Masalah Adalah Latihan Untuk Lebih Manusiawi

Masalah Membuat Kita Lebih Manusiawi

Seperti yang kami sampaikan dalam tulisan sebelumnya bahwa ketika baru dilahirkan manusia sama dengan hewan-hewan di luar sana dengan emosional yang tidak terkendali yang syarat dengan kebinatangan. Harus diakui bahwa tetap berada dalam rahim Ibunda adalah posisi yang paling nyaman dan mewah menurut bayinya. Akan tetapi, kita diharuskan untuk keluar dari zona nyaman tersebut sehingga membuat setiap bayi yang baru dilahirkan terus-menerus menangis.

Masalah itu sangat baik bila mendatangi anda. Sebab banyak hal positif yang dapat dituai dari sana. Pada awalnya memang kelihatan, kedengaran bahkan terasa sangat mengusik kehidupan anda. Tetapi lama kelamaan jika anda mengijinkan (menyetujui) hal itu terjadi niscaya akan ada makna positif yang di tuai dari sana.

Setiap orang dapat belajar banyak hal dari situasi yang salah. Ini salah satu cara untuk menambah pengalaman anda. Namun akan lain ceritanya ketika anda tidak benar-benar menggunakan akal sehat (logika) yang rohani saat menghadapinya. Dapat berimbas pada ekspresi yang terburu-buru yang syarat dengan kekerasan.

Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan di dunia ini melainkan andalah yang terlalu nyaman berlama-lama disana. Beberapa orang juga enggan untuk berkompromi dengan orang lain karena merasa sudah benar, beberpa juga merasa harga dirinya terlalu tinggi untuk melakukan hal tersebut. Sadar atau tidak sikap perfeksionis hanya akan menyakiti orang lain dan membuat hubungan anda semakin renggang dengan sesama. Pada akhirnya sikap yang sok sempurna ini akan menyakitimu juga.

Pergumulan hidup adalah latihan fisik, mental, intelektual, sosial dan spiritual yang sangat baik untuk memotivasi anda. Aktivitas ini lebih cenderung kepada instabilitas yang memancing reaksi anda. Kuncinya adalah tetap konsisten ditengah ketidakstabilan lingkungan sekitar. Jika anda terlalu mudah terseret arus yang gonjang-ganjing tersebut alhasil anda akan digiring kepada sikap yang menyimpang dan syarat dengan kekerasan.

Hidup ini tidak bisa ditebak. Mustahil kita dapat mengontrol semuanya melainkan yang perlu dikendalikan adalah keinginan dan ketidaksabaran. Hawa nafsu yang tidak dapat dikendalikan identik dengan kebinatangan. Jika keinginan yang dimiliki diiringi dengan kebiasaan yang tidak sabaran alhasil anda akan mudah menyulut api pertentangan dengan orang lain. Terlebih ketika hawa nafsu dan ketidaksabaran itu dilengkapi dengan kecerdasan alhasil cenderung manipulatif dan serakah.

Masalah adalah latihan untuk lebih manusiawi

Masalah jelas tidak memberi rasa nyaman dalam hidup ini. Kita seperti diajak keluar dari dalam zona nyaman yang dimiliki. Masalahnya sekarang adalah apakah anda mau, ragu-ragu atau tidak sama sekali. Jika anda mau berarti anda ikhlas untuk mengijinkan persoalan itu terjadi. Saat ada keraguan maka hati ini setengah-setengah melaluinya bahkan kadang ketakutan dan kekuatiran menghampirimu. Lain halnya ketika anda tidak mau menghadapinya, menjauh lalu pergi (melarikan diri) niscaya lama kelamaan ada-ada saja masalah yang lebih besar menyeretmu dengan keras untuk masuk dan tidak mungkin untuk keluar. Jadi anda mau menerimanya dengan ikhlas atau mau diseret kedalamnya? Tentukan pilihanmu!

Secara tidak langsung melalui masalah, kemampuan anda untuk mengendalikan diri dilatih dan kemampuan anda untuk berlogika juga dilatih juga kedekatan anda dengan Yang Maha Kuasa turut dilatih. Apakah anda seorang yang benar-benar murni, munafik atau masih syarat dengan kebinatangan? Jika anda benar-benar memahami arti dari pergumulan hidup yang dihadapi niscaya hal tersebut akan membuatmu lebih manusiawi dalam berekspresi.

Simak juga, Persiapan sebelum menghadapi masalah

Inti dari masalah yang kita alami adalah mengeluarkan anda dari zona nyaman itu. Sebab jika hidup anda nyaman terus sama saja dengan membentuk emosi dan pola pikir seperti yang kita inginkan (sesuai dengan hawa nafsu sendiri). Akan tetapi di dalam ketidaknyamanan itu emosi dan pola pikir dibentuk pada arah tertentu yang selama ini dipelajari & diyakini. Pertanyaannya, apakah yang selama ini anda pelajari dan dipegang teguh? Ini adalah kesempatan untuk mengaplikasikan nilai-nilai kerohanian/ spiritual yang dimiliki sebab PRAKTEK LEBIH BAIK DARIPADA TOERI – BUKTI NYATA LEBIH BERHARGA DARI ROTORIKA.

Baca juga, Manfaat masalah dalam kehidupan sehari-hari

Jangan bersembunyi apalagi lari tetapi hadapi masalahmu sejujur-jujurnya!

Salam hidup yang lebih baik!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s