9 Manfaat Undian – Mengembalikan Kekuasaan Kepada Tuhan

Manfaat undian dalam kehidupan bermasyarakat - kembalikan kekuasaan Tuhan

Dalam KBBI kata “undi” berarti sesuatu yang dipakai untuk menentukan atau memilih (seperti untuk menentukan siapa yang berhak atas sesuatu, siapa lebih dulu, dan sebagainya). Merupakan salah satu cara untuk menentukan pilihan terbaik yang harus dilakukan oleh seseorang atau sekolompok orang. Ini merupakan wujud kebersamaan untuk memunculkan keadilan dalam hati setiap orang ysng bekerja sama.

Manusia dengan segala keterbatasannya tidak dapat mengendalikan dan mengatur sepenuhnya keputusan yang diambilnya. Sebab manusia bukan mesin komputer atau robot yang tidak memiliki hubungan apa-apa dengan orang lain. Hubungan inilah yang cenderung mempengaruhi kekuasaan yang di emban oleh seseorang. Bahkan kekuasaan cenderung berbahaya bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain yang ada dibawahnya.

Perbedaan kepentingan di dalam masyarakat sangat beragam. Setiap orang, setiap kelompok memiliki ursannya sendiri. Semakin banyak kelompok dalam masyarakat maka semakin banyak pula kepentingan yang harus dipenuhi. Semuanya ingin diutamakan padahal sumber daya yang tersedia terbatas. Siapakah yang didahulukan diantara mereka? Untuk menjaga netralitas dalam menentukan keputusan ini harus ditempuh dengan cara di undi/ undian untuk memberi rasa adil di dalam hati setiap orang..

Butuh sebuah solusi konkrit untuk mempersatukan semua kepentingan. Jika kepentingan yang pilih lebih condong kepada orang tertentu maka orang yang lain akan menyalahkan penguasa. Apabila keputusan yang diambil oleh penguasa condong kepada kepentingan yang lain maka orang yang satu akan cemburu. Jadi, mau siapapun yang dipilih oleh penguasa pasti pihak-pihak yang berseberangan merasa tidak senang. Perasaan tidak senang karena ketidakadilan inilah yang beresiko mengganggu kinerja. Pada akhirnya, untuk memaksimalkan kinerja maka orang yang merasa terganggu itu disingkirkan jauh.

Ketika seorang penguasa mengambil keputusan sendiri saat merespon sebuah kejadian maka kesalahan akibat keputusan itu akan terarah kepada dirinya. Sadar atau tidak beban emosional akibat kesalahan yang efeknya besar sangat memberatkan. Akan ada yang menyeret anda untuk meminta pertanggung jawaban. Atau setidak-tidaknya di akhir nanti (akhir zaman) semua upah kejahatan itu harus anda bayarkan di neraka.

Manusia sudah merasa sempurna dalam bersikap untuk menentukan kehidupannya. Kita telah melupakan Tuhan, sekarang mereka membuat keputusannya sendiri untuk menentukan masa depannya. Demokrasi adalah tuhan mereka sedangkan partisipasi Tuhan sendiri tidak ada di dalam pesta rakyat tersebut. Padahal membiarkan diri pada hawa nafsunya adalah awal dari kejatuhan manusia dalam kesalahan yang besar.

Manfaat undian dalam kehidupan bermasyarakat.

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa ada banyak kepentingan yang harus difasilitasi oleh seorang penguasa. Sebenarnya, semua itu dapat difasilitasi asalkan menggunakan sistem yang berputar sempurna. Sehingga setiap orang mendapat giliran untuk memenangkan undian. Berikut ini beberapa manfaat jika anda melakukan undian.

  1. Menanyakan kehendak Tuhan.

    Membuang undi adalah salah satu tradisi dalam Alkitab (Kristen) untuk menanyakan kehendak Tuhan. Dalam berbagai kisah yang tertulis disana, udian dalah solusi klasik yang sangat jitu untuk menentukan masa depan semua orang.

  2. Menciptakan demokrasi yang sempurna.

    Kita tidak sadar bahwa demokrasi yang selama ini kita giatkan hanyalah sesuatu yang sangat duniawi. Dimana hanyalah orang-orang yang bermodal besar (kapitalis) yang dapat menjadi penguasa atas negeri ini. Padahal dalam Pancasila sila ke satu mengatakan bahwa “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Kenyataannya dalam demokrasi yang kita lakukan selama ini tidak ada yang menunjukkan kehendak Tuhan melainkan hanya kehendak sekelompok orang yang dapat dipengaruhi oleh kekuasaan kapitalis.

  3. Sebagai pemersatu diantara pluralisme.

    Ditengah perbedaan yang sudah ada dari sononya. Untuk memunculkan rasa kebersamaa tanpa menimbulkan kecurigaan akan adanya keberpihakan kepada oknum tertentu. Maka kita butuh undian agar semua pihak dapat menerima apapun keputusan yang akan ditempuh.

  4. Menepis kecurigaan dari orang lain.

    Banyak orang yang merasa curiga dengan pemimpinnya. Ini bukan tanpa alasan melainkan karena kedekatan dengan pihak tertentu maka timbullah kecurigaan. Biar bagaimanapun tidak nyaman rasanya hidup ini jika tujuan untuk menjalin hubungan baik/ mencari sahabat yang lebih banyak dianggap salah oleh pihak terntentu.

  5. Menepis rasa ketidakadilan diantara masyarakat.

    Tidak ada lagi yang merasa diri, ini dan itu tidak adil sebab semuanya bisa berpartisipasi menurut potensi yang dimiliki untuk mengikuti undian dimaksud. Jadi, tidak ada alasan untuk menyalahkan orang lain karena belum diberikan kesempatan melainkan salahkanlah diri sendiri dan salahkanlah tangan sendiri. Ketidakadilan ini juga dapat ditepis dengan memberlakaukan sistem yang berputar sempurna.

  6. Mengurangi ketergantungan terhadap penguasa.

    Penguasa mulai mengurangi kekuasaannya/ pengaruhnya sehingga keputusan yang diambil bergantung pada keberuntungan tiap-tiap orang. Jadi tidak ada lagi yang merasa dicurangi sebab semuanya tergantung dari keberuntungan masing-masing.

  7. Menjauhkan penguasa dari aksi balas dendam yang buruk

    Tidak ada yang patut disalahkan ketika seseorang tidak menang undian. Sebab disaat seperti itulah nasibnya ditentukan oleh tangannya sendiri, oleh keberuntungan dan oleh Tuhannya. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk membenci dan balas dendam apalagi marah-marah melainkan perbaikilah hubungan anda dengan yang maha kuasa.

  8. Menolkan usaha yang manipulatif.

    Hal-hal seperti kekuasaan akan menjadi bahan rebutan yang sangat menggiurkan diantara kalangan masyarakat. Ketika kemenangan mereka ditentukan oleh kekuatan, pengaruh, relasi dan uang yang dimiliki maka hal-hal semacam ini akan bergerak dibelakang rakyat dalam bentuk black campaing untuk memenangkan suara sebanyak-banyaknya. Usaha-usaha manipulatif akan ditegakkan dan digerakkan demi tujuan sempit yang egois. Pelaksanaan undian akan meminimalisir hal ini sebab Tuhan tidak bisa disogok.

  9. Meminimalisir dosa seorang pimpinan yang mengambil keputusan penting.

    Ketika keputusan ditentukan oleh undian, itu artinya anda telah mengembalikan kekuasaan ke tangan Tuhan sendiri. Oleh karena itu, penting rasanya untuk melibatkan hamba Tuhan agar keputusan yang diambil benar-benar seturut kehendak Tuhan.

  10. Saat seorang pemimpin tidak bersalah maka hatipun tetap tenang, ada kelegaan dan damai.

    Tahukah anda bahwa kuasa dosa membuat banyak orang menjadi ketakutan. Nenek moyang kita juga dahulu takut akan kedatangan Tuhan ke Taman Eden saat mereka menyadari telah melanggar perintah-Nya. Sadar atau tidak, rasa takut yang dihasilkan oleh dosa sangat mengganggu hati ini. Sampai-sampai kelegaan dalam hati dan damaipun pergi sebelum diusir. Namun ketika dosa-dosa itu dapat ditepis dengan cara menjalankan undian maka pemimpinpun akan merasa tenang dalam kelegaan dan damai di hati.

Tulisan ini sebenarnya menyatakan bahwa saat manusia menggantungkan hidupnya di tangannya dan oleh keputusannya sendiri niscaya ada-ada saja jerat iblis yang akan menjatuhkannya. Akan tetapi saat anda menggunakan undian untuk menentukan pilihan niscaya hidup anda akan terarah kepada kehendak Tuhan.

Salam, segala hormat dan pujian, kemulian dan kuasa hanya bagi Tuhan sampai selama-lamanya!

Iklan

One comment

  1. […] Kekuasaan manusia dengan segala keterbatasannya sama sama dengan mendatangkan ancaman bagi dirinya sendiri. Kalau Tuhan yang berkuasa, itu karena Dia hebat, ajaib dan dahsyat. Sedangkan ketika manusia yang lemah menjadi penguasa maka ia cenderung ditarik oleh kekuatan tertentu yang tidak bisa ditandingi/ ditaklukkannya. Satu-satunya yang dapat menyelamatkan manusia terhadap bahaya kekuasaan ini yaitu dengan menyerahkan semua keputusan yang diambil kepada Tuhan dengan cara melakukan pengundian. Hanya lewat undianlah kita menanyakan petunjuk Tuhan, lewat undianlah diketahui rencana Tuhan dan hanya lewat undian pulalah yang membuat anda bebas dari tuntutan dosa besar (kuantitasnya) akibat kekuasaan. Simak juga, Manfaat undian dalam kehidupan bermasyarakat […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s