Gejolak Sosial · Kesetaraan Manusia

7 Cara Menekan Bahaya Uang, Manfaat Transparansi Anggaran Adalah Awal Kebersamaan

Cara meminimalisir dampak negatif penggunaan uang manfaat transparansi anggaran

Transparansi anggaran adalah membuka informasi penggunaan aggaran kepada publik seluas-luasnya. Berapa jumlahnya, masuk kemana saja, membayar apa saja dan dari mana sumber pendapatannya, apakah untung atau rugi? Seputar itu saja sudah cukup untuk menjelaskan kejujuran sebuah organisasi. Sadar atau tidak, jujur adalah awal/ dasar dari kekuatan gotong royong. Sikap ini jugalah yang menjamin keberlanjutan komitmen untuk mendahulukan kepentingan bersama.

Seperti kami katakan pada tulisan sebelumnya bahwa uang adalah masalah utama di negeri ini. Munculnya masalah itu diawali dari ketidakjujuran pihak-pihak terkait. Alat tukur ini akan menjadi kelemahan jika disembunyikan. Namun bila dibuka secara terang-benderang akan memberikan manfaat kepada semua orang. Oleh sebab itu, transparansi anggaran bertujuan untuk menegaskan bahwa semua dana yang masuk dan dikeluarkan adalah benar adanya.

Cermatilah firman yang berkata : “Dan Aku berkata kepadamu: Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi.” (Lukas 16:9) Dari dahulu kala, Yesus tahu betul bahwa penggunaan uang syarat dengan ketidakjujuran. Oleh karena itu, Ia menyarankan agar manusia memanfaatkannya untuk melakukan kebaikan dengan membawa faedah bagi semua kalangan.

Kejujuran adalah syarat penting untuk menekan bahaya uang, cukup dengan membuka rincian informasi tentang berapa yang masuk dan berapa yang keluar. Saat kita membuka diri dan sekaligus membuka informasi tentang aliran penggunaan dana organisasi sejelas-jelasnya & seluas-luasnya kepada publik akan menepis bahkan tidak ada alasan untuk berprasangka buruk dan kecewa terhadap manajemen (pemerintah). Semakin transparan anggarannya maka semakin terarah penggunaannya pada kepentingan publik bukannya pada kepentingan pribadi.

Satu-satunya yang menjamin benar tidaknya penggunaan anggaran hanyalah  dengan mengedepankan transparansi anggaran. Ini adalah awal dari stabilitas sebuah organisasi sekelas negara. Membuka data keuangan kepada publik adalah pilihan paling bijak untuk meminimalisir terjadinya aksi kejahatan serta manipulasi. Oleh karena itu, pejabat terkait harus bersikap jujur kepada siapapun saat ada orang yang ingin mencari tahu segala sesuatu tentang pemanfaatan anggaran yang dimaksud.

Manfaat transparansi anggaran negara

Sepele sekali sebenarnya uang ini. Namun harus anda ketahui bahwa sumber daya terbesar dan paling dinamis dalam sebuah organisasi adalah fulus. Bisa dikatakan bahwa ia adalah salah satu penggerak utama yang membuat lembaga tersebut tetap berputar mengambil peran yang vital bagi semua orang yang ada didalamnya. Saat organisasi mampu mewujudnyatakan kebermanfaatannya kepada semua orang maka manusia didalamnya akan merasa aman, nyaman dan sejahtera. Manfaat adil yang diterima akan memperkental rasa bahwa lembaga yang ada adalah milik bersama bukan hanya untuk membela kepentingan pihak tertentu saja.

Sebenarnya, demikian jugalah negara ini, trasparansi anggaran adalah awal yang memastikan bahwa aparaturnya menggunakan anggaran dengan benar dan adil. Jika pengaruh yang diberikan negara kepada semua rakyatnya jelas, nyata dan adil niscaya seluruh masyarakat merasa memiliki ibu yang menopang kehidupan mereka. Sebaliknya, merekapun akan memberikan usaha dan perjuangan terbaiknya demi kemajuan Ibu Pertiwi.

Berikut akan kami uraikan selengkapnya apa saja manfaatnya saat pihak pemerintah bersikap terbuka memberi informasi tentang pemasukan & penggunaan anggaran kepada publik.

  1. Meyakinkan publik tentang inisiatif pemerintah untuk selalu konsisten mengedepankan kejujuran para pegawainya.
  2. Menjamin kebenaran atas pemasukan & penggunaan setiap sen uang didalamnya.
  3. Tidak berat sebelah memberi manfaat (adil).
  4. Meminimalisir tindakan kejahatan ditempat gelap (korupsi, kolusi dan nepotisme – KKN).
  5. Menepis prasangka buruk yang datangnya dari masyarakat.
  6. Meminimalisir kekecewaan publik terhadap negaranya.
  7. Meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Cara meminimalisir penyimpangan dalam pemanfaatan uang

Sebenarnya sudah ada lembaga intern dan ekstern yang menyelidiki dengan pasti kemana saja aliran dana itu mengalir. Sayang, bukanlah mustahil bila kedua organisasi/ LSM ini ditunggangi oleh para elit negara. Mereka bisa saja disogok atau dibayar lebih oleh pihak tertentu secara diam-diam. Toh KKN itu bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Namun jika anggaran yang transparan disuguhkan kepada publik/ khalayak ramai maka siapakah yang dapat menyogok orang yang sebanyak itu. Dengan demikian masyarakatpun dapat memberikan penilaian secara langsung dan objektif.

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa penggunaan anggaran syarat dengan manipulasi. Terlebih ketika uang tersebut digunakan secara sembunyi-sembunyi sehingga penyimpangannya semakin besar saja. Oleh karena itu, berikut ini beberapa masukan/ saran dari kami agar pemanfaatan uang tidak menimbulkan efek samping bagi semua orang, yaitu sebagai berikut.

  1. Mengedepankan transparansi aggaran kepada masyarakat luas.
  2. Menggunakan anggaran sehingga mendatangkan manfaat bagi seluruh rakyat.
  3. Memanfaatkan anggaran yang ada secara berimbang dan tidak berat sebelah (adil).
  4. Senantiasa merefresh struktur kelembagaan, yakni pejabat yang berwenang dengan menggunakan orang yang berbeda dalam jangka waktu tertentu.
  5. Tidak hanya melibatkan tim audit secara intern melainkan juga melibatkan tim audit yang berasal dari luar (ekstern) organisasi pemerintah (LSM).
  6. Menggunakan jejaringan internet sebagai sarana publikasi sehingga dapat disaksikan oleh lebih banyak orang.
  7. Ikhlas menerima kritik dan saran dari masyarakat dan bukan malah kembali menekan (menakuti) mereka.

Pada intinya, transparansi anggaran sebagai jaminan bahwa pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan rakyatpun merasa memiliki negara ini sehingga lahirlah rasa kebersamaan memiliki Ibu Pertiwi.

Simak juga, Manfaat rasa saling memiliki negara diantara rakyat

Salam santun sejahtera!

Iklan

Satu tanggapan untuk “7 Cara Menekan Bahaya Uang, Manfaat Transparansi Anggaran Adalah Awal Kebersamaan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s