10 Manfaat Air Liur Bagi Kesehatan Sekaligus Sebagai Bisa Bagi Hewan Lain

Manfaat Air Liur Bagi Kesehatan Sekaligus Sebagai Bisa Bagi Hewan Lain

Sepele sekali rasanya air liur yang ada dalam rongga mulut ini. Kebanyakan orang tidak memperhatikannya apa fungsinya yang sebenarnya. Yang lainnya justru menganggap air ludah sebagai sesuatu yang menjijikkan karena menimbulkan kesan jorok. Ini juga disertai dengan kebiasaan banyak orang (lebay deh….) yang membuang ludahnya jika tidak senang terhadap sesuatu.

Air liur diproduksi dan diekskresikan oleh kelenjar saliva dan dialirkan ke dalam rongga mulut melalui suatu saluran. Saliva terdiri dari 98% air dan selebihnya adalah elektrolit, mukus dan enzim-enzim. Saliva disekresikan hingga 0.5 – 1.5 liter oleh dua kelenjar saliva mayor dan minor yang berada di sekitar mulut dan tenggorokan untuk memastikan produksinya tetap stabil di rongga mulut.

Tidak hanya manusia, hewan lainpun memiliki air liur dalam rongga mulutnya. Satu-satunya yang tidak memiliki air ludah hanyalah tumbuhan, toh tidak punya mulut yang spesifik juga. Peran cairan ini sangat vital untuk menjaga kelembaban di daerah rongga mulut dan kerongkongan (saluran pencernaan bagian atas). Cairan biologis ini sama pentingnya dengan cairan tubuh manusia lainnya seperti darah dan limfe. Bahkan beberapa menjadi alat pertahanan tubuh dari serangan hewan yang lebih buas, misalnya bisa ular dan bisa komodo (liurnya).

Manfaat air liur bagi kesehatan dan hewan lain menganggapnya sebagai racun

Setiap hal yang dihasilkan oleh tubuh manusia adalah penting tanpa terkecuali. Satu komponen berpaut dengan yang lainnya sehingga membentuk/ membangun kesehatan organisme. Berikut beberapa peran air liur dalam kehidupan manusia.

  1. Melembabkan permukaan rongga mulut.

    Coba bayangkan betapa kering dan kakunya mulut dan lidah anda. Air liur membantu melunakkan dan melenturkan organ pencernaan bagian atas.

  2. Melembabkan permukaan kerongkongan.

    Air liur dapat masuk secara otomatis ke dalam kerongkongan sebab salah satu kelenjarnya berada didekat sana. Bisa juga turun karena pengaruh gaya gravitasi dan proses menelan. Membuat kerongkongan anda tetap basah sehingga kelembaban dan pH disana tetap terjaga fisiologisnya.

  3. Menghambat pertumbuhan mikroorganisme di dalam rongga mulut.

    Ada banyak mikroorganisme yang terdapat di dalam rongga mulut. Apabila semua kuman itu tidak dapat ditahan aktivitasnya niscaya gigi anda busuk, lidah mengidap kanker dan penyakit lainnya.

  4. Membantu melunakkan makanan yang dikonsumsi.

    Beberapa makanan yang kita konsumsi memiliki struktur yang tidak lembut. Air liur berkhasiat untuk melunakkan makanan seperti itu agar lebih mudah di kunya.

  5. Mencerna saripati amilum oleh enzim amilase.

    Pada awalnya beberapa makanan tidak memiliki rasa. Akan tetapi semakin lama dikunya rasanya semakin enak. Itulah peran dari enzim amilase yang memecah amilum dalam makanan.

  6. Membantu menurunkan pH makanan yang basa menjadi netral.

    Beberapa makanan memiliki pH yang lebih tinggi dari pH tubuh. Dengan mengunyah makanan seperti itu secara baik-baik maka secara tidak langsung air liur yang terus membasahi rongga mulut anda akan menetralkan pH makanan tersebut.

  7. Membantu menaikkan pH makanan yang asam menjadi netral.

    Saat anda mengkonsumsi buah yang asam-asam maka alangkah baiknya jika mengunyahnya terlebih dahulu sampai hancur agar air ludah yang terus mengalir membantu menetralkan pH-nya.

  8. Membantu menghambat dan melisiskan bakteri dalam makanan & minuman.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan yang dikonsumsi dapat terkontaminasi oleh bakteri. Saat anda mengunyah makanan itu baik-baik sampai benar-benar hancur (bukan asal sudah) maka kebiasaan ini akan memberikan kesempatan bagi air liur untuk menghambat bahkan melisiskan kuman yang terkandung dalam makanan.

  9. Menjadi salah satu indikator beberapa penyakit.

    Beberapa penyakit dengan gejala tertentu pada rongga mulut dapat di diagnosis dengan melihat air liurnya. Misalnya penyakit pencernaan seperti maag membuat air ludah dan rongga mulut berbau tidak sedap.

  10. Sebagai bisa untuk mengusir hewan lain.

    Bukan hanya hewan yang memiliki bisa, manusia juga memiliki bisa. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya bahwa segala sesuatu yang berasal dari luar tubuh organisme adalah racun. Lagipula cairan ini berupa elektrolit yang tidak disukai oleh beberapa hewan. Air liur adalah racun bagi hewan lain terutama yang ciri-cirinya jauh berbeda dari manusia. Seperti hewan invertebrata dan makhluk tingkat rendah. Contoh penggunaannya adalah :
    – Saat lintah menginvasi kulit anda – ludahi agar segara menggeliat dan jatuh.
    – Diganggu oleh serangga lainnya maka silahkan ludahi bagian mata dan mulutnya agar segara menjauh.
    – Didekati oleh ular maka ludahilah bagian matanya.
    – dan lain sebagainya.

    Peringatan: Jangan terlalu sering meludah sebab aktivitas ini dapat membuat mulut anda kering.

Itulah semua manfaat air liur yang kita miliki. Gunakanlah dengan bijak sobat. Salam sehat alami!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s