekskan tubuh sebelum melanjutkan rutinitas ini lagi. Waktu jeda ini dapat diisi dengan:

  1. Melihat objek dalam jarak jauh. Ini untuk meregangkan otot mata. Lihat dan bacalah beberapa tulisan/ gambar yang ada di depan/ disamping anda yang jaraknya lebih dari 2 meter.
  2. Sejenak ke toilet sambil membasuh sedikit muka dengan air. Untuk menghilangkan kelelahan pada mata sehingga kembali segar.
  3. Pergi ke belakang/ ke dapur dan meminum seteguk/ segelas air putih. Pertahankan asupan air anda saat maraton di depan layar monitor. Kekurangan cairan dapat menyebabkan sakit kepala.
  4. Melakukan senam jongkok. Silahkan menuju link yang kami berikan untuk mengetahui cara melakukan senam jongkok. Senam ini bagus untuk mengatasi punggung dan bokong anda yang pegal-pegal karena kebanyakan duduk.
  5. Meregangkan otot jari, lengan, paha, betis, pinggul, punggung dan leher di tempat. Bisa juga dilakukan sambil berdiri.
  6. Melakukan senam lantai sejanak. Silahkan cari di Internet apa itu senam lantai. Senam ini adalah gerakan sederhana yang melatih kebugaran anda tanpa membutuhkan areal/ ruangan yang luas.
  7. Tidur sesaat (NAPS). Merupakan kebiasaan tidur di kursi atau di atas meja (telungkup) yang tidak lama untuk mengembalikan kesegaran dan tenaga anda.

Simak juga, Kegunaan Internet & Media Sosial Untuk Kebaikan Hidup Manusia

Bahaya berlama-lama di depan LCD monitor.

Kerja-kerja-kerja, itulah moto dari pemimpin tertinggi kita. Sayang jika anda kerja terus namun tidak pernah istrahat akibatnya bisa mengganggu kesehatan fisik secara keseluruhan. Berikut beberapa dampak negatif dari kebiasaan buruk ini.

  1. Sakit kepala. Ini dikarena oleh kekurangan cairan-ion tubuh.
  2. Mata perih/ iritasi pada mata. Kesehatan terganggu dan lupa berkedip.
  3. Leher sakit dan kaku.
  4. Badan kaku dan sakit.
  5. Bokong dan daerah pinggul pada sekit semua.
  6. Bibir kering karena keasyikan dan lupa minum air.
  7. Badan kurusan atau bisa juga obesitas karena makan yang tidak teratur dan kurang berolahraga.

Ketahuilah, Cara aman dan positif berselancar di dunia maya

Oleh karena itu, pastikan anda berlama-lama di depan LCD monitor dalam keadaan sehat selalu sehingga tetap fit sekalipun berlama-lama online di jejaringan sosial dan internet.

Demikian saja dan salam positif!

Iklan

One comment

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s